Uncategorized

Mengenal Beasiswa OSC (Online Scholarship Competition)

5 min read
Mengenal Beasiswa OSC (Online Scholarship Competition)

Beasiswa OSC atau Online Scholarship Competition menjadi kompetisi beasiswa online pertama yang hadir di Indonesia diselenggarakan oleh Medcom.id. OSC adalah program kolaborasi antara Medicom.id dengan Perguruan Tinggi Swasta sebagai kampus mitra.

Keunggulan OSC

Beasiswa OSC memiliki berbagai macam keunggulan yang membuatnya semakin menarik untuk dicoba mahasiswa-mahasiswa kampus mitra. OSC hadir untuk memberikan berbagai kemudahan untuk pelajar Indonesia agar dapat melanjutkan pendidikan.

Beasiswa OSC bisa dibilang sangat efisien dalam segi waktu karena menggunakan proses seleksi atau pendaftaran dengan metode Online. Sehingga peserta tidak perlu lagi datang ke kampus maupun universitas untuk mengikuti tes secara langsung.

Pendaftaran dilakukan secara online, begitu pula tes tahap awal yang melalui sistem daring sehingga lebih cepat dan mudah diorganisir. Selain itu, karena menggunakan sistem daring maka tidak diperlukan banyak tempat untuk melakukan tes.

Hal tersebut tentunya sangat membantu untuk menghemat ruang, dana, serta sumber daya manusia yang seharusnya dilibatkan jika dilaksanakan luring. Salah satu keuntungan dilaksanakan secara daring adalah mudah dipantau meski sedang melakukan aktivitas lainnya.

OSC kini sudah dilaksanakan lebih dari tujuh tahun sebelum berkembangnya pelaksanaan aktivitas secara daring melalui internet. Program tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi permasalahan pendidikan, khusunya akibat keuangan.

Keunggulan lain dari OSC yaitu mudah dilaksanakan serta hemat uang karena tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk kesana-kemari. Tiap pendaftaran hingga tahap lanjutan dilaksanakan melalui metode daring yang memudahkan.

Dengan adanya program sejenis ini, diharapkan kemudahan dalam menerima bantuan pendidikan bagi yang membutuhkan semakin gencar. Sehingga bisa saja tercipta kesejahteraan serta kemampuan menempuh pendidikan setinggi-tingginya secara merata.

Keuntungan-keuntungan tersebut dapat diperoleh selagi Anda melakukan pendaftaran terhadap beasiswa OSC tahun ini. selain kemudahan di atas, masih banyak hal-hal yang akan didapat jika Anda mendaftar dan diterima sebagai penerima beasiswa.

Hadiah (Cakupan Beasiswa)

Karena namanya adakan kompetisi, maka cakupan beasiswa OSC disebut dengan hadiah yang mana akan dimenangkan oleh penerima beasiswa. Cakupan tersebut berupa banyak biaya yang akan ditanggung oleh pihak penyelenggara sesuai ketentuan yang berlaku.

1. Bebas Uang Pangkal

Setelah berhasil menjadi pemenang beasiswa OSC, salah satu hal yang akan didapat adalah keringanan bebas uang pangkal. Seperti yang diketahui bahwa kampus mitra merupakan kampus swasta yang pasti ada uang pangkal.

Dengan mendapatkan beasiswa tersebut, Anda tidak perlu lagi memikirkan uang pangkal karena akan dibebaskan. Jadi, uang pangkal tidak akan dibebankan kepada Anda sebagai mahasiswa di sana nantinya.

2. Bebas Uang Semester

Beasiswa tersebut bisa diikuti oleh calon mahasiswa S1 dan juga S2 yang akan dibiayai seluruh uang semesternya. Jadi untuk mahasiswa S1 akan dibebaskan uang semesternya selama empat tahun atau delapan semester.

Sementara untuk mahasiswa magister, akan dibebaskan uang semester hingga dua tahun atau empat semester. Tetapi hal tersebut kembali kepada kebijakan masing-masing universitas yang dipilih ketika mendaftar.

3. Tabungan Pendidikan

Tiap pemenang akan mendapat tabungan pendidikan berupa beasiswa uang saku yang jumlahnya Rp1.500.000 untuk 25 peserta terbaik pertama. Serta berjumlah Rp750.000 untuk 25 para peserta terbaik ke dua dari pendaftar beasiswa.

Dana bantuan tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan perkuliahan seperti membeli alat tulis atau buku yang diperlukan. Hadiah satu itu diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kegigihan peserta dalam mendaftar dan menjadi peserta terbaik.

