SBMPTN

SBMPTN Keperawatan, Salah Satu Jalur Masuk S1 Jurusan Kesehatan

5 min read
SBMPTN Keperawatan, Salah Satu Jalur Masuk S1 Jurusan Kesehatan

SBMPTN Keperawatan merupakan seleksi bersama untuk masuk program studi keperawatan di berbagai universitas negeri di Indonesia. Nantinya, orang yang diterima dalam tes ini akan mendapatkan kesempatan menjadi mahasiswa jenjang S1 Keperawatan. Apakah Anda tertarik menjadi seorang perawat di rumah sakit? Jika ya, maka ikuti terus artikel ini.

Bagi Anda sekalian para siswa maupun siswi dari kelas 12 yang akan segera lulus dalam tingkat sekolah menengah, peraturan mengenai SBMPTN pada tahun 2023 akan berubah dikarenakan perubahan dalam kurikulum yang telah diganti. Mari simak penjelasan selanjutnya.

Apa Itu SBMPTN Keperawatan?

SBMPTN Keperawatan merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa jurusan keperawatan baru di lingkungan universitas negeri. SBMPTN ini menggunakan seleksi ujian secara tertulis untuk seluruh calon mahasiswa baru di Indonesia.

Didalam jalur ini Anda sekalian bisa mencoba sebanyak tiga kali setelah Anda lulus dari sekolah tingkat SMA, ataupun bagi gepyear jika Anda lulusan ditahun 2021, berarti Anda dapat mengikuti lagi di tahun 2023.

Tetapi dengan aturan yang tentunya sudah berbeda dikarenakan perubahan kurikulum menjadikan peraturan dalam seleksi SBMPTN pun akan berubah.

Hal ini telah disampaikan oleh mentri pendidikan terkait perubahan kurikulum yang mempengaruhi perubahan seleksi masuk PTN. Baik dalam SNMPTN, SBMPTN, maupun jalur mandiri semuanya mengalami perubahan.

Perubahan dalam seleksi SBMPTN ini utamanya yaitu materi yang diujikan dianggap terlalu menekankan pada hafalan. Hal ini dianggap menelantarkan pemahaman dan kemampuan penalaran peserta didik.

Padahal kedua hal tersebut merupakan bekal bagi calon mahasiswa untuk nantinya belajar di perguruan tinggi.

 Oleh karena itu di SBMPTN 2023 ini tidak ada sub tes yang spesifik ke mata pelajaran melainkan hanya tes skolastik saja.

Mata Kuliah yang Mungkin Dipelajari Saat Berkuliah

Menurut data di tahun 2022 SBMPTN dengan jurusan keperawatan di universitas negeri Gorontalo puluhan ribu mahasiswa baru memilih program studi keperawatan sebagai tujuannya. Mata kuliah yang diajarkan dalam program studi keperawatan biasanya seperti:

  1. Sains Kesehatan
  2. Keperawatan Sistem Respirasi
  3. Ilmu Biomedik
  4. Keperawatan Sistem Pencernaan
  5. Ilmu Dasar Keperawatan
  6. Antropologi Kesehatan
  7. Keperawatan Sistem Persepsi Sensori
  8. Keperawatan Sistem Neurobehaviour
  9. Komputer Kesehatan

Jadi mata pelajaran yang akan ada di dalam program studi ini kurang lebih seperti dasar dasar ilmu keperawatan, dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Sehingga Anda sekalian dapat mulai mempelajari mata pelajaran yang akan ada, agar ketika Anda bertemu dengan mata kuliah di program studi ini Anda tidak akan kaget.

Seperti yang telah Anda ketahui di atas, tampak jelas bahwa materi kuliah tidak jauh dari tubuh manusia. Meskipun demikian, seorang nakes atau tenaga kesehatan di era digital juga harus tetap belajar tentang komputerisasi dan sistem internet, sehingga akan masuk mata kuliah juga. Tentunya dengan sistem terintegrasi.

Informasi Seputar SBMPTN Keperawatan 2023

Hal hal yang perlu Anda persiapkan dalam SBMPTN di tahun 2023 mendatang, tentunya akan berbeda dari tahun sebelumnya karena perubahan pada kurikulum yang menyebabkan perubahan tadi. Sehingga SBMPTN yang akan mendatang, menjadi SBMPTN dengan peraturan yang baru dari tahun-tahun sebelumnya.

1. Perubahan Tes PTN

Perubahan yang dimaksud adalah seperti dihapusnya TPA atau bentuk tes dengan mengukur pengetahuan serta pemahaman keilmuan yang sudah dipelajari di sekolah.  Ini akan diperlukan oleh orang untuk berhasil dalam menempuh universitas.

