Uncategorized

Pahami Step by Step Cara Melihat SBMPTN Hasil 2022 dan Skor

5 min read
Cara Melihat SBMPTN Hasil 2022 dan Skor

Sebagian peserta sudah menyelesaikan gilirannya untuk melakukan UTBK gelombang pertama, sambal menunggu kapan SBMPTN hasil 2022 dan skornya. Saat ini sedang berlangsung UTBK gelombang dua, sehingga tinggal menunggu pengumuman hasilnya.

Jadwal dan Laman Pengumuman

Pengumuman untuk melihat SBMPTN hasil 2022 serta kelulusan peserta sudah dijadwalkan dan dapat dilihat pada 23 Juni 2022. Pengumuman hasil tersebut dapat dilihat mulai pukul 15.00 WIB sore yang bisa diakses pada laman resmi LTMPT.

Tetapi tak hanya laman resmi saja yang bisa Anda jadikan tempat untuk mengakses pengumuman lolos tidaknya Anda pada UTBK. Ada banyak laman resmi universitas yang juga menyediakan tempat untuk melihat pengumuman.

Ada beberapa langkah atau cara untuk melihat pengumuman SBMPTN hasil 2022 di laman resmi LTMPT yang juga ada di link mirror PTN. Anda dapat membuka laman atau link yang sudah disediakan, misal dari laman resmi LTMPT atau mirror.

Kemudian, jangan lupa untuk memasukkan nomor pendaftaran milik Anda supaya dapat melihat pengumuman SBMPTN hasil 2022 di dalamnya. Nanti akan ada halaman untuk memasukkan tanggal lahir Anda sesuai data yang didaftarkan.

Kemudian peserta tinggal menekan hasil lalu SBMPTN hasil 2022 akan muncul di layar Anda dengan dua kemungkinan lulus atau tidak. Tahun lalu tampilan untuk peserta yang lulus adalah ucapan selamat beserta nomor peserta dan nama.

Masih ada waktu sekitar tiga minggu untuk penantian apakah Anda lolos pada PTN pilihan yang sudah diimpikan sejak awal. Setelah mengetahui pengumuman, jika lolos ada beberapa hal yang harus Anda lakukan kemudian.

Yaitu mengunduh sertifikat UTBK yang baru bisa dilakukan dua hari setelah tanggal pengumuman, yaitu 25 Juni 2022. Waktu untuk mengunduh sertifikat UTBK ini cukup lama yaitu hingga 31 Juli 2022 atau sekitar satu bulan.

Selanjutnya Anda dapat mencari informasi mengenai pendaftaran ulang di Universitas masing-masing untuk langkah lanjutan.

Meningkatkan Peluang Lolos SBMPTN

Siapa pun peserta UTBK pasti ingin SBMPTN hasil 2022 yang tertulis ucapan selamat di sana diikuti nama dan nomor pesertanya. Maka itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan peluang lolos SBMPTN tahun ini.

1. Pahami Konsep Materi

Untuk meningkatkan peluang lolos UTBK, Anda harus memulai dari pemahaman soal materi yang akan keluar diujian. Pelajari apa saja yang sekiranya akan dihadapi oleh peserta, juga bagaimana konsep materinya.

Jangan hanya melakukan latihan soal saja, tetapi peserta juga diharapkan memiliki pemahaman terhadap konsep dan pola. Hal tersebut akan membantu untuk lebih siap mengerjakan meski soal tidak serupa dengan yang sering muncul dilatihan.

2. Update Informasi UTBK

Jangan lupa untuk selalu mencari informasi terbaru perihal UTBK dan SBMPTN agar tidak ada yang sekiranya terlewat. Hal tersebut penting untuk menyamakan dengan progress yang sudah diri Anda buat sebelumnya.

Informasi dibutuhkan agar tidak ada suatu hal penting yang tertinggal atau supaya tidak ada yang terlupakan. Hal tersebut juga membantu Anda untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan sehingga persiapan lebih matang.

3. Memenuhi Persyaratan

Salah satu hal yang sering kali membuat seseorang kehilangan kesempatan UTBK adalah karena persyaratannya kurang lengkap. Untuk meningkatkan peluang lolos PTN pilihan pada UTBK Anda, maka syarat harus terpenuhi dengan benar.

Persyaratan tersebut dimulai dari persyaratan awal hingga persyaratan ketika Anda akhirnya masuk ruang tes UTBK. Misalnya berkas, kondisi fisik, juga hal lain yang sudah jadi aturan sejak sedari awal.

