INFORMASI

Pelatihan Skill dan Pembiayaan dari Beasiswa XL Future Leaders

5 min read
Pelatihan Skill dan Pembiayaan dari Beasiswa XL Future Leaders

Beasiswa XL Future Leaders menjadi sebuah program dari XL untuk mendukung pendidikan di Indonesia melalui program pelatihan. Program tersebut dapat menunjang karier dengan pelatihan-pelatihan yang memningkatkan soft skill.

Mengenal Beasiswa XL Future Leaders

Beasiswa XL Future Leaders dibuka untuk mahasiswa tingkat 1-2 atau semester 2-4 yang fokus terhadap 3 area kompetensi. Ada 3 program yang digagas dalam XL Future Leaders  yang disebut dengan kurikulum program pelatihan.

Di mana ketiganya dimulai dari Komunikasi yang efektif yang memberikan pelatihan bagaimana tampil percaya diri saat berhadapan dengan audiens. Misalnya ketika melakukan presentasi, berdebat, atau melakukan penampilan di panggung.

Komunikasi yang efektif juga dilatih agar mampu menuliskan pesan serta pendapat dengan baik, juga bagaimana caranya menghargai pendapat. Kurikulum program pelatihan yang kedua adalah jiwa kewirausahaan dan inovasi.

Program pelatihan kedua tersebut menginginkan peserta dapat mengidentifikasi, memecahkan, serta mencari jalan keluar dari masalah. Membuat sebuah solusi kreatif yang dapat digunakan dalam menyelesaikan persoalan di depan.

Juga, dapat mengembangkan sikap yang memfokuskan masa depan berdasarkan pertimbangan dari segi sejarah juga budaya bangsa. Selanjutnya merupakan kurikulum program pelatihan berupa pelatihan mengelola perubahan.

Di mana pelatihan tersebut di dalamnya akan belajar bagaimana cara menentukan cita-cita serta memotivasi diri untuk meraihnya. Tak hanya itu, mengidentifikasi kesempatan yang ada agar tidak tersia-siakan, membuat perencanaan yang baik untuk meraihnya.

Di dalam pelatihan mengelola perubahan, Anda sebagai peserta Beasiswa XL Future Leaders juga akan mengelola komitmen pribadi. Serta dilatih menjadi seorang yang memiliki prinsip, serta teguh dalam pendirian juga komitmennya dari awal.

Pelatihan-pelatihan yang diberikan Beasiswa XL Future Leaders memang berbeda daripada yang lain, lebih condong untuk membangun karakter. Dengan mengikuti pelatihan yang terprogram dengan baik tersebut, diharapkan peserta dapat menjadi pemimpin masa depan.

Beasiswa tersebut cocok untuk meningkatkan integritas diri serta kemampuan mengelola diri sendiri dan lingkungan profesional.

Program CSR XL

XL telah membuat kegiatan ini hingga kegiatan ke sebelas, membuktikan antusias mahasiswa untuk mengikuti kegiatan sangat tinggi. Para mahasiswa tidak akan dikenakan biaya apa pun untuk mengikuti pelatihan skill tersebut juga ketika mendaftar.

Program tersebut menjadi program CSR yang digagas oleh perusahaan XL untuk membuktikan kepedulian XL terhadap masyarakat. Program ini hadir untuk mendorong masyarakat melatih skill yang berguna bagi kehidupannya.

Apalagi didunia kerja yang segalanya dilihat berdasarkan seberapa mahir seseorang dalam soft skill yang dimilikinya. Tentu saja, program ini akhirnya dapat membantu melatih skill atau kemampuan yang dibutuhkan dalam berkontribusi untuk negeri.

Tak heran, setiap tahun pelatihan Beasiswa XL Future Leaders tidak pernah sepi peminat, selain karena unik juga persyaratannya mudah. Maka itu, banyak yang memutuskan untuk mendaftarkan diri.

Persyaratan Beasiswa XL

Beasiswa XL Future Leaders akan terlaksana selama sekitar dua tahun untuk mahasiswa semester satu hingga empat program D4 atau S1. Berikut adalah beberapa persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh peserta yang akan mendaftarkan diri.

1. Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri/Swasta Seluruh Indonesia

Beasiswa XL Future Leaders bisa diikuti oleh semua mahasiswa dari perguruan tinggi seluruh Indonesia semester 1-4. Beasiswa ini tidak menargetkan universitas tertentu bagi peserta sebagai syaratnya, semua PT bisa.

Sehingga, menjadi kesempatan besar sekaligus persaingan yang ketat untuk tiap pendaftar yang berkesempatan. Peluang tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas diri dengan pelatihan ini.