Yang ada hanya tes TPS yang meliputi potensi kognitif, penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia, serta literasi bahasa Inggris.

LTMPT (lembaga tes masuk perguruan tingg) bukan lagi yang menjadi penyelenggara SBMPTN di tahun 2023 mendatang hal ini berdasar pada pasal 20 Kemndikbud Ristek nomer 48 tahun 2022. Seleksi PTN diselenggarakan oleh kementerian dan perguruan tinggi negeri, sehingga hal hal terkait PTM akan menjadi wewenang dari kementerian.

Berdasarkan surat keputusan Mendikbud Ristek sudah dibentuk badan atau lembaga yang diberi tugas untuk melakukan persiapan serta penyusunan bahan seleksi PTN di tahun 2023 mendatang.

2. SBMPTN Pada Tahun 2023

Pada SBMPTN di tahun 2023 mendatang, tes TKA akan dihilangkan peserta SBMPTN tak hanya akan terfokus pada mata pelajaran saja.

Soal pada ujian SBMPTN 2023 akan menggunakan konsep penalaran. Peserta SBMPTN 2023 mendatang hanya akan mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS) yang fokus terhadap pengukuran kemampuan penalaran pemecahan suatu masalah.

3. Peraturan SBMPTN Pada Tahun 2023

Peserta dapat mengikuti seleksi SBMPTN sebanyak 2 kali, hal ini berdasar pada pasal 6 ayat 3. Anda dapat menambah persyaratan portofolio jika masuk program studi seperti seni dan olahraga.

4. Penyelenggaraan SBMPTN 2023

Menurut pasal 11 ayat 1 pelaksanaan SBMPTN dilakukan pada akhir tahun ajaran dan dilakukan sebelum pengumuman kelulusan dari tingkat sekolah menengah.

5. Syarat Peserta SBMPTN 2023

Peserta merupakan siswa atau siswi yang baru lulus, lulusan sekolah menengah atau gepyear maksimal 3 tahun terakhir.

Benefit dari Mengikuti SBMPTN Keperawatan

Keuntungan dari mengikuti SBMPTN Keperawatan yaitu gratis dalam biaya seleksi masuk PTN jurusan keperawatan yang diinginkan, jika Anda dinyatakan lolos seleksi SBMPTN,

Anda tidak perlu untuk mengikuti UTBK, Anda dapat mempersiapkan kuliah menjadi lebih awal, mempunyai waktu yang lebih banyak,

Yang paling utamanya yaitu Anda dapat menghemat biaya pendidikan dalam menempuh program studi keperawatan.

Baca Juga: Beasiswa Keguruan Rubic 2022 dari Yayasan Rumah Bina Cendekia

Contoh Soal SBMPTN Keperawatan

Contoh dari tes soal SBMPTN ketentuan terbaru yang mengedepankan konsep penalaran dibandingkan hafalan. Salah satu contohnya seperti pada tes potensi kognitif

Yang menggunakan logika yang bekerja dengan lewat pertimbangan, sehingga akal pikiran yang bekerja dan menghasilkan kata yang dinyatakan dalam bahasa.

Contoh yang berupa tes logika atau dapat disebut sebagai tes potensi kognitif. Yang dimana tes ini mengedepankan cara otak bekerja dalam memecahkan suatu masalah.

Tes lainnya berupa tes penalaran matematika yaitu berupa pemecahan masalah matematika dalam kehidupan sehari hari. Tes berikutnya yaitu tes literasi bahasa Indonesia, yaitu tes yang berupa penguasaan dalam menganalisis suatu teks berbahasa Indonesia.

Sementara untuk tes literasi bahasa inggris yaitu berupa penguasaan dalam menganalisis suatu teks berbahasa inggris. Jadi tes ini tidak akan mengacu pada penguasaan materi tapi bagaimana cara Anda dalam menghadapi masalah dengan berpikir secara logis.

Bagi Anda sekalian para siswa maupun siswi ditingkat sekolah menengah, persiapkanlah diri Anda dalam mengikuti seleksi SBMPTN mendatang.

Karena prospek kerja yang diberikan bukan main-main dan sudah jelas. Jika Anda berhasil masuk program studi ini Anda akan ditempatkan menjadi seorang perawat.

Berdasarkan informasi yang telah disebutkan di atas Anda sekalian dapat lebih mengetahui apa yang perlu dipersiapkan, dan apa yang telah berubah dari SBMPTN pada tahun-tahun sebelumnya.

Sehingga Anda dapat mencoba SBMPTN Keperawatan ini karena benefit yang diberikan bisa meringankan beban Anda dalam membayar seleksi masuk PTN.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x