INFORMASI

Beasiswa Glow and Lovely, Khusus Perempuan untuk Jenjang S1

5 min read
Beasiswa Glow and Lovely, Khusus Perempuan untuk Jenjang S1

Beasiswa Glow and Lovely menjadi program bantuan dana pendidikan bagi perempuan Indonesia yang ingin melanjutkan ke S1. Beasiswa ini bekerja sama dengan yayasan pendidikan non profit bernama Hoshizora Foundation di Yogyakarta.

Hoshizora Foundation Sebagai Penggagas Beasiswa

Hoshizora Foundation telah menjalankan berbagai hal untuk memajukan pendidikan dan membantu pelajar meraih mimpinya. Salah satunya adalah membuat kerja sama dengan Glow and Lovely untuk mengadakan program pendanaan pendidikan.

Program Beasiswa Glow and Lovely ini diberikan khusus untuk perempuan Indonesia yang akan lulus dan juga yang sudah lulus SMA sederajat. Beasiswa tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap perempuan di zaman sekarang.

Beasiswa Glow and Lovely diberikan kepada perempuan Indonesia yang memiliki gagasan untuk memberikan kontribusi di masyarakat. Juga kepada perempuan yang memiliki semangat, motivasi yang tinggi, serta prestasi tetapi terkendala finansial.

Program tersebut sudah diselenggarakan oleh Hoshizora Foundation bersama Glow and Lovely sejak tahun 2017 hingga saat ini. Telah banyak alumni yang berhasil didanai hingga lulus, terhitung sekitar 270 perempuan masuk PTN dengan beasiswa tersebut.

Program ini juga merata, bisa diikuti oleh seluruh perempuan Indonesia dengan kuota sebanyak enam puluh orang. Beasiswa khusus perempuan ini menjadi salah satu kesempatan bagi Anda untuk bersaing dan berkembang secara sehat.

Hoshizora Foundation selalu memberikan kesempatan untuk seluruh anak agar memperoleh pendidikan yang maksimal. Tak hanya memberikan bantuan dana untuk berkuliah, ada pula kegiatan pengembangan diri yang diberikan.

Hoshizora dan Glow and Lovely memberikan fasilitas kegiatan yang dapat mengembangkan diri para peserta penerima beasiswa. Banyak sekali kegiatan yang nantinya diharap dapat membantu peserta menemukan potensi diri yang selama ini tersembunyi.

Tak ada banyak syarat khusus yang rumit, masih selayaknya persyaratan pendanaan pendidikan biasanya. Fokusnya adalah untuk mencari tahu siapa peserta yang memiliki gagasan untuk berkontribusi dengan motivasi tinggi.

Cakupan Beasiswa Glow and Lovely

Beasiswa Glow and Lovely yang berkuota 60 orang tersebut memberikan beberapa cakupan atau manfaat beasiswa. Tentunya cakupan tersebut diberikan sebagai wujud nyata bantuan yang dijanjikan oleh program ini.

1. Bantuan Biaya Pendidikan

Inti dari program Beasiswa Glow and Lovely untuk perempuan ini adalah bantuan biaya pendidikan tunai. Bantuan biaya ini diberikan pada tahun pertama perkuliahan yang disalurkan tiap semester ganjil.

Dana tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan akademik serta kemahasiswaan yang harus dijalani mahasiswa. Tentunya bantuan dana tadi sangat mungkin membantu untuk kegiatan perkuliahan Anda.

2. Personal Development

Ada empat kegiatan yang diberikan oleh program ini dalam empat tahun, pada tahun pertama adalah personal development. Pendampingan tiap tahun diadakan selama empat tahun untuk membantu capacity building mahasiswa.

Personal development adalah kegiatan untuk pengembangan diri mahasiswa agar lebih mudah menemukan potensi. Diharapkan mahasiswa bisa menjadi lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya.

3. Critical Thinking and Leadership

Pada tahun ke dua ada critical thinking and leadership yang dilaksanakan untuk mengasah pemikiran kritis mahasiswa. Dalam pelaksanaannya akan ada banyak kegiatan yang diharap bisa menunjang karakter pemimpin.

Critical thinking sangat dibutuhkan untuk kehidupan diperkuliahan, kehidupan kerja, maupun kehidupan bermasyarakat. Maka itu, kegiatan tahu ke dua ini akan sangat penting untuk diikuti penerima beasiswa.

