INFORMASI

Beasiswa Karya Salemba Empat Dibuka, Jangan Ketinggalan Ya!

5 min read
Beasiswa Karya Salemba Empat Dibuka, Jangan Ketinggalan Ya!

Beasiswa Karya Salemba Empat menjadi salah satu program pemberdayaan dan pendanaan pendidikan yang dicari-cari. Tiap tahun program ini tidak pernah sepi peminat dan pendaftarnya selalu banyak tiap periode pelaksanaan.

Info Seputar Beasiswa Karya Salemba Empat

“The Object of Education is To Prepare The Young To Educate Themselves Throughout Their Lives” Robert Maynard Hutchins. Salah satu kutipan yang sering digunakan dalam banyaknya artikel mengenai beasiswa tersebut.

Beasiswa Karya Salemba Empat hadir untuk terus berusaha mengulurkan tangan kepada para mahasiswa sarjana. Agar mahasiswa bisa kembali berjuang meneruskan pendidikannya mendapatkan gelar Sarjana.

Ada berbagai program di dalamnya, mulai dari beasiswa regular, beasiswa unggul, community development program, dan akademi. Harapannya dengan banyaknya pilihan, bisa membuat peserta menjadi terarah mengikuti program apa.

Bergerak dibidang pendidikan membuat yayasan Karya Salemba Empat memahami banyaknya hal yang harus dibenahi. Salah satunya adalah kesejahteraan keluarga yang dapat mempengaruhi berjalannya pendidikan untuk anak.

Maka itu, hadirlah Beasiswa Karya Salemba Empat yang berharap dapat sedikit membantu untuk meringankan beban biaya pendidikan. Tak hanya soal biaya tapi juga untuk berbagai pelatihan yang akan mendorong mahasiswa lebih baik.

Mempersiapkan kelulusan sarjana tidak hanya tentang nilai yang memuaskan, tetapi juga skill yang akan berguna didunia kerja. Itulah mengapa ada beberapa agenda pelatihan yang diberikan kepada penerima beasiswa sebagai bekal.

Yayasan Karya Salemba Empat memberikan dukungan dari berbagai aspek untuk ikutserta memajukan pendidikan di Indonesia. Hadirnya program ini akan menjadi sebuah inovasi yang perlahan-lahan memajukan pendidikan Indonesia.

Beasiswa Karya Salemba Empat telah mendistribusikan bantuan kepada lebih dari 20.000 mahasiswa dari 34 Perguruan Tinggi Negeri. Tiap tahunnya jumlah permohonan beasiswa selalu meningkat, tetapi yayasan haya dapat memberikan 10% saja.

Program ini turut mendorong dan mempersiapkan semua penerima beasiswa menjadi lulusan yang memiliki integritas dan nasionalis. Melalui berbagai program-program pembinaan yang sudah disusun.

Program-Program Beasiswa yang Menarik

Ada berbagai program yang diusung dalam Beasiswa Karya Salemba Empat untuk membantu mewujudkan pendidikan. Berikut adalah beberapa program yang sangat bermanfaat bagi banyak mahasiswa penerima tersebut.

1. Akademi Kewirausahaan

Akademi kewirausahaan menjadi salah satu program unggulan yang dibawa dalam Beasiswa Karya Salemba Empat. Di mana program ini adalah program kompetisi juga pelatihan tentang kewirausahaan sebagai bekal masa depan.

Program tersebut diharapkan dapat menjadi ajang persiapan bagi mahasiswa serta pemberdayaan yang berguna. Karena di era globalisasi penerima beasiswa harus memiliki kualitas kompetitif di bidang kewirausahaan.

Anda akan diberikan bekal bagaimana menjadi wirausahawan yang baik dan bisa maju sedikit demi sedikit.

2. Beasiswa Reguler

Beasiswa regular adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa program sarjana yang telah menerima beasiswa KSE. Minimal telah menerima beasiswa 1 tahun dengan perkembangan prestasi dan aktif diberbagai kegiatan.

Beasiswa ini diberikan untuk menunjang perkembangan kompetensi profesional serta interpersonal bagi mahasiswa berprestasi. Juga sebagai bagian dari program utama untuk pemberian beasiswa kepada mahasiswa terpilih.

3. Beasiswa Unggul

Beasiswa tersebut masih diperuntukkan bagi mahasiswa program sarjana yang menerima Beasiswa Karya Salemba Empat. Minimal satu tahun dengan perkembangan prestasi serta aktif diberbagai kegiatan sosial.

Namun, beasiswa unggul bertujuan untuk mengembangkan kompetensi profesional juga interpersonal mahasiswa. Diharapkan mahasiswa yang menerima merupakan seorang mahasiswa aktif yang memiliki prestasi baik.

