INFORMASI

Beasiswa Iman Usman dari Pendiri Indonesian Future Leaders

5 min read
Beasiswa Iman Usman dari Pendiri Indonesian Future Leaders

Beasiswa Iman Usman kembali diadakan kembali. Pendanaan ini dibuka setiap tahun, dalam rangka ulang tahun dari Iman Usman sebagai pendiri Indonesian Future Leaders tersebut. Beasiswa ini dikhususkan untuk pendidikan kuliah S1 dan S2.

Apa yang Akan Diterima Peserta?

Penerima Beasiswa Iman Usman akan mendapatkan biaya kuliah sampai lulus S1 atau S2 di dalam negeri, sehingga beasiswa ini menjadi salah satu alternatif yang bisa didapatkan oleh pengincar beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi.

Beasiswa Iman Usman dapat diikuti oleh masyarakat umum, siswa SMA yang duduk dikelas XII di mana pun dia berada tak terbatas pada status anak atau orang tua. Program ini berlaku untuk pendidikan kuliah di tingkat S1 dan S2, besarnya beasiswa maksimal 80 juta per pelamar.

Ibu rumah tangga maupun karyawan yang telah bekerja juga mampu mengikuti program ini jika ada kemauan. Namun,   Iman Usman ini hanya dapat diikuti oleh mereka yang berdomisili di Indonesia saja.

Jika Anda berminat dalam melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa penerima program beasiswa ini, gunakanlah kesempatan baik ini untuk meraih masa depan yang sukses. Selama ada niat, doa, dan kesungguhan hati yang sebenarnya, apa yang dianggap tidak mampu pasti akan memiliki hikmat di dalamnya.

Tidak ada yang tahu kehendak Tuhan. Untuk mengikuti program ini, silakan simak baik-baik beberapa pengertian, prosedur, serta untuk mengenal sedikit lebih dalam tentang profil dari pendiri.

Pengertian Beasiswa Iman Usman

Beasiswa Iman Usman sendiri merupakan program beasiswa yang akan menunjang biaya kuliah hingga lulus (S1 atau S2) di dalam negeri. Serta membimbing para penerima beasiswa secara mikro atau personal, seperti terus menemani mereka sepanjang jalan.

Serta memberikan workshop hingga mentorship   yang diadakan dari Iman Usman itu sendiri. Program beasiswa ini diperuntukkan bagi generasi muda berprestasi dengan kontribusi nyata di masyarakat.

Jadwal pendaftaran biasanya akan dibuka pada setiap tahun, Proses pendaftaran serta ketentuan lainnya yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar yang memiliki minat dalam mengikuti program Beasiswa Iman Usman ini.

Batas pendaftaran biasanya akan ditutup pada Januari tahun depannya. Dari seluruh pendaftar beasiswa ini, akan dipilih kandidat tersebut secara langsung melalui interview oleh Iman Usman sendiri lewat aplikasi  skype/panggilan whatsapp. Hasil seleksi pengumuman beasiswa ini akan diumumkan paling lambat pada akhir Februari.

Siapa Itu Iman Usman?

Muhammad Iman Usman, S.IP., M.A. merupakan aktivis sosial, penulis, dan juga pembicara publik sukses di Indonesia. Iman Usman juga dikenal sebagai seorang Duta Muda ASEAN dari Indonesia dan sebagai pendiri Indonesian Future Leaders. Yaitu sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada pemberdayaan pemuda-pemuda berpotensi di Indonesia.

Pada saat ini, dia aktif memimpin perusahan startup di bidang pendidikan dan teknologi, yang bernama Ruangguru. Ruangguru didirikan oleh Iman Usman bersama dengan sahabatnya, Adamas Belva Devera untuk membantu meningkatkan pendidikan di Indonesia.

Pria kelahiran 21 Desember 1991 di Padang, Indonesia ini pernah menempuh pendidikan di Universitas Columbia pda tahun 2013-2014.  Ketika masih berada di bangku SMA, Iman aktif dalam organisasi Forum Anak Daerah Sumatera Barat.

Beliau mengkampanyekan dan mempromosikan hak-hak anak, terutama hak partisipasi anak. Iman lulus dari SMA Negeri 1 Padang sebagai peraih nilai UN tertinggi di bidang mata pelajaran IPS di kota Padang pada tahun 2008. Serta meraih penghargaan Siswa Berprestasi Utama Provinsi Sumatra Barat di tahun yang sama.

Kemitraan dengan Ruangguru

Kemitraan Ruangguru.com merupakan sebuah penyedia pendidikan berkemampuan teknologi, berkat prestasinya beliau telah menerima penghargaan di Indonesia melalui pendirian situs ini.

