INFORMASI

Bergabunglah dengan Beasiswa Etos di Berbagai Kampus Ternama

5 min read
Bergabunglah dengan Beasiswa Etos di Berbagai Kampus Ternama

Beasiswa Etos Id bertekad untuk menyelenggarakan program beasiswa yang fokus pada banyak hal baik untuk pendidikan. Misalnya, pembinaan, pendampingan, dan pemberdayaan untuk meningkatkan learning outcome yang baik.

Beasiswa Etos, Mendampingi Kemajuan Pendidikan Sejak 2003

Beasiswa Etos Id sudah berdiri sejak 2003 dengan visi serta misinya bagi keberlanjutan pendidikan dan pembinaan skill. Tahun 2003, pertama kali lahir program Beastudi Etos yang sudah diberikan kepada 69 mahasiswa.

69 mahasiswa tadi tersebar di sebelas kampus yaitu, UI, IPB, UNPAD, UNDIP, UGM, UB, ITS, UNAIR, UNAND, dan UNHAS. Kemudian, tahun 2004 program ini semakin banyak diminati hingga dapat diberikan kepada 107 orang pada 11 kampus yang sama.

Sayapnya semakin lebar, Beasiswa Etos Id pada tahun 2007 berhasil menjalin kerjasama dan memberikan beasiswa di Kalsel. Angkatan ke-5 Beastudi Etos saat itu berjumlah 137 mahasiswa dari 11 kampus di seluruh Indonesia.

Dalam melaksanakan program-programnya, Etos Id selalu membawa visi dan misi yang mendukung langkah Etos Id.Visi yang dibawa adalah mewujudkan SDM strategis daerah yang berintegritas, profesional, dan transformatif dalam mendukung percepatan pembangunan daerah.

Sehingga, untuk mendukung visi tersebut ada setidaknya tiga misi yang coba dijalankan oleh Etos Id. Mulai dari mewujudkan SDM daerah yang memiliki integritas dan karakter berdasarkan nilai keislaman dan kebangsaan.

Kemudian mewujudkan SDM daerah yang mampu berkarya dan berkontribusi langsung untuk kemajuan daerah sesuai bidang keahliannya. Lalu yang terakhir adalah melahirkan social leader atau local hero yang bisa jadi penggerak perubahan di masyarakat.

Dengan kedua hal tersebut, Beasiswa Etos Id yang lahir dari buah pikir tim menjadi poin untuk membantu mahasiswa di Indonesia. Dalam laman resminya, Etos Id berkomintemn untuk menyelenggarakan program beasiswa yang fokus terhadap pembinaan.

Hasilnya nanti adalah sebuah learning outcome melalui proses, evaluasi, dan ekosistem belajar yang inovatif.

Program Beasiswa Etos Id

Tak hanya sebatas Beasiswa Etos, ada pula berbagai macam hal yang termasuk cakupan dalam program tersebut. Berikut adalah hal-hal yang ada di dalam program beasiswa yang sungguh bermanfaat bagi mahasiswa ini.

1. Compass Building Camp

Beasiswa Etos Id hadir dengan berbagai program, salah satunya adalah Compass Building Camp sebagai ajang orientasi. Compass Building Camp dihadirkan untuk memberikan arahan dan membangun semangat juang pemuda daerah.

Pembinaan ini sebagai langkah awal dalam menanamkan visi dan misi penerima bantuan agar memiliki tujuan tentang masa depan. Di dalam program tersebut Etos Id berusaha mengenalkan value dand etail program Etos serta Dompet Dhuafa.

Kemudian, penerima Beasiswa Etos Id juga diberikan pemahaman tentang konsep dan jati dirinya sebagai bagian Etos id.

Kegiatan ini biasanya dilakukan selama 4 hari kegiatan dengan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat seperti seminar inspiring talk. Di mana inspiring talk ini adalah sesi sarahsechan dengan tokoh-tokoh inspiratif yang berhasil membangun daerah.

Ada pula pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengembangan diri peserta yang mengikuti kegiatan. Juga sesi awarding sebagai pemberian apresiasi kepada peserta yang terpilih dari manajemen Etos Id atas capaiannya.

2. Youth Inspiration Camp

Dalam Beasiswa Etos Id juga ada program bernama Youth Inspiration Camp di mana program ini kegiatan pembinaan nasional Etos Id. Kegiatan YIC ini berharap agar kapsitas manfaat penerima secara spiritual, kepemimpinan, serta pemberdayaan penerima meningkat.

