INFORMASI

Beasiswa Gorontalo Jenjang S1, S2, Hingga S3: Cocok untuk Pemuda

5 min read
Beasiswa Gorontalo Jenjang S1, S2, Hingga S3: Cocok untuk Pemuda

Beasiswa Gorontalo telah membuka program bantuan pendidikan untuk berbagai jenjang untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan. Berikut informasi terkait pendaftaran dan persyaratan darmasiswa Provinsi Gorontalo.

Apa Itu Beasiswa Provinsi Gorontalo?

Beasiswa Provinsi Gorontalo merupakan program bantuan pendidikan dari Pemprov Gorontalo untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Darmasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa yang kurang mampu dan atau berprestasi.

Yaitu dengan harapan, anggaran pendidikan yang disalurkan menjadi kesempatan dibuka untuk menjawab aspirasi mahasiswa. Selain itu, darmasiswa ini juga memiliki tujuan lain yang mana dibutuhkannya tenaga kedokteran dan spesialis di beberapa daerah.

Kapan Pendaftaran Beasiswa Gorontalo 2022?

Pendaftaran beasiswa Gorontalo 2022 telah dibuka semenjak pemberitahuan dari beberapa sumber berita. Yaitu tanggal 12 Januari 2022 Komisi IV DRPD Gorontalo mengatakannya setelah selesai rapat bersama Biro Kesra.

Yang mana beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa yang terhalang oleh dana namun memiliki prestasi yang baik. Yaitu dengan harapan agar peserta didik dapat melanjutkan pendidikan tinggi dengan baik.

Adnan Entengo juga mengatakan bahwa, agar pemberitahuan mengenai beasiswa ini disebarkan luas kepada masyarakat Gorontalo. Tentunya agar masyarakat Gorontalo mengetahui dan dapat melamar beasiswa dengan benar. Adapun persyaratan dan pendaftarannya akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Dimana Mendaftar Beasiswa Gorontalo 2022?

Setelah mengetahui pemberitahuan dari DRPD Gorontalo, tentunya ada ketentuan untuk mendaftarkan diri melamar beasiswa. Pendaftaran beasiswa Gorontalo dilakukan secara langsung menghubungi Dinas terkait di Pemprov Gorontalo atau menghubungi anggota DPRD masing-masing daerah.

Persyaratan Beasiswa Gorontalo

Berikut persyaratan yang dapat dipersiapkan terlebih dahulu untuk melamar beasiswa Gorontalo ini:

  • Membuat Permohonan

Pendaftaran darmasiswa Provinsi Gorontalo hanya dilakukan dengan menghubungi Dinas terkait beasiswa. Permohonan ini diajukan ke Gubernur Gorontalo, Kesra Provinsi Gorontalo dan Kepala Biro Pemerintah.

  • Fotokopi Dokumen

Pelamar melampirkan salinan dokumen yang dibutuhkan atau fotokopi berkas-berkas yang diminta. Yaitu KTP, KK, KTM, kuitansi SPP semester terakhir, dan fotokopi rekening atau tabungan masing-masing.

  • Lampiran

Selain itu, calon penerima beasiswa juga diminta untuk melampirkan berkas seperti KHS semester sebelumnya dan dilegalisir. Untuk nilai IPK atau IPS minimal adalah 3 (untuk mahasiswa berprestasi).

Calon penerima beasiswa diminta untuk melampirkan KRS semester berjalan dan ditanda tangani oleh pihak yang memiliki wewenang. Lalu, melampirkan surat keterangan aktif berkuliah (terbaru) dari perguruan tinggi masing-masing.

Lampiran selanjutnya adalah memasukkan Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Indonesia Sejahtera. Selain itu, calon penerima beasiswa juga melampirkan dokumen telah terdaftar di basis data terpadu kurang mampu.

  • Surat Pernyataan dan Nomor Telepon

Surat pernyataan yang perlu dibuat oleh calon penerima beasiswa adalah belum pernah menerima bantuan pendidikan dari lembaga mana pun.  Selain itu juga membuat surat pernyataan lainnya seperti perjanjian yang diminta oleh pihak pemberi darmasiswa.

Selanjutnya yang terakhir, pelamar juga memasukkan nomor telepon masing-masing yang aktif atau bisa dihubungi.

Tentunya persyaratan tersebut bisa saja berubah-ubah tergantung ketentuan dari Pemerintah Gorontalo tiap tahunnya. Namun tak ada salahnya untuk mempersiapkan terlebih dahulu agar proses mendapatkan beasiswa lebih cepat.

Prasyarat Beasiswa Provinsi Gorontalo

Prasyarat selanjutnya yang tidak kalah pentingnya untuk tidak dilewatkan adalah nilai minimal IPK sesuai kriteria jurusan. Yaitu jurusan non-eksakta memiliki nilai IPK minimal 3.00 dan 2.75 untuk Eksakta.

