INFORMASI

Banyak Diminati, Inilah Info Beasiswa Sampoerna Foundation

5 min read
Banyak Diminati, Inilah Info Beasiswa Sampoerna Foundation

Beasiswa Sampoerna Foundation menjadi salah satu program tanggungjawab sosial yang diadakan oleh Sampoerna Foundation. Bentuk program ini berupa pemberian dana bantuan yang diharapkan dapat meringankan biaya pendidikan.

Pilar-Pilar Beasiswa Sampoerna Foundation

Dalam mengembangkan beasiswa Sampoerna Foundation, membutuhkan dasar-dasar yang kuat untuk menjadi kekuatan dan fokus. Maka itu, ada yang dinamakan pilar penting dalam pengembangan dan pengelolaan beasiswa tersebut.

Pilar pertama dalam beasiswa Sampoerna Foundation adalah menyelenggarakan pendidikan berkualitas bagi pelajar berprestasi Indonesia yang kurang mampu. Program ini fokus untuk membantu mahasiswa berprestasi dengan kondisi finansial yang kurang mendukung studinya.

Kemudian pilar yang ke dua berupa keinginan mencerahkan masyarakat umum dengan program pemberdayaan perempuan. Seperti yang diketahui, perempuan sejatinya memiliki peran penting di masyarakat yang tidak banyak orang menyadarinya.

Maka itu, perlu adanya pemberdayaan yang vokal mengedepankan passion perempuan di dalam masyarakat luas. Program pemberdayaan tersebut sebagai bentuk harapan akan adanya perubahan kearah yang lebih baik bagi masyarakat umum dan perempuan.

Pilar ke tiga yang menjadi fokus dalam pelaksanaan beasiswa Sampoerna Foundation adalah menciptakan lapangan kerja dengan program pengembangan kewirausahaan. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja di bidang kewirausahaan.

Kemudian, pilar terakhir yang menjadi arah pelaksanaan program bantuan tersebut ialah program penyaluran pertolongan dan bantuan rehabilitasi bencana. Di mana hal tersebut menjadi sebuah kegiatan sosial yang memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.

Beasiswa yang sudah berdiri sejak tahun 2001 tersebut sudah menyalurkan sekitar 340.000 beasiswa kepada mahasiswa yang membutuhkan. Dengan persyaratan juga alur seleksi yang diharapkan dapat menyaring mahasiswa yang benar-benar layak mendapatkannya.

Program pendidikan yang dikelola oleh Sampoerna Foundation tersebut bertujuan untuk menghasilkan generasi muda dengan jiwa pemimpin. Tak heran, diselenggarakan berbagai kegiatan yang mendukung terwujudnya hal tersebut.

Persyaratan Beasiswa yang Cukup Menantang

Tentunya, untuk mendapatkan penerima beasiswa terbaik, beasiswa Sampoerna Foundation melampirkan beberapa persyaratan. Maka itu inilah 5 persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pendaftar program dana pendidikan tersebut.

1. Pendaftar Merupakan Warga Negara Indonesia

Program pendidikan dari Sampoerna Foundation tersebut dikhususkan untuk pelajar dan mahasiswa dari Indonesia. Sehingga yang bisa mendaftar adalah Warga Negara Indonesia yang dapat dibuktikan.

Dokumen untuk membuktikan bisa berupa KTP, Kartu Keluarga, dan dokumen lain yang mendukung kewarganegaraan pendaftar. Maka, persyaratan serta dokumen harus diperhatikan agar tidak ada yang kurang nantinya.

2. Memiliki Nilai Rata-Rata 7.00 (Mulai Kelas 10-12)

Beasiswa tersebut bersifat beasiswa prestasi, yang mana prestasi akademik sangat penting serta menunjang peluang kelulusan. Itulah mengapa, untuk calon mahasiswa yang mendaftar, pastikan nilai Anda di atas 7.00.

Nilai tersebut merupakan nilai rata-rata dari semester pertama kelas 10 hingga semester terakhir kelas 12. Disertai dengan Salinan ijazah SMA, SKHUN, Surat Tanda Tamat Elajar, juga tanda diterima Universitas yang dipilih.

3. Melampirkan Surat Keterangan TIdak Mampu

Dengan menegaskan poin pada pilar pertama, maka beasiswa yang diprogramkan sudah semestinya diberikan kepada yang membutuhkan. Diharapkan pendaftar yang memang terkendala akan kesejahteraan biaya, bisa mendaftar dengan nyaman.

Maka itu, salah satu persyaratannya adalah melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu yang membuktikan kondisi keuangan keluarganya. Surat Keterangan Tidak Mampu bisa diurus di bagian administratif di daerah masing-masing.

4. Tidak Sedang Menerima Beasiswa Lain

Demi menjaga integritas dan loyalitas yayasan, diharapkan pendaftar yang sudah mendapat beasiswa lain untuk tidak mendaftar. Sehingga masih terdapat tempat untuk orang lain mendapatkan kesempatan yang sama.

