INFORMASI

Beasiswa Bakti Tani 2022 untuk yang Punya Passion di Bidang Pertanian

5 min read
Beasiswa Bakti Tani untuk yang Punya Passion di Bidang Pertanian

Apakah Anda tertarik dan memiliki passion di bidang pertanian? Informasi Beasiswa Bakti Tani berikut ini layak Anda simak. Pasalnya, akan ada uang pendidikan Rp6 juta jika Anda lolos Beasiswa Bakti Tani. Seperti apa syarat dan cara daftarnya? Scroll terus artikel ini, ya!.

Apa Itu Beasiswa Bakti Tani?

Program beasiswa ini merupakan beasiswa yang dibuka oleh Tani Foundation dan Yayasan Khouw Kalbe. Beasiswa ini dikhususkan bagi siswa SMA/SMK setingkat dan mahasiswa S1 yang berkeinginan memajukan bidang pertanian di daerah asalnya. 

Bagi Anda yang lolos beasiswa  akan mendapatkan bantuan dana pendidikan yang disalurkan melalui perguruan tinggi penerima beasiswa. Jumlah biaya pendidikan yang akan diterima  maksimal Rp6 juta per semester sampai lulus.

Selain mendapatkan biaya pendidikan tersebut, siswa yang lolos beasiswa akan mendapatkan manfaat lainnya berikut ini.

  • Dapat ikut serta dalam program pengembangan diri (pengetahuan dan keterampilan) mengenai sektor pertanian. 
  • Menjadi promotor bidang pertanian di lingkungan setempat melalui praktik atau kemitraan dengan TaniHub Group. 
  • Berjejaring dengan anak muda yang memiliki minat di sektor pertanian.

Syarat Mengikuti Beasiswa Bakti Tani

Syarat umum yang harus ditaati oleh masing-masing pendaftar adalah sebagai berikut:

  1. Siswa SMA/SMK sederajat, bidang IPA (maksimal 2 tahun dari tahun lulus).
  2. Wajib memilih jenjang S1 program studi yang dapat berguna di sektor pertanian seperti pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, teknik pertanian, rekayasa pertanian dan sejenisnya.
  3. Mendapat ranking rapot di kelas minimal 10 besar selama kelas X sampai kelas XII (bagi siswa yang melanjutkan studi). 
  4. Jika pendaftar memiliki status mahasiswa S1, maka diharuskan berasal dari jurusan pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, teknik pertanian, rekayasa pertanian dan sejenisnya. (maksimal saat itu berada di semester 3).
  5. Mempunyai IPK minimal 3.30 (bagi mahasiswa aktif), sebelum juga setelah diterima program beasiswa
  6. Program studi yang mendukung kegiatan pertanian secara luas dari hulu hingga hilir.
  7. Bersedia kuliah di perguruan tinggi di daerahnya.
  8. Menanggung biaya pendidikan di luar batas bantuan beasiswa (maksimal 6 juta rupiah).
  9. Bersedia menanggung seluruh biaya hidup selama kuliah secara mandiri.
  10. Bersedia mematuhi semua aturan beasiswa.

Ketentuan Beasiswa Bakti Tani 2022

Jika hendak mendaftar beasiswa ,mahasiswa juga diwajibkan memenuhi ketentuan tertentu berikut ini.

  1. Bersangkutan Beasiswa wajib mencapai Indeks Prestasi Semester (IPS) minimal 3.30 selama masa studi. 
  2. Yayasan dapat memutuskan beasiswa kepada mahasiswa yang meraih IPK di bawah 3,30 dalam dua semester berturut turut.
  3. Bersangkutan beasiswa wajib mengikuti seluruh pelatihan yang dibuat oleh Yayasan dan mitranya, dalam rangka pengembangan kapasitas penerima beasiswa.
  4. Bersangkutan beasiswa wajib membuat rancangan pembangunan masyarakat di daerahnya (dalam bentuk proposal) setelah siswa berada di semester 5 di perguruan tinggi, yang akan diaplikasikan setelah lulus kuliah.
  5. Para alumni penerima beasiswa wajib melaporkan diri dan program yang dikembangkan di daerahnya kepada Yayasan Khouw Kalbe dalam bentuk foto dan keterangan kegiatan.

Keuntungan dan Cakupan Beasiswa

Inilah yang akan Anda dapatkan Jika lolos mendapatkan beasiswa:

  1. pembagian biaya semester dan/atau biaya pengembangan pendidikan maksimal Rp 6.000.000,- per semester sampai lulus.
  2. Program pengembangan diri (pengetahuan dan keterampilan) mengenai sektor pertanian.
  3. Menjadi promotor bidang pertanian di lingkungan setempat melalui praktik dan/atau kemitraan dengan TaniHub Group.
  4. Berhubungan dengan anak muda yang memiliki minat pada bidang pertanian.

