SBMPTN

Tidak Bisa Sembarangan, Ini Cara SBMPTN Edit Foto yang Benar

5 min read
Tidak Bisa Sembarangan, Ini Cara SBMPTN Edit Foto yang Benar

SBMPTN edit foto cara yang dapat dilakukan secara online atau offline. Dikarenakan ukuran foto yang digunakan untuk registrasi SBMPTN adalah 400×600 dengan maksimal ukuran 300 kb.

Syarat mutlak untuk mengubah ukuran dan foto untuk SBMPTN wajib dilakukan, jika tak memenuhi persyaratan. Maka dapat dipastikan pendaftaran SBMPTN akan gagal.

Kapan Melakukan SBMPTN Edit Foto?

Registrasi akun LTMPT dilakukan mulai 14 Februari 2022 sampai dengan 17 Maret 2022. Untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN ada di tanggal 23 Maret 2022 sampai dengan 15 April 2022, pendaftaran dilakukan di portal LTMPT.

Untuk melakukan SBMPTN edit foto dapat dilakukan pada saat awal jadwal pendaftaran UTBK-SBMPTN. Adapun ketentuan untuk ukuran foto adalah 4 cm x 6 cm dengan latar belakang berwarna biru atau merah (polos).

Sedangkan resolusi foto berukuran 200 piksel x 300 piksel dengan rasio ukuran foto 2:3.  Namun ukuran gambar bisa saja dapat berubah tiap tahunnya ketika mendaftar SBMPTN.

Jika mendapatkan notifikasi “proses upload foto gagal”, artinya foto yang diunggah melebihi ukuran yang telah ditentukan. Selain itu, foto diri harus terlihat rapi dan sopan dengan pakaian kemeja berkerah.

SBMPTN Edit Foto Online

Tahapan SBMPTN edit foto secara online dapat dikatakan cukup mudah, antara lain sebagai berikut:

1. Internet

Pastikan perangkat yang digunakan telah terhubung dengan internet. Selanjutnya buka peramban masing-masing untuk menuju alamat website pengeditan foto secara online. Buka tautan http://jpeg-optimizer.com/ melalui peramban masing-masing.

2. Ukuran Foto

Pada bagian kotak menu tampilan website, centang bagian kotak kecil yang bertuliskan “compress image”. Selanjutnya ubah angka compression level menjadi 100. Pada bagian kotak “resize photo”, dapat dicentang dan isi angka 400 jika foto belum berukuran 4×6.

3. Unggah Foto

Langkah ketiga selanjutnya adalah dengan menekan tombol “choose file” pada bagian atas kotak menu. Pilih foto yang ingin diunggah untuk diedit melalui website tersebut.

Selanjutnya tekan “open” jika telah selesai memilih foto yang diinginkan untuk diedit. Langkah terakhir selanjutnya adalah dengan menekan tombol “optimize photo” dan tunggu hingga selesai.

4. Unduh

Jika optimize photo telah berhasil, maka tampilan halaman akan berubah menampilkan beberapa data dari foto tersebut. Selanjutnya Anda dapat menekan klik kanan pada tetikus, lalu simpan (untuk perangkat komputer).

Sedangkan untuk Anda yang menggunakan perangkat telepon genggam seluler dapat menekan lama pada foto tersebut. Lalu pilih unduh foto atau save as image.

Cukup mudah bukan untuk mengubah ukuran foto dengan cara online melalui website di internet.

5. Perangkat Pendukung SBMPTN Edit Foto Offline

Cara yang digunakan untuk melakukan SBMPTN edit foto secara offline adalah dengan memiliki aplikasi editor terlebih dahulu. Yaitu aplikasi editing foto atau gambar yang dapat dipasang di perangkat komputer atau ponsel pintar.

Cara luring ini Anda diharuskan untuk memiliki skill atau pengetahuan untuk bisa menggunakan aplikasinya. Beberapa aplikasi umumnya akan memberikan langkah-langkah untuk menggunakan atau menjalankan program tersebut.

Anda tetap dapat mencari tahu langkah-langkah atau tutorial melakukan editing foto di berbagai platform di internet. Selain itu, ke tempat studio foto juga dapat melakukan editing foto Anda agar sesuai dengan ukurannya.

Tentunya melakukan editing di studio foto membutuhkan biaya atau bayaran untuk membayar jasa edit foto.

6. Format Upload Foto SBMPTN

Selain ukuran foto yang perlu diperhatikan, format gambar juga perlu untuk diperhatikan oleh peserta SBMPTN. Yaitu format yang didukung oleh website LTMPT untuk mengunggah adalah JPEG, JPG, atau PNG.

