SBMPTN

SBMPTN Gratis Atau Bayar? Ternyata Ada 2 Jenis Prosedur

5 min read
SBMPTN Gratis Atau Bayar? Ternyata Ada 2 Jenis Prosedur

Ada dua jenis pendaftaran SBMPTN, SBMPTN gratis atau bayar yang ditentukan dari KIP atau tidaknya Anda sebagai pendaftar. Berikut ini beberapa hal tentang SBMPTN yang harus diketahui sebelum mendaftar tahun berikutnya.

Salah Satu Seleksi Bergengsi

SBMPTN gratis atau bayar tetap menjadi salah satu seleksi masuk perguruan tinggi yang bergengsi bagi banyak siswa. Seleksi SBMPTN menjadi salah satu harapan masuk perguruan tinggi setelah adanya SNMPTN.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah jalur seleksi masuk PTN di Indonesia. SBMPTN menjadi salah satu momen berharga bagi calon mahasiswa agar dapat berkuliah di kampus impian.

SBMPTN memiliki beberapa jenis tes, SBMPTN gratis atau bayar, di mana jika SBMPTN gratis maka Anda wajib terdaftar KIP. Apabila tidak, Anda dapat mengikuti SBMPTN dengan membayar biaya pendaftaran yang tertera.

Jalur SBMPTN memiliki kelebihan, seperti mampu menampung lulusan SMA yang sudah lulus dua sampai tiga tahun sebelumnya. Dengan nili individu yang kredibel juga terstandar bagi setiap peserta tes yang menjalani.

Seleksi itu juga terselenggara secara serentak dengan skala nasional menggunakan pola ujian tertulis berbasis komputer. Soal-soal yang diujikan pun khusus untuk memberikan pola soal yang dapat bernilai standar bagi peserta.

Seleksi dengan jalur SBMPTN gratis atau bayar tidak akan mempengaruhi hasil tes maupun tingkat kemungkinan lulus. Karena, Perguruan Tinggi bersama LTMPT sudah memiliki skor penilaian sendiri untuk menentukan standar kelulusan.

Selain itu, jika lulus melalui jalur ini, calon mahasiswa akan mendapat subsidi biaya dari pemerintah dalam bentuk UKT. Calon mahasiswa tidak perlu membayar uang pangkal atau uang gedung seperti jika mendaftar mandiri.

Hal ini juga berlaku untuk SBMPTN gratis, yang mana artinya peserta tidak perlu membayar uang pendaftaran dan otomatis mendapat KIP. KIP nantinya berguna untuk membantu biaya pendidikan hingga lulus dengan UKT Rp0.

Alur SBMPTN

Ada sedikit perbedaan yang terlihat untuk jalur pendaftaran SBMPTN gratis atau bayar dari cara mendaftar akun. Untuk SBMPTN gratis menggunakan Kartu Indonesia Pintar, pendaftar harus mendaftar Program Indonesia Pintar lebih dulu.

1. Melakukan Registrasi Akun LTMPT

Untuk jalur pendaftaran SBMPTN gratis atau bayar, sama-sama melakukan registrasi akun LTMPT. Perbedaannya terdapat pada SBMPTN gratis yang melakukan pendaftaran Program Kartu Indonesia Pintar terlebih dahulu.

Setelah itu, Anda dapat memasukkan data seperti tanggal lahir, NISN, dan NPSN untuk langkah login selanjutnya. Harap lengkapi biodata yang tercantum serta diperlukan untuk kelengkapan pendaftaran akun LTMPT

2. Memilih Program Studi yang Diinginkan

Setelah berhasil mendaftar, nantinya akan diarahkan untuk memilih program studi impian sedari awal. Terdapat dua opsi pilihan yang dapat dipilih sebagai kesempatan memasuki Perguruan Tinggi Negeri.

Selain itu, beberapa peminatan atau program studi mengharapkan peserta untuk mengunggah portofolio. Seperti program studi yang berhubungan dengan kesenian maupun olahraga, maka itu diharap memasukkan portofolio relevan.

3. Pilih Pusat Lokasi UTBK

Untuk langkah selanjutnya, peserta yang sudah berhasil mendaftar juga memilih program studi dapat menentukan pusat UTBK. Tujuannya, untuk mendapatkan lokasi Ujian Tulis Berbasis Komputer yang paling dekat dengan posisi peserta.

Baik SBMPTN gratis atau bayar, semua tetap harus menentukan pusat UTBK untuk memperjelas lokasi UTBK. Setelahnya Anda dapat mengikuti langkah selanjutnya untuk meneruskan alur pendaftaran.

