SBMPTN

Top 10 PTN Paling Diminati SBMPTN & Prodi yang Banyak Dipilih

4 min read
Top 10 PTN Paling Diminati SBMPTN & Prodi yang Banyak Dipilih

Bagi Anda yang sedang bingung memilih PTN, ulasan tentang 10 PTN paling diminati SBMPTN ini bisa dijadikan referensi. Karena, selain mempersiapkan diri menghadapi UTBK, meriset PTN mana yang akan dituju juga penting.

Sebagaimana yang Anda tahu, SBMPTN merupakan seleksi yang paling banyak diserbu calon mahasiswa. Pasalnya, kuota SBMPTN untuk penerimaan mahasiswa baru lebih besar dari SNMPTN dan seleksi Mandiri.

Berdasar laman Kompas.com yang melansir dari Brain Academy, terdapat 10 PTN paling diminati SBMPTN. Selain itu, beberapa jurusan di PTN tersebut juga banyak dipilih peserta SBMPTN.

Prodi dan PTN Paling Diminati SBMPTN

Menjadi bagian dari PTN favorit merupakan satu kebahagiaan yang bisa disebut sebagai berkah. Lalu, PTN mana saja yang menjadi favorit calon mahasiswa?

1. Universitas Gadjah Mada (UGM), PTN Paling Diminati SBMPTN Seluruh Indonesia

Kampus yang berdiri di Yogyakarta ini menempati posisi pertama sebagai PTN yang paling diminati SBMPTN. Terdata sebanyak 62.507 peserta mendaftar UTBK–SBMPTN dengan tujuan kampus yang banyak menyabet rangking internasional ini.

Di ujian Saintek, prodi kedokteran merupakan jurusan yang banyak dipilih peserta SBMPTN. Terdapat 3.565 siswa yang diketahui mendaftar di ujian Soshum dengan program studi kedokteran.

Sementara itu, program studi psikologi adalah jurusan yang paling banyak dipilih calon mahasiswa jalur UTBK. Tercatat jumlah siswa yang mendaftar di prodi ini adalah sebanyak 3.655 peserta.

2. Universitas Brawijaya (UB)

Sebanyak 61.743 peserta SBMPTN mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa salah satu universitas elit yang berada di Malang ini. Seperti halnya UGM, prodi kedokteran di UB juga menjadi favorit calon mahasiswa.

Dari 60 ribuan peserta, tercatat sebanyak 2.847 peserta SBMPTN memilih program studi kedokteran di UB. Selain itu, prodi hukum juga paling banyak diminati dengan 2.992 peserta UTBK memilih jurusan ini di ujian Soshum.

3. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Jika dua universitas di atas merupakan kampus yang berlokasi di Jawa, PTN paling diminati SBMPTN kali ini berada di tatar Sunda. Unpad merupakan salah satu universitas favorit calon mahasiswa jalur UTBK–SBMPTN tahun 2021.

Sekitar 56.446 peserta SBMPTN mendaftar ke universitas ini. Terdapat dua prodi dari dua jenis ujian yang paling banyak pesertanya, yaitu Psikologi di Saintek, dan Hukum di Soshum.

4. Universitas Indonesia (UI)

Prodi kedokteran juga menjadi jurusan dengan minat peserta paling banyak di UI. Sebanyak 2.747 peserta UTBK dengan tujuan Universitas Indonesia, memilih prodi ini.

Sementara itu, total peminat Universitas Indonesia pada tahun 2021 adalah sebanyak 54.897 siswa. Ada 1.977 siswa di antaranya memilih prodi komunikasi yang menjadi jurusan paling diminati di soshum.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Di posisi nomor lima, ada UNS yang mendapat predikat sebagai PTN paling diminati SBMPTN tahun 2021. Terdapat sekitar 51.947 peserta UTBK–SBMPTN memilih universitas ini.

