INFORMASI

Syarat dan Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi untuk S1 dan S2

5 min read
Syarat dan Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi untuk S1 dan S2

Beasiswa Santri Berprestasi merupakan program dari Ditpdpontren Kemenag Indonesia yang biasa disingkat dengan PBSB. Program ini dirancang mulai 2005 dan telah berhasil melahirkan individu dengan intelektual, religius, dan nasionalis terbaik.

Kapan Beasiswa Santri Berprestasi Dibuka?

Beasiswa Santri Berprestasi dibuka untuk tahun 2022/2023 saat ini belum dibuka, masih menunggu informasi dari Ditpdpontren. Berkaca dari tahun sebelumnya, beasiswa ini diadakan 15 Maret sampai 15 April, maka Anda bisa menunggunya sekitar tanggal tersebut.

Jadwal tersebut merupakan tanggal pendaftaran, namun bisa jadi di tahun ini akan diadakan lebih awal atau di akhir tahun. Ada baiknya pantau secara berkala di sosial media Kemenag atau PBSB  dan juga website resmi Ditpdpontren Kemenag.

Persyaratan Umum Beasiswa Santri Berprestasi

Syarat pertama dari Beasiswa Santri Berprestasi adalah santri yang berasal dari pesantren yang sudah terdaftar di Kemenag. Syarat tersebut dibuktikan dengan kepemilikan NSP yang teregistrasi di Kemenag.

Selanjutnya santri mukim minimal 3 tahun berturut-turut, dibuktikan dengan SK yang ditanda tangani oleh Pimpinan pesantren. Memiliki akhlak terpuji dan mendapatkan rekomendasi dari Pimpinan pesantren dengan bukti surat rekomendasi dari Pimpinan pesantren asal santri.

Syarat selanjutnya memiliki kemampuan berbahasa Arab yang baik, mampu membaca dan memahami kitab Kuning. Memiliki komitmen implementasi nilai keislaman yang rahmatan lil alamin dan wawasan.

Untuk santri yang memiliki prestasi baik akademik dan non-akademik melampirkan nilai rapor 1 tahun terakhir, akan lebih diutamakan. Selain itu juga dibuktikan dengan piagam atau sertifikat dari prestasi.

Syarat selanjutnya diutamakan santri yang memiliki prestasi namun dari keluarga yang kurang mampu dari segi ekonomi. Santri tingkat akhir atau lulus di tahun 2020, 2021, 2022 untuk pendaftaran di 2022.

Tahun tersebut diperuntukkan kepada santri yang lulus dari salah satu program pendidikan seperti MAN, MAS, SPM, PDF, dan PKPPS. Untuk usia maksimal dihitung dari per 1 Juli dengan ketentuan maksimal umur 20 tahun untuk lulusan MAN/MAS.

Sedangkan untuk lulusan yang lainnya maksimal umur 23 tahun. Adapun untuk program S2 dengan umur maksimal 35 tahun.

Untuk pendaftaran tersebut dapat melalui laman https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb/ dan memilih daftarkan pesantren.

Baca Juga: Perihal Lokasi: SBMPTN Dilaksanakan Dimana? Jangan Ketinggalan info

Syarat Khusus Beasiswa Santri Berprestasi (S1)

Untuk program Sarjana S1 Beasiswa Santri Berprestasi memiliki beberapa ketentuan atau persyaratan secara khusus. Berikut syarat khusus dari darmasiswa ini.

1. Prodi Perbankan Syariah (UIN Malang)

Syarat pada prodi ini adalah untuk UIN Maulana Malik Ibrahim yang ada di kota Malang. Syarat pertama memiliki hafalan Al-Quran paling sedikit 10 Juz.

Pada saat menyelesaikan kuliah, mahasantri harus memiliki hafalan Al-Quran sebanyak 30 juz. Selain itu juga wajib untuk menjaga serta mempertahankan hafalannya.

2. Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial (UIN Yogyakarta)

Ketika mendaftar, santri memiliki hafalan Al-Quran sebanyak minimal 1 juz dan ketika menyelesaikan pendidikan minimal 5 juz Al-Quran. Selain itu, mahasantri juga wajib mempertahankan serta menjaga hafalan Al-Quran yang dikuasai. Syarat ini tidak berbeda jauh dengan UIN yang ada di Malang.

3. Prodi Tasawuf Psikoterapi (UIN Bandung)

Untuk persyaratan pada UIN Sunan Gunung Djati tidak memiliki perbedaan jauh dengan UIN Yogyakarta. Yaitu harus memiliki hafalan Al-Quran sebanyak 1 juz ketika mendaftar dan 5 juz ketika lulus.

4. Prodi Kedokteran dan Farmasi (UIN Jakarta)

Untuk UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta memiliki persyaratan yang sama dengan di atas. Yaitu memiliki hafalan Al-Quran sebanyak 1 juz dan 5 juz ketika telah menyelesaikan kuliah, serta menjaga hafalan tersebut.

