SBMPTN

SBMPTN Cek! List yang Harus Dipantau: Jadwal, Hasil, serta Cara Login

5 min read
SBMPTN Cek! List yang Harus Dipantau: Jadwal, Hasil, serta Cara Login

Melakukan SBMPTN cek jadwal serta hasil nilai yang didapat merupakan sebuah keharusan yang dilakukan oleh peserta.  Selain itu, memastikan apa saja yang perlu dipersiapkan dan mengetahui mekanisme pendaftaran perlu pula untuk diketahui.

SBMPTN Cek List Nomor 1: Jadwal Penting

Sebelum mengikuti seleksi, ada baiknya SBMPTN cek tanggal berapa dilaksanakan. Registrasi akun LTMPT dimulai 14 Februari hingga 17 Maret 2022, akun ini digunakan untuk mengikuti UTBK-SBMPTN.

Tentunya sebelum mengikuti SBMPTN, harus melakukan pendaftaran yang dilaksanakan mulai 23 Maret sampai 15 April 2022. Tanggal untuk mengikuti seleksi bersama ini pada kelompok campuran sama dengan kelompok yang lainnya.

Yaitu seperti UTBK-SBMPTN sebelumnya terbagi atas dua gelombang, yang pertama dimulai 17 hingga 23 Maret 2022. Sedangkan gelombang selanjutnya (kedua) berada di tanggal 28 Mei sampai 3 Juni 2022.

Tanggal yang amat penting untuk peserta selanjutnya adalah jadwal pengumuman hasil SBMPTN. Yaitu di tanggal 23 Juni 2022, untuk mengetahui hasil tersebut hanya dapat diakses melalui http://ltmpt.ac.id.

Mengapa Harus Melakukan SBMPTN Cek Jadwal?

Untuk jadwal masa unduh sertifikat di tanggal 25 Juni 2022 sampai dengan 31 Juli 2022.  Penting ya untuk tidak melewatkan tanggal ini. Ada beberapa alasan mengapa harus melakukan SBMPTN cek jadwal, berikut alasannya.

1. Persiapan

Dengan melakukan SBMPTN cek jadwal, Anda dapat mempersiapkan diri lebih awal untuk belajar atau latihan soal. Selain itu, Anda juga dapat mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan terkait pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi.

2. Tidak Salah Tanggal

Mulai dari penyuluhan sampai masa unduh sertifikat, ada banyak sekali tanggal-tanggal yang diumumkan. Maka dari itu, melakukan pengecekan jadwal amatlah penting, hal ini bertujuan untuk mempercepat atau mempermudah Anda.

3. Hitung Mundur

Hampir sama dengan poin pertama, yaitu melakukan persiapan. Dengan melakukan cek jadwal, Anda dapat menghitung mundur kapan seleksi akan diadakan atau dilaksanakan.

Menghitung mundur kapan UTBK-SBMPTN dilaksanakan juga membuat Anda harus mengejar ketertinggalan. Salah satunya adalah mempelajari materi yang akan diujikan nanti.

4. Penjadwalan

Diketahui bahwa mulai dari proses pendaftaran sampai dengan pengumuman hasil seleksi tentunya memiliki tanggal. Dengan mengetahui atau mengecek tanggal seleksi membuat Anda harus memanajemen jadwal.

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi tabrakan jadwal penting Anda dengan ujian nantinya. Salah satu contohnya adalah jadwal olahraga, keluarga, dan lainnya agar diatur terlebih dahulu.

5.  Lebih Siap

Karena sebelumnya telah dipersiapkan seperti poin pertama, maka Anda akan merasa lebih siap ketika menghadapi UTBK-SBMPTN nanti. Banyak sekali siswa yang terkejut dengan jadwal UTBK-SBMPTN yang akan dilaksanakan nanti, hal ini dikarenakan mereka tidak mengetahui tanggal.

Dari beberapa poin tadi, amat penting tahu SBMPTN cek jadwal pendaftaran beserta ujiannya kapan. Semoga tanggal-tanggal di atas tidak Anda lewatkan ya.

SBMPTN Cek Hasil

Sebelum melakukan cek hasil ujian kemarin, peserta diharuskan melakukan log-in atau masuk dengan akun LTMPT yang sebelumnya sudah dibuat. Peserta dapat pula masuk melalui link yang telah tersedia.

Selanjutnya pada halaman log-in, Anda diminta untuk memasukkan nomor peserta diiringi dengan tanggal lahir. Selanjutnya klik lihat hasil, untuk peserta yang diterima pada salah satu PTN, akan menampilkan beberapa data.

