SBMPTN

Prosedur Mengikuti SBMPTN bagi Siswa Gap Year PTN 2022

4 min read
Prosedur Mengikuti SBMPTN bagi Siswa Gap Year PTN 2022

Bagi siswa gap year PTN 2022 bisa menerima keikutsertaan Anda dalam seleksi SBMPTN maupun beberapa jalur lainnya. Namun, terdapat beberapa prosedur yang harus dipenuhi agar terdaftar sebagai peserta seleksi.

Sebagaimana yang Anda tahu, gap year adalah sebutan bagi siswa yang memilih tidak melanjutkan studinya setelah lulus SMA. Di tahun kelulusan, siswa tersebut memilih rehat dari pendidikan, bisa untuk bekerja atau mencari pengalaman lain.

Alasan lain siswa gap year juga bisa karena ingin masuk PTN impian. Jadi, ketika tahun lalu dinyatakan tidak lolos, tahun ini siswa kembali mencoba.

Syarat-Syarat Mengikuti Gap Year PTN 2022

Fokus bahasan artikel gap year PTN 2022 ini hanya pada seleksi SBMPTN. Karena, SNMPTN 2022 hanya dapat diikuti siswa lulusan tahun ini.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terdapat prosedur untuk siswa gap year yang akan ikut SBMPTN. Apa sajakah itu?

1. Maksimal Gap Year PTN 2022 Adalah Lulusan Tahun 2020 dan 2021

Syarat pertama yang menjadi acuan boleh tidaknya siswa gap year mengikuti SBMPTN adalah tahun kelulusan. Pihak LTMPT menyebut, seleksi SBMPTN ini hanya dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun ini dan dua tahun ke belakang.

Bagi siswa yang lulus tahun-tahun sebelumnya, peluang masuk PTN tetap masih ada. Namun, seleksi yang dapat diikuti hanya Seleksi Mandiri.

2. Kelengkapan Ijazah Gap Year PTN 2022

Menurut keterangan Direktur Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo, siswa gap year wajib membawa berkas berupa ijazah untuk mengikuti UTBK. Baik lulusan tahun 2020 atau 2021.

Diberlakukannya aturan tersebut guna menghindari adanya calo ujian, begitu kata Budi Prasetyo, pada Kamis, 12 Januari 2022. Ijazah tersebut dapat membuktikan kebenaran bahwa siswa yang akan mengikuti ujian adalah siswa lulusan tahun yang telah ditentukan.

3. KTP

Kartu Tanda Penduduk menjadi syarat berikutnya yang dibahas di artikel prosedur mengikuti SBMPTN bagi siswa gap year PTN 2022. Kenapa harus ada KTP?

Jika melihat kembali aturan mengikuti UTBK–SBMPTN yang telah diberitahukan LTMPT, maksimal usia peserta UTBK adalah 25 tahun. Syarat ini berlaku untuk siswa gap year maupun siswa yang masih belajar, terutama di PKBM (Paket C).

4. Membuat Akun LTMPT

Bagi siswa gap year yang telah mendaftar akun LTMPT di tahun 2021, tahun ini diwajibkan mendaftar ulang. Sistem LTMPT yang selalu diperbarui, otomatis menghapus semua data yang sebelumnya masuk.

Oleh karena itu, membuat akun LTMPT menjadi syarat penting untuk Ikut UTBK. Sebelum itu, pastikan Anda menyiapkan data yang benar sehingga proses pendaftaran bisa lebih cepat dan tidak terkendala.

Sebagai informasi, siapkan NISN, tanggal lahir, dan NPSN sekolah asal. Kemudian, masukkan email aktif dan password kuat yang mudah diingat.

Dengan password dan email tersebut, Anda bisa masuk ke portal LTMPT. Namun sebelumnya, pastikan Anda mengaktivasi akun dengan mengklik tautan yang diberikan LTMPT via email.