Jika Anda tertarik dengan beasiswa PBSB ini dan memiliki hafalan Al-Quran yang bagus, maka dapat mendaftarkan diri secara online. Selain itu juga ada banyak kemitraan PBSB dengan perguruan tinggi negeri  Indonesia.

 Syarat Khusus PBSB (S2)

Untuk program Magister (S2) juga memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh santri, berikut persyaratannya.

1. Program Informatika (UIN Yogyakarta)

Lulusan S1 atau D4 dengan latar belakang keilmuan semua jurusan yang dibuktikan dengan SK lulus.  Adapun untuk lulusan PTN luar negeri harus menyertakan fotokopi SK penyetaraan ijazah dari Kemenristekdikti yang dilegalisir.

Selanjutnya memiliki nilai indeks prestasi kumulatif 3.00 pada skala 4.00 dengan melampirkan transkrip nilai yang dilegalisir. Lulusan berasal dari program studi yang memiliki akreditasi dan terdaftar dalam PD-Dikti.

Syarat selanjutnya memiliki proposal rencana penelitian yang digunakan untuk tesis. Memiliki surat rekomendasi dari pimpinan pesantren atau dosen atau guru besar atau atasan (yang sudah bekerja), dan mahasantri sarjana.

Syarat terakhir memiliki pernyataan kesiapan tinggal di pesantren di sekitar perguruan tinggi mitra ketika menempuh pendidikan. Selain itu memiliki daftar publikasi karya ilmiah yang sudah diterbitkan, syarat ini dilakukan jika ada.

2. Program Magister IISKI dan Bisnis Halal

Program magister interdisciplinary Islamic studies konsentrasi industri dan bisnis halal di UIN Sunan Kalijaga (Yogyakarta). Pada program ini memiliki beberapa persyaratan, yang pertama lulusan S1 berlatar belakang keilmuan semua jurusan.

Saat mendaftar santri lulusan S1 memiliki hafalan Al-Quran sebanyak minimal 5 juz. Selanjutnya melampirkan dokumen resmi penguasaan bahasa Inggris atau bahasa Arab yang masih berlaku.

Untuk skor penguasaan bahasa setidaknya memiliki nilai paling sedikit TOAFL 500, TOEFL IBT 45, ITP 450. Untuk IELTS 5  dan TOEIC 500.

3. Syarat Khusus PBSB (S2) Program Manajemen Pendidikan Islam

Masih dengan syarat di poin nomor kedua pada program IISKI dan Bisnis Halal pada UIN Sunan Kalijaga.

Santri sarjana memiliki IPK minimal 2.74 pada skala 4.00 yang dilegalisir. Selanjutnya lulus dari program studi yang memiliki akreditasi dan terdaftar dalam PD-Dikti.

Selanjutnya memiliki persyaratan tidak berbeda jauh dengan poin nomor satu di atas. Yaitu memiliki proposal, surat rekomendasi, surat izin, pernyataan kesiapan, dan daftar publikasi karya ilmiah.

Pada program Magister manajemen pendidikan Islam di Institut Agama Islam Bunga Bangsa (Cirebon) juga memiliki persyaratan khusus. Syarat tersebut tidak berbeda jauh dengan poin nomor satu di atas. Namun untuk syarat nilai IPK minimal adalah 2.75 pada skala 4.00

Dari surat keterangan lulus S1, lulusan dari prodi terakreditasi dan terdaftar dalam PD-Dikti, memiliki proposal.  Memiliki surat rekomendasi, surat izin dari pimpinan, pernyataan kesiapan, dan daftar publikasi.

Untuk pendaftarannya dapat dilakukan ketika registrasi beasiswa sudah dibuka. Adapun informasi lebih lanjutnya terkait persyaratan serta tahapan beasiswa dapat menuju laman PBSB melalui peramban masing-masing.

Ayo Daftar Beasiswa Santri Berprestasi Segera

Jika Anda memiliki kualifikasi yang cukup serta dapat memenuhi persyaratan tersebut, maka dapat mendaftarkan diri di PBSB. Selain itu, program darmasiswa ini memang diperuntukkan kepada santri atau santri sarjana.

Untuk pendaftarannya sendiri dapat menunggu informasinya lebih lanjut, tetap cari tahu dan pantau lebih lanjut darmasiswa ini. Anda dapat melihat informasi-informasi ini lebih banyak lagi melalui sosial media dan website PBSB. Semoga beasiswa ini dibuka kembali di tahun ini ya dan dengan harapan dibuka kuota yang lebih besar. semoga juga Anda diberikan kesehatan dan juga kemudahan untuk bisa mendapatkan Beasiswa Santri Berprestasi ini


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x