SBMPTN

Analisis Timeline SBMPTN 2022 Sesuai Jadwal yang Ditetapkan

5 min read
Analisis Timeline SBMPTN 2022 Sesuai Jadwal yang Ditetapkan

Analisis timeline SBMPTN 2022 dibutuhkan untuk mengetahui alur pelaksanaan UTBK sehingga dapat mempersiapkannya. Berbicara mengenai timeline UTBK 2022, hal-hal di bawah ini perlu menjadi perhatian Anda sebagai peserta ujian.

Materi Tes SBMPTN 2022       

Sebelum jauh untuk membahas analisis timeline SBMPTN 2022, Anda perlu mengetahui materi apa saja yang jadi diujikan. Dalam SBMPTN peserta pastinya sudah tahu bahwa ada tiga kelompok ujian yang dapat dipilih.

Mulai dari Saintek, Soshum, dan campuran antara kedua untuk menentukan jurusan kuliah yang akan dimasuki nantinya. Dalam setiap kelompok ujian, ada tiga materi tes yang menjadi bab-bab ujian ketika UTBK.

Kelompok materi yang pertama disebuth tes potensi skolastik atau TPS yang terdiri dari berbagai sub tes soal-soal skolastis. Lalu yang kedua adalah bahasa Inggris yang tahun ini menjadi sub tes terpisah yang diujikan dalam UTBK.

Bahasa Inggris ini menggunakan tipe soal HOTS seperti sub tes lainnya, tetapi tidak termasuk ke dalam TPS atau TKA. Selanjutnya adalah kelompok materi TKA atau Tes Kompetensi Akademik, dimana terdiri dari materi kelompok ujian.

Jika Anda memilik saintek, maka tes kompetensi akademik yang akan Anda kerjakan adalah soal-soal seputar pelajaran IPA. Seperti soal biologi, kimia, fisika, maupun matematika peminatan yang telah dipelajari di SMA.

Untuk kelompok ujian Soshum, maka yang dipelajari kurang lebih adalah materi-materi jurusan IPS pada waktu SMA. Misalnya seperti geografi, sosiologi, sejarah, serta ekonomi yang dibalut dalam berbagai macam jenis soal.

Materi-materi tadi akan disesuaikan tingkat kesulitannya untuk sebuah ujian masuk perguruan tinggi negeri, sehingga harus dipelajari. Apalagi bagi yang memilih kelompok ujian campuran, harus bisa mengerjakan dua kelompok materi tersebut.

Baik saintek maupun soshum, nantinya akan dikerjakan oleh peserta dengan kelompok ujian campuran. Materi-materi di atas memang nampak mudah, tetapi harus tetap belajar untuk semakin mendukung pemahaman soal nantinya.

Analisis Timeline SBMPTN 2022

Alur pelaksanaan dapat dilihat dari analisis timeline SBMPTN 2022 di bawah ini yang mencakup awal pelaksaan hingga pengumuman. Bagi Anda yang masih merasa bingung, simak alur di bawah ini untuk mempersiapkan diri.

1. Regristrasi akun LTMPTN

Berdasarkan analisis timeline SBMPTN 2022, regristrasi akun LTPMPTN dilaksanakan pada 14 Februari hingga 17 Maret. Pembuatan akun ini dimulai sebelum SNMPTN untuk syarat melakukan SNMPTN.

Kini, pihak yang ingin melakukan SBMPTN juga wajib mendaftarkan diri dan membuat akun LTMPTN. Dengan tanggal tersebut, Anda bisa membuat akun LTMPTN dan mendaftar SBMPTN nantinya.

2. Sosialisasi UTBK SBMPTN

Sebelum pendaftaran dan pelaksanaan UTBK SBMPTN, dilakukan sosialisasi UTBK untuk memudahkan pendaftar memahami. Sosialisasi ini dilakukan dari tanggal 1 Desember 2021 hingga 15 April 2022.

Diharapkan, dengan adanya sosialisasi ini, calon pendaftar SBMPTN 2022 semakin siap dan paham apa yang diperlukan. Sehingga pelaksanaan ujian dapat berjalan lancar serta sesuai dengan yang direncanakan.

3. Pendaftaran UTBK SBMPTN

Untuk analisis timeline SBMPTN 2022 selanjutnya adalah waktu pendaftaran UTBK 2022 tanggal 23 Maret – 15 April. Pendaftaran ini dilakukan melalui laman LTMPTN yang sudah disediakan dengan membayar sejumlah yang tertera.

4. Pelaksanaan UTBK Gelombang 1

UTBK dibagi menjadi dua gelombang karena banyaknya peserta yang mengikuti, serta pencegahan angka Covid-19. Untuk gelombang pertama akan dilaksanakan pada tanggal 17 hingga 23 Mei 2022 nanti.