5. Mendaftar UTBK

Selanjutnya di prosedur mengikuti SBMPTN bagi siswa gap year PTN 2022, syarat yang harus dipenuhi adalah mendaftar ujian. Pastikan tahu jadwal pendaftaran, jangan menunggu hari-hari terakhir.

Sistem LTMPT tidak jarang mengalami kesulitan pengaksesan, terlebih di hari-hari terakhir. Terlalu banyaknya pengakses sering kali membuat sistem error bagi sebagian orang.

6. Memilih Jenis Ujian Gap Year PTN 2022

Terdapat tiga kelompok ujian yang dapat dipilih calon mahasiswa. Di antaranya, soshum, saintek, dan campuran.

Bagi gap year PTN 2022 tidak membeda-bedakan jenis ujian dengan siswa lulusan tahun ini. Ketiga jenis ujian itu dapat dipilih siapa saja yang akan ikut UTBK.

7. Membayar Biaya UTBK

Agar terdaftar di UTBK–SBMPTN, membayar biaya UTBK adalah prosedur selanjutnya di artikel dengan fokus utama gap year PTN 2022. Biaya sebesar Rp200 ribu atau Rp300 ribu harus dibayar dalam waktu 1 × 24 jam setelah muncul slip pembayaran.

Biaya tersebut tergantung pada jenis ujian apa yang Anda pilih. Jika ujian soshum atau saintek, biayanya Rp200 ribuan.

Sementara itu, Rp300 ribu adalah total biaya untuk UTBK campuran. Dengan mengetahui ini, Anda bisa segera mempersiapkan biayanya dari sekarang.

8. Menyimpan Bukti Pendaftaran

Setelah Anda melakukan registrasi akun LTMPT, kemudian mengisi data, artinya data tersebut tidak dapat diubah lagi. Unduh bukti akun permanen kemudian simpan di ponsel, jangan sampai hilang.

Selanjutnya, setelah mendaftar UTBK dan membayar biayanya, penting bagi Anda untuk menyimpan bukti tersebut. Simpan juga bukti pembayaran dan jangan sampai terhapus.

10. Jadwal UTBK Gap Year PTN 2022

Perlu dicatat agar tidak ketinggalan, tahap pendaftaran akun LTMPT sudah bisa dilakukan sejak tanggal 10 Januari. Sementara penutupan registrasi akan dilakukan tanggal 15 Februari pukul tiga sore.

Selanjutnya, untuk tahap mendaftar UTBK, LTMPT telah menginformasikan bahwa siswa yang akan ikut ujian dapat mendaftar mulai 14 Februari. Akhir pendaftaran UTBK adalah tanggal 17 Maret.

Siap Menjadi Mahasiswa Baru 2022?

Bagi sebagian gap year, mendaftar UTBK tahun ini mungkin bukan kali pertama. Namun, tidak sedikit gap year yang baru pertama kali melakukan tahapan ini.

Jika Anda memutuskan mendaftar ujian masuk PTN 2022, itu berarti Anda siap menjadi mahasiswa tahun ini. Sebagaimana kesiapan Anda menjadi mahasiswa baru tahun 2022 dengan jalur UTBK, jangan lupa penuhi syarat-syarat di atas, ya.

Peluang masuk kampus jalur UTBK bagi gap year, PTN memang tidak menentukan secara pasti. Namun, meskipun gap year, buktikan bahwa Anda layak diterima PTN impian Anda, yaitu dengan terus belajar agar nilai ujian maksimal.

Setelah mengetahui syarat-syarat di atas, yuk, persiapkan semua syarat tersebut dan penuhi ketentuannya. Jangan lupa menambah pengetahuan menjelang UTBK, dengan tetap giat belajar agar makin siap menjadi mahasiswa baru 2022.

Bagi Anda siswa gap year yang mencoba peruntungan tahun ini, yakinkan diri bahwa kali ini, Anda bisa. Semoga informasi mengenai prosedur mengikuti SBMPTN bagi gap year PTN 2022 ini membantu. Jangan lupa untuk share artikel ini pada teman-teman yang akan menjadi maba di tahun 2022 ini ya.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x