Uncategorized

Prosedur Pendaftaran Beasiswa BRILiaN untuk Mahasiswa S1

5 min read
Prosedur Pendaftaran Beasiswa BRILiaN untuk Mahasiswa S1

Beasiswa BRILiaN dari Bank BRI adalah salah satu program pendanaan pendidikan yang memiliki beberapa prosedur pendaftaran. Salah satu prosedurnya adalah medical check up yang masuk ke dalam seleksi tahap akhir.

Cakupan Beasiswa BRILiaN

Pendaftar Beasisa BRILiaN pasti ingin tahu apa saja benefit serta cakupan keuntungan yang akan di dapat ketika lolos. Beasiswa tersebut merupakan salah satu dari banyak beasiswa yang memiliki cakupan lengkap keuntungannya.

Yang pasti ada biaya bantuan pendidikan yang akan diberikan tiap semesternya, untuk pembayaran UKT Mahasiswa. Selain diberikan biaya bantuan tiap semester, pendaftar yang terpilih juga akan menikmati uang saku tiap bulannya.

Hal ini diberikan sebagai bantuan akomodasi serta biaya hidup penerima bantuan dana Beasiswa BRILiaN tersebut. Ada pula bantuan berupa pemberian laptop kepada awardee yang dapat digunakan untuk kebutuhan pendidikannya.

Bagi peserta yang sedang melakukan skripsi, ada bantuan untuk biaya skripsi yang diberikan oleh Beasiswa BRILiaN tersebut. Sebagai bentuk pemberian bantuan penuh, Bank BRI memberikan banyak bantuan pendidikan untuk tiap penerima.

Penerima juga tak akan lupa mendapatkan berbagai ilmu yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini karena adanya sharing knowledge atau seminar bahkan workshop edukasi yang dapat menambah ilmu peserta.

Tak hanya itu, untuk melengkapi kualitas diri Mahasiswa dilakukan pula pelatihan serta pembangunan karakter juga kepemimpinan. Tentunya poin tersebut penting untuk menciptakan generasi yang berkarakter juga memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.

Selanjutnya, hal-hal lain yang bisa didapati pada beasiswa tersebut adalah berkesempatan mengenal Bank BRI lebih dalam. Misalnya dengan adanya kesempatan magang di sana, serta company visit ke gedung BRI, juga melakukan studi kasus BRI.

Syarat dan Informasi Beasiswa BRILiaN

Yang pertama adalah persyaratan untuk Anda yang ingin mendaftar pada Beasiswa BRILiaN dengan ketentuan di bawah ini. Segala persyaratan di bawah tidak bisa diganggu gugat dan harus dipenuhi untuk melakukan proses lanjutan.

1. Mahasiswa Berprestasi dari Fak/Jurusan Non-IT

Fakultas atau Program Studi Non-IT yang dimaksud di sini contohnya Ekonomi, Hukum, FISIPOL untuk jurusan tertentu. Misalnya Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, serta beberapa jurusan lain di luar FISIPOL.

Ada pula jurusan Psikologi, Pertanina, Teknik, Agribisnis, Kehutana, Perikanan, Perternakan, serta lainnya.

2.  Mahasiswa Berprestasi dari Fak/Jurusan IT

Untuk mahasiswa dari fakultas atau Proogram Studi IT adalah Teknik Informatika, Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Sistem Informasi, dan lainnya. Serta beberapa jurusan seperti Ilmu Komputer, Astronomi, Aerospace, Teknik Jaringan, dan lain-lain.

3. Akreditasi Jurusan A

Jika ingin mendaftar pada Beasiswa BRILiaN, akreditasi jurusan Anda minimal sudah pada akreditasi A. Sehingga Anda dapat mendaftar sesuai dengan persyaratan yang sudah dibuat, biasanya tiap 4 tahun akreditasi bisa berubah.

Anda dapat menanyakan informasi tersebut ke pihak kampus agar lebih mudah mengetahui apakah Anda bisa mendaftar.

4. Sedang Menempuh Pendidikan Minimal Semester 5

Syarat selanjutnya adalah, pendaftar sedang menempuh minimal semester 5 pada bidang studi yang di jalani. Maka, mahasiswa semester 1 hingga 4 belum bisa mengikuti serta melakukan pendaftaran beasiswa tersebut.

5. IPK Minimal 3.25

Beasiswa BRILiaN adalah beasiswa prestasi yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi, yang dibuktikan dengan IPK. IPK paling rendah yang bisa didaftarkan adalah 3.25 pada skala 4 yang dapat dipertahankan hingga akhir semester.

