INFORMASI

Darmasiswa Dompet Dhuafa atau Bakti Nusa? Ini Info Lengkapnya

5 min read
Darmasiswa Dompet Dhuafa atau Bakti Nusa? Ini Info Lengkapnya

Darmasiswa Dompet Dhuafa (S1) merupakan salah satu dasar program yang rutin dilaksanakan oleh lembaga filantropi dan kemanusiaan. Untuk diketahui, terdapat dua jenis program beasiswa yang senantiasa dibuka Dompet Dhuafa, di antaranya Beastudi Etos dan Bakti Nusa. Informasi selengkapnya, di bawah ini, ya.

Apa Itu Darmasiswa Dompet Dhuafa (S1)?

Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, Darmasiswa Dompet Dhuafa adalah satu dari banyaknya pilar program yang dilangsungkan lembaga Dompet Dhuafa. Sebagai informasi, lembaga ini merupakan organisasi yang bergerak di bidang pemberdayaan manusia melalui pengelolaan berbagai dana sosial.

Program pemanfaatan dana yang masuk kategori pendidikan ini dasarnya terdiri dari tiga jenis, dua di antaranya dikhususkan untuk mahasiswa. Sementara itu, satu program beasiswa diberikan untuk pelajar SMP hingga siswa SMA.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dua jenis tunjangan untuk mahasiswa di antaranya adalah Beastudi Etos dan Bakti Nusa. Dua jenis program beasiswa tersebut menyasar dua kategori mahasiswa, yakni calon ataupun mahasiswa baru dan mahasiswa semester akhir.

Karena menyasar dua kategori mahasiswa, kedua jenis program ini memiliki jadwal pelaksanaan masing-masing. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang beasiswa dari Dompet Dhuafa, simak ulasan berikut ini.

Seputar Beastudi Etos dari Dompet Dhuafa

Kini dikenal dengan nama Etos ID, Darmasiswa Dompet Dhuafa (S1) ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang masuk jalur SNMPTN/SBMPTN. Biasanya, program ini dibuka antara bulan April hingga Mei di setiap tahunnya, selengkapnya mengenai Beastudi Etos Id, simak di sini!

1. Tentang Beastudi Etos ID

Beastudi Etos merupakan salah satu program kategori pendidikan yang sudah menjadi kegiatan rutin lembaga filantropi Dompet Dhuafa. Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan SDM berkualitas dan strategis daerah serta berintegritas.

Program ini dilakukan dengan cara peningkatan dan pengembangan kapasitas serta integritas para pemuda, yakni mahasiswa sebagai penggerak pembangunan daerah.  Sebagaimana program investasi SDM lainnya, program yang kini dikenal dengan nama Etos ID ini berupaya mendukung percepatan pembangunan daerah.

2. Fasilitas untuk Mahasiswa

Untuk diketahui, salah satu Darmasiswa Dompet Dhuafa (S1) ini dapat memberikan fasilitas yang cukup banyak pada mahasiswa penerima manfaat. Di antaranya (1) tunjangan UKT mulai semester pertama hingga semester akhir dan (2) uang saku Rp600.000 per bulan.

Berikutnya, (3) tunjangan untuk program peningkatan skill bahasa asing (Inggris) dan (4) pendampingan akademik dan organisasi oleh mentor. Kemudian, (5) kesempatan bertemu Etoser (alumni penerima beasiswa) secara nasional, (6) kesempatan terlibat di lembaga, dan masih banyak lagi.

3. Persyaratan Umum yang Harus Dipenuhi Pendaftar

Sebagai informasi, terdapat beberapa persyaratan ringan yang harus dipenuhi pendaftar beasiswa Etos ID. Yang pertama, pendaftar harus merupakan mahasiswa yang lulus jalur SNMPTN atau SBMPTN di tahun dibukanya program.

Kedua, pendaftar beragama Islam, baik mahasiswa maupun mahasiswi. Ketiga, berprestasi di bidang akademik dan juga organisasi.

Keempat, harus bersedia mengikuti program Etos ID selama kuliah, yakni 8 semester. Kelima, berasal dari keluarga kurang mampu dan mendapat persetujuan dari kedua orang tua.

4. Persyaratan Khusus yang Wajib Dipenuhi Pendaftar

Selain persyaratan tadi, pendaftar beasiswa ini juga diwajibkan untuk memenuhi syarat khusus. Yaitu, penerima manfaat merupakan mahasiswa di salah satu dari 12 kampus mitra Etos ID.  Untuk mengetahui kampus mana saja yang menjadi mitra Etos ID, simak poin selanjutnya, ya.

5. Universitas Penerima Manfaat Program Beastudi Etos ID

Sebagaimana dasar didirikannya program, yakni mendukung percepatan pembangunan daerah, universitas yang menjadi mitra berasal dari berbagai provinsi. Di antaranya, Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara,  Universitas Andalas, Universitas Lampung, Universitas Palangkaraya, dan Universitas Lambung Mangkurat.