Tempat pelaksanaan tergantung apa yang domisili dan daerah mana yang Anda pilih ketika mendaftar SBMPTN.

5. Pelaksanaan UTBK Gelombang 2

Selanjutnya, setelah pelaksanaan gelombang satu usai maka dimulai lah pelaksaan ujian UTBK gelombang 2. Dalam pelaksanaan gelombang dua, dimulai pada tanggal 28 – 3 Juni 2022, empat hari setelah gelombang satu.

6. Pengumuman Hasil SBMPTN

Ujian UTBK akan berakhir pada tanggal 03 Juni 2022 sehingga para peserta tinggal menunggu pengumuman hasil. Pengumuman hasil ujian ini bisa disaksikan di laman LTMPTN pada tanggal 23 Juni 2022.

7. Masa Unduh Sertifikat UTBK

Jika Anda lolos UTBK SBMPTN maka Anda harus mengunduh sertifikat UTBK untuk keperluan administrasi lanjutan. Sertifikat SBMPTN tersebut dapat mulai di unduh tanggal 25 Juni 2022 hingga tanggal 31 Juli 2022.

Analisis timeline SBMPTN 2022 di atas merupakan informasi penting yang dapat menjadi acuan Anda dalam pelaksanaan UTBK. Dengan adanya timeline di atas, para peserta dapat membuat jadwal belajar untuk persiapan SBMPTN yang benar.

Jangan Lupakan Persyaratan UTBK 2022

Sebagai salah satu hal yang penting mengiringi analisis timeline SBMPTN 2022 di atas tadi, persyaratan SBMPTN harus dilaksanakan. Persyaratan yang telah ditentukan harus dilaksanakan sebagai keharusan peserta ujian SBMPTN 2022.

Yang pertama harus sudah dilakukan peserta adalah memiliki akun LTMPT yang sudah permanen, dengan data yang benar. Akun ini wajib dimiliki untuk mengiringi pelaksanaan dari regristrasi hingga pengumuman hasil SBMPTN.

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah apakah Anda lulus jalur SNMPTN atau tidak, karena jika lulus tidak bisa mengikuti UTBK. Peserta tidak lulus jalur SNMPTN tahun 2020, 2021, dan 2022, ujian ini benar-benar untuk siswa yang belum terdaftar.

Untuk teman-teman peserta yang memilih jurusan serta program studi dibidang seni maupun olahraga, wajib mengunggah portofolio. Portofolio tersebut berupa hasil karya yang berhubungan dengan program studi yang dipilih.

Portofolio berupa karya yang bisa membantu hasil SBMPTN lebih positif untuk diterima, sehingga kesempatan lulus lebih besar. Untuk portofolio dapat diunggah ketika mendaftar SBMPTN 2022 di laman LTMPT.

Jenis portofolio yang dapat dilampirkan adalah olahraga, seni rupa, desain, dan kriya, juga tari. Termasuk di dalamnya sendratasik mauapun pertunjukan opsi tari, juga teater atau pertunjukan opsi drama.

Ada pula seni musik, seni karawitan, etnomusikologi, fotografi, film dan televisi, juga seni pedalangan yang dimiliki. Portofolio wajib berhubungan dengan program studi yang dipilih atau selinear dengan jurusan.

Baca Juga: Serunya Join Program Beasiswa Djarum Leadership Development

Persyaratan Peserta Tuna Netra

Bagi peserta dengan tuna netra, diharuskan mengunggah surat pernyataan tuna netra yang dapat membantu pelaksaan ujiannya. Selain itu, hasil UTBK 2022 nanti hanya bisa digunakan dan berlaku selama penerimaan tahun 2022 saja.

Selain Analisis timeline SBMPTN 2022, persyaratan-persyaratan yang berlaku wajib diperhatikan demi kelancaran ujian Anda. Anda juga perlu memenuhi serta melengkapi berkas-berkas yang diminta oleh penyelenggara.

Agar lebih menunjang, jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatu apalagi dokumen, sejak jauh-jauh hari setelah pengumuman. Untuk peserta tuna netra, akan disediakan media dan tempat khusus untuk pelaksaan UTBK SBMPTN 2022 nanti.

Analisis timeline SBMPTN 2022 di atas semoga bisa membantu menambah informasi untuk calon peserta UTBK 2022 yang akan ujian. UTBK SBMPTN 2022 tidak beda jauh dalam hal materi dari ujian masuk tahun kemarin, sehingga Anda bisa belajar materi tahun lalu.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x