SBMPTN

Apa Itu SBMPTN Teknik Kimia? Ini Jawaban Lengkapnya

5 min read
Apa Itu SBMPTN Teknik Kimia? Ini Jawaban Lengkapnya

SBMPTN Teknik Kimia adalah salah satu jalur seleksi untuk dapat memasuki perguruan tinggi negeri yang diadakan di Indonesia jurusan teknik kimia. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri tersebut dilaksanakan secara tertulis menggunakan pensil dan kertas seperti ujian biasanya.

Namun, mulai tahun 2019 acara tersebut mulai digantikan dengan ujian berbasis komputer. Sehingga nama berubah menjadi UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Siapa Saja yang Mengikuti SBMPTN Teknik Kimia?

SBMPTN atau UTBK ini dapat diikuti oleh siswa lulusan SMK/SMA/MAN/sederajat di 3 tahun terakhir. Siswa lulusan Paket C pun dapat mengikutinya, namun usianya tidak boleh melebihi 25 tahun.

Tes tersebut diselenggarakan oleh TEMPAT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Dimana lembaga tersebut bertindak sebagai satu-satunya lembaga yang menyelenggarakan tes tersebut. Lembaga inilah yang akan menjamin jika tes ini berstandar nasional, hasil tes kredibel, dan terpercaya.

Mengingat banyaknya pendaftar yang ingin masuk perguruan tinggi negeri. UTBK atau SBMPTN tersebut bertujuan untuk menyaring calon mahasiswa yang ingin masuk perguruan tinggi negeri. Memilah mahasiswa yang berprestasi dan dinilai mampu menyelesaikan studi di PTN. Pemilahan ini dilakukan dengan berdasarkan hasil UNBK dan kriteria lain yang telah ditentukan. SBMPTN ini juga akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin kuliah di PTN lintas wilayah.

SBMPTN Teknik Kimia

Apakah Anda ingin mengikuti SBMPTN Teknik Kimia? Jika iya, yuk cari tahu info tersebut. Sebenarnya SBMPTN Teknik Kimia itu tidak ada. Karena SBMPTN hanya dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu saintek, soshum, dan campuran. Ketiga kelompok tersebut bisa dijadikan pintu gerbang untuk dapat menembus jurusan yang Anda inginkan.

SBMPTN saintek dapat diikuti untuk calon mahasiswa yang ingin masuk di jurusan kedokteran, arsitektur, teknik, pertanian, farmasi, dan lainnya. Sedangkan soshum bisa diikuti untuk para peminat jurusan seni, hukum, ekonomi, dan sebagainya. Calon mahasiswa SBMPTN campuran dapat lebih leluasa untuk memilih jurusan, misalnya di bidang keperawatan, manajemen, dan lainnya.

Nah, benarkan SBMPTN Teknik Kimia itu tidak ada. Tapi tenang saja, bagi Anda yang ingin masuk di jurusan teknik kimia, maka Anda dapat memilih SBMPTN Saintek. Sebab jurusan tersebut masih serumpun dengan jurusan teknik.

Pada SBMPTN Saintek maka Anda akan berhadapan dengan Matematika, biologi, Kimia, Fisika, dan kawan-kawannya itu. Mapel-mapel tersebut akan dipecah menjadi 2 bagian, yaitu TPA dan TPS.

TPA atau Tes Potensi Akademik akan menguji tingkat kemampuan dan pengetahuan akademik calon mahasiswa. Adapun kisi-kisi TPA SBMPTN Saintek sebagai berikut:

Biologi

  • Sel, jaringan serta organ hewan dan tumbuhan
  • Struktur dan fungsi Organ Manusia
  • Genetika dan Mutasi
  • Ekologi
  • Bioteknologi
  • Virus, Monera, Protista, dan Fungsi
  • Metabolisme Sel

Kimia

Larutan

Materi adalah materi yang membahas tentang suatu zat terlarut dan pelarut. Di bagian ini Anda akan menemui permasalah mengenai jenis-jenis larutan, daya hantar listriknya, cara terbentuknya, zat penyusunnya, dan lainnya.

Stoikiometri

Stoikiometri adalah ilmu yang membahas tentang perhitungan hubungan kuantitatif dari reaktan dan produk reaksi kimia. Anda akan sering menjumpai soal tentang senyawa, reaksi, jenis-jenis stoikiometri, dan perhitungannya dalam materi ini.

Kimia Organik

Kia organik cabang ilmu ilmiah dari kimia struktur, sifat, reaksi, senyawa organik , dan sintesis. Tidak hanya senyawa hidrokarbon, nitrogen, oksigen, sulfur, silikon, dan sebagainya.

