INFORMASI

Serunya Join Program Beasiswa Djarum Leadership Development

5 min read
Serunya Join Program Beasiswa Djarum Leadership Development

Pernahkah Anda mendengar tentang Beasiswa Djarum Leadership Development oleh Djarum Foundation? Jika Anda belum mengetahuinya, program darmasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa berprestasi di seluruh Indonesia.

Menurut Lounardus Saptopranolo, ketua Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation, program ini untuk mahasiswa jenjang S1 atau D4. Yang sedang menjalani semester IV dan IPK minimum 3.20 di semester 1 hingga 3.

Beasiswa Djarum Leadership Development untuk Pendidikan Indonesia

Kontribusi Djarum Foundation yang konsisten mendukung pendidikan di Indonesia adalah salah satu upaya untuk mensejahterakan masyarakat dan bangsa. Peran aktif ini untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik melalui program beasiswa prestasi (merit based scholarship).

Perbedaan Beasiswa Djarum Leadership Development dengan yang lain yakni, selain menerima dana beasiswa selama satu tahun juga mendapatkan pelatihan. Jenis pelatihan yang diberikan antara lain, Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, dan International Exposure.

Kemudian, dilanjutkan dengan program Community Empowerment untuk menerapkan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan untuk diterapkan di lingkungan sendiri. Misalnya, melibatkan diri secara langsung ke masyarakat dengan memberikan solusi atas masalah sosial yang tengah dihadapi.

Beswan Djarum (mahasiswa penerima beasiswa) mengikuti pelatihan untuk menyerasikan pencapaian akademik (hard skills) dengan keterampilan lunak (soft skills). Selain itu agar menjadi pemimpin masa depan yang berintegritas.

Program Beasiswa Djarum Leadership Development ini diikuti oleh puluhan ribu mahasiswa dengan latar belakang pendidikan yang berbeda. Berasal dari ratusan perguruan tinggi unggulan yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Bukti keseriusan yang ditunjukkan oleh Djarum Foundation untuk memajukan pendidikan khususnya generasi muda Indonesia.

Cara Mendaftar dan Persyaratan Program

Mahasiswa yang tertarik dan ingin bergabung di program beasiswa Djarum leadership development harus melengkapi persyaratan berikut.

1. Persyaratan Umum

Calon Beswan terdaftar dan sedang menempuh pendidikan S1/D4 semester 4 (tidak sedang cuti kuliah) dari semua disiplin ilmu. IPK minimum dari semester 1 hingga akhir semester 4 adalah 3.20.

Kemudian, aktif mengikuti organisasi yang diselenggarakan oleh universitas maupun di luar kampus. Lalu, tidak sedang menerima dana beasiswa dari pihak lain Menempuh pendidikan di perguruan tinggi mitra Program Beasiswa Djarum Plus juga menjadi syarat yang harus dipenuhi.

2. Persyaratan Administratif

Syarat administratif yang pertama adalah mengisi formulir pendaftaran online, lalu mencetaknya sebagai bukti pendaftaran. Siapkan juga pas foto berwarna ukuran 4 x 6 memakai jas almamater.

Kemudian, foto copy kartu mahasiswa, transkrip nilai sampai dengan semester 3 yang telah dilegalisir oleh otoritas kampus. Selain itu surat keterangan aktif berorganisasi dan juga sertifikat prestasi yang pernah diraih juga harus dilampirkan.

Syarat administratif baru dikatakan lengkap jika sudah dilampirkan surat keterangan dari rektorat, bahwa mahasiswa bersangkutan tidak sedang menerima beasiswa dari manapun.   

3. Alur Pendaftaran

Apabila semua dokumen administrative sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah mengikuti alur dari pendaftaran beasiswa Djarum leadership development. Kemudian, melakukan pendaftaran online dan mengisi dengan lengkap formulir pendaftaran melalui link website resmi Djarum Beasiswa Plus.

Calon Beswan yang telah berhasil mendaftar akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran setelah mengisi secara lengkap formulir pendaftaran online. Selanjutnya segera kirimkan berkas administrasi ke panitia seleksi sesuai alamat yang tertera pada email konfirmasi.

Setelah melewati pengecekan berkas, calon Beswan yang lolos seleksi administrasi akan menerima undangan tes tertulis melalui email dan SMS. Pelaksanaan tes tertulis dilaksanakan secara daring atau online.

Apabila berhasil lolos tes tertulis, maka akan diundang untuk wawancara. Selain untuk mengkonfirmasi data dan informasi yang telah diberikan, juga untuk bertatap muka.