Data tersebut berisi nama dan tanggal lahir peserta, nama prodi diterima dan nomor peserta, dan PTN yang diterima. Jika tidak diterima pada seleksi ini, user akan mendapatkan notifikasi mengenai informasi di atas dengan tambahan “dinyatakan tidak diterima”.

Untuk peserta yang belum diberikan kesempatan atau belum lolos seleksi bersama ini, jangan bersedih. Masih ada tahun berikutnya yang dapat diikuti sekali lagi, maka dari itu persiapkan dengan matang.

Mengenai pengumuman hasil seleksi bersama, terdapat 30 link yang disediakan oleh beberapa Universitas terkenal di Indonesia. Anda dapat mengetiknya pada kolom pencarian peramban dengan menulis “nama Universitas” ditambah dengan SBMPTN.

Sebagai contoh, jika Anda mendaftar atau memilih Universitas Indonesia, maka dapat mencoba ke website https://www.ui.ac.id/.   

SBMPTN Cek List Nomor 2: Kelengkapan Berkas

Dalam melakukan pendaftaran SBMPTN maupun seleksi lainnya, Anda perlu memastikan dokumen yang dikirim telah benar. Yaitu dengan melakukan cek kelengkapan berkas pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi.

Tak sedikit dari peserta yang gagal pada tahap kelengkapan berkas ini. Yaitu seperti gagal unggah dokumen, berkas salah upload dan lainnya.

Yang perlu diingat bahwa, website LTMPT sering mengalami server penuh, maka dari itu Anda harus cepat dan cermat menanggapinya. Masih berkaitan dengan pendaftaran, ada baiknya mengecek berapa biaya mengikuti seleksi, masuk kuliah, dan biaya lainnya.

Mengecek nama dan nomor peserta ujian juga harus dilakukan, apakah sudah benar sesuai dengan yang diharapkan atau tidak.  

Baca Juga: Prosedur dan Tanggal Penting Terkait Pendaftaran Paket C SBMPTN

SBMPTN Cek List Nomor  3: Soal yang Akan Diujikan

Semua peserta seleksi masuk perguruan tinggi tentunya ingin dinyatakan lolos dalam hasil seleksi. Maka siswa atau peserta didik harus tahu mekanisme ujian yang akan dilaksanakan nantinya, baik penambahan soal atau lainnya.

Cek soal yang akan diujikan merupakan hal yang cukup penting diketahui oleh peserta SBMPTN. Seperti di tahun sebelumnya kelompok soal bahasa Inggris masih belum ada, namun sekarang telah ditambahkan.

Alhasil, Anda perlu menggali informasi yang cukup banyak terkait seleksi masuk perguruan tinggi. Dimaksudkan untuk menghindari kegagalan atau tidak lolos masuk perguruan tinggi melalui jalur bersama atau jalur lainnya.

Selain itu, mengecek atau memantau soal apa yang akan diujikan membuat Anda harus melatih materi yang akan diujikan. Tentunya mempersiapkan semuanya dengan baik dan juga matang agar lolos pada seleksi masuk perguruan tinggi.

Lakukan Cek Ulang Secara Berkala Sesuai Jadwalnya

Cek ulang yang dimasuk di sini adalah mengecek seluruh kebenaran data yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran. Selanjutnya cek ulang jadwal yang berhubungan dengan SBMPTN, seperti tanggal ujian gelombang satu atau dua.

Ketika sudah mengecek semua jadwal, maka cek pula hasil pengumuman lolos atau tidaknya pada seleksi tersebut. Melakukan cek hasil dilakukan sesuai dengan tanggal yang tertera pada informasi laman LTMPT.

Terakhir, cek semua jawaban dari soal yang telah dikerjakan, jangan buru-buru untuk mengirimkan jawaban ke sistem. Ada baiknya melihat kembali semua soal yang telah selesai dikerjakan, apakah jawaban yang Anda pilih atau isi telah benar.

Kesimpulannya, ada beberapa cara untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi. Salah satunya adalah memantau atau mengecek jadwal ujian dan pendaftaran.

Dengan melakukan pengecekan atau memastikan tanggal penting, Anda akan lebih leluasa mengatur kegiatan. Tentunya, seleksi ini merupakan kesempatan yang baik untuk masuk perguruan tinggi.

Melakukan pengecekan pada laman LTMPT untuk melihat hasil ujian juga harus dilakukan oleh peserta UTBK-SBMPTN. Dengan hasil tersebut, apakah Anda dinyatakan lolos seleksi atau tidak, maka dari itu dapat mempersiapkan berkas atau keperluan lainnya.

Semoga seleksi di tahun ini Anda diberikan kesempatan untuk lulus seleksi bersama dengan mudah dan lancar. Selain itu, jangan lupa berdoa dan juga memperbanyak latihan soal sebelum UTBK-SBMPTN dimulai.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x