Manfaat Mengikuti  Beasiswa Bakti Tani

  • Dapat ikut serta  dalam program pengembangan diri (pengetahuan dan keterampilan) mengenai sektor pertanian. 
  • Dapat menjadi  promotor bidang pertanian di lingkungan setempat melalui praktik atau kemitraan dengan TaniHub Group. 

Cara Mendaftar Beasiswa Bakti Tani 2022

Pendaftaran beasiswa ini  dibuka sejak Januari 2022. Seleksi akan segera ditutup pada akhir Juni 2022. Oleh karena itu, segera lakukan pendaftaran. Sedikit info untuk tahapan rangkaian Tes  beasiswa akan dilaksanakan sekitar 6 minggu sejak dilangsungkannya pendaftaran.

Untuk informasi beasiswa   lebih lengkap, Anda  bisa akses akun Instagram @tanifoundation. Anda juga dapat langsung lakukan pendaftaran melalui link resminya. Kemudian, Anda akan bisa mengakses program pengembangan diri (pengetahuan dan keterampilan) mengenai sektor pertanian.

Selain itu, Anda akan bisa menjadi promotor bidang pertanian di lingkungan setempat melalui praktik dan/atau kemitraan dengan TaniHub Group. Serta dapat bekerjasama dengan anak muda yang mempunyai minat pada sektor pertanian.

Baca Juga: Calon Mahasiswa Wajib Tahu Teknis SBMPTN itu Seperti Apa

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut adalah pertanyaan yang sering diajukan terkait dengan beasiswa ini. Sebelum mendaftar, pastikan untuk membaca sampai akhir ya.

1. Apakah Beasiswa Ini Hanya Khusus untuk Program Studi Pertanian?

Seperti namanya, yakni  Beasiswa Bakti Tani dan juga dari pembuat beasiswanya, yakni Tani Foundation, Jadi program beasiswa ini memang dikhususkan untuk program-program studi di bidang pertanian serta bidang yang terkait.

Yakni program-program bidang yang dimaksud ialah pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, teknik pertanian, rekayasa pertanian, serta program-program studi terkait lainnya. Jadi, jika Anda berkeinginan kuliah di salah satu bidang tersebut atau lagi berkuliah di program studi tersebut, maka segeralah daftar beasiswa .

2. Apakah Ada Batasan Domisili?

Selain menetapkan persyaratan khusus untuk program studi di bidang pertanian, pihak beasiswa ini  juga menetapkan persyaratan domisili dari pendaftarnya. Untuk melengkapi syarat pendaftaran beasiswa ini, Anda harus berdomisili di pulau Jawa dan Bali.

Yang artinya, bagi Anda yang meskipun kuliah di program studi pertanian tetapi tidak berdomisili di pulau Jawa dan Bali, Anda tidak dapat mendaftar beasiswa ini. Namun, tak perlu risau sebab di Scholars menyediakan banyak informasi beasiswa lain tanpa batasan domisili atau daerah asal.

3. Kapan Pendaftaran Dibuka atau Ditutup?

Beasiswa satu ini membuka pendaftaran sepanjang tahun 2022. Yakni, batas akhir mendaftar beasiswa ini hingga akhir tahun, yakni di tanggal 31 Desember 2022. Hal ini bertujuan untuk mengengam lebih banyak sasaran penerima beasiswa.

Oleh sebab itulah, seleksi beasiswa ini dibuka dengan periode pendaftaran yang tersebut cukup lama. Namun, bagi Anda yang telah mengetahui info beasiswa ini, sebaiknya Anda tetap menyegerakan pendaftaranmu dan tentunya tetap memaksimalkan tiap tahapan tes yang Anda lalui.

4. Apakah Mahasiswa Baru dan Ongoing Bisa Mendaftar?

Beasiswa ini dapat didaftar baik oleh calon mahasiswa baru maupun oleh mahasiswa aktif atau mahasiswa ongoing. Buat calon mahasiswa baru terbuka untuk pendaftar lulusan SMA/sederajat di tahun berjalan dan lulusan dua tahun sebelumnya.

Sementara ini, buat calon mahasiswa ongoing, maksimal dapat didaftar oleh mahasiswa semester 3. Yakni, jika Anda sudah berada di semester 4 ke atas, Anda tidak memenuhi syarat untuk mendaftar beasiswa ini lagi.

Beasiswa Bakti Tani ialah beasiswa yang di khususkan untuk kalangan orang kurang mampu atau dikategorikan miskin .Dan pada tahun ini Tani Foundation membuka beasiswa ini sepanjang tahun 2022.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x