INFORMASI

Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi, Jangan Sampai Terlewat!

5 min read
Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi, Jangan Sampai Terlewat!

Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi mahasiswa merupakan darmasiswa yang biasa dikenal dengan sebutan “Adik”. Bantuan pendidikan tinggi ini merupakan program dari pemerintah untuk memberikan kesempatan belajar kepada mahasiswa

Jadwal Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Mahasiswa

Darmasiswa merupakan bantuan pendidikan yang diberikan oleh pihak penyelenggara kepada pihak penerima. Tentunya banyak sekali keuntungan menempuh pendidikan tinggi dengan bantuan beasiswa.

Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi mahasiswa 2022/2023 dibuka 25 Februari 2022. Selain itu LPDP masih membuka rangkaian untuk daerah afirmasi, di samping pilihan dan umum.

Tanggal tersebut merupakan pendaftaran darmasiswa untuk LPDP melalui jalur afirmasi. Sedangkan untuk beasiswa Kemdikbud ADik saat ini telah ditutup, namun jangan berkecil hati, masih ada kesempatan di tahun berikutnya.

Terdapat sebanyak 96 daerah afirmasi yang telah ditentukan LPDP untuk penerimaan darmasiswa di 2022. Semoga daerah Anda termasuk ke dalam wilayah beasiswa afirmasi ini.

Pada laman pendaftaran, peserta diharuskan untuk mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan program pendidikan sekolah. Untuk peserta lulusan SMA dapat mengunduhnya di laman resmi Adik Kemdikbud, begitu pula dengan SMK.

Seleksi Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi mahasiswa

Untuk bisa mendapatkan darmasiswa dari suatu lembaga atau badan, maka Anda diharuskan untuk mengikuti sebuah tes atau seleksi. Salah satunya adalah seleksi beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi mahasiswa.

1. Jalur Tes ADik

Pada jalur ini, siswwa yang direkomendasikan oleh Pemerintah daerah, Atase Pendidikan, Koordinator sekolah ADEM, dan Kebuadayaan KBRI. Untuk jalur ini juga diberikan kepada peserta SNMPN dan juga SBMPN.

2. Non-tes ADik

Anda dapat mengambil beasiswa ini jika sebelumnya mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi. Yaitu, pendaftaran secara mandiri untuk siswa yang lulus pada SNMPTN maupun SBMPTN dengan melampirkan nilai TPS-UTPBK.

3. Mandiri ADik   

Pada jalur ini pula tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, pada seleksi ini ditujukan kepada peserta lulusan jalur Mandiri. Pendaftaran mandiri untuk siswa lulusan 2022 yang mengikuti seleksi Mandiri pada perguruan tinggi penerima siswa ADik.

4. Jalur Difabel

Jalur ini diperuntukan kepada mahasiswa yang memiliki kebutuhan khusus yang sebelumnya telah mendapat rekomendasi. Mahasiswa tersebut juga telah didaftarkan oleh perguruan tinggi negeri atau swasta.

Untuk pendaftaran Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi mahasiswa ini hanya melalui link https://adik.kemdikbud.go.id/sim/. Penting untuk Anda ketahui seputar informasi darmasiswa ini agar tidak ketinggalan.

Syarat Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Mahasiswa

Berikut syarat beasiswa Afrimasi Pendidikan Tinggi mahasiswa yang harus diikuti oleh peserta.

Pertama adalah warga negara Indonesia merupakan siswa SMA/SMK sedeerajat yang akan lulus pada tahun berjalan maupun lulus setahun sebelumnya. Kedua, terdaftar di SIM ADik dengan data yang lengkap seperti NISN, NIK, dan juga NPSN.

Selanjut yang ketiga adalah berasal dari daerah terdepan, terluar, tertinggal atau 3T, dapat pula dikatakan dengan orang asli Papua. Hal ini sesuai dengan peraturan undang-undang No.21/2001 mengenai otonomi khusus untuk Provinsi Papua maupun anak TKI.

Selanjutnya, lulus seleksi di semua jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Dengan catatan prodi dengan akreditasi A atau B atau lulus seleksi ADik yang berbasis dokumen hasil non-akademik maupun akademik.

Syarat selanjutnya adalah memiliki nilai rapor rata-rata 75 untuk enam mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan calon peserta seleksi. Yang keenam, pemeringkatan calon penerima untuk seleksi KIP K afirmasi berdasarkan nilai enam mata pelajaran.

Untuk jurusan IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Biologi, Fisika, dan Matematik. Sedangkan untuk jurusan IPS adalah Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia.

Adapun untuk program pendidikan SMK sebagai berikut, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Kompetensi Keahlian. Syarat selanjutnya yang ketujuh adalah siswa dapat memilih sebanyak 2 perguruan tinggi.

