INFORMASI

Beasiswa Creation Scholarship BRI untuk Tingkatkan Inovasi Pemuda

5 min read
Beasiswa Creation Scholarship BRI untuk Tingkatkan Inovasi Pemuda

Beasiswa Creative in Action atau yang biasa dikenal dengan beasiswa Creation scholarship dikelola serta diprogramkan oleh Bank BRI. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa dengan ide, invoasi, serta terobosan baru yang berbeda dari lainnya.

Bekerjasama dengan Mitra Universitas di Indonesia

Beasiswa Creation Scholarship bersama dengan beberapa Universitas mitra siap membawa program yang berdedikasi untuk pendidikan. Program pendidikan yang diselenggarakan oleh Bank Rakyat Indonesia ini memberikan apresiasi kepada mahasiswa terpilih.

Beasiswa Creation Scholarship bekerjasama dengan Universitas ternama seperti Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor. Tak hanya dua perguruan tinggi negeri tadi, ada pula Univeristas Padjajaran, UGM, serta Universitas Brawijaya.

Dengan diadakannya Kerjasama atas sebuah program peduli pendidikan tersebut, harapannya lebih banyak kesempatan untuk mahasiswa. Kegiatan ini bersifat tim yang terdiri dari tiga mahasiswa jenjang S1 dari Universitas yang sama.

Program ini akan mengumpulkan ide-ide kreatif yang nantinya terseleksi untuk mendapatkan ide paling menarik serta inovatif. Besar harapannya, dalam pelaksanaan kegiatan, peserta dapat mengasah kreativitas dalam mencetuskan inovasi terdepan.

Mitra Universitas terpilih berkesempatan untuk memperluas informasi mengenai Beasiswa Creation Scholarship kepada mahasiswanya. Untuk dapat diikuti sebanyak-banyaknya mahasiswa dengan berbagai terobosan yang akan disampaikan nantinya.

Inovasi atau ide diutamakan yang memiliki nilai unggul, terdepan, kekinian, juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Juga inovasi yang dapat membantu serta mendukung pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Sehingga ide yang dibuat dapat direalisasikan, diaplikasikan, serta diimplementasikan dengan baik dan benar dalam porsi yang sesuai. Universitas tersebut dapat mengarahkan mahasiswa untuk persyaratan dan pengumpulan ide dari kegiatan Creation tersebut.

Persyaratan Beasiswa Creation Scholarship

Dari pernyataan Beasiswa Creation Scholarship, ada beberapa persyaratan yang dapat dipenuhi oleh peserta sebagaimana yang sudah ditentukan. Hal tesebut harus dilakukan dan dilaksanakan dengan baik dan benar untuk mendukung ide yang telah dibuat oleh peserta.

1. Inovasi Yang Dibuat Memiliki Nilai Unggul

Ide yang harus dibawa oleh tiap tim adalah berupa inovasi, ide, terobosan baru yang kreatif dengan batasan nilai. Batasan yang dimaksud adalah memiliki nilai unggul, kekinian, serta mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Hal tersebut harus ditanamkan dalam ide yang akan ditunjukkan oleh setiap tim dengan kreativitas yang berbeda. Untuk itu, peserta wajib memikirkan bagaimana membawa sebuah inovasi agar tidak monoton dan membosankan.

2. Inovasi Serta Terobosan Mendukung Ekonomi

Terobosan baru yang dibuat oleh setiap tim juga dihimbau untuk dapat mendukung pemberdayaan ekonomi. Maksudnya, ide yang diusung harus memiliki manfaat, serta mendukung pemberdayaan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

Agar kreativitas ide tadi tidak hanya dapat disampaikan, tetapi juga diberlakukan untuk kedepannya dalam kehidupan masyarakat.

3. Inovasi Dapat Diimplementasikan

Tujuan akhir dari setiap ide atau gagasan yang dicanangkan oleh setiap peserta adalah aplikasi ide gagasan. Diharapakan, ide yang digagas dapat dimaknai dengan baik oleh masyarakat dengan implementasi yang baik.

Nantinya, inovasi tersebut harus dapat diaplikasikan serta diimplementasikan di dalam masyarakat luas. Supaya dapat bermanfaat di dalam masyarakat luas yang dapat mendukung kehidupan lebih baik lagi.

4. Kategori Inovasi Technology Creation

Dalam pelaksanaannya, terdapat tiga kategori yang dapat dipilih untuk menjadi dasar dari ide yang akan dikembangkan. Yang pertama adalah technologi creation atau ilmu pengetahuan dan teknologi.

Di mana kategori tersebut membahas mengenai ilmu pengetahuan yang kekinian di dalam masyarakat yang bermanfaat. Telah memiliki target utama, lokasi, atau masyarakat untuk pengimplementasian idenya, juga tujuan penggunaan teknologi.