Selanjutnya, Universitas Mulawarman, Universitas Tadulako, Universitas Halu Oleo, Universitas Hasanudin, Universitas Pattimura, dan Universitas Mataram.

Perbedaan Darmasiswa Bakti Nusa dari Dompet Dhuafa

Berbeda dengan Beastudi Etos ID, Darmasiswa Dompet Dhuafa dengan nama program Bakti Nusa diperuntukkan bagi mahasiswa semester 7. Program ini biasanya dibuka mulai awal November setiap tahunnya, selengkapnya di bawah ini!

1. Tentang Bakti Nusa

Bakti Nusa atau dikenal juga dengan nama Beasiswa Aktivis Nusantara adalah salah satu program Darmasiswa Dompet Dhuafa (S1). Program ini dicanangkan untuk menghasilkan muda-mudi dengan jiwa leadership yang mampu berperan aktif di masyarakat.

Dengan adanya program yang dipelopori lembaga filantropi ini, diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dan makin siap mengabdi di masyarakat.

2. Kriteria Pendaftar Beasiswa Bakti Nusa

Untuk diketahui, terdapat beberapa kriteria sekaligus prasyarat yang perlu dipenuhi pendaftar program tunjangan ini. Di antaranya, (1) mahasiswa semester 7 yang menjadi aktivis di kampus mitra dan beragama Islam.

Kemudian, (2) mempunyai IPK minimal 3.00, (3) tidak menerima beasiswa lain, dan (4) merupakan pengurus di organisasi. Baik di universitas, komunitas, maupun organisasi kemasyarakatan.

Terakhir, (5) mempunyai skill bahasa asing dan (6) bersedia mengikuti serangkaian program Bakti Nusa hingga selesai (12 bulan).

3. Kampus Mitra Program Bakti Nusa

Jika mitra Beastudi Etos berada di luar Jawa, beasiswa ini rata-rata diberikan untuk mahasiswa dari universitas di Pulau Jawa. Di antaranya, Universitas Indonesia, Universitas Sriwijaya, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Padjajaran.

Selanjutnya, ada Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Airlangga. Kemudian, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Andalas, dan Universitas Sumatera Utara.

4. Benefit yang Mahasiswa Dapatkan dari Bakti Nusa

Ketika mahasiswa berhasil mendapatkan beasiswa ini, benefit yang diberikan juga cukup banyak sehingga bakal sangat bermanfaat. Terlebih, rata-rata mahasiswa pasti sangat butuh banyak biaya di akhir semester.

Untuk diketahui, cakupan Darmasiswa Dompet Dhuafa (S1) ini di antaranya, (1) dana aktivitas Rp1.000.000 per bulan. Kemudian, (2) fasilitas pengembangan jiwa kepemimpinan selama 12 bulan, (3) training leadership, dan (4) pelatihan gratis dari aktivis senior.

Selanjutnya, (5) kesempatan magang kemanusiaan di daerah 3T, (6) memiliki relasi dalam negeri maupun luar negeri. Berikutnya,  (7) apresiasi dan penerbitan buku bersama dan lain-lain.

5. Tata Cara Mendaftar Beasiswa Bakti Nusa

Untuk mendaftar beasiswa Bakti Nusa, mahasiswa bisa mengunjungi laman resminya dan melakukan registrasi secara online. Pastikan memenuhi berkas-berkas yang dibutuhkan sebelum timeline berakhir.  Selain itu, pastikan juga calon pendaftar memenuhi kriteria sebagaimana telah disebutkan, ya.

Baca Juga: Lulus SBMPTN Pendidikan Bahasa Indonesia? Ini Prospek Kerjanya

Hal-Hal Harus Disiapkan untuk Apply Beasiswa

Nah, setelah mengetahui program beasiswa yang dipelopori oleh Dompet Dhuafa, bagaimana? Tertarik menjadi salah satu penerima manfaat dengan benefitnya yang cukup banyak.

Jika memang tertarik, pastikan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum jadwal beasiswa dibuka. Anda juga bisa sekalian memantau informasi update-nya di media sosial Dompet Dhuafa atau langsung dari laman resmi program beasiswanya.

Sebagai informasi, jika Anda ingin mendapatkan salah satu dari beasiswa di atas, pastikan mempunyai tiga hal. Yakni, nilai yang bagus dari segi akademik hingga sosial, memenuhi persyaratan administratif, dan wajib kuat mental.

Demikian informasi seputar Darmasiswa Dompet Dhuafa (S1) yang sayang untuk dilewatkan para mahasiswa ataupun calon mahasiswa. Informasi lebih lengkap mengenai program ini bisa Anda lihat di https://www.ddwaspada.org/.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x