4. Entrepreneurship and Career Overview

Program career overview beberapa tahun belakangan sedang marak dilaksanakan untuk menunjang SDM Indonesia. Dalam program ini, mahasiswa diajarkan untuk memahami bagaimana cara bekerja.

Bagaimana cara melihat peluang untuk membuka sebuah usaha dan menjadikannya sebagai ladang bisnis Anda. Juga agar mahasiswa bisa memiliki pengetahuan yang baik tentang peluang karir ke depannya setelah lulus.

5. Professional Readiness

Professional readiness berhubungan dengan professional readiness experience yang sangat berguna di dunia kerja. Anda akan mendapatkan dan melakukan program ini di tahun ke empat perkuliahan.

Di mana dengan adanya kegiatan ini, akan sangat membantu untuk mengetahui persiapan seperti apa untuk bekerja. Professional Readiness diadakan untuk mempersiapkan mahasiswa ketika menuju dunia kerja nantinya.

Cakupan Beasiswa Glow and Lovely sesungguhnya sangat bermanfaat apalagi untuk menunjang personal development. Hal tersebut sangat diperlukan ketika mahasiswa sudah lulus dan bersiap untuk dunia kerja, khususnya Indonesia.

Apakah Bisa Diikuti Mahasiswi PTN dari Luar Jabodetabek?

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar Beasiswa Glow and Lovely adalah siswi mendaftar ke luar Jabodetabek. Maksudnya, mahasiswi nantinya mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi Negeri di luar wilayah tersebut.

PTN/PN/PTAIN yang didaftar oleh calon mahasiswi setidaknya terakreditasi B kemudian peserta berasal dari wilayah yang disebutkan. Mulai dari NAD, Sumatera Utara, Sumetera Barat, Riau, Kepulauan Riau, dan Sumetera Selatan.

Tak hanya itu, masih ada beberapa daerah yang merata di seluruh Indonesia misalnya daerah Jawa Barat raya, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Kemudian Kalimantan dari Baratt hingga Timur, juga Sulawesi Selatan.

Tak ketinggalan Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua serta Papua Barat yang bisa mendaftar ke Beasiswa Glow and Lovely. Yang paling penting adalah peserta harus memahami persyaratan dengan baik dan tepat.

Agar tetap bisa memiliki peluang diterima yang tinggi, peserta harus sesuai dengan kriteria yang ditentukan sejak awal. Mulai dari memiliki potensi akademik yang dibuktikan melalui salinan rapor atau ijazah serta piagam prestasi.

Kemudian memiliki rencana studi di PTN yang sudah diinginkan dengan alasan dan rencana matang yang bisa dipertanggungjawabkan. Serta memiliki gagasan atau ide untuk berkontribusi kepada masyarakat secara nyata dan bermanfaat.

Lalu yang terakhir adalah memiliki komitmen untuk menyelesaikan studi hingga maksimal delapan semester serta tidak menikah. Peserta diharapkan belum dan tidak menikah selama menerima beasiswa dari Glow and Lovely ini.

Kriteria peserta di atas merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi, megandung komitmen dan tanggungjawab. Maka itu, dari banyaknya yang mendaftar, kuota yang disediakan adalah 60 untuk orang-orang yang terpilih.

Baca Juga: Dapatkan Informasi Mudah yang Up To Date Lewat IG SBMPTN

Siapkan Data Anda Segera

Ada beberapa data yang harus dipersiapkan jika Anda melamar beasiswa satu ini, syarat utamanya adalah Anda perempuan. Kemudian data-data yang harus dilampirkan berupa nilai rapor dari semester satu hingga lima.

Lampirkan pula sertifikat atau piagam prestasi bidang akademik maupun non akademik, juga sertifikat kegiatan kepanitiaan. Kegiatan kepanitiaan yang sedang atau pernah diikuti harus pada kurun waktu 3 tahun terakhir jika ada.

Data terakhir adalah nominal penghasilan orang tua yang sesuai dengan surat keterangan penghasilan orang tua. Slip gaji tersebut harus benar dan dikeluarkan oleh pihak instansi tempat bekerja atau kepala desa.

Dari berbagai macam informasi mengenai beasiswa Glow and Lovely, apakah Anda termasuk ked ala kriteria pendaftarnya? Persiapkan diri untuk mengikuti rekrutmen atau pendaftaran dari program spesial untuk perempuan satu ini.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x