Melihat secara langsung layak tidaknya mahasiswa itu menerima Beasiswa Djarum Leadership Development. Wawancara merupakan tahapan terakhir dari pendaftaran program beasiswa dan pengumuman dapat diikuti di website resmi atau di Bagian Kemahasiswaan.

4. Kapan Pendaftaran Dibuka?

Program Beasiswa Djarum Leadership Development dibuka setiap tahun untuk mahasiswa yang tengah menempuh semester IV. Jangan lupa untuk selalu memantau website resmi agar mendapatkan informasi terkini mengenai beasiswa Djarum.

Namun, beberapa media cetak dan online juga akan memuat informasi Beasiswa Djarum Leadership Development agar banyak mahasiswa yang terbantu.

Baca Juga: 5+ Prodi Lanjutan untuk Studi Jika Lulus Jalur SBMPTN Farmasi UGM

5. Daftar Perguruan Tinggi

Mitra perguruan tinggi Beasiswa Djarum Leadership Development tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Mulai dari ujung timur Sumatera, yaitu Aceh, ada Universitas Syiah Kuala, Universitas Andalas, Universitas Bengkulu, Universitas Jambi, Universitas Sriwijaya.

Universitas Sumatera Utara, Universitas Bangka Belitung, dan Universitas Riau. Kemudian, beralih ke Pulau Jawa, di Bandung ada 13 universitas unggulan, termasuk ITB, Universitas Padjadjaran, dan Politeknik Negeri Bandung.

Selanjutnya ada IPB, Universitas Swadaya Gunung Djati, sedangkan di Jakarta ada 7 universitas yang tergabung dalam mitra. Universitas Bina Nusantara, Universitas Atma Jaya, Unas, Universitas Paramadina, Universitas Tarumanagara, UIN Syarif Hidayatullah, dan Universitas Beragama.

Program Djarum beasiswa plus juga hadir di kota pelajar, Yogyakarta. Kampus yang bermitra yaitu, STIE YKPN, ISI Yogyakarta, Universitas Atma Jaya, Universitas Sanata Dharma, dan lainnya.

Daftar lengkap mitra perguruan tinggi juga dapat dilihat dengan meng-klik link ini https://djarumbeasiswaplus.org/tentang_kami/daftar-perguruan-tinggi-program-djarum-beasiswa-plus

Join Beasiswa Djarum Leadership Development untuk Tingkatkan Charakter Building

Beasiswa Djarum Leadership Development memberikan bantuan dana pendidikan sebesar Rp1 juta setiap bulan selama satu tahun. Selain itu Beswan juga menerima pelatihan berupa pembekalan soft skills, diantaranya pelatihan Character Building.

Tujuannya untuk membentuk sikap kepemimpinan yang berkarakter luhur dan mandiri. Leadership development membentuk manusia yang berkarakter dan berintegritas.

Pelatihan Nation Building bertujuan menguatkan wawasan kebangsaan Beswan, mempunyai rasa percaya diri yang kuat sebagai anak bangsa dan mampu bersaing dengan bangsa lain. Seorang Beswan harus siap berkarya nyata di kampus maupun di masyarakat.

Lalu, pelatihan Competition Challenges yang disertai kegiatan kompetensi menulis antar sesama Beswan yang bertujuan untuk ajang pembelajaran sisi intelektual. Yang menarik di akhir pelatihan ini ada kompetensi vlog untuk mengekspresikan ide dan pemikiran di sosial media.

6 kualitas dasar yang harus dimiliki seorang pemimpin masa depan adalah mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, inisiatif, kegigihan. Adaptabilitas serta kepekaan terhadap isu-isu sosial dan budaya yang terjadi di tengah masyarakat.

Pembekalan dilakukan selama program beasiswa berlangsung juga mengajak Beswan untuk berkompetensi di ajang internasional, tentunya ada kebanggaan tersendiri. Membawa nama bangsa dan ikut berperan menjunjung martabat negeri.

Kegiatan ini sudah dilaksanakan dan difasilitasi oleh Djarum Foundation sejak tahun 2013. Menarik bukan program serta pelatihan yang akan diberikan jika Anda mendaftar di program beasiswa plus ini.

Informasi lebih lanjut mengenai Djarum Beasiswa Plus bisa Anda simak dan ikuti di akun sosial media. antara lain di: Facebook, Twitter, dan Instagram.

Website resmi bisa diakses, dan pastikan untuk mendaftar dan menjadi bagian dari manusia unggul dan mencetak prestasi yang membanggakan almamater dan bangsa.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x