Uncategorized

Beasiswa 5000 Doktor Dalam Negeri, Jangan Sampai Ketinggalan

5 min read
Beasiswa 5000 Doktor Dalam Negeri, Jangan Sampai Ketinggalan

Beasiswa 5000 Doktor merupakan program bantuan pendidikan dari Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.  Pihak penyelenggara ini memberikan kesempatan kepada dosen dan tenaga kependidikan perguruan tinggi untuk mendapatkan darmasiswa studi lanjut S3.

Latar Belakang Beasiswa 5000 Doktor

Latar belakang dari beasiswa 5000 Doktor ini adalah dikarenakan kualitas serta profesionalisme dan tenaga kependidikan mempunyai kontribusi. Yaitu bagi keterjaminan proses bermutu pada lingkungan PTKI.

Adanya jaminan mutu untuk dosen serta tenaga kependidikan tersebut diharapkan dapat menciptakan iklim akademik kondusif. Yang mana pada gilirannya dapat menghasilkan lulusan yang berprestasi tinggi serta daya saing tinggi di dunia kerja.

Persoalan yang melanda PTKI untuk meningkatkan profesionalisme dan kapabilitas dosen serta tenaga kependidikan adalah terbatasnya dana. Maka dari itu, tak jarang program terstruktur peningkatan mutu dosen serta tenaga kependidikan terabaikan.

Nyatanya keberadaan dosen serta tenaga kependidikan menjadi ujung tombak bagi keberhasilan PTKI dalam melaksanakan tridarma PT. Maka dari itu dilakukan upaya penjaminan mutu di tingkat proses maupun hasil pendidikan di lingkungan Direktorat Jenderal Keagamaan Islam.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Islam memberikan kesempatan kepada dosen serta tenaga kependidikan perguruan tinggi. Yaitu untuk mendapatkan darmasiswa pendidikan lanjut ke jenjang S3 di PT dalam negeri yang telah ditetapkan.

Tahapan Pengajuan Beasiswa 5000 Doktor

Tahapan pengajuan Beasiswa 5000 Doktor  ini ditujukan untuk darmasiswa full scholarship. Berikut prosedur pengajuan darmasiswa ini.

  • Dokumen

Calon darmasiswa mengajukan permohonan sebagai peserta darmasiswa dengan pilihan full scholarship ke Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Pendaftaran dilakukan secara online atau daring melalui website http://5000doktor.diktis.id/ dengan melampirkan dokumen.

Yang pertama melampirkan scan KTP, Ijazah S1 dan S2, Transkrip nilai S2, Karpeg (untuk PNS). Lanjut Scan SK jabatan fungsional terakhir, SK kepangkatan terakhir (non-dosen), melampirkan proposal disertasi.

Syarat dokumen selanjutnya mendapatkan rekomendasi dari dua guru besar yang sesuai dengan disiplin ilmu pelamar. Mendapat izin dari atas, Ketua STAI atau Dekan untuk dosen dan izin dari Direktur, Direktorat Jenderal, Sekretaris.

Selain juga wajib melakukan upload pasfoto berwarna berukuran 3×4. Melampirkan surat pernyataan tentang keaslian dokumen, sedang tidak menerima beasiswa dari pihak lain, bersedia mematuhi aturan di atas materai.

  • Seleksi Administrasi

Tahap pengajuan darmasiswa selanjutnya mengikuti seleksi administrasi serta dinyatakan lulus data atau berkas.

  • Mengikuti Aturan Beasiswa

Untuk prodi keislaman serta bahasa dan sastra arab, pelamar mengikuti seleksi yang telah diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Pelaksanaan seleksi juga dilaksanakan serempak di perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Kementerian agama.

Pada prodi umum pelamar diwajibkan untuk mengikuti seleksi masuk yang dilaksanakan serta dijadwalkan oleh PT terkait. Selanjutnya juga mengikuti seleksi beasiswa yang diadakan oleh Kementerian Agama.

  • Mengikuti Tahapan

Pelamar harus mengikuti seluruh prosedur yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama dan atau perguruan tinggi tujuan. Selain itu peserta yang lulus serta darmasiswanya dikabulkan oleh Kementerian Agama segera melakukan pendaftaran sesuai dengan ketentuan serta jadwal.

Prosedur Beasiswa 5000 Doktor BPP

Beasiswa ini terbagi menjadi dua jenis yang mana full scholarship telah dijelaskan di atas bagaimana prosedurnya. Untuk beasiswa BPP (bantuan penyelesaian pendidikan) memiliki syarat dan prosedur yang tidak berbeda jauh dengan full scholarship.

Untuk pendaftaran menuju ke link atau alamat website yang sama dengan full scholarship. Sedangkan untuk dokumen ada sedikit tambahan yang diperlukan.