Kualitas fotonya sendiri harus tajam dan juga fokus, gambar harus terlihat jelas dan tidak pecah. Aturan selanjutnya mengenai foto adalah postur tubuh pada gambar harus tegak dan menghadap ke kamera.

Sedangkan untuk bagian wajah tidak tertutup atau dapat terlihat dengan jelas dan bagian kepala tidak terpotong.

7. Warna Latar Belakang Foto

Warna latar belakang foto yang diupload digunakan untuk kartu ujian peserta UTBK-SBMPTN adalah bebas. Dengan catatan warna digunakan untuk background tidak berwarna hitam atau putih dan foto terlihat dengan jelas.

Ada baiknya warna latar belakang yang digunakan tidak warna-warni, pilihlah satu warna solid untuk background. Adapun jika latar belakang masih bergambar tempat sekitar, ada baiknya lakukan edit terlebih dahulu.

Yaitu dengan cara menghilangkan latar belakang gambar dengan bantuan tools, baik aplikasi atau melalui website. Jika menggunakan website, dapat menuju laman remove background photo.

Jika menggunakan aplikasi, maka dapat memilih salah satu dari banyak aplikasi untuk menghilangkan latar belakang. Salah satunya aplikasi editing foto, eraser, remove background, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apakah Hasil Foto Harus Kamera Digital?

Foto yang digunakan untuk pendaftaran SBMPTN haruslah jelas dan memenuhi persyaratan dari LTMPT. Adapun gambar diambil menggunakan kamera ponsel atau digital tidak masalah, selama foto terlihat jelas dan fokus.

Selain itu, tidak diwajibkan pula untuk peserta melakukan pemotretan atau berfoto di studio foto. Namun tak ada salahnya untuk ke studio foto untuk mendapatkan hasil foto yang lebih bagus untuk diupload pendaftaran SBMPTN.

Apakah Bisa Edit Setelah Kartu Tercetak?

Cetak kartu peserta ujian merupakan tahap final dari pendaftaran UBTK-SBMPTN, maka data tidak dapat diubah atau diedit. Baik foto, nama, dan juga pilih PTN beserta prodi yang telah terkirim atau tersimpan.

Adapun jika data seperti foto belum terkirim atau tersimpan permanen, maka peserta atau siswa dapat melakukan pengeditan. Maka dari itu, lakukan pendaftaran SBMPTN dengan teliti dan tidak terburu-buru.

Cara Agar Foto Terlihat Berkualitas

Foto yang terlihat bagus tentunya akan meningkatkan kesempatan agar diterima ketika proses pendaftaran UTBK-SBMPTN. Ada beberapa tips atau saran yang digunakan agar hasil foto terlihat berkualitas.

Yang pertama adalah ambil foto atau gambar di studio foto, tentunya ada biaya jasa dari pemotretan foto di tempat tersebut. Namun, hasil gambar akan sangat bagus karena dijepret oleh fotografer profesional.

Selain itu, Anda akan mendapatkan soft file atau salinan dari gambar dan foto cetak jika berfoto di studio foto. Yang kedua, jangan lakukan pengambilan gambar atau foto jika tidak mahir atau kurang berpengalaman dalam mengambil foto.

Mintalah kepada teman atau orang yang profesional dalam melakukan pengambilan foto. Jika melakukan pengambilan foto secara mandiri, pastikan pencahayaan ruangan cukup terang dan bagus.

Terakhir, ulangi mengambil gambar jika foto yang dihasilkan terlihat kurang bagus atau jelas. Melakukan pengeditan agar foto terlihat bagus merupakan cara yang tidak efektif.

Selain itu perlu diingat bahwa, jika melakukan pengambilan gambar secara mandiri harus memperhatikan ketentuan unggah foto. Untuk persyaratan unggah foto, tentunya dapat dilihat pada laman persyaratan LTMPT.

Baca Juga: Bisa untuk Berbagai Jenjang, Yuk Kenalan Sama Beasiswa Aceh Carong

Kesimpulan

Tentunya SBMPTN edit foto merupakan hal yang diperlukan oleh peserta SBMPTN untuk melakukan pendaftaran. Yaitu pada bagian unggah foto, peserta harus memenuhi beberapa persyaratan agar upload gambar berhasil dilakukan.

Salah satunya adalah dengan cara melakukan sedikit editing pada gambar yang ingin diupload. Demikian cara melakukan editing foto dan informasi seputar unggah gambar pada pendaftaran SBMPTN.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
reyhan
5 months ago

makasih gan artikelnya sangat bermanfaat sekali deh

Related Posts

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x