Berapa Besaran Beasiswa Gorontalo yang Diterima?

Untuk tiap jenjang dari S1 hingga S3 memiliki besaran beasiswa Gorontalo yang diterima cukup berbeda. Yang mana bantuan pendidikan tersebut diberikan untuk mahasiswa yang kurang mampu dan untuk peserta didik yang memiliki prestasi.

Besaran dana bantuan yang diberikan untuk jenjang studi S1 adalah sebesar Rp2.5 juta. Sedangkan untuk bantuan yang diberikan jenjang pendidikan S2, yaitu Rp6 juta.

Untuk jenjang pendidikan S3, bantuan pendidikan yang diberikan sebesar Rp15 juta. Untuk besaran dana pendidikan yang diberikan per semester atau per bulan dapat ditanyakan ke Dinas terkait pendaftaran darmasiswa.

Alokasi Beasiswa

Pemprov Gorontalo melakukan alokasi darmasiswa dalam dua bentuk. Pertama, beasiswa kerja sama dengan Politeknik ATMI Solo, termasuk kerja sama mahasiswa dokter spesialis Rp37 juta untuk 10 semester.

Yaitu dengan catatan lama mengabdi minimal 10 tahun. Yang kedua, beasiswa untuk jenjang S1, S2, dan S3 jurusan kedokteran, akuntansi, dan teknik. Memiliki nilai atau besaran yang diberikan Rp2.5 juta (S1), Rp6 juta (S2), dan Rp15 juta (S3).

Apakah Beasiswa Hanya Untuk Masyarakat Gorontalo?

Sesuai dengan namanya “darmasiswa pendidikan Provinsi Gorontalo”. Yaitu program beasiswa hanya diberikan kepada warga atau masyarakat Gorontalo yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

Untuk ketentuan lainnya seperti apakah hanya bisa berkuliah di Gorontalo. Serta berapa lama minimal tinggal di daerah tersebut, dapat ditanyakan ke Dinas terkait.

Apakah Beasiswa Ini Sempat Terhenti?

Menurut laporan dari berbagai sumber, alokasi dana yang diberikan untuk penerima beasiswa sempat tersendat atau terhenti. Hal ini dikarenakan banyaknya faktor atau hal lain yang mempengaruhi.

Menurut Gubernur Gorontalo, anggaran dana akan lebih difokuskan ke jurusan kedokteran baik untuk S1 atau Spesialis. Adapun untuk jurusan lainnya seperti teknik dan akuntansi akan dipending atau ditunda terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan, pada bidang kedokteran menjadi inti utama karena sangat dibutuhkan di beberapa daerah. Khususnya di RSUD dr. Hasri Ainun Habibie.

Gubernur Gorontalo juga menambahkan bahwa hanya ada dua orang dokter spesialis paru-paru di Gorontalo.

Baca Juga: Tidak Bisa Sembarangan, Ini Cara SBMPTN Edit Foto yang Benar

Keuntungan Mendapatkan Beasiswa

Tak hanya beasiswa dari lembaga atau instansi lainnya saja yang memberikan keuntungan atau manfaat bagi penerimanya. Darmasiswa Provinsi Gorontalo juga memberikan keuntungan bagi penerimanya.

Salah satunya adalah meringankan biaya studi selama menempuh pendidikan tinggi di Universitas atau perguruan tinggi. Selain itu, mendapatkan dana bantuan atau biaya yang diberikan dengan besaran sesuai dengan jenjang pendidikan.

Meningkatkan prestasi akademik, salah satu syarat untuk mendapatkan darmasiswa ini adalah memiliki IPK minimal 3.00. Yang artinya, calon penerima beasiswa harus meningkatkan prestasi akademik dan meraih nilai minimal agar bisa mendapatkan beasiswa.

Tentunya keuntungan-keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dari bantuan pendidikan yang diberikan Pemerintah Gorontalo. Oleh karena itu, jangan sampai terlewatkan ya pendaftaran beasiswa Provinsi Gorontalo ini.

Beasiswa Gorontalo ini diberikan untuk mahasiswa yang kurang mampu dari segi ekonomi dan juga untuk mahasiswa berprestasi. Besaran dana bantuan yang diterima merupakan aturan atau ketentuan dari DRPD Gorontalo.

Pendaftaran dilakukan secara langsung dengan menghubungi Dinas terkait dengan membawa beberapa berkas persyaratan. Darmasiswa ini juga diperuntukkan bagi mahasiswa berbagai jenjang dari S1 hingga S3.

Selain itu juga menjadi kesempatan untuk siswa yang lulus SMA maupun SMK yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Namun terhalang oleh dana atau keterbatasan biaya pendidikan yang dimiliki.

Semoga Anda bisa mendapatkan darmasiswa Provinsi Gorontalo tersebut atau lolos seleksi pendaftaran beasiswa. Terus semangat dan raih prestasi yang lebih tinggi.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x