SBMPTN

Bagaimana Cara SBMPTN Daftar Akun yang Tepat dan Lengkap?

5 min read
Bagaimana Cara SBMPTN Daftar Akun yang Tepat dan Lengkap?

Beberapa calon peserta masuk perguruan tinggi terkadang belum memahami step by step SBMPTN daftar yang benar. Bahkan tak sedikit pula kesulitan, kebingungan, dan tidak tahu pada saat mendaftar seleksi bersama ini.

Kapan SBMPTN 2022/2023 Dibuka?

Sebelum masuk ke pembahasan SBMPTN daftar akun atau UTBK yang benar, ada baiknya melihat jadwalnya terlebih dahulu.  Registrasi akun LTMPT dimulai 14 Februari hingga 17 Maret 2022, pendaftaran UTBK-SBMPTN dimulai 23 Maret sampai 15 April 2022.

Pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer SBMPTN dimulai 17 Mei hingga 23 Mei 2022 untuk gelombang satu. Sedangkan 28 Mei sampai 3 Juni untuk pelaksanaan gelombang kedua.

Untuk pengumuman hasil UTBK-SBMPTN jatuh pada 23 Juni 2022 serta 25 Juni sampai 31 Juli untuk masa unduh sertifikat. Adapun pendaftaran SBMPTN 2023/2024 saat ini masih belum dibuka, Anda dapat menunggunya di akhir tahun 2022.

Selain itu terdapat kisi-kisi materi yang akan diujikan UTBK-SBMPTN di 2022 ini. kisi-kisi yang pertama ada TPS, TKA, dan bahasa Inggris.

Untuk mendaftar akun LTMPT dan pendaftaran UTBK-SBMPTN dapat dilakukan pada laman ltmpt . Selain itu, ada baiknya selalu pantau akun sosial media LTMPT dan SBMPTN terkait pelaksanaan UTBK.

Tahapan SBMPTN Daftar Akun LTMPT Sekolah

Tahapan SBMPTN daftar akun LTMPT yang benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut cara pendaftaran akun LTMPT untuk sekolah:

1. Menuju Portal LTMPT

Hal yang pertama dilakukan untuk dapat mendaftar akun LTMPT adalah menuju portal halaman ltmpt. Yaitu dengan cara membuka peramban di perangkat masing-masing, lalu ketik tautan https://portal.ltmpt.ac.id/.

Selanjutnya tekan “daftar” untuk membuat akun LTMPT, lalu Anda akan diarahkan menuju tampilan halaman baru. Selanjutnya pilih menu sekolah, klik daftar, setelah itu akan diminta untuk mengisi NPSN dan kode pendaftaran Dapodik.

2. Meng-input Data

Selain memasukkan data NPSN serta kode registrasi dari Dapodik, peserta juga diminta untuk memasukkan alamat email. Tanggal lahir, nama sekolah, dan password, lalu pilih daftar.

3. Mengecek Email

Jika Anda mendaftarkan alamat menggunakan gmail, maka selanjutnya login platform penyedia email masing-masing. Buka kotak email dari LTMPT yang berisikan alamat aktivasi serta kode verifikasi di email yang telah didaftarkan.

4. Login Akun

Ketika telah berhasil melakukan aktivasi melalui email masuk tadi, maka Anda dapat melakukan login ke portal LTMPT melalui peramban.

Pendaftaran akun LTMPT ini untuk sekolah, adapun tahapan pendaftaran akun LTMPT siswa dapat dipilih melalui menu daftar di awal.

Tahapan SBMPTN Daftar Akun LTMPT Siswa

Tahapan SBMPTN daftar akun LTMPT siswa cukup berbeda dengan akun LTMPT sekolah, maka dari itu penting untuk mengetahuinya. Berikut cara melakukan registrasi akun untuk siswa:

1. Menuju Portal LTMPT

Sama seperti tahapan pada poin pertama pendaftaran akun LTMPT untuk sekolah, namun peserta harus memilih menu siswa, klik daftar. Lalu Anda juga diminta untuk memasukkan NISN, tanggal lahir, dan juga NPSN.

Tidak seperti registrasi akun LTMPT sekolah, siswa hanya diminta untuk mengisi data NISN, NPSN dan tanggal lahir. Namun siswa juga diminta memasukkan email dan juga password untuk mendaftar.

2. Membuka Email

Sama seperti tahapan di atas, siswa juga akan mendapatkan notifikasi yang berisikan verifikasi pendaftaran. Siswa langsung dapat membuka kotak masuk email dari LTMPT lalu melakukan verifikasi.

3. Login

Ketika berhasil melakukan verifikasi akun LTMPT siswa, maka dapat menuju portal LTMPT sekali lagi untuk login akun. Login dengan akun yang telah berhasil didaftarkan tadi.