2. Berusia Maksimal 21 Tahun

Usia maksimal ketika mendaftar adalah 21 tahun, atau ketika paling tidak menjadi mahasiswa semester 4. Hal ini untuk menyamaratakan peserta yang mengikuti pendaftaran beasiswa tersebut.

Sehingga tidak terjadi kesenjangan dalam pola pikir atau tingkat pendidikan yang dapat mempengaruhi hasil seleksi. Seluruh peserta setara dan memiliki kesamaan dari faktor usia, juga tingkat pendidikan.

3. Untuk Semua Jurusan

Persyaratan selanjutnya juga menjadi sebuah keuntungan bagi peserta pendaftaran program pelatihan XL tersebut. Karena tidak memiliki persyaratan khusus untuk jurusan yang dapat mendaftar, segala jurusan memiliki kesempatan.

Kesempatan untuk mendaftar terbuka lebar, dengan begitu Anda tidak perlu khawatir tertolak karena jurusan Anda. Karena, dari awal beasiswa tersebut dibuka untuk semua jurusan tanpa terkecuali.

4. IPK Minimal 2.8

Skor IPK yang dipersyaratkan untuk mendaftar adalah 2.8 dari skala 4 dimana hal tersebut standar dan masih bisa diraih. IPK 2.8 dibuktikan dengan transkrip nilai dari Universitas terkait agar lebih terpercaya.

5. Aktif Organisasi

Salah satu yang paling utama adalah peserta dapat menunjukkan bahwa Ia memiliki kontribusi bagi sekitar. Salah satunya ditunjukkan dalam bentuk kekatifan mahasiswa dalam berorganisasi di dalam maupun luar kampus.

Hal tersebut juga menunjukkan bagaimana mahasiswa menerapkan ilmu, serta membantu sebuah organisasi berkembang. Sehingga keaktifan organisasi menjadi penting untuk sebuah persyaratan program pelatihan XL ini.

Dari persyaratan Beasiswa XL Future Leaders, terlihat bahwa mendaftar beasiswa tidak selama membutuhkan persyaratan yang rumit. Banyak program bantuan pendidikan yang memberikan persyaratan dasar tetapi sangat penting.

Baca Juga: Yakin dengan Pilihan SBMPTN Hukum? Inilah Mata Kuliahnya

Cara Mendaftar yang Cukup Mudah

Pendaftaran Beasiswa XL Future Leaders dapat dilakukan melalui daring dengan mengisi formulir pendaftaran di laman yang disediakan. Jika Anda belum memiliki akun, silakan melakukan pembuatan akun terlebih dahulu sebelum mendaftar.

Pastikan untuk melakukan konfirmasi dengan menekan laman yang telah dikirimkan pada alamat email yang terdaftar tadi. Setelah itu, peserta dapat melakukan log in kembali di alamat website yang sama serta memasukkan data.

Data-data yang dimaksud adalah seluruh data yang diminta pada formulir pendaftaran tersebut, kemudian pilih nama kampus Anda. jika nama kampus tidak ada, Anda dapat pilih opsi Lainnya lalu tuliskan nama kampus Anda di sana.

Tekan SUBMIT untuk mengumpulkan formulir yang sudah terisi dengan benar setelah Anda mengecek keseluruhan datanya. Kemudian Anda dapat mengikuti proses seleksi yang sudah dijadwalkan, serta di rencanakan dari awal pendaftaran.

Seleksi yang dilakukan dibagi ke dalam enam tahap, mulai dari seleksi berkas administrasi sebagai sebuah tahap awal. Yang kemudian dilanjutkan dengan tahap English and GMAT bagi peserta yang dinyatakan lolos administrasi.

Tahap dua selesai, Anda akan melewati seleksi ke tiga yaitu Case Study yang terlaksana secara online, kemudian menunggu pengumuman. Peserta yang dapat melewati Case Study akan lanjut untuk mempresentasikan hasilnya kepada panitia.

Setelah itu, seleksi ke lima adalah Leaderless Group Discussion (LGD) yang berarti membutuhkan keterampilan memahami orang lain. LGD dapat dilakukan untuk memecahkan masalah tanpa harus bersikap bossy atau mendominasi diskusi.

Kemudian, tahap akhir adalah wawancara sebagai penentu siapa yang dapat lolos dan menjadi mahasiswa yang akan mengikuti pelatihan. Wawancara tersebut menjadi seleksi akhir untuk menentukan penerima beasiswa tersebut.

Itulah beberapa hal mengenai Beasiswa XL Future Leaders yang dapat menambah khasanah Anda dalam mencari informasi beasiswa. Untuk itu, persiapkan diri serta dokumen pendukung untuk mendaftarkan diri di https://xlfutureleaders.com/.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x