Elektrokimia

Elektrokimia adalah cabang ilmu kimia fisik yang membahas mengenai kelistrikan dari reaksi kimia.

Ikatan kimia

Ikatan kimia adalah proses fisika yang memuat interaksi gaya tarik menarik antara molekul atau 2 atom.

Keseimbangan Kimia

Keseimbangan kimia adalah keseimbangan kimia saat kedua reaktan dan produk hadir dalam konsentrasi yang sama.

Atom

Atom adalah suatu dasar materi yang mempunyai inti atom dan awan elektron bermuatan negatif.

Fisika

Listrik dan Magnet

Bab ini akan membahas tentang hubungan listrik dan Medan magnet.

Hukum Mekanik 1 dan 2

Materi fisika ini akan memuat tentang energi mekanik yang terjadi ketika gaya bekerja di suatu objek.

Matematika

Turunan

Turunan atau derivatif adalah sebuah fungsi untuk mengukur perubahan nilai fungsi terhadap perubahan nilai variabelnya.

Integral

Integral adalah suatu bentuk penjumlahan kontinyu yang terdapat anti turunan.

Trigonometri

Trigonometri adalah suatu cabang ilmu matematika yang mempelajari tentang hubungan sudut dan sisi segitiga.

Peluang

Peluang adalah besarnya kemungkinan yang akan terjadi. Misalnya kemunculan angka satu pada dadu, jika dadu dilempar sebanyak 6 kali.

Persamaan Kuadrat

Persamaan kuadrat adalah persamaan yang mempunyai variabel paling tinggi berpangkat dua.

Fungsi Kuadrat

Materi selanjutnya dari TKA SBMPTN Saintek adalah fungsi kuadrat. Fungsi kuadrat adalah fungsi yang memiliki pangkat terbesarnya variabel adalah 2. Hampir sama dengan persamaan kuadrat namun berbentuk fungsi. 

Polinomial

Ilmu polinomial biasanya diterapkan untuk menghitung jarak, kecepatan benda jatuh, kecenderungan harga barang, dan sebagainya.

Itulah beberapa kisi-kisi untuk soal TPA Saintek. Lanjas apa bagaimana dengan soal TPS SBMPTN Teknik Kimia? Tenang, di bawah ini masih ada infonya untuk Anda.

TPS

Materi soal TPS pada SBMPTN Saintek akan menguji skill calon mahasiswa dalam penalaran, umum, kuantitatif, pengetahuan umum, kemampuan memahami bacaan dan menulis. Adapun beberapa materi yang sering keluar pada saat TPS SBMPTN Teknik Kimia adalah sebagai berikut;

Penalaran Bacaan dan Menulis

  • kepanduan wacana
  • Kalimat Efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan EYD dan KBBI.

  • Konjungsi

Pada bagian soal ini biasanya sering kali muncul perintah untuk menentukan, membenarkan, dan mengganti konjungsi dari suatu bacaan.

  • Simpulan

Soal mengenai simpulan biasanya akan memuat bacaan dan perintah untuk menentukan simpulan yang tepat.

Pengetahuan Kuantitatif

  • Penyajian data dan Statistika

Soalnya sering kali berisikan tentang penyajian, pemahaman, dan penerapan dari data dan statistika. Misalnya menentukan rata-rata, mencari nilai tengah, dan modus dari data yang disajikan.

  • Operasi Hitungan Aljabar

Pengetahuan dan Penalaran Umum

  • Makna kata
  • Kemungkinan sebab akibat
  • Kata rujukan

Baca Juga: Seberapa Prospektif Peluang Kerja Setelah Lulus SBMPTN Psikologi?

Pelajari Materi SBMPTN Kimia Secara Tepat

Setelah mengetahui tentang apa saja yang sekiranya muncul dalam tes setahun sekali tersebut, tentu penting bagi Anda untuk memaksimalkan proses belajar. Belajarlah di tempat yang tepat, dan jangan lupa untuk mengambil tryout secara berkala.

Apa sih tujuan mengikuti tryout secara berkala? Anda akan bisa mengetahui seberapa jauh materi sudah didapatkan. Dengan demikian, skor bayangan yang diperoleh bisa menjadi referensi yang cocok untuk memaksimalkan skor asli yang nanti akan didapatkan.

Apakah hal tersebut sangat penting? Jawabannya adalah ya. Karena mengetahui posisi dan peluang untuk diterima membuat orang bisa lebih selektif memilih jurusan kedua yang lebih prospektif dengan kemampuan. Jangan sampai SBMPTN menjadi gagal karena salah memilih jurusan. Selain yang disukai, pilihlah jurusan yang mungkin bisa menerima kapasitas Anda.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x