Yaitu adanya surat permohonan pengajuan bantuan penyelesaian pendidikan yang disertai dengan format yang telah disediakan. Selanjutnya melampirkan dokumen SK mahasiswa S3 yang menyatakan tahun mulai kuliah atau studi.

Terakhir melakukan upload SK menyusun disertasi dan juga SK selesai ujian dari pascasarjana. Untuk pendaftarannya sendiri dilakukan secara mandiri melalui daring atau online.

Syarat Beasiswa 5000 Doktor

Untuk dapat melamar beasiswa ini, pelamar wajib untuk memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. Untuk syarat umumnya sendiri berusia maksimal 47 tahun dihitung per 6 Mei pada saat pendaftaran.

Syarat selanjutnya memiliki ijazah S2 yang disertai dengan transkrip nilai dari PT terakreditasi. Melakukan pendaftaran mandiri secara daring di waktu yang telah ditentukan dan dinyatakan lulus pada tahap administrasi.

adapun syarat khusus dari beasiswa ini adalah memiliki NIDN untuk pengusul dosen. Sedangkan untuk pengusul selain dosen harus memiliki NIP.

Kapan Beasiswa Dibuka?

Beasiswa ini dibuka mulai 6 Mei 2019 sampai sekarang dengan beberapa ketentuan. Seperti jadwal pendaftaran yang menyesuaikan dengan dibukanya pendaftaran perguruan tinggi untuk mahasiswa baru.

Anda dapat pula untuk mencari informasi lebih lanjutnya ke sosial media yang berhubungan dengan beasiswa ini. Bisa pula mencari informasi lebih lengkapnya di halaman website pendaftaran darmasiswa tersebut.

Semoga pendaftaran mengenai beasiswa ini dapat dijabarkan oleh pihak penyelenggara lebih jelas lagi. Baik disebarkan di sosial media, di perguruan tinggi, dan atau website beasiswa ini sendiri.

Kriteria Calon Penerima Beasiswa

Untuk bisa mendapatkan beasiswa, tentunya pihak penyelenggara telah menyiapkan kriteria yang tepat untuk memberikan darmasiswa. Dengan mengikuti aturan kualifikasi kriteria yang dibutuhkan, maka Anda berhak untuk mengikutinya beasiswa tersebut.

Yang pertama dosen PNS di perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri, dosen tetap yayasan di PTKIS. Selanjutnya dosen baik tetap atau PNS yayasan pengampu mata kuliah PAI di PTU baik swasta atau negeri.

Kriteria selanjutnya PNS tenaga kependidikan di PTKIN atau di Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kantor pusat. Kriteria terakhir untuk dosen tetap non-PNS di PTKIN.

Sasaran Beasiswa

Target dari beasiswa ini adalah untuk dosen tetap PNS. Sasaran ini juga ditujukan untuk pegawai tetap yayasan yang mengajar di PT Islam negeri atau swasta.

Target dari beasiswa ini selanjutnya adalah dosen tetap pengampu mata kuliah pendidikan agama Islam di PTU negeri atau swasta. Dosen tetap non-PNS dan  PNS tenaga kependidikan di PTKIN.

Target selanjutnya juga ditujukan kepada PNS di Direktorat Jenderal Pendidikan Islam di Kementerian Agama Pusat.

Baca Juga: Bagaimana Cara SBMPTN Daftar Akun yang Tepat dan Lengkap?

Tujuan Beasiswa 5000 Doktor

Tujuan dari beasiswa ini terbagi menjadi umum dan khusus. Namun kali ini hanya akan membahas tujuan secara umum dari darmasiswa ini.

Untuk tujuan umumnya sendiri merupakan program peningkatan mutu serta profesionalisme dosen dan tenaga kependidikan. Yang mana ditujukan untuk di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam sebagai bagian dari peningkatan relevansi.

Peningkatan mutu, daya saing pendidikan tinggi Islam yang menjadi arah kebijakan Pemerintah dalam pendidikan nasional.

Pendaftaran beasiswa ini sendiri ternyata telah lama sekali dibuka semenjak 6 Mei 2019 hingga sekarang. Untuk pendaftarannya sendiri dapat dilakukan secara daring melalui website resmi darmasiswa ini.

Pengajuan beasiswanya sendiri bisa diakukan jika calon pelamar telah memenuhi kriteria dan syarat mendaftar. Perlu diingat bahwa, darmasiswa ini ditujukan untuk program pendidikan jenjang S3.

Jika Anda memiliki kriteria dan juga dapat memenuhi persyaratan pendaftaran beasiswa ini seperti penjabaran di atas. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengambil darmasiswa ini, baik scholarship atau BPP.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x