Selain itu juga disyaratkan maksimal hanya 2 dua prodi saja di masing-masing perguruan tinggi yang dipilih. Syarat yang kedelapan adalah pilihan perguruan tinggi dan prodi menyatakan prioritas pilihan.

Selanjutnya, jika prodi dan PT tidak diterima, siswa dapat memberikan kewenangan kepada panitia seleksi. Yaitu untuk memilihkan prodi serta perguruan tinggi.

Syarat yang terakhir, pada proses seleksi, penentuan penerimaan mahasiswa ADik dilakukan oleh Pemimpin perguruan tinggi.

Prosedur Pendaftaran Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Mahasiswa

Tentunya ketika ingin mendapatkan darmasiswa, ada prosedur pendaftaran beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi mahasiswa. Yang pertama adalah mendaftar melalui SIM-ADik di laman resmi kemdikbud.

Untuk pendaftarannya sendiri harus melihat atau memastikan tanggal dibukanya pendaftaran. Untuk peserta jalur LTMPT yang lulus SNMPTN maupun SBMPTN, dapat mengikuti tata caranya.

Yaitu, untuk SNMPTN mendaftar secara mandiri melalui SIM-ADik melalui daring. Sedangkan untuk SBMPTN hampir sama dengan jalur SNMPTN, namun harus melampirkan nilai UTBK.

Selanjutnya yang ketiga, untuk jalur politeknik yang lulus SBMPN atau SNMPN dapat mendaftar mandiri melalui SIM-ADik secara daring. Terakhir, jalur tes seleksi diregistrasikan oleh pemerintah daerah/Kota/Kabupaten yang memiliki kendala secara khusus.

Siswa Papua Barat maupun Papua yang sekolah di luar Provinsi bisa mendaftar secara mandiri melewati SIM-ADik. Semua pendaftaran dilakukan secara online atau daring.

Tahapan Penerimaan ADik

Setelah menerima kuota, Dinas Pendidikan Kabupaten akan menentukan sekolah yang akan mengusulkan siswa calon penerima ADik. Hal diiringi dengan koordinasi Dinas Pendidikan Provinsi serta sekolah.

Selanjutnya siswa diminta mengisi berkas pendaftaran dengan bantuan sekolah serta menyerahkan seluruh berkas pendaftaran ke Disdik Kabupaten. Lalu Dinas Pendidikan Kabupaten akan menfdaftarkan melalui SIM-ADik secara daring maupun luring,

Pendaftaran tersebut dilakukan sesuai denagan jumlah kuota yang tersedia. Siswa asal Kabupaten penerima bantuan pendidikan yang lulus SNMPTN, SNMPN, SBMPN, dan Mandiri melalui SIM-ADIk daring.

Selanjutnya tim pelaksana ADik Puslapdik Kemendikbud memverifikasi serta memvalidasi brekas pendaftaran siswa. Pemimpin Perguruan tinggi dibantu oleh tim pelaksana ADik Puslapdik Kemendikbud menyeleksi penerima ADik.

Penentuan mahasiswa penerima ADik dilakukan oleh pemimpin PT atau perguruan tinggi. Terakhir kepala Puslapdik Kemendikbud penetepan mahasisswa baru penerima ADik.

Baca Juga: SBMPTN Cek! List yang Harus Dipantau: Jadwal, Hasil, serta Cara Login

Ayo Segera Daftar Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi

Afirmasi sendiri merupakan wilayah atau daerah yang mendapat bantuan pendidikan dari Kemendikbud. Menurut KBBI, kata ini diartikan sebagai pengakuan atau pernyataan yang sungguh-sungguh.

Tentunya para siswa atau mahasiswa yang ingin mendapatkan bantuan afirmasi pendidikan tinggi ini harus bersungguh-sungguh. Terkait pendaftaran maupun jadwal mengikuti darmasiswa ini dapat dipantau berkala pada website resmi ADik Kemendikbud.

Namun perlu diingat, nama beasiswa afirmasi saat ini ada dua program, yang pertama dari LPDP. Sedangkan yang kedua pendidikan tinggi dari ADik Kemendikbud yang saat ini sedang dibahas.

Selain itu, Anda tetap dapat mengikuti beasiswa dari LPDP pada jalur seleksi afirmasi. Yaitu melalui website resmi LPDP melalui peramban masing-masing.

Semoga daerah Anda termasuk ke dalam wilayah beasiswa afirmasi, sehingga Anda berkesempatan untuk melamar darmasiswa ini. Adapun syarat pendaftaran serta jadwal terkait hal ini dapat dilihat melalui akun sosial media ADik Kemendikbud atau dapat pula di website resminya.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x