INFORMASI

Beasiswa Keguruan Rubic 2022 dari Yayasan Rumah Bina Cendekia

5 min read

Apakah Beasiswa Keguruan Rubic itu? Informasi menarik ini penting bagi pelajar jenjang SMA/SMK sederajat yang duduk di kelas XII ataupun bagi alumni. Tentunya yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Ini akan sangat penting terutama bagi yang terkendala biaya. Yayasan Rumah Bina Cendekia memberikan kesempatan bagi Anda untuk menjadi salah satu penerima Beasiswa Keguruan Rubic tahun 2022.

Sebelum Anda masuk ke topik tentang Beasiswa Keguruan Rubic,terlebih dahulu Anda harus tahu apa yang dimaksud dengan beasiswa dan berbagai manfaatnya.

Apa itu Beasiswa dan Apa <anfaatnya?

Beasiswa merupakan bantuan biaya sehingga seorang pelajar bisa terus mengikuti kegiatan belajar dengan biaya yang lebih ringan. Beasiswa dapat diberikan oleh  pemerintah, perusahaan dan yayasan. Karena bersifat bantuan, besaran beasiswa yang diberikan ke penerima berbeda-beda, dapat juga berupa beasiswa penuh (full scholarship) ataupun beasiswa sebagian (partial scholarship) dan bantuan fasilitas tertentu saja yang menunjang pembelajaran.

Beasiswa tidak hanya tersedia bagi masyarakat dengan keterbatasan ekonomi, tetapi juga tersedia bagi para pelajar yang memenuhi syarat dan ketentuan tanpa melihat kondisi ekonominya.

Manfaat beasiswa bagi penerima yaitu kuliah menjadi semangat, biaya kuliah lebih hemat, membuat kamu jadi mahasiswa berprestasi, meningkatkan jaringan pertemanan, bisa jadi seorang inspirator, jadi rebutan banyak perusahaan, bisa meningkatkan skill dan memperkuat CV dan mendapatkan relasi sesama penerima beasiswa.

Manfaat beasiswa bagi pemberi yaitu meningkatkan kesempatan belajar dan sumber daya manusia, menjaring talenta terbaik sejak dini, metode promosi dan branding yang efektif.

Tujuan Pemberian Beasiswa

Tujuan pemberian beasiswa yaitu untuk membantu para pelajar ataupun mahasiswa agar mereka bisa mencari ilmu sesuai dengan bidang yang ingin mereka kuasai, terutama bagi yang mempunyai masalah dalam hal pembiayaan.

Mewujudkan pemerataan suatu ilmu pengetahuan atau pendidikan kepada orang yang menginginkannya. Anda mempunyai hak untuk belajar supaya memperoleh ilmu pengetahuan yang cukup untuk bekal hidup di kemudian hari.

Mewujudkan generasi baru yang lebih pintar dan juga cerdas. Karena atas terciptanya dukungan beