SBMPTN

Lulus SBMPTN Pendidikan Bahasa Indonesia? Ini Prospek Kerjanya

5 min read
Lulus SBMPTN Pendidikan Bahasa Indonesia? Ini Prospek Kerjanya

SBMPTN Pendidikan Bahasa Indonesia adalah jalur seleksi bagi mahasiswa masuk universitas negeri Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Seleksi calon mahasiswa baru berbasis ujian tulis yang dilaksanakan secara terbuka.

Melalui SBMPTN memberikan peluang besar bagi lulusan sekolah menengah atas untuk masuk perguruan tinggi negeri. Tentu untuk lolos seleksi, calon mahasiswa mempersiapkan diri dengan matang.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi atau SBMPTN bisa diikuti oleh 2-3 tahun terakhir  lulusan sekolah menengah atas. Berbeda dengan SNMPTN, dimana peserta hanya dari siswa lulus tahun tersebut.

Ujian tulis SBMPTN Pendidikan Bahasa Indonesia dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Saat ini penyelenggaraan ujian seleksi susah berbasis komputer, terhitung sejak tahun 2019. Pelaksanaan tes berada dibawah naungan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) atau lebih dikenal dengan UTBK.

Lembaga ini sudah memenuhi standar untuk menyelenggarakan tes masuk PTN. Hasil ujian lebih kredibel dibanding pola ujian sebelumnya, yakni menggunakan kertas lembar jawaban.

Peserta tes yakni dari lulusan SMA sederajat maksimal lulusan tiga tahun terakhir. Siswa lulusan Paket C dengan usia maksimal mengikuti seleksi 25 tahun.

Seleksi SBMPTN Pendidikan Bahasa Indonesia dilakukan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam menyelesaikan studi di Prodi dengan baik. Dengan demikian calon mahasiswa mampu meraih nilai akademik yang baik serta prestasi lainnya. Melalui tes tersebut Anda juga berkesempatan memilih Perguruan Tinggi Negeri di berbagai wilayah Indonesia.

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Apa Saja?

Menjadi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia tentu ada banyak hal yang menjadi pertimbangan. Umumnya pertimbangan melanjutkan pendidikan yakni prospek kerja. Apa saja prospek kerja jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia?

1. Guru atau Tenaga Pengajar

Prospek kerja utama jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia adalah tenaga pengajar matapelajaran Bahasa Indonesia. Anda bisa mendapatkan profesi sebagai guru SMA, SMP, SD, atau lembaga bimbingan belajar.

Selain mengajar di sekolah menengah Anda juga dapat menjadi tenaga dosen di perguruan tinggi. Minimal jika ingin menjadi dosen, Anda harus menamatkan program Magister atau pendidikan S2.

Peluang besar lainnya, Anda bisa menjadi pengajar di luar negeri. Program yang harus diikuti yaitu Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing. Program tersebut sudah dirancang oleh Badan Bahasa.

3. Pegawai Instansi Pemerintah

Lulusan sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia memiliki kesempatan bekerja tidak hanya di instansi swasta. Anda juga bisa diangkat sebagai pegawai Instansi Pemerintah atau Pegawai Negeri Sipil.

Posisi yang bisa Anda isi pada instansi pemerintahan yaitu Kementerian Dalam maupun Luar Negeri. Mengingat prospek kerja yang bagus, maka persiapkan SBMPTN Pendidikan Bahasa Indonesia dengan matang agar bisa lolos tes.

4. Jurnalis

Selain bisa bekerja di instansi pendidikan atau pemerintah, profesi yang tak kalah menjanjikan yaitu jurnalis. Anda bisa memulai karir di media massa elektronik ataupun cetak.

Kemampuan berbahasa yang sudah Anda asah selama perkuliahan bisa menjadi bekal bekerja. Tidak hanya sebagai wartawan, Anda juga bisa menjadi editor, redaktur, penulis atau jurnalis untuk tulisan artikel.

Bekerja di bidang kepenulisan membutuhkan kemampuan gramatikal. Apabila bekerja sebagai peliput, atau pembaca berita kemampuan verbal Anda sangat dibutuhkan.

5. Content Writer

Perkembangan startup saat ini begitu pesat. Hal ini tidak hanya membuka luas peluang bagi sarjana teknik, ekonomi, dan bisnis saja. Lulusan sastra atau bahasa Indonesia pun juga mendapat peluang yang sama.

Perusahaan-perusahaan startup tentu mempunyai laman media atau website. Anda sebagai sarjana sastra berkesempatan menjadi content writer untuk mengisi konten atau tulisan website.

