SBMPTN

Setelah Diterima SBMPTN Teknik Industri, Matkul Apa yang Dipelajari?

5 min read
Setelah Diterima Jalur SBMPTN Teknik Industri, Matkul Apa yang Dipelajari?

SBMPTN Teknik Industri adalah salah satu program jurusan studi tingkat perguruan tinggi yang bisa Anda masuki. Jurusan teknik industri sendiri merupakan terusan dari peminatan IPA yang ada di bangku SMA.  Lantas, apa saja info seputar SBMPTN Teknik Industri yang harus Anda ketahui?

Pengertian Tentang SBMPTN Teknik Industri

Dibandingkan dengan berbagai bidang studi teknik sekelasnya, jurusan Teknik Industri ini lebih dikenal sebagai jurusan yang terkesan ‘sosial’. Hal ini disebabkan karena pada penerapannya, jurusan ini memberi cakupan bahasan dalam Teknik Industri.

Dimana, cakupan bahasan teknik industri ini pun telah melibatkan cukup banyak studi manajemen. Meski sebenarnya jurusan teknik industri sendiri merupakan turunan dari jurusan teknik pemesinan.

Mengapa Anda harus memilih jurusan ini? Sebab, Anda bisa mendapat banyak keuntungan jika mengikuti jurusan teknik industri.

Apalagi, jurusan teknik industri sangat identik dengan kemampuan di bidang fisika. Sebab di dalamnya terdapat berbagai aspek seputar perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi.

Dimana semua kompetensi tersebut dapat diwujudkan melalui sinergi peranan material, energi, peralatan, dan manusia. Adanya keterkaitan antara sistem dan manusia tersebutlah yang nantinya membuat jurusan teknik industri ini mempunyai tiga bagian utama, seperti manufaktur, manajemen industri, dan tekno ekonomi.

Karena itu, dunia manajemen dan teknik bisa Anda dapatkan sekaligus jika mengikuti jurusan yang satu ini. Keunikannya sendiri berupa lintas dari berbagai disiplin ilmu yang dapat menjadi bekal di dunia kerja nantinya.

Potensi kerjanya pun dinilai cukup baik karena dunia industri Indonesia kian tahun kian maju. Sehingga tenaga kerjanya sangat dibutuhkan dimana-mana.

Maka, SBMPTN Teknik Industri bisa menjadi jalur yang baik untuk dipilih bagi Anda yang menyukai teknik manajemen sekaligus ilmu fisika. Sangat menguntungkan, bukan?

Setelah Lulus SBMPTN Teknik Industri, Apa yang Dipelajari?

Seperti jurusan lainnya, tentu saja teknik industri juga mempunyai mata kuliahnya sendiri. Diantaranya, inilah dia beberapa mata kuliah yang bisa Anda temukan dalam jurusan ini.

1. Matematika

Ilmu hitung-menghitung tentunya akan Anda temukan di jurusan teknik industri. Sebab seperti namanya, teknik industri merupakan jurusan yang butuh perhitungan tepat juga.

Fisika yang ada di dalam jurusan ini juga cukup mirip dengan matematika, dimana Anda harus menghitung sederet rumus. Di dalamnya juga banyak kompetensi dasar yang ada dan yang tersedia untuk diikuti.

2. Teori Probabilitas

Mata kuliah tentang teori probabilitas yang pernah Anda temukan di SMA sederajat juga pasti akan kembali ditemukan di jurusan teknik industri. Probabilitas sendiri adalah suatu nilai yang dipakai sebagai bahan untuk mengukur tingkat terjadinya suatu kejadian acak.

Kata probabilitas sendiri sering dipanggil atau disamakan dengan sesuatu yang bernama peluang alias kemungkinan. Dimana di dalamnya, probabilitas secara umum adalah sebuah peluang yang memungkinkan atau memprediksi sesuatu akan terjadi.

Tentunya, manfaat mempelajari teori probabilitas dalam kehidupan sehari-hari adalah bisa membantu Anda dalam mengambil suatu keputusan. Sekaligus, teori probabilitas juga bisa meramalkan kejadian yang bisa saja terjadi.

3. Kalkulus

Kalkulus merupakan ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang perubahan. Beberapa di dalamnya juga membahas geometri yang mempelajari bentuk sekaligus aljabar yang mempelajari operasi, adapun di dalamnya adalah penerapan untuk memecahkan persamaan yang ada dalam operasi hitung.