6. Berusia Maksimal 22 Tahun Saat Mendaftar

Untuk batas usia yang bisa mendaftar program pendanaan pendidikan dari Bank BRI ini adalah sekitar 22 tahun. Usia tersebut adalah usia maksimal pada saat mendaftar, atau belum memasuki 23 tahun.

7. Menuliskan Esay dengan Tema yang Sudah DItentukan

Yang paling penting, Anda dapat menuangkan ide berupa sebuah inovasi dalam bentuk esai dengan tema tertentu. Disimpan dalam format PDF serta dikumpulkan pada media yang sudah disediakan pihak penyelenggara.

Esai ini memiliki bobot tinggi untuk menjadi penentu apakah pendaftar termasuk ke dalam kriteria lulus beasiswa atau tidak.

8. Tidak Sedang Mendapat Beasiswa Lain

Yang terpenting, mahasiswa yang mendaftar tidak sedang terlibat dengan instansi lain ataupun mendapat beasiswa lain. Hal tersebut diharapkan dapat memeratakan program didapatkan oleh yang benar-benar membutuhkan.

Sehingga bila ada program lain, dapat lebih merata untuk banyak mahasiswa, agar tercipta lingkungan pendidikan yang baik.

Di atas merupakan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar Beasiswa BRILiaN dari mulai poin pertama hingga terakhir. Tidak banyak syarat yang harus dipenuhi, hanya beberapa sehingga mudah untuk diikuti oleh Anda.

Prosedur Pendaftaran

Selanjutnya, prosedur pendaftaran program bantuan pendidikan ini dimulai dari pendaftaran online melalui laman BRI. Langkah selanjutnya adalah membuat akun dengan memasukkan nomor KTP atau NIK, nama, email, serta password.

Setelah semua sudah, cek email Anda untuk melakukan aktivasi pada akun pendaftaran yang sudah dibuat di awal tadi. Selanjutnya Anda sudah bisa mulai melakukan login pada website tadi, dan mengisi formulir pendaftaran.

Peserta dapat menekan tulisan My Resume pada website, untuk melihat formulir pendaftaran yang disediakan di website. Isi semua data dengan benar hingga selesai, jangan lupa untuk melakukan pengecekan agar semua data benar.

Bila sudah selesai mengisi, pendaftar dapat menekan tulisan APPLY SCHOLARSHIP untuk kemudia memilih tulisan BRILiaN Scholarship. Anda dapat memilih hal-hal yang ada di dalamnya sesuai dengan jurusan Anda.

Alur serta prosedur pendaftarannya tidak sulit serta mudah dipahami oleh orang-orang yang baru mendaftar. Tak hanya itu, prosesnya tidak memakan waktu lama hingga Anda bisa resmi terdaftar pada bantuan dana pendidikan tersebut.

Hanya tinggal mengikuti alur pendaftaran serta menyiapkan berkas yang dimaksudkan sehingga dapat mengikuti pendaftarannya.

Baca Juga: Part Time Australia di Department of Agriculture, Water, and Environment

Tahapan Seleksi

Tahapan-tahapan seleksi yang harus dilewati pendaftar terdiri dari enam tahap mulai dari seleksi administrasi hingga medical check up. Seleksi administrasi merupakan seleksi kelengkapan juga validitas berkas yang didaftarkan.

Jika sudah lulus tahap tersebut, Anda akan melewati tahap dua yaitu tes kemampuan dasar & Culture Fit Test. Tes tersebut untuk mengetahui kemampuan dasar Anda sebagai mahasiswa berprestasi dalam beberapa materi.

Setelahnya, Anda dapat mengikuti tes psikologi juga tes bahasa Inggris untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris Anda. Harapannya, tes tersebut mampu membuat Anda menjadi salah satu kandidat terbaik yang berkesempatan lolos.

Selanjutnya, jika Anda berhasil akan dilakukan wawancara lanjutan untuk mengetahui bagaimana nantinya Anda berproses dengan program tersebut. Tes wawancara ini menjadi hal yang penting untuk menentukan akankah Anda lolos ke tes selanjutnya.

Selanjutnya, ada Collaboration and Social Media Test yang merupakan tes terakhir sebelum menuju medical check up. Untuk medical check up sendiri, Anda dapat melakukan pada lokasi terdekat sesuai dengan domisili masing-masing.

Dengan adanya rangkaian prosedur pendaftaran Beasiswa BRILiaN yang sudah dijabarkan di atas, Anda semakin paham alur pendaftarannya. Alur proses hingga pengumuman hasil dapat dilihat pada laman Bank BRI yang sudah disediakan. Cek update tentang beasiswa ini di https://e-recruitment.bri.co.id/beasiswabrilian/.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x