SNMPTN

Alasan di SNMPTN 2022 Lintas Jurusan Sebaiknya Dihindari

4 min read
Alasan di SNMPTN 2022 Lintas Jurusan Sebaiknya Dihindari

Sebelum SNMPTN berlangsung, tidak jarang siswa dibingungkan dengan pertanyaan, “Apakah di SNMPTN 2022 lintas jurusan diperbolehkan?” Pasalnya, siswa tersebut merasa tidak cocok di jurusan yang selama kurang lebih 3 tahun di SMA dipelajari.

Nah, apabila Anda memang salah satunya, jawaban dari pertanyaan di atas sebetulnya boleh-boleh saja, tergantung universitasnya. Namun, sebaiknya hal itu dihindari, sebab belum tentu di jurusan dipilih nanti, Anda merasa cocok.

Nah, daripada bingung, sebaiknya simak dulu informasi sekilas dari artikel ini. Kemudian, pertimbangkan lagi apakah mau lanjut lintas jurusan atau sebaliknya.

Seputar SNMPTN 2022 Lintas Jurusan

Di SMA anak IPA, tetapi saat terpilih ikut seleksi SNMPTN memilih jurusan soshum, baik atau sebaliknya? Yuk, bahas di sini!

1. SNMPTN 2022 Lintas Jurusan Bisa Menyia-nyiakan Nilai

Bingung menentukan jurusan lanjutan setelah lulus SMA itu wajar-wajar saja. Bahkan, itu bisa dianggap lebih baik daripada gegabah memilih jenis ujian saat SNMPTN.

Terlebih, jika di SNMPTN 2022 lintas jurusan menjadi keputusan Anda yang tiba-tiba. Misalnya, tanpa pikir panjang Anda memilih ujian saintek, sedangkan di SMA, jurusan yang Anda pelajari adalah IPS.

Sebaiknya, jangan jadikan tidak cocok sebagai alasan, kecuali jika terdapat bukti bahwa lintas jurusan memang lebih baik. Contohnya, anak IPS suka semua pelajaran dan rajin belajar apa saja sehingga nilai rata-rata IPA-nya terbilang tinggi.

Dengan nilai itu, peluang untuk lulus ujian saintek di universitas pilihan cukup tinggi. Namun, jika nilai IPS tetap lebih tinggi, sebaiknya pilih soshum.

Alasannya, nilai tinggi di pelajaran IPS akan sia-sia hanya karena rasa tidak cocok itu. Selanjutnya, penyesalan bisa datang karena gagal di SNMPTN 2022 lintas jurusan.

2. Peluang Kecil, sementara Lingkup Persaingan Ketat

Sebelum memutuskan akan lintas jurusan di universitas pilihan, tidak ada salahnya melihat statistik penerimaan lintas jurusan tahun-tahun sebelumnya. Dengan begitu, ada sedikit gambaran berapa peluang Anda lulus di SNMPTN 2022 lintas jurusan.

Beberapa universitas pernah tidak meluluskan anak lintas jurusan di tahun 2012, 2014, dan 2015. Salah satunya, Universitas Brawijaya dan Universitas Diponegoro.

Namun, cukup banyak juga siswa lintas jurusan yang lulus di tahun yang sama, yaitu di Universitas Indonesia. Tercatat sekitar 13 sampai 20 persen dari jumlah penerimaan, peserta ujian soshum yang berasal dari IPA lulus SNMPTN.

Dengan mengetahui hal itu, Anda punya gambaran seberapa ketat persaingan di seleksi SNMPTN tahun ini. Jika persentase penerimaan siswa lintas jurusan di kampus pilihan Anda terbilang kecil, peluang lolos juga kemungkinan sangat kecil.

Terlebih, jika jumlah peserta SNMPTN 2022 lintas jurusan di universitas yang sama dengan pilihan Anda, cukup banyak. Karena itu, bijaklah dalam memutuskan, ya.

3. Tidak Bisa Masuk Universitas Impian

Alasan selanjutnya kenapa lintas jurusan disebut-sebut sebaiknya dihindari adalah karena kebijakan universitas. Tidak semua universitas memperbolehkan sistem lintas jurusan, salah satunya Universitas Syiah Kuala.