Akan ada banyak hal yang bisa dijadikan inspirasi juga motivasi oleh peserta sebagai semangat eksplorasi dalam diri peserta. Pemuda Indonesia dipersiapkan untuk menjadi pemimpin selanjutnya bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Oleh sebab itu, ada beberapa poin yang diharapkan dapat diserap dengan baik seperti solidaritas, persiapan karir, dan lainnya. Peserta juga akan mendapatkan pembinaan pemberdayaan sosial untuk meningkatkan kemampuan gerakan pemberdayaan.

Youth inspiration camp juga melakukan kolaborasi bersama dengan stakeholder sebagai upaya perluasan jangkuan. Harapannya, program ini dapat lebih menyentuh masyarakat yang membutuhkan serta dapat memberikan kebermanfaat lebih baik.

3. Community of Interest

Community of Interest merupakan kelas minat bakat yang menjadi salah satu program pengembangan potensi diri berdasarkan minat. Program tersebut menjadi bagian dari tahapan eksplorasi yang menjadi fokus utama pembinaan peserta.

Biasanya, program tersebut diselenggarakan dengan membagi 7 kelompok peminatan berbeda. Mulai dari creative writing, Da’i, Karya Tulis Ilmiah, Fotografi, Desain Grafis, Konten Kreatif, dan Pecinta Qur’an.

Kelompok tersebut dibagi untuk mengetahui minat dan bakat peserta sesuai dengan bidang yang berkemungkinan diminati. Tujuh kelompok tersebut berguna untuk menampung passion peserta secara terarah dan baik.

4. Career Project

Ada pula program Career Project yang dihadirkan dalam Beasiswa Etos Id sebagai persiapan karir dan peningkatan kapasitas life skill. Terdapat empat jenis segmentasi program di antaranya career training, career coaching, meet expert dan internship.

Program ini diberikan kepada peserta tahun keempat sebagai persiapan karir untuk peserta ketika dihadapkan pada dunia kerja.

Pada pelaksanaannya, setiap peserta terbagi atas tiga klasifikasi bidang peminatan karir yang ada. Mulai dari akademisi, profesional, dan entrepreneur lalu peserta akan mendapatkan insight sesuai bidang terpilih.

5. Lepas Juang 

Program Lepas juang adalah proses wisuda para peserta penerima bantuan Beasiswa Etos Id yang sudah mengikuti program selama 4 tahun. Lepas juang diselenggarakan untuk memberikan bekal melanjutkan kebermanfaatan.

Hahal tersebut adalah beberapa program yang dicetuskan, di mana segala program yang sudah disusun memiliki manfaat tersendiri. Peserta yang terpilih akan sangat dimanjakan akan pembinaan dan ilmu yang bermanfaat ke depannya.

Baca Juga: Apa Saja Mata Kuliah SMBPTN Jurusan Psikologi Banyak Peminat?

Seleksi Etos Id 2022                                                                                            

Beasiswa Etos Id 2022 mulai disosialisasikan pada 18 April 2022 hingga 30 April 2022 oleh panitia penyelenggara. Kemudian, pendaftaran dan seleksi administrasi dimulai pada 9 Mei 2022 hingga 27 Mei 2022.

Nantinya, hasil pengumuman seleksi administrasi pada 10 Juni 2022 disusul oleh seleksi wawancara tanggal 2-20 Juli 2022. Timeline selanjutnya adalah home visit pada 21-31 Juli 2022 dan Pantukhir 1-3 Agustus 2022.

Nantinya pengumuman akhir yang sifatnya nasional pada 5 Agustus 2022 serentak dengan berbagai fasilitas yang memadai. Mulai dari tunjangan biaya kuliah semester selama delapan semester sejak semester satu.

Kemudian penerima juga mendapatkan bantuan aktivitas perkuliahan sebesar Rp600.000 perbulan selama delapan semester. Para penerima juga mendapat pelatihan peningkatan kemampuan bahasa Inggris juga pendampingan mentor.

Ada pula training pengembangan diri, persiapan pasca kampus, juga temu etoser nasional, dan kesempatan terlibat pemberdayaan masyarakat. Beasiswa total yang dikeluarkan dan diagendakan oleh panitia adalah 3 Miliyar rupiah secara keseluruhan.

Persyaratan umum yang harus dipenuhi adalah peserta merupakan mahasiswa atau calon mahasiswa baru 2022. Beragama islam dan memiliki prestasi akadebik dan organisasi, serta berkomitmen mengikuti program Etos 8 semester.

Hal-hal tersebut adalah beberapa informasi mengenai Beasiswa Etos id yang bisa Anda pertimbangkan untuk langkah lanjutan. Beasiswa ini memiliki begitu banyak program yang akan jadi kesempatan emas. Selalu pantau perkembangan infonya di https://etos-id.net/seleksi-etos-id-2022/.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x