SBMPTN

Jangan Menyerah Hadapi Soal UTBK SBMPTN Eksponen 2022

5 min read
Jangan Menyerah Hadapi Soal UTBK SBMPTN Eksponen 2022

UTBK SBMPTN eksponen merupakan materi yang ada di soal matematika dasar dan Saintek. Pada satu soal dapat menyajikan beberapa topik. Salah satunya pada materi eksponen ada sebanyak 5 topik yang akan dipresentasikan.

Kapan UTBK SBMPTN Eksponen Dilaksanakan?

Jadwal pelaksanaan UTBK SBMPTN eksponen bersamaan dengan pelaksanaan UTBK yang terbagi menjadi 2 sesi per harinya. Untuk tes dilaksanakan terbagi menjadi dua gelombang, 17 hingga 23  Mei 2022 merupakan jadwal gelombang pertama.

Untuk gelombang kedua dilaksanakan  28 Mei sampai dengan 3 Juni 2022. Tanggal pendaftaran UTBK SBMPTN dibuka mulai 23 Maret 2022 sampai dengan 15 April 2022 melalui website http://portal.ltmpt.ac.id/

Anda dapat mengikuti UTBK SBMPTN soal matematika eksponen jika memilih kelompok ujian Saintek. Selain itu juga terdapat pada TKPA matematika dasar pada soal ujian SBMPTN.

Tips Menghadapi Soal UTBK-SBMPTN Eksponen

Tips menghadapi soal UBTK SBMPTN Eksponen cukup berbeda dengan soal-soal yang lainnya. Berikut tips menghadapi UTBK matematika eksponen:

1. Tiap Soal Menguji Banyak Materi

Satu soal ujian SBMPTN sering menguji lebih dari satu topik, bahkan ada menguji kemampuan 3 hingga 4 topik sekaligus. Soal tersebut dibuat untuk menyeleksi peserta UTBK-SBMPTN yang mana tiap soal memiliki peringkat kesulitan masing-masing.

2. Kuasai Lebih Dari 1 Materi

Pada UTBK matematika dasar tertulis jika persamaan kuadrat sebagai materi soal yang sering muncul, bukan berarti harus mempelajari persamaan kuadrat saja ya. Namun perlu diingat bahwa, soal UTBK soal sering kali topik yang diujikan campur-campur atau acak.

3. Pelajari Materi Kelas 10 Hingga 12

Soal yang sering muncul pada UTBK SBMPTN adalah materi kelas 10 dan 11 dibandingkan kelas 12. Cobalah untuk pelajari kembali materi-materi yang pernah dipelajari saat kelas 10 dan juga 11.

4. Pelajari Materi Per Bab

Meskipun materi soal UTBK umumnya adalah soal yang menguji kemampuan di berbagai topik. Maka lakukan latihan per bab terlebih dahulu untuk benar-benar menguasai konsepnya.

Meskipun sudah memahami materi per bab, belum tentu dapat menyelesaikan soal-soal tersebut ketika dicampur-campur dengan topik lain. Maka dari itu diperlukan latihan agar dapat menyelesaikan soal tersebut.

5. Kuasai Konsep

Jangan pernah untuk menghafalkan tipe soal, namun kuasai konsep tersebut dengan benar. Anda dapat menonton video penjelasan materi eksponen atau matematik di berbagai platform pembelajaran.

Untuk dapat mengetahui telah memahami konsep soal eksponen dengan benar, kerjakanlah latihan soal sebanyak mungkin.

Itulah beberapa tips yang dapat dicoba untuk mempelajari matematik atau eksponen sebelum menghadapi UTBK.

6. Seberapa Banyak Topik UTBK-SBMPTN Eksponen?

Banyaknya topik soal UTBK SBMPTN eksponen adalah 4 hingga 5, materi soal yang muncul dapat dikatakan sedang. Pada materi soal eksponen ini juga berada di peringkat ke 13 dari ujian matematika yang sering muncul.

Meskipun kategori topik yang muncul adalah sedang, perlu pula untuk mempelajari materi-materi tersebut lebih dalam lagi. Begitu pula dengan materi persamaan kuadrat yang sering muncul di UTBK SBMPTN.

Maka dari itu, diperlukan strategi belajar yang tepat untuk dapat menyelesaikan soal-soal UTBK SBMPTN dengan benar dan baik. Anda dapat menonton soal pembahasan tiap materi yang akan diujikan atau menjawab soal UTBK tahun lalu.

7. Apa Saja Kisi-Kisi Soal Matematika?

Pada UTBK SBMPTN, eksponen merupakan materi soal yang diujikan pada bentuk soal matematika. Tentunya perlu pula untuk mempelajari materi lainnya untuk dapat menyelesaikan TKA Saintek-matematika dengan baik dan benar.