Juga, agar pembagian beasiswa merata, tidak hanya kepada orang-orang tertentu yang ternyata sudah mendapat beasiswa lainnya. Sehingga pendidikan bisa lebih merata dan dirasakan setiap orang yang berhak mengenyam pendidikan.

5. Menyerahkan Formulir

Jangan lupa untuk menyerahkan formulir pendaftaran, agar Anda terdaftar menjadi peserta seleksi beasiswa tersebut. Hal tersebut menjadi  yang utama dan tidak boleh dilewatkan sebagai bukti bahwa Anda melamar beasiswa.

Dari lima persyaratan beasiswa Sampoerna Foundation, ada beberapa dokumen yang harus dilampirkan untuk memperkuat data. Sehingga Anda harus memperhatikan dengan seksama apa saja dokumen yang diperlukan untuk mendaftarkan diri.

Apa yang Didapat?

Tentunya banyak hal yang akan diperoleh pendaftar jika berhasil lolos dan menjadi salah satu awardee program tersebut. Yayasan Sampoerna menggelontorkan dana yang cukup besar untuk menjalankan program tersebut mulai tahun 2001.

Biaya yang dicakup dari program pendanaan pendidikan tersebut mulai dari biaya penuh pendidikan selama kuliah. Yang mana berarti peserta tidak perlu memikirkan uang kuliah, karena akan menjadi tanggungjawab pihak Sampoerna Foundation.

Peserta juga tidak perlu memikirkan biaya pendaftaran kuliah karena nantinya akan ditanggung oleh pihak penyelenggara. Kemudian, untuk kebutuhan lain seperti buku dan penunjang perkuliahan lain, juga akan dibantu melalui beasiswa tersebut.

Dikarenakan pertumbuhan teknologi, yang menyebabkan arus informasi di dalam internet semakin laju, maka ada tunjangan internet. Di mana penerima beasiswa mendapat tunjangan akses internet untuk mendukung kegiatan belajar.

Apalagi ketika pandemi, mahasiswa diharuskan belajar menggunakan apilkasi secara daring, di mana hal tersebut menguras biaya. Maka dengan adanya tunjangan ini, mahasiswa bisa dengan mudah memanfaatkan internet demi kebaikan perkuliahannya.

Beasiswa Sampoerna Foundation juga memberikan uang saku untuk biaya hidup selama berkuliah ke dalam cakupan pendanaan beasiswa. Tiap bulannya penerima beasiswa akan mendapatkan uang saku yang bisa dimanfaatkan sebagai biaya hidup.

Beasiswa Sampoerna Foundation dinilai menjadi salah satu beasiswa dengan tunjangan dan cakupan yang cukup lengkap. Cakupan tersebut sudah memenuhi hampir segala aspek yang dibutuhkan oleh mahasiswa hingga semester terakhirnya.

Maka itu, tak sedikit yang mendaftar dengan harapan dapat lolos sebagai penerima dan menerima banyak keuntungan dari programnya. Jika ingin lolos, maka peserta wajib memenuhi persyaratan yang telah dipersyaratkan dari awal.

Baca Juga: Pelatihan Skill dan Pembiayaan dari Beasiswa XL Future Leaders

Berkas Penting Lainnya

Catat apa saja berkas penting lainnya yang harus dilampirkan sebagai syarat mendaftar pada program beasiswa tersebut. Hal ini penting sekali untuk memenuhi persyaratan yang ada, sehingga peluang lulus seleksi lebih besar.

Apalagi tiap dokumen pasti memiliki nilai penting masing-masing yang tidak bisa diabaikan sehingga harus benar-benar teliti. Berkas lain yang harus terlampir misalnya, surat keterangan belum menerima beasiswa dari lembaga lain.

Yang mana hal tersebut penting sebagai salah satu bukti penunjang bahwa Anda mengikuti persyaratan dengan disiplin. Juga surat keterangan tidak mampu yang menjadi bukti pendukung penting atas kesejahteraan dan perekonomian pendaftar.

Melalui berkas-berkas tadi, penyelenggara dapat menilai siapa saja yang memenuhi kualifikasi dan dapat mengikuti seleksi selanjutnya. Juga sebagai patokan, apakah persyaratan yang diberikan dapat diikuti dengan baik oleh setiap pelamar beasiswa.

Beasiswa Sampoerna Foundation akan membantu Anda yang memiliki kriteria sama untuk menempuh pendidikan dengan layak. Maka jangan lupa untuk terus memperbaiki kualitas diri agar layak menjadi penerima beasiswa.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Yoan s
Yoan s
1 month ago

Selamat pagi
Mohon bantuannya Bapak/lbu Yth,kalau ingin mengambil formulir melamar beasiswa Sampoerna foundation di mana?.
Sebelumnya terimakasih
Sampoerna mantap/sukses

Related Posts

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x