INFORMASI

Program Beasiswa Bank Mandiri Sebagai Bentuk Dedikasi untuk Negara

5 min read
Program Beasiswa Bank Mandiri Sebagai Bentuk Dedikasi untuk Negara

Beasiswa Bank Mandiri nampaknya melakukan banyak gerakan untuk berkolaborasi dalam hal bantuan pendidikan di Indonesia. Pasalnya, banyak sekali program-program yang ditawarkan Bank Mandiri yang berkolaborasi dengan sejumlah instansi.

Latar Belakang Program

Beasiswa Bank Mandiri hadir karena adanya latar belakang berupa tingkat kemiskinan di Indonesia yang mengkhawatirkan. Indonesia sebagai negara berkembang masih membutuhkan tangga untuk menuju progres yang lebih baik.

Kemiskinan di Indonesia menjadi salah satu penghambat masyarakatnya menempuh pendidikan tinggi dengan layak. Jangankan pendidikan tinggi, angka putus sekolah ditahap wajib sekolah 12 tahun saja masih tinggi.

Kebutuhan akan pendidikan harus semakin meningkat demi terciptanya Sumber Daya Manusia yang lebih berkualitas. Sayangnya, karena kemiskinan tadi, banyak masyarakat yang terhambat untuk menempuh pendidikan secara nyaman.

Indonesia masih banyak sekali membutuhkan bantuan dana pendidikan dari pihak-pihak yang kompeten dalam hal tersebut. Itulah mengapa, Bank Mandiri menyediakan program tersebut, demi mendukung kemajuan dunia pendidikan.

Beasiswa Bank Mandiri hadir sebagai bentuk kepedulian perusahaan bank tersebut terhadap pendidikan di Indonesia agar lebih baik.  Diharapkan dengan adanya dana bantuan pendidikan, semakin banyak masyarakat yang bersemangat untuk pendidikan.

Dengan program Beasiswa Bank Mandiri, pihak Mandiri menjadi salah satu yang menyadari masalah tersebut sehingga memiliki upaya. Harapannya, dengan semakin tingginya tingkat pendidikan, kesejahteraan di Indonesia semakin meningkat.

Tak hanya itu, keinginan yang disampaikan bersama adanya program ini adalah terwujudkan pendidikan yang semakin merata. Yang dapat memberi peluang kepada siapa saja, untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya.

Siapapun yang memiliki kendala ekonomi dalam menempuh pendidikan, bisa mendapat kesempatan yang sama dalam mencapainya. Dengan begitu, taraf hidup dan Sumber Daya Manusia di Indonesia perlahan bisa lebih maju lagi.

Program Beasiswa yang Ditawarkan

Untuk mendukung tujuan mulia Beasiswa Bank Mandiri, program ini menciptakan beberapa jenis beasiswa. Dengan gerakan Mandiri Peduli Pendidikan, Mandiri menawarkan program Beasiswa Berprestasi bekerjasama dengan sejumlah instansi.

1. Putera Sampoerna Foundation

Beasiswa Bank Mandiri bekerja sama dengan Sampoerna Foundation menawarkan beasiswa untuk mengembangkan prestasi. Darmasiswa tersebut fokus terhadap pengembangan prestasi pendaftar untuk menghadapi tantangan global.

Pembiayaan tersebut juga fokus untuk melatih dan mencetak wirausahawan Indonesia yang dapat membantu peningkatan kesejahteraan. Serta melahirkan calon pemimpin Indonesia di masa depan, beasiswa ini sudah ada sejak tahun 2001 hingga sekarang.

2. Gerakan Nasional Orang Tua Asuh

Beasiswa Bank Mandiri selanjutnya memiliki program yang bernama Gerakan Nasional Orang Tua Asuh atau GNOTA. GNOTA adalah yayasan yang didirikan untuk meningkatkan potensi anak-anak Indonesia dalam wajib belajar.

GNOTA mendukung wajib belajar 9 tahun untuk anak Indonesia, mengagumkannya lagi yayasan ini berdiri sejak 1996. Selain disediakan paket pendidikan, anak-anak juga diberikan bantuan biaya untuk anak-anak dari keluarga tidak mampu.

3. Pusat Studi Quran

Untuk program satu ini, disalurkan melalui lembaga yang memiliki tujuan mengembangkan pendidikan agama islam. Diberikan kepada mahasiswa yang memiliki minat dan riwayat pendidikan agama islam.

Misalnya jurusan Pendidikan Tafsir, Guru dan Dosen Agama Islam, Dai’I, Haffidz, dan lainnya. Hal ini untuk menyeimbangkan pendidikan dibidang agama Islam yang ada di Indonesia.

4. Yayasan Karya Salemba Empat

Program Beasiswa Mandiri, Yayasan Karya Salemba Empat sebenarnya sudah banyak diketahui dan menjadi favorit. Yayasan ini sudah berdiri sejak tahun 1998 oleh mahasiswa Universitas Indonesia.