Iman Usman bersama timnya sukses membangun kemitraan yang mencakup pemerintah provinsi, 326 pemerintah kabupaten atau kota, pemain top dalam FMCG, banking serta telekomunikasi. Selain itu, dia juga sukses dalam kolaborasi LINE App dengan membawa cara pembelajaran yang alternatif dan inovatif melalui platform LINE Academy kepada anggotanya yang terdiri dari sekitar 3,8 juta anggota lebih.

Sebelum mendirikan Ruangguru, Iman Usman juga dikenal sebagai mahasiswa berprestasi dan menjadi pendiri beberapa gerakan pemuda di Indonesia seperti Indonesian Future Leader dan Parlemen Muda Indonesia.

Iman juga merupakan pengurus termuda dari Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation sebagai seorang perwakilan dari Amerika Serikat. Dia muda, berjiwa sosial, memiliki segudang prestasi dan pencapaian. 

Setelah mengenyam berbagai jenjang-jenjang pendidikan terbaik tersebut, Iman akhirnya bertekad untuk memberikan kesempatan yang sama kepada generasi mendatang lewat program Beasiswa Iman Usman. Iman berupaya untuk mengantarkan akses pendidikan berkualitas kepada anak-anak Indonesia baik melalui Ruangguru  bersama Belva Devara 2014 silam, dan juga program yang diperuntukkan bagi generasi muda berprestasi dengan kontribusi nyata di masyarakat.

Baginya, program ini adalah caranya berbagi dan berbakti kepada generasi muda di Indonesia agar lebih memiliki kesempatan dalam meraih kesuksesan.

Prosedur

Untuk meraih kesempatan mendapatkan beasiswa tersebut, tentu ada sepak terjang yang harus ditempuh oleh pelamar agar menyukseskan dirinya untuk mendapatkan beasiswa. Hal-hal tersebut akan dijabarkan melalui prosedur-prosedur sebagai berikut. Namun, pertama-tama ada beberapa hal yang harus diperhatikan pelamar untuk menjaga kualitas dirinya dalam mengikuti program ini.

  1. Penerima Beasiswa Iman Usman harus berkomitmen dengan sungguh-sungguh untuk mengikuti program ini. Jika sudah mendaftar kelas harus diselesaikan kelas tersebut dengan niat.
  2. Peserta yang menerima Beasiswa Iman Usman harus dapat menjaga performa akademiknya dengan baik sampai kuliah lulus. Diharapkan bagi penerima beasiswa ini  mempunyai prestasi dalam menempuh akademik di bidang yang dijalaninya.
  3. Diharapkan penerima Beasiswa Iman Usman tidak hanya berpikir untuk kesuksesan dan kemajuan dirinya sendiri saja. Tetapi juga, demi menunjang ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya Indonesia.
  4. Dalam program Iman Usman beasiswa ini diharapkan penerima beasiswa nantinya juga dapat membantu pendidikan kepada anak-anak yang membutuhkan biaya pendidikan di Indonesia.

Cara Registrasi

Setelah memperhatikan hal-hal tersebut dengan baik, pelamar beasiswa harus melakukan registrasi Beasiswa Iman Usman dengan cara membuka situs dan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Untuk mendaftar Iman Usman beasiswa pelamar harus memiliki akun google. Pelamar akan diarahkan ke akun Google terlebih dahulu untuk menginput alamat Gmail.
  2. Setelah masuk menggunakan akun Google, pelamar akan menjumpai halaman seleksi.
  3. Lengkapilah formulir pendaftaran Beasiswa Iman Usman sesuai dengan program beasiswa yang telah pelamar tentukan. Setelah pengisian di halaman pertama selesai kemudian klik berikutnya dan ikuti langkah-langkah pendaftaran sesuai dengan petunjuk dari halaman tersebut.

Baca Juga: SBMPTN Keperawatan, Salah Satu Jalur Masuk S1 Jurusan Kesehatan

Kriteria Pendaftaran

Ada tiga kriteria yang akan dipilih sebagai penerima program ini. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pelajar yang memang benar-benar membutuhkan biaya pendidikan untuk melanjutkan kuliah
  2. Memiliki culture fit seperti Iman Usman sebagai mentor serta memiliki hati, kesabaran, serta keikhlasan untuk dapat dilatih
  3. Penerima beasiswa Muhamad Iman Usman memiliki potensi tinggi untuk menjadi lulusan luar biasa

Setelah membaca paragraf di atas, tertarikkah Anda dalam mengikuti program Beasiswa Iman Usman pada tahun ini? Raih kesempatan tersebut untuk menunjang ilmu yang lebih tinggi.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x