INFORMASI

9 Syarat Beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn di Thailand

5 min read
9 Syarat Beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn di Thailand

Kuliah di luar negeri dan memperoleh beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn pasti dambaan setiap mahasiswa di kawasan ASEAN. Sebuah universitas terbaik di Thailand dan menduduki peringkat ke-215 di dunia.

Tidak hanya memiliki wisata alam yang mempesona, tetapi Thailand juga memperhatikan pendidikan. Ada 10 universitas terbaik menurut survey internasional dan Universitas Chulalongkorn menempati urutan pertama di Thailand.

Pengertian Beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn

Universitas Chulalongkorn awalnya bernama Sekolah Abdi Kerajaan di masa pemerintahan Raja Chulalongkorn di tahun 1902 silam. Perkembangannya sangat pesat hingga akhirnya berganti nama menjadi Universitas Chulalongkorn tanggal 26 Maret 1917.

Terdiri dari 19 fakultas dan 4 jurusan sejak dulu ada antara lain: kedokteran, administrasi publik, teknik, seni dan sains. Namun, seiring perkembangan pendidikan hanya fakultas teknik, seni dan sains yang masih ada sampai sekarang.

Sedangkan yang lainnya ada yang dihilangkan atau ditambahkan, yakni fakultas arsitektur, ilmu farmasi, kedokteran hewan, perdagangan dan akuntansi. Kemudian, kedokteran gigi, ilmu politik, hukum, ilmu pendidikan, seni komunikasi, ekonomi, keperawatan, ilmu kesehatan sekutu, seni rupa dan terapan.

Lalu, psikologi, dan ilmu keolahragaan. Raja Chulalongkorn terkenal sebagai Bapak Modern yang membawa negara kerajaan Thailand.

Panggilan singkat dari Universitas Chulalongkorn adalah Chula dengan tagline Pillar of Kingdom, representasi dari pendidikan tinggi di Thailand. Chula unggul hampir di semua bidang kajian ilmu, terutama di bidang ekonomi.

Hal itulah yang mendorong Chula membuka peluang beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn untuk mahasiswa negara-negara ASEAN dengan melakukan pertukaran pelajar. Jangka waktu program berlangsung selama satu semester.

Salah satu program studi yang ditawarkan adalah Communication Management dan beberapa program studi lainnya yang dapat dipilih secara online. Selain ASEAN Scholarship, Universitas Chulalongkorn juga mempunyai program undergraduate dan graduate scholarship.

Rincian Persyaratan

Memiliki kesamaan sosial ekonomi dengan Indonesia, jarak yang tidak terlalu jauh dan biaya hidup tidak semahal dengan negara lainnya. Beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn patut untuk dipertimbangkan bagi yang ingin mendapatkan pengalaman kuliah di Negeri Gajah Putih. Persyaratan umumnya adalah sebagai berikut.

1. Mahasiswa Universitas Terakreditasi Negara ASEAN, Kecuali Thailand

Negara-negara ASEAN saat ini terdiri dari negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, dan Thailand. Kartu mahasiswa dan surat keterangan dari Dekan bisa menjadi referensi untuk memverifikasi hal ini. 

2. Merupakan Warna Negara ASEAN

Beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn memang khusus diberikan untuk mahasiswa warna negara ASEAN dan bukan yang lain. Maka, selain kartu mahasiswa juga harus melampirkan KTP/paspor untuk menunjukkan kewarganegara Anda.

3. Pelajar Negara Thailand Tidak Boleh Mengikuti Program Ini

Selain mahasiswa, pelajar Thailand pun tidak diperkenankan mendaftar program beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn. Maka, sebuah keistimewaan diberikan kesempatan untuk menimba ilmu dan mempelajari kebudayaan yang ada di sana.

4. Formulir Pendaftaran

Dokumen pertama yang harus diisi lengkap adalah formulir pendaftaran beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn dapat diunduh di website resminya.

Pastikan Anda tidak melewatkan setiap pertanyaan yang harus dilengkapi di aplikasi online https://forms.gle/wLbx3WTAh1EvX4t89. Jika pendaftaran sudah ditutup maka aplikasi ini tidak dapat diakses lagi.

Apabila pendaftaran berhasil, maka Anda akan menerima notifikasi di alamat email yang telah didaftarkan. Secara rutin memeriksa kotak masuk surel, agar tidak ada informasi yang terlewat untuk diketahui.