4. Perhatikan Peluang PTN

Sambil peserta mempersiapkan UTBK, ada hal yang perlu dipantau dan diperhatikan oleh peserta SBMPTN. Yaitu peluang pada PTN serta jurusan yang akan dipilih di SBMPTN nanti oleh peserta UTBK.

Anda harus memperhatikan kuota penerimaan, jumlah peserta yang mendaftar, juga berapa kiranya rata-rata skor yang lolos. Hal tersebut untuk mengantisipasi serta memotivasi Anda agar dapat nilai atau skor yang dibutuhkan pada PTN tersebut.

5. Rileks Saat Mengerjakan

Salah satu hal yang bisa meningkatkan kesempatan SBMPTN hasil Anda bagus adalah ketenangan ketika mengerjakan soal. Ketika Anda merasa tenang dan siap, maka Anda dapat mengerjakan soal dengan baik.

Anda bisa berpikir jernih untuk memikirkan jawaban yang tepat atas soal-soal tersebut sehingga peluang salah menjadi kecil. Ketenangan saat mengerjakan juga membuat peserta lebih bisa memahami soal-soal dengan lebih baik.

Dari beberapa hal yang dapat meningkatkan peluang SBMPT hasil 2022 milih Anda, apa saja yang sudah dan sedang dilakukan? Hasil SBMPTN dapat dipengaruhi dari berbagai faktor, untuk itu meminimalisir kemungkinan buruk adalah bentuk antisipasi.

Pelaksanaan UTBK

Sebelum mendapatkan keterangan atas SBMPTN hasil 2022 milik Anda, peserta harus mengikuti pelaksanaan UTBK dengan baik dan tertib. Tahun ini UTBK dilaksanakan dua kali atau dua gelombang untuk mengantisipasi Covid.

Kedua gelombang ini dipisahkan oleh jarak waktu yang tidak begitu lama, yakni sekitar satu minggu dari gelombang pertama dan kedua. Tetapi hal tersebut bisa menjadi metode pencegahan yang tepat agae angka Corona tidak kembali melonjak.

Peserta diharapkan untuk tetap mematuhi hal-hal yang sudah menjadi persyaratan utama ketika pelaksanaan berlangsung. Yaitu membawa dokumen dan menggunakan baju yang sesuai dengan aturan yang diberlakukan.

Dokumen tersebut meliputi salah satunya yang paling penting adalah kartu peserta untuk dibawa hingga masuk ruangan. Pastikan pula Anda dalam keadaan sehat dan sudah menjalani serangkaian vaksin atau tes yang diberlakukan.

Untuk menjaga agar Anda memenuhi kriteria dan berkesempatan lolos SBMPTN hasil 2022 memuaskan, maka Anda tidak boleh terdiskualifikasi. Maka itu, jangan sampai melupakan hal-hal penting yang menunjang kesempatan lolos para peserta.

Perhatikan waktu, usahakan datang sebelum atau tepat waktu pelaksanaan jangan sampai terlambat karena akan ada konsekuensinya. Jangan pula melakukan tindak kecurangan apapun bentuknya di dalam ruangan ketika pelaksanaan ujian.

Kemudian untuk baju, diharapkan peserta menggunakan baju yang sopan dan rapi misalnya baju berkerah atau kemeja dengan sepatu. Hal tersebut untuk memperlihatkan kesopanan serta keformalan Anda dalam melakukan ujian.

Kecurangan jenis apapun akan memberikan dampak, bahkan Anda mungkin tidak dapat melihat SBMPTN hasil milik Anda. Karena peserta yang curang pasti langsung didiskualifikasi tanpa pertimbangan lebih lanjut.

UTBK adalah ujian formal yang diberikan pemerintah sebagai kesempatan, maka jangan sia-siakan kesempatan tersebut.

Baca Juga: Beasiswa Glow and Lovely, Khusus Perempuan untuk Jenjang S1

Perhatikan Lokasi Pelaksanaan

Lokasi pengerjaan ujian juga harus diperhatikan agar Anda tidak salah masuk ruangan, kalau bis acari tahu sehari sebelum pelaksanaan. Hal ini diharapkan dapat membantu agar peserta tidak terlambat memasuki ruangan yang sudah ditetapkan.

Jika ingin mendapatkan SBMPTN hasil 2022 serta skor yang memuaskan dan sesuai, banyak aspek yang harus diperhatikan oleh Anda. Seperti pada yang tertulis di atas, mulai dari persiapan diri secara fisik dan mental, serta material agar lebih mampu.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x