Untuk materi yang sering muncul pada soal matematika adalah turunan, trigonometri, peluang, integral, limit, dan tiga dimensi. Untuk jumlah soal yang sedang ada barisan dan deret, transformasi geometri. Vektor, eksponen, dan bidang datar.

Sedangkan untuk soal dengan jumlah soal keluar yang sedikit adalah pertidaksamaan, komposisi, persamaan kuadrat, logaritma, irisan kerucut, matriks. Selanjutnya materi soal matematika keuangan juga diujikan pada UTBK-SBMPTN.

Jadi, Anda dapat mempelajari semua materi-materi tersebut tidak hanya melatih soal UTBK SBMPTN eksponen saja.

Contoh Soal Pembahasan Eksponen

Contoh soal serta pembahasan matematika eksponen tentunya menjadi alat untuk latihan menghadapi UTBK-SBMPTN. Berikut satu soal yang dapat Anda pelajari untuk memulai latihan materi eksponen.

Jika X = 36, Y = 125, maka nilai  x=(X^(-1/2) ∛Y²)/(Y^(1/3)- X^(1/2) ) =

-25/216

-16/216

-36/216

-49/216

-64/216

Pembahasan: pada sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar √(n&a^m ) = a m/n
X = 36 = 62 , Y = 125 = 53 , maka dapat diselesaikan dengan cara berikut:
= ((6^2)〖^(-3/2 )〗〖(5〗^3)〖^(2/3)〗)/(〖(5〗^3)〖^(1/3)〗 – 〖(6〗^2)〖^(1/2)〗)
=((6^(-3))〖 (5〗^2))/(〖(5〗^1)-〖(6〗^1))
=25/(〖(6〗^3) (-1))
=-25/216

Maka pilihan yang tepat untuk soal tersebut berdasarkan pembahasan adalah A. Selain soal pembahasan di atas, Anda juga dapat mencari soal-soal lainnya di berbagai media.

Yaitu baik internet (browser), buku latihan, bimbel, dan masih banyak lagi.

Apa Itu Eksponen?

Tentunya pada bagian tips menghadapi soal UTBK eksponen diminta untuk memahami konsep materi ujian. Salah satunya adalah memahami maksud dari eksponen, eksponen adalah suatu perkalian angka atau bilangan yang sama secara berulang.

Selain itu, ada banyak sekali macam-macam rumus yang digunakan atau dipakai dalam menyelesaikan soal eksponen. Salah satunya adalah eksponen nol, negatif, pecahan, dan lainnya yang dapat dipelajari.

Bentuk dari bilangan ini adalah sebuah bilangan yang dikalikan dengan satuan jumlah yang sama dan diulang-ulang. Dengan kata lain perkalian yang diulang-ulang.

Eksponen juga dikenal dengan pangkat yang akan menunjukkan nilai tingkat kepangkatan. Pada soal, eksponen terbagi menjadi 4 subbab yang akan diujikan pada UTBK SBMPTN.

Yaitu sifat-sidat eksponen, bentuk akar, persamaan, dan pertidaksamaan eksponen. Anda dapat mempelajari keempat subbab materi ini agar dapat lebih fokus menguasai materi yang akan diujikan.

Jika soal pada materi eksponen terasa sulit untuk dikerjakan atau diselesaikan, Anda dapat menyelesaikan soal lain yang lebih mudah.

Baca Juga: Beasiswa Gorontalo Jenjang S1, S2, Hingga S3: Cocok untuk Pemuda

Apa yang Perlu Dipersiapkan?

Hal yang perlu Anda persiapkan ketika menghadapi UTBK SBMPTN termasuk materi soal eksponen, yang pertama pahami aturan UTBK-SBMPTN. Kedua, cek passing grade Universitas atau PTN tujuan.

Ketiga, mempersiapkan semua dokumen pendaftaran, bukan hanya latihan soal saja ya yang dipersiapkan. Keempat, ambil kursus tambahan, meskipun tak ada salahnya belajar secara mandiri untuk persiapan UTBK.

Anda akan mendapatkan pembahasan soal dan juga ilmu yang cukup penting berhubungan dengan UTBK-SBMPTN. Kelima, menjaga kesehatan, Anda perlu menjaga kesehatan agar tetap bisa berlatih soal dan mengikuti UTBK.

Kelima poin tersebut tentunya perlu Anda ikuti agar UTBK-SBMPTN yang dihadapi tetap lancar dan sesuai rencana.

Materi-materi soal UTBK SBMPTN eksponen dapat dikatakan cukup banyak topik yang keluar pada soal tersebut. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan diri memulai latihan materi eksponen dari sekarang.

Tak hanya itu, mempersiapkan materi soal matematik lainnya juga tak kalah penting, Anda perlu mempelajari materi tersebut per bab. Dengan tujuan agar lebih memahami konsep soal yang akan diujikan nantinya.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x