4. Community Development Program

Program Community Development diharapkan dapat menjadi sebuah jembatan bagi donatur perusahaan maupun individu. Agar mereka dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial di wilayah keberadaan kampus mitra PT.

Kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh donatur maupun individu diharapkan dapat menjadi dukungan tercapainya SDGs. Itulah mengapa hal ini sangat penting untuk dilaksanakan oleh individu dan berbagai kelompok.

5. Kepemimpinan

Program ini adalah sebuah program pelatihan Leadership yang dilaksanakan sebagai rangkaian beasiswa KSE. Diharapkan, dengan adanya program tersebut dapat menciptakan pemimpin masa depan yang berkarakter kuat.

Pelatihan tersebut berkesinambungan dan berjenjang dengan metode pengajaran yang sudah dipersiapkan. Metode tersebut melakukan pengajaran dengan seimbang antara teori serta praktiknya.

Program kepemimpinan selalu disertakan ditiap program pendidikan untuk memastikan mahasiswa berjiwa kepemimpinan. Nantinya akan menjadi pemuda Indonesia yang meneruskan perjuangan terdahulunya.

Memiliki karakter, berjiwa jujur, serta tangguh adalah nilai-nilai yang harus dimiliki seorang calon pemimpin bangsa.

6. Seminar

Seminar atau yang biasa disebut coaching adalah sebuah workshop untuk membangun semangat para mahasiswa. Tak hanya itu, seminar diadakan untuk meningkatkan pengetahuan juga wawasan mahasiswa dalam berbagai bidang.

Biasanya tema yang ada di dalam seminar berbeda-beda, sehingga ilmu yang didapat juga variatif dan tidak membosankan. Apalagi seminar ini bisa meningkatkan kemampuan mahasiswa yang terpendam sebelumnya.

Program-program yang ada dalam Beasiswa Karya Salemba Empat yang sangat bermanfaat bagi para penerima program pendanaan. Tiap kegiatan yang dilakukan menjadi sebuah bekal untuk meningkatkan kemampuan berpendidikan tiap mahasiswa.

Baca Juga: Sejak Pandemi, Kenali Perbedaan SBMPTN Hari Ini dan Sebelumnya

Proses Seleksi       yang Ketat

Proses seleksi untuk program Beasiswa Karya Salemba Empat dilakukan runtut mulai dari pendaftaran hingga pengumuman. Setiap mahasiswa yang akan mendaftar melakukan proses seleksi dengan urutan yang sama sejak awal.

Dimulai dari pendaftaran secara daring melalui laman resmi yang sudah disebutkan oleh penyelenggara beasiswa. Kemudian menyerahkan segala yang dipersyaratkan oleh penyelenggara beasiswa seperti dokumen.

Nantinya persyaratanyang sudah diserahkan akan diseleksi oleh pihak penyelenggara beasiswa tersebut lalu diumumkan. Peserta yang dinyatakan lolos dan namanya disebutkan ketika pengumuman akan lanjut ke tahap berikutnya.

Tahap selanjutnya adalah tahap wawancara yang wajib diikuti oleh setiap peserta yang sudah dinyatakan lolos oleh penyelenggara. Wawancara akan dilaksanakan kemudian melanjutkan verifikasi dari kampus yang bersangkutan.

Anda yang berhasil sampai ke tahap verifikasi tinggal menunggu dana cair dan verifikasi dari kampus berhasil dilakukan sebagai bukti. Sehingga Anda dinyatakan sebagai penerima beasiswa secara resmi dan berhak mengikuti rangkaian kegiatannya.

Namun tentu saja, Anda harus memenuhi segala persyaratan yang sudah disyaratkan sejak awal agar lolos seleksi tahap pertama. Yang artinya, Anda bisa mengikuti seleksi selanjutnya jika persyaratan dipenuhi dan terintegrasi oleh penyelenggara.

Proses seleksi terbilang cukup singkat dan mampu menjadi salah satu keunggulan dari program Beasiswa Karya Salemba Empat. Karena itu, sejak adanya program tersebut, tidak pernah ada periode ketika sepi pendaftar.

Program tersebut selalu menarik banyak pendaftar hingga tahun ini tercatat ada sekitar 35.000 pendaftar pada beasiswa. Namun sayangnya, hanya akan diambil sekitar 10% saja dari total jumlah pendaftar yang berhasil hingga seleksi akhir.

Anda dapat melihat persyaratan pada laman beasiswa KSE yang ada, pastikan laman resmi agar informasi benar.

Informasi di atas mengenai Beasiswa Karya Salemba Empat yang menjadi favorit bagi mahasiswa karena terbilang tidak begitu rumit. Banyak manfaat yang didapatkan oleh peserta karena program ini dipersiapkan dengan sangat matang.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x