4. Mendapat Nomor Pendaftaran

Bila sudah selesai hingga tahap di atas, nantinya peserta SBMPTN gratis atau bayar akan mendapat nomor pendaftaran. Untuk SBMPTN berbayar, Anda dapat melakukan pembayaran dan mendapat slip bayar yang harus dikonfirmasi. Peserta wajib melakukan pembayaran maksimal 1×24 jam di Bank yang sudah ditunjuk LTMPT.

5. Konfirmasi Kartu Peserta

Setelah pembayaran, Anda dapat melakukan konfirmasi kartu peserta yang akan digunakan untuk UTBK. Kartu peserta tersebut, nantinya akan diperlihatkan juga digunakan untuk keperluan sewaktu hari H ujian.

Kartu Peserta tidak boleh hilang, tertinggal, atau rusak, karena dapat mempengaruhi jalannya ujian peserta SBMPTN nantinya.

6. Mencetak Kartu Peserta

Jika sudah, Anda tinggal melakukan pencetakan pada Kartu Peserta tadi untuk dibawa ketika melakukan SBMPTN. Setelahnya, Anda dapat melakukan login kembali pada laman LTMPT untuk mengunduh dan mencetak kartu peserta.

Alur pendaftaran, serta prosedur yang dilakukan jalur SBMPTN gratis atau bayar dapat diikuti sesuai dengan timeline yang berlaku. Sedikit banyak, hal-hal di atas adalah yang biasa dilakukan ketika melakukan pendaftaran ujian.

Tujuan UTBK SBMPTN

Sebenarnya tujuan UTBK maupun SBMPTN gratis atau berbayar adalah untuk melakukan seleksi terhadap peserta-peserta pendaftar. SBMPTN dilakukan untuk menyaring kriteria calon mahasiswa yang baik serta sesuai.

Harapannya, peserta yang lolos dapat menyelesaikan studi di PTN yang diinginkan dengan baik serta tepat waktu. Hasil yang didapat dari SBMPTN adalah mutlak serta terstandar sehingga peserta tidak perlu meragukan hasilnya.

Untuk itu, perlu latihan agar dapat menjawab soal-soal yang dikeluarkan pada layar ketika Ujian Tulis Berbasis Komputer tersebut. Tujuan lainnya yaitu untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa melakukan pendidikan lintas wilayah.

Banyak dari peserta ingin mendapat pendidikan selayak mungkin, meski harus merantau sejauh mungkin meninggalkan rumah. Itulah mengapa SBMPTN membuka kesempatan untuk peserta memilih jurusan serta universitas yang diimpikan.

Tak hanya itu, SBMPTN diharapkan dapat membantu peningkatan angka pendidikan tinggi di Indonesia yang masih rendah. Kurangnya minat masyarakat untuk bersekolah hingga tinggi membuat SDM belum meningkat.

Jalur SBMPTN gratis atau bayar dapat membantu calon mahasiswa untuk terus berkesempatan serta memiliki harapan terhadap pendidikan. Apalagi, SBMPTN dinilai lebih ramah dikantong dibanding jika mengikuti tes seleksi mandiri.

Maka itu, banyak sekali siswa yang mendaftar di jalur tersebut sebagai suatu upaya tunggal karena tidak mampu mendaftar secara mandiri. SBMPTN memberi kesempatan untuk calon mahasiswa baru mengikuti tes secara lebih fleksibel berdasarkan lokasi sendiri.

Tujuan lainnya adalah untuk membantu siswa tidak mampu tetap memiliki kesempatan besar bersekolah di Perguruan Tinggi Negeri. Khususnya pengguna KIP yang memang disediakan serta diprogramkan untuk masyarakat tidak mampu.

Baca Juga: 9 Syarat Beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn di Thailand

Pilih Bidang yang Sudah Dipertimbangkan Matang

Karena SBMPTN gratis maupun bayar tidak banyak memiliki perbedaan, hanya beda dibagian pendaftaran, semua memiliki kesempatan sama. Maka, tidak ada perbedaan pada pilihan Perguruan Tinggi Negerinya.

Gunakan kesempatan tersebut untuk memilih jurusan perkuliahan atau program studi yang diinginkan oleh Anda. Peserta yang berhasil menyelesaikan Ujian Tulis Berbasis Komputer dapat menunggu hasil tes di laman yang sudah di sediakan.

Jangan lupa untuk mencantumkan portofolio yang relevan dengan jurusan yang dipilih, terutama untuk jurusan Seni dan Olahraga. Karena hal tersebut menjadi salah satu poin penting yang membuat Anda lulus jalur SBMPTN.

Hal-hal di atas berkaitan dengan SBMPTN gratis atau bayar yang dapat menambah informasi Anda untuk melakukan ujian. Jangan lupa untuk menyiapkan berkas-berkas yang digunakan untuk mendaftar di jalur ini.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x