4. Matriks dan Ruang Vektor

Mata kuliah matriks dan ruang vektor akan memberikan Anda pengetahuan lebih luas yang berkaitan dengan ilmu komputer. Di dalamnya, mahasiswa belajar konsep dasar tentang matriks, ruang vektor, dan operasi-operasi pada matriks sekaligus ruang vektor.

SBMPTN Teknik Industri yang bisa Anda masuki programnya juga akan membahas hal seputar matriks yang mana sangat penting dalam jurusannya.

5. Fisika Dasar

Program SBMPTN Teknik Industri juga menghadirkan fisika dasar yang mana termasuk wajib untuk menjadi bahasan karena di dalamnya membahas materi beserta gerak dan perilakunya. Dimana lingkupnya sendiri meliputi lingkup ruang dan waktu, sama halnya dengan konsep yang berhubungan dengan gaya dan waktu.

6. Kimia Dasar

Kimia Dasar adalah salah satu mata kuliah yang berkaitan dengan berbagai aspek. Berbagai aspek yang dimaksud adalah Biologi, seperti Biokimia, Bioorganik, dan bioteknologi.

7. Gambar Teknik

Dalam program SBMPTN Teknik Industri, Anda juga akan menemukan mata kuliah gambar teknik yang membahas berbagai hal seputar susunan visual terperinci tentang suatu desain. Dimana produk yang dibuat harus menggunakan perhitungan secara akurat berdasarkan skala, pada beberapa denah juga harus dibuat menjadi gambar potongan atau gambar yang lebih rinci dalam suatu desain.

8. Material Teknik

Program studi berikutnya adalah teknik material yang di dalamnya membahas disiplin ilmu tentang semua aspek. Aspek yang dimaksud sendiri harus berkaitan dengan struktur, sifat, dan karakteristik materi serta interaksinya.

9. Mekanika Teknik Dasar

Mata kuliah mekanika teknik atau disebut juga sebagai mekanika rekayasa adalah bidang ilmu utama untuk perilaku struktur. Bisa juga membahas perilaku  mesin terhadap beban yang bekerja padanya.

Anda akan menemukan mata kuliah semacam ini di jurusan teknik industri karena teknik industri, seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, merupakan turunan dari jurusan teknik pemesinan.

Masih banyak lagi mata kuliah dari jurusan teknik Industri yang bisa Anda lihat, khususnya pada bagian industri dan manufaktur. Sehingga mata kuliahnya sendiri bisa dibilang banyak seperti jurusan lain pada umumnya.

Baca Juga: Beasiswa Iman Usman dari Pendiri Indonesian Future Leaders

Kesimpulan Tentang SBMPTN Teknik Industri

SBMPTN Teknik Industri benar-benar potensial, dimana jurusannya luas dan mencakup banyak aspek sehingga bisa Anda masuki dengan mengantongi berbagai kelebihan. Tidak hanya belajar tentang desain, Amda juga belajar tentang teknik dan hal seputar manajemen.

Berbicara soal peluang kerja, Anda juga akan mendapat banyak peluang kerja yang menarik dan sangat berpotensi menghasilkan gaji besar jika memasuki jurusan yang satu ini. Tentunya, hal itu bisa menjadi keuntungan lain yang tidak bisa diabaikan begitu saja, bukan?

Teknik industri juga merupakan jurusan yang tidak bisa diremehkan begitu saja, sebab setelah keluar dari perkuliahan dan menjejaki dunia kerja, Anda bahkan bisa membangun usaha sendiri. Mengapa demikian? Sebab lulusan dari jurusan ini telah bisa mengantongi berbagai kompetensi tentang manajemen.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, keberadaan mata kuliah yang berkaitan dengan manajemen sangat berpotensi mencetak lulusan yang mampu mengembangkan usaha sendiri. Oleh karenanya, lulusan dari jurusan teknik industri sangat bisa menjadi lulusan yang bisa langsung membuat bisnis sendiri.

Apalagi, dalam mata kuliahnya sendiri ada bagian anggaran biaya yang dibahas secara rinci. Sehingga tidak hanya teknik membuat, Anda juga sudah dibekali dengan teknik mengelola yang mumpuni.

Untuk Anda yang tertarik dengan jurusan teknik industri dan ingin mengikuti programnya, maka Anda bisa memasuki universitas ITB alias Institut Teknologi Bandung. Sebab di ITB, akreditasi yang telah diperoleh untuk jurusan teknik industri sendiri telah mengantongi predikat A. Segera akses lamannya di website https://www.itb.ac.id/  untuk info lebih lengkapnya.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x