Yayasan tersebut fokus untuk memperbaiki ekonomi negara Indonesia melalui upaya program pendidikan awalnya. Saat ini selain menawarkan bantuan dana pendidikan, yayasan juga melakukan donasi buku rutin.

5. Bantuan Peningkatan Sistem Pendidikan

Selain program-program beasiswa yang bekerjasama dnegan berbagai pihak di atas saja, Bank Mandiri memiliki upaya lain. Upaya tersebut memiliki tujuan utama untuk meningkatkan pendidikan Indonesia.

Bantuan tersebut misalnya adalah Mandiri Edukasi, Penghargaan Guru Berprestasi, juga Mandiri Sarana Pendidikan. Dimana harapannya, dapat meningkatkan semangat juang untuk pendidikan yang lebih baik ke depannya.

Program-program yang dicanangkan oleh Beasiswa Bank Mandiri dengan berbagai pihak merupakan upaya dan kesadaran Mandiri. Di mana hal tersebut seakan menjadi jalan bagi pendidikan supaya lebih berkualitas dan merata lagi ke depannya.

Baca Juga: Analisis Timeline SBMPTN 2022 Sesuai Jadwal yang Ditetapkan

Daftarkan Diri untuk Mengikuti Beasiswa Bank Mandiri

Jika Anda ingin mendaftarkan diri pada beasiswa Bank Mandiri tersebut, Anda dapat melakukan pendaftaran secara online. Melalui laman Mandiri Career atau website resmi Mandiri yang dengan mudah diakses.

Kalau sudah mendaftar, pendaftar dapat memilih salah satu program yang sudah disediakan sesuai dengan minat serta kebutuhan. Perhatikan persyaratan tiap program agar dapat dengan mudah menentukan beasiswa mana yang cocok.

Lalu, pendaftar dapat melakukan pengisian formulir secara online pula agar terdaftar sehingga dapat melanjutkan registrasi. Selesaikan pendaftaran dengan melengkapi berkas yang diminta pada form pendaftaran yang tertera.

Setelah itu, Anda dapat mengikuti timeline dan pengumuman untuk melakukan seleksi yang diadakan oleh tim penyelenggara. Jika sudah selesai seleksi, akan terdapat pengumuman akhir yang diumumkan secara langsung.

Jangan gegabah, karena setelah pengumuman masih akan di adakan tes lanjutan seperti wawancara sesuai dengan program. Tes lanjutan ini ditentukan oleh tiap yayasan yang menaungi, sehingga tiap program yang dipilih bisa berbeda.

Setelah lulus tes lanjutan yang di adakan, akan ada pernyataan siapa saja yang lulus beasiswa Mandiri pada program yang dipilih. Pendaftar yang lulus akan segera mendapatkan pendidikan beasiswa, dan bisa bekerja di Mandiri setelah lulus.

Yang terpenting adalah, Anda harus bisa memenuhi persyaratan yang ditentukan supaya peluang lulus semakin besar nantinya. Setiap program memiliki peraturan tersendiri yang harus diikuti, sehingga pastikan Anda mematuhi aturan yang ditetapkan.

Instansi yang bekerja sama, biasanya akan memberi informasi atau pengumuman jika beasiswa Bank Mandiri telah dibuka. Tetapi jangan khawatir, Anda juga dapat memantau time line beasiswa tersebut melalui laman resmi yang tersedia.

Hadirnya banyak program pendanaan pendidikan dari Bank Mandiri bertujuan untuk meningkatkan spirit of education di Indonesia. Supaya masyarakat Indonesia tetap memiliki semangat dan daya juang untuk berpendidikan tinggi.

Sehingga nantinya, tingkat angka pendidikan di Indonesia bisa semakin meningkat yang membawa dampak baik bagi ekonomi. Serta, mencerdaskan kehidupan bangsa seperti cita-cita Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Beasiswa Sebagai Kegiatan CSR Mandiri

Setiap korporate harus selalu melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility sebagai pertanggungjawaban secara sosial kepada masyarakat. Yang mana bentuk CSR bermacam-macam, tergantung perusahaan yang berwenang.

Bank Mandiri, dalam hal tersebut melakukan CSR dengan berkegiatan dibidang pendidikan yang dibalut berbagai program. Harapannya, masyarakat dapat melihat dampak bagus yang diciptakan oleh perusahaan Mandiri dikehidupan sosial.

Beasiswa Bank Mandiri sendiri hadir sebagai bentuk CSR yang sudah dilakukan sejak lama serta berhasil. Banyak awardee yang telah merasakan sendiri bagaimana kegiatan pendidikan ini berlangsung serta apa dampaknya untuk mereka. Anda bisa mengecek program lain di Bank Mandiri pada website https://bankmandiri.co.id/web/csr/peduli-pendidikan.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
nurhidayatullah romadhon

keren

Related Posts

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x