6. Copywriter

Selanjutnya Anda juga bisa berkarir sebagai copywriter pada perusahaan advertising atau periklanan. Tugas Anda adalah membuat atau menulis naskah dari iklan yang dibutuhkan perusahaan.

Iklan yang ditulis oleh copywriter kemudian dipromosikan di media sosial elektronik juga cetak. Penyiaran iklan bisa melalui televisi, website, radio, hingga sosial media.

7. Leksikografer

Mungkin banyak orang yang kurang familiar dengan profesi yang satu ini. Leksikografer itu sebutan bagi para penyusun kamus secara teknis.

Jika Anda menjadi lulusan Pendidikan Bahasa Indonesia yang sangat mencintai bahasa Indonesia, maka profesi inilah yang patut ditekuni.

8. Public Relation

Usai bersusah payah lulus SBMPTN Pendidikan Bahasa Indonesia dan menyelesaikan studi menjadi sarjana, Anda patut bangga. Sebab adanya banyak prospek kerja yang bisa Anda pilih baik saat atau sesudah masa kuliah.

Anda menyukai bidang kepenulisan, berkemampuan bahasa Indonesia yang fasih, menyukai hal baru dan berbicara? Maka, sangat tepat untuk menjadi Public Relation.

Tugas sebagai public relation yakni membuat perencanaan, mengarahkan sebuah kegiatan yang dibuat untuk membangun citra baik publik. Sebagai koordinator kegiatan, menjaga dan meningkatkan awareness menjadi tanggungjawab Anda.

Profesi ini membutuhkan kecerdasan secara verbal, kecakapan dalam berkomunikasi. Anda juga dituntut untuk memiliki kecerdasan interpersonal.

Kemampuan tersebut dapat menjadi nilai plus dalam dunia kerja, terutama sebagai public relation. Nah, skill tersebut akan dilatih dan didapatkan selama menjadi mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia.

9. Translator

Translator menjadi salah satu prospek kerja jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia selanjutnya. Pekerjaan ini terbagi atas dua, yakni translator tulisan (translater) dan penerjemah lisan (interpreter).

Gaji sebagai penerjemah beragam tergantung proyek yang ditangani. Apabila Anda menjadi penerjemah instansi resmi contohnya translator pidato pejabat, wawancara artis luar negeri, maka gaji yang diperoleh besar.

Selain bekerja di stasiun TV, sarjana Bahasa Indonesia juga bisa bekerja pada perusahaan penerbitan. Anda bisa menerjemahkan majalah, buku, hingga komik.

10. Interpreter

Profesi ini juga bisa menjadi alternatif karir lulusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Sekilas interpreter mirip dengan translator, namun keduanya mempunyai perbedaan.

Sama-sama menerjemahkan, interpreter menyampaikan terjemahan dengan lisan secara  langsung. Terjemahan tidak ditulis terlebih dahulu, sehingga perlu kemampuan konsentrasi yang baik dalam menyimak narasumber. Umumnya pertemuan pejabat antar negara membutuhkan interpreter dalam komunikasi.

Baca Juga: Beasiswa Bakti Tani 2022 untuk yang Punya Passion di Bidang Pertanian

Universitas yang Memiliki Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia

Usai melewati proses SBMPTN Pendidikan Bahasa Indonesia, selanjutnya Anda akan dihadapkan dengan perkuliahan. Dimana akan ada banyak materi yang akan Anda pelajari. Salah satunya mempelajari tentang struktur dan tata bahasa, pelafalan bunyi, dan masih banyak lagi.

Gelar yang akan Anda sandang saat berhasil menyelesaikan pendidikan S1 yakni Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia atau S.Pd. Dengan gelar lulusan tersebut ada banyak sekali prospek kerja yang bisa Anda pilih untuk memulai karir.

Yakin, tidak tertarik jadi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia? Jangan lupa untuk mengikuti pendaftaran masuk perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN Pendidikan Bahasa Indonesia.

Indonesia memiliki sejumlah Perguruan Tinggi Negeri penyelenggaraan program studi Bahasa Indonesia yang berkualitas dan terakreditasi A. Sebagai telah disinggung sebelumnya bahwa SBMPTN Pendidikan Bahasa Indonesia memungkinkan Anda untuk memilih Universitas impian.

Universitas Negeri Surabaya atau UNESA merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia terbaik. Berdiri sejak 1950, UNESA menerima akreditasi A dari BAN-PT tahun 2020 lalu.

Ulasan lengkap seputar Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia bisa dilihat pada laman resmi Prodi Bahasa Indonesia dan Sastra UNESA. Dapatkan informasi terkini dengan klik tautan di sini https://www.unesa.ac.id/.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x