Jika universitas impian Anda adalah kampus yang berlokasi di Aceh ini, saat SNMPTN 2022 lintas jurusan bukan pilihan terbaik. Seleksi SBMPTN dapat Anda pilih untuk lintas jurusan di kampus ini.

Meski begitu, jika sudah yakin dengan SNMPTN 2022 lintas jurusan, Anda sebaiknya memilih salah satu kampus berikut. Beberapa universitas yang memperbolehkan lintas jurusan di antaranya: UGM, UI, UNDIP, UNPAD, dan masih banyak lagi.

4. Linieritas Tidak Bisa Didapatkan dengan SNMPTN 2022 Lintas Jurusan

Selain ketiga sisi negatif atas lintas jurusan di atas, pilihan lintas jurusan juga bisa jadi yang terbaik. Di antara alasannya adalah karena jurusan yang dipilih selaras dengan prodi yang dituju.

Misalnya, ketika Anda menelusuri kampus tujuan, Anda mendapati prodi farmasi dapat dimasuki siswa SMK farmasi. Padahal, sebagaimana yang banyak diketahui orang, prodi farmasi hanya bisa dimasuki anak IPA.

Namun, karena jurusan Anda selaras dengan prodi itu dan kebijakan kampus mendukung, Anda bisa saja memilih ujian saintek. Terdapatnya informasi tersebut juga bisa memperbesar peluang lolos bagi Anda.

Dengan demikian, lintas jurusan bukan hal yang salah apalagi harus dihindari. Namun, semua keputusan kembali lagi pada diri sendiri.

5. Kebijakan LTMPT Terkait SNMPTN 2022 Lintas Jurusan

Tidak hanya kebijakan kampus dan nilai rata-rata rapor yang harus dipertimbangkan, kebijakan LTMPT juga penting diketahui. Sebagaimana aturannya, peserta seleksi dapat memilih kampus mana yang akan dijadikan tempatnya kuliah.

Siswa dapat memilih dua prodi sekaligus di dua kampus berbeda. Namun, salah satu pilihan harus berada di satu provinsi yang sama dengan sekolah asalnya.

Sementara itu, jika hanya satu kampus tujuan, siswa dapat memilih kampus di provinsi mana pun bahkan di luar pulau. Misalnya, siswa yang tinggal di Jakarta bisa memilih satu kampus di Sumatera atau sebaliknya.

Menentukan Jurusan sebelum SNMPTN

Setelah mempertimbangkan banyak hal, waktunya Anda memikirkan kembali apakah akan lanjut dengan keputusan lintas jurusan atau tidak. Baik tidaknya lintas jurusan, kembali lagi pada apa-apa yang Anda pilih.

Sebab, yang akan menjalani masa kuliah adalah diri Anda sendiri. Cobalah berpikir panjang ke depan, waktu kuliah Anda bukanlah masa yang sebentar.

Sekitar 3 tahun lebih Anda harus belajar di jurusan pilihan Anda. Jika ternyata yang Anda pilih tidak tepat, bukan tidak mungkin Anda merasa tidak cocok lagi, seperti yang telah disebut.

Konsultasikanlah apa-apa yang menjadi kebingungan Anda. Bisa kepada guru, orang tua, alumni sekolah, atau bahkan mahasiswa kampus tujuan Anda.

Mintalah informasi sebanyak-banyaknya pada mahasiswa di kampus tujuan, terutama yang telah lama berkuliah di sana. Barangkali, mahasiswa tersebut tahu beberapa anak lintas jurusan yang lolos dan yang gagal SNMPTN.

Setelah itu, Anda bisa menggali informasi lebih dalam dari mahasiswa lintas jurusan tersebut. Tanyakan seperti apa perasaannya kini, bagaimana menghadapi mata kuliah yang berbeda dengan jurusan di SMA, dan lain-lain.

Jika sudah, pertimbangkan sekali lagi sebelum fix memutuskan ikut SNMPTN 2022 lintas jurusan. Semoga dipermudah dan diperlancar dan jangan lupa untuk melakukan pembelajaran secara komprehensif terutama di kelas intensif.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x