Farmasi menjadi pilihan utama di ujian saintek dengan total peserta sebanyak 1.581, sedangkan prodi komunikasi menjadi pilihan terbanyak di soshum. Sekitar 1.871 peserta memilih prodi komunikasi di SBMPTN 2021.

Sebagai informasi, hanya sekitar 5,46 persen dari 50 ribuan peserta yang masuk PTN di solo ini. Bisa dihitung, berapa total peserta yang berhasil masuk universitas ini, ya.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)

PTN paling diminati SBMPTN tahun 2021 selanjutnya adalah UNDIP, kampus yang berlokasi di Semarang. Sebanyak 51.418 peserta SBMPTN memilih UNDIP sebagai kampus tujuannya.

Jurusan kedokteran dan psikologi juga menjadi favorit calon mahasiswa. Tercatat sebanyak 2.583 peserta memilih kedokteran dan 3.401 peserta memilih psikologi.

7. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Bukan hanya jurusan pendidikan yang menjadi serbuan calon mahasiswa SBMPTN yang memilih UPI, ilmu komputer juga banyak dipilih. Sekitar 1.001 peserta memilih jurusan ini di SBMPTN tahun lalu.

Selain itu, terdapat pula jurusan komunikasi yang diserbu 1.731 pendaftar. PTN paling diminati SBMPTN tahun lalu ini mendapat jumlah peserta sebanyak 45.767 orang.

8. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Selain UGM, Yogyakarta juga punya universitas lain yang tak kalah bersinar sehingga banyak diminati calon mahasiswa. Sekitar 42.542 peserta UTBK–SBMPTN tahun 2021, memilih UNY sebagai universitas tujuan.

Sementara untuk prodi favorit, jurusan komunikasi mendapat jumlah terbanyak dengan total 2.671 peserta. Selain itu, teknik sipil juga menduduki posisi jurusan dengan jumlah tertinggi.

9. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Di UNJ, dari 39.542 peserta UTBK 2021 yang memilih kampus ini, seribu di antaranya memilih program studi komputer. Selain itu, jurusan psikologi menjadi prodi dengan peserta terbanyak, yakni 3.536 peserta.

10. Universitas Sumatera Utara (USU), PTN Paling Diminati SBMPTN di Luar Jawa

Universitas di luar Pulau Jawa ini memeringkati posisi nomor 10 sebagai PTN paling diminati SBMPTN tahun lalu. Tercatat sekitar 33.448 peserta UTBK yang memilih kampus USU di tahun 2021.

Jurusan paling diminati di kampus ini adalah program studi hukum dengan 2.949 pendaftar. Selain itu, terdapat prodi pendidikan dokter yang juga dipenuhi peserta UTBK di kampus ini.

Sebanyak 1.970 siswa memilih prodi pendidikan dokter di ujian saintek. Dua prodi ini menjadi jurusan dengan lingkup persaingan paling ketat di USU.

Siap Kuliah di PTN Paling Diminati SBMPTN?

Setelah mengetahui daftar PTN paling diminati SBMPTN tahun lalu, saatnya memperbesar peluang masuk PTN tersebut dengan giat belajar. Dari informasi di atas, Anda bisa mendapat gambaran betapa ketatnya persaingan peserta UTBK setiap tahunnya.

Bukan tidak mungkin, tahun ini akan lebih banyak peserta yang memilih universitas di atas ataupun jurusan di tiap-tiap PTN tadi. Sebab katanya, prospek kerja disebut lebih tinggi jika seseorang merupakan lulusan universitas tersohor.

Dengan mengetahui informasi singkat ini, semoga Anda makin semangat dan terus menggali pengetahuan guna mendapat nilai UTBK yang memuaskan. Bersama nilai UTBK tinggi, kesempatan masuk universitas favorit yang disebut berkah, bisa lebih tinggi. Selamat berjuang untuk UTBK tahun ini dan semoga menjadi bagian dari universitas tersebut. Terima kasih sudah membaca sampai


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x