5. Sertifikat Tes Bahasa Inggris

Persyaratan kedua, yakni harus mahir menggunakan bahasa Inggris dengan melampirkan sertifikat hasil tes dengan skor tertentu. TOEFL setidaknya skornya 90 (IBT) atau lebih tinggi, kemudian IELTS minimal nilai 6 atau di atasnya.

Lalu, untuk skor CU-AAT dan SAT minimal 450 di bagian verbal dan bagian bacaan kritis. Keempat sertifikat itu merupakan syarat wajib untuk kuliah di luar negeri, termasuk program beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn.

Walaupun terlihat memiliki skor yang sama, tetapi segi pengukuran nilai dan ketentuannya tiap-tiap negara berbeda. TOEFL (Test of English as Foreign Language) sertifikat ini wajib disertakan jika menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

Jenis tes TOEFL terbagi 3, IBT (Internet Based Test) merupakan praktek speaking dengan rentang skor antara 8 hingga 120. Perbedaan antara TOEFL dan IELTS (International English Language Testing System) adalah jenis aksennya.

TOEFL menitikberatkan pada bahasa English-Amerika, sedangkan IELTS bahasa English-British. Semua sertifikat itu diterbitkan kurang dari 2 tahun sejak dikeluarkan.

6. Transkrip Akademik

Walaupun tidak disebutkan secara spesifik transkrip akademik semester yang diminta, tetapi nilai IPK minimal 2.75. Saat mengajukan permohonan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun.

7. Surat Rekomendasi

Melampirkan 2 surat rekomendasi dari Dekan berupa surat keterangan dan pernyataan bahwa Anda benar terdaftar sebagai salah satu mahasiswa. Universitas memberikan izin untuk mengikuti program pertukaran pelajar dan mentaati semua aturan dan ketentuan yang diminta.

8. Pas Foto

Menyerahkan 2 lembar pas foto berukuran 3×4 dengan latar belakang biru dan memakai pakaian formal. Pas foto terbaru itu tidak lebih dari enam bulan saat dilakukan pengambilan gambar. Tidak boleh mengenakan kacamata, topi, dan tidak ada pengeditan melalui komputer.

9. Surat Pernyataan

Surat pernyataan yang dimaksud adalah penjelasan mengenai ketertarikan Anda untuk mengikuti program beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn. Tujuan serta manfaat yang diharapkan apabila mengikutinya.

Setelah seluruh dokumen lengkap Anda dapat mengirimkan melalui email. Pendaftar akan diseleksi berdasarkan ketentuan dokumen yang sudah diinformasikan sebelumnya.

Setelah lolos seleksi administrasi beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn, maka akan mendapatkan informasi untuk tes wawancara melalui email. Peserta yang lolos seleksi akan menerima Letter of Acceptance, Letter of Confirmation, dan juga Course Schedule.

Kemudian, setelah lolos seleksi wawancara maka peserta bisa memilih mata kuliah yang akan diambil. Lalu dilanjutkan dengan orientasi tur kampus dan persiapan lainnya.

Baca Juga: Prosedur Pendaftaran Beasiswa BRILiaN untuk Mahasiswa S1

Keuntungan Ikut Beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn

3 keuntungan yang akan didapatkan saat mengikuti beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn berupa uang saku, tiket pesawat pulang-pergi, biaya kuliah. Selain itu, biaya fakultas, dan biaya lainnya yang berhubungan dengan program juga dibebaskan.

Jumlah uang saku yang akan diperoleh sebesar 45.000 Baht atau setara Rp19juta jika dirupiahkan. Sedangkan penggantian tiket pesawat yang diberikan tidak melebihi 7.500 Baht atau kisaran Rp3.1 jutaan untuk keberangkatan dan kepulangan.

Tawaran dari Universitas Chulalongkorn merupakan implementasi dari kolaborasi aktif dengan negara-negara ASEAN. Pertukaran pelajar didanai penuh ini berlangsung paling lama 4 bulan dengan jumlah peserta terbatas, yaitu hanya 5 orang saja.

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut dapat menghubungi Chulalongkorn University, 254 Phayathai Road, Pathumwan, Bangkok 10330 Thailand.

Jangan sia-siakan kesempatan berharga ini, pastikan semua dokumen sudah terkirim sebelum penutupan penerimaan dokumen offline diumumkan.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x