Registrasi akun ditujukan kepada siswa yang ingin mengikuti UTBK-SBMPTN.

Apakah Bisa Membuat 2 Akun LTMPT?

Selain membahas mengenai cara SBMPTN daftar yang benar, tak sedikit dari siswa atau peserta yang mengalami kesulitan. Salah satunya adalah apakah bisa membuat akun LTMPT sebanyak lebih dari 1 akun.

Pihak penyelenggara UTBK-SBMPTN hanya memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendaftarkan diri sebanyak satu kali. Dengan kata lain, satu akun untuk satu siswa atau satu NISN saja.

Membuat 2 akun atau lebih dari satu akun membuat kecurigaan dari beberapa pihak terkait pelaksanaan UTBK-SBMPTN. Maka dari itu pembuatan akun tiap siswa hanya dibatasi satu saja.

Adapun jika mengikuti SBMPTN di tahun berikutnya (jika tidak lolos di tahun sebelumnya) maka peserta dapat membuat akun lagi. Artinya, siswa diperintahkan untuk membuat akun baru setiap mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi.

Sama seperti penjabaran di atas, setiap siswa hanya diperkenankan membuat satu akun saja untuk tiap pendaftaran seleksi.

Baca Juga: Syarat dan Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi untuk S1 dan S2

Apakah Bisa Mengubah Data Pada Akun LTMPT?

Menurut sumber dari laman LTMPT, siswa atau peserta diperintahkan untuk memasukkan data dengan benar dan sesuai. Pernyataan ini diharapkan untuk lebih berhati-hati ketika mengirimkan data yang telah terisi.

Data tersebut bersifat permanen yang artinya tidak dapat diubah lagi, baik nama, foto UTBK, pemilihan PTN, dan lainnya. Maka dari itu, setiap pengisian data dilakukan dengan benar-benar, hati-hati, dan sesuai dengan diinginkan.

Apakah Bisa SBMPTN Daftar Beasiswa?

Ada banyak sekali beasiswa yang ditawarkan baik dari Pemerintah Indonesia, Universitas, dan pihak lainnya. Salah satunya adalah KIP-K, untuk melamar beasiswa tersebut peserta dapat mengunjungi laman beasiswa terkait pendaftaran.

Namun, apakah peserta SBMPTN dapat melamar beasiswa? Tentu saja jawabannya bisa. Beberapa darmasiswa dibuka bersamaan dengan pendaftaran masuk perguruan tinggi.

Adapun syarat, dokumen yang diperlukan, serta informasi lainnya dapat ditanyakan ke perguruan tinggi masing-masing terkait beasiswa dituju. Jangan malu atau ragu untuk mencari tahu informasi terkait darmasiswa pada saat pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi.

Apakah Registrasi Akun LTMPT Secara Daring?

Pendaftaran akun LTMP baik untuk jalur SBMPTN atau SNMPTN dilakukan secara daring atau online hanya melalui portal resmi LTMPT. Adapun pendaftaran untuk seleksi lainnya dari beberapa PTN/PTS seperti UGM yang memiliki beberapa seleksi dapat ditanyakan ke PT terkait.

Biaya pendaftaran SBMPTN sebesar Rp300 ribu untuk kelompok ujian campuran dan Rp200 ribu untuk salah satu kelompok ujian. Untuk biaya pendaftaran SNMPTN tidak dikenakan biaya atau tidak dibebankan kepada siswa.

Untuk besaran biaya pendaftaran seleksi lainnya seperti Mandiri dapat menanyakannya secara langsung ke perguruan tinggi terkait.

Meskipun terdengar cukup sepele untuk melakukan registrasi akun LTMPT dan pendaftaran UTBK-SBMPTN. Nyatanya masih banyak peserta yang melakukan kesalahan pada saat pendaftaran tersebut.

Maka dari itu, lakukan pendaftaran dan memasukkan data dengan hati-hati dan benar sesuai dengan ketentuan. Selain itu juga siswa dapat melakukan pendaftaran beasiswa bersamaan dengan mengikuti SBMPTN.

Pendaftaran beasiswa dapat dilihat informasinya lebih jelas dan lengkap pada website penyelenggara darmasiswa tersebut. Adapun tanggal, persyaratan, serta dokumen yang dibutuhkan dapat dilihat pada website atau sosial media penyelenggara beasiswa.

Semoga Anda diberikan kemudahan dalam menghadapi UTBK-SBMPTN serta diberikan kelancaran pada saat ujian nanti. Jangan lupa untuk persiapkan diri, jaga kesehatan, meminta doa dari orang tua atau orang terdekat untuk kemudahan UTBK-SBMPTN.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x