5. Kategori Enterpreneurship Creation

Untuk kategori kedua adalah kewirausahaan yang mana, kategori itu untuk menjaring keterampilan bisnis mahasiswa. Tujuannya ada pada profit yang mengutamakan sosial ekonomi di masyarakat.

Termasuk ke dalam usaha Mikro dan Kecil yang telah berjalan selama satu bulan juga sudah memiliki omset, pendapatan, juga revenue.

6. Kategori Social Creation

Kategori terakhir yaitu social creation atau pengabdian masyarakat untuk menapatkan penerapan kegiatan yang solutif. Tujuannya, solusi tersebut dapat bermanfaat juga tepat bagi kelompok, komunitas, maupun masyarakat luas.

Telah memiliki target utama,lokasi, masyarakat untuk mengimplementasikan kegiatannya, juga sudah berjalan satu hingga tiga bulan.

Persyaratan Beasiswa Creation Scholarship yang digagas oleh Bank BRI tersebut menjadi arah bagi peserta supaya lebih tertata. Hal tersebut juga dapat menjadi keteraturan dalam melangsungkan kegiatan Creation itu.

Apresiasi untuk Mahasiswa Terpilih

Dari kegiatan Beasiswa Creation Scholarship, akan terpilih mahasiswa-mahasiswa dengan ide serta terobosan paling menarik dan sesuai persyaratan. Mahasiswa atau tim terpilih nantinya mendapat apresiasi dari Bank BRI berupa banyak hal.

Hal pertama adalah apresiasi untuk menjalankan inovasi program senilai Rp30.000.00 untuk tiap tim yang dapat digunakan merealisasikan program. Uang tersebut dapat dimanfaatkan untuk program yang diharapkan dapat berkelanjutan hingga memberikan manfaat kepada banyak orang.

Kemudian, apresiasi selanjutnya adalah mendapatkan beasiswa atu bantuan dana pendidikan untuk menjalankan kuliah di Universitas masing-masing. Bantuan dana tersebut memiliki maksimal anggaran yaitu sebesar Rp8.000.000 per semester hingga delapan semester.

Tak hanya itu, setiap mahasiswa akan diberikan bantuan biaya hidup sebesar Rp500.000 tiap bulannya hingga maksimal 42 bulan. Tentunya tunjangan pendidikan beserta biaya hidup ini dapat membantu mahasiswa terpilih untuk menjalani kehidupan perkuliahan.

Selanjutnya, apresiasi lanjutan adalah annual gathering Super Camp berupa pelatian soft skill serta kepemimpian. Pelatihan soft skill tersebut diberikan kepada mahasiswa untuk mengasah berbagai skill yang patut dikembangkan.

Pengembangan skill kepemimpinan memang sangat penting baik di dalam organisasi perkuliahan, maupun di dalam dunia kerja. Hal tersebut yang ingin diberikan kepada mahasiswa, yaitu sebuah kesempatan mengembangkan jiwa kepemimpinannya.

Baca Juga: SBMPTN Gratis Atau Bayar? Ternyata Ada 2 Jenis Prosedur

Ketentuan Proposal Tim

Proposal yang dikumpulkan tiap tim mulai dari tujuan inisiatif yang berupa penggambaran tujuan inovasi ide yang jelas. Selanjutnya, keselarasan dengan kategori yang dipilih dengan menjelaskan keterkaitan inovasi tersebut yang memiliki kaitan dengan kategori pilihan.

Adapula ketentuan lanjutan yaitu signifikansi ataupun arti penting dari inovasi maupun ide kreatif. Dampak tersebut harus bisa dirasakan oleh komunitas, kelompok, juga masyarakat yang berperan penting salam mengatasi persoalan.

Isi proposal kemudian harus memiliki inovasi, transferabilitas atau bukti bahwa ide dapat dan bisa maupun telah diterapkan. Lalu Sumber daya dan keberlanjutan dimana langkah atau strategi yang mengikut sertakan sumber daya dapat berjalan.

Dampak yang diberikan dari terobosan kekinian tersebut bisa meluas serta telah dievaluasi secara formal. Mulai dari skala dampaknya, cara mengevaluasi, serta indikator dalam mengevaluasi dampak tersebut di masyarakat luas.

Selanjutnya adalah keterlibatan pemangku kepentingan dimana menjelaskan pemangku kepentingan mana saja yang terlibat. Siapa saya kira-kira yang memiliki peran serta berkontribusi dalam melakukan program yang diusung.

Yang terakhir, jangan lupa untuk melampirkan foto dokumentasi program serta data-data pendukung lainnya dalam kegiatan Beasiswa Creation Scholarship. Untuk mendukung program yang dibuat oleh tim secara keseluruhan dari awal hingga akhir terobosan.

Hal-hal di atas mengenai Beasiswa Creation Scholarship menjadi bahan acuan untuk Anda yang ingin mendaftar serta sudah memiliki ide. Ide-ide yang Anda miliki dapat diimplementasikan kepada masyarakat melalui kegiatan ini.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x