4. Bantuan Biaya Hidup

Bantuan biaya hidup di berikan kepada pemenang OSC kategori S1 yang memiliki latar belakang keluarga kurang mampu. Dana bantuan biaya hidup biasanya akan diberikan tiap bulan atau tiap semester tergantung ketentuan yang berlaku.

Dana satu ini memang khusus dan tidak semua peserta bisa mendapatkannya, tetap pada kesesuaian dengan kriterianya. Itulah mengapa jangan sampai lupa untuk mengisi dan melampirkan berkas sejujur-jujurnya sesuai dengan kondisi yang ada.

5. Kesempatan Magang dan Bekerja

Salah satu ‘hadiah’ yang bisa didapat oleh peserta yang memenangkan beasiswa OSC adalah berkesempatan magang dan bekerja. Kesempatan tersebut diberikan kepada mahasiswa penerima beasiswa yang memiliki kriteria yang dibutuhkan.

Mahasiswa berkesempatan untuk magang dan bekerja di Media Group sesuai dengan bidang dan jurusan yang dikuasai olehnya. Maka itu, hadiah yang satu ini menjadi salah satu yang diincar oleh peserta-peserta pendaftar program pendidikan tersebut.

Banyak hal yang didapat ketika mendaftar dan lulus pada Beasiswa OSC tersebut, yang menguntungkan pihak peserta. Peserta akan diberikan berbagai macam tunjangan untuk membantu meringankan beban pendidikan yang ditanggungnya.

Daftar Kampus & Ketentuan Peserta

Beasiswa OSC bermitra dengan Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Indonesia yang sudah mencapai 25 PTS S1 dan 10 PTS S2 yang mendukung. Mulai dari Universtias Mercu Buana, Trisakti, Esa Unggul, Multimedia Nusantara, President University, juga Telkom University.

Tak hanya itu, deretan kampus swasta lain yang juga mendukung antara lain ada Institut Teknologi Nasional serta PPM School of Management. Universitas Kristen Maranatha, Unibersitas Stikubank Semarang, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, dan masih banyak lagi.

Tenang saja karena mitra kampus tersebut sudah tersebar di seluruh Indonesia. Yang artinya penyebaran beasiswa juga luas. Misalnya ada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Bandar Lampung, juga, Universitas Muslim Indonesia.

Yang mana menjadi bukti bahwa beasiswa tersebut tidak hanya ada di Pulau Jawa saja, tetapi di Pulau lain Indonesia pun tetap ada. Sementar itu, persyaratan atau ketentuan peserta yang patut diperhatikan ada beberapa poin.

Misalnya peserta hanya diperbolehkan memilih satu Universitas dari 25 kampus yang sudah menjadi mitra program tersebut. Kemudian peserta dapat memilih 2 program studi dari universitas yang sudah dipilih di awal tadi.

Tak hanya itu, peserta harus memperhatikan program studi pilihan pertama yang akan dianggap sebagai prioritas tertinggi peserta. Peserta harus mengikuti tes online yang telah ditentukan waktu dan tanggalnya oleh penyelenggara.

Tes tersebut adalah sebuah soal tes berdasarkan universitas pilihan, sehingga wajib menjawab semua soalan yang tersedia. Jika sudah mengikuti tes, nantinya akan diumumkan pemenang pada laman yang tersedia di waktu yang sudah dijadwalkan.

Dan masih banyak lagi ketentuan peserta yang wajib ditaati agar tidak ada hal yang terlewat dan berpotensi menggagalkan peserta.

Baca Juga: Banyak Diminati, Inilah Info Beasiswa Sampoerna Foundation

Syarat Kepesertaan

Ada beberapa syarat untuk mengikuti tes beasiswa OSC yaitu salah satunya adalah belum pernah menerima program pendanaan dari instansi lain. Juga memiliki keinginan yang kuat untuk mengejar pendidikan tinggi hingga selesai.

Prestasi akademik dan non-akademik akan sangat dipertimbangkan untuk salah satu faktor penentu kelayakan peserta. Begitu pula dengan keinginan kuat untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya yang menjadi pertimbangan.

Beberapa hal di atas mengenai beasiswa OSC semoga bisa membantu Anda untuk mengetahui apa saja keuntungan dari program tersebut. Kemudahan yang ditawarka sedari awal sudah terlihat jelas, maka jangan sampai terlewatkan. Yuk kunjungi situs https://osc.medcom.id/tentang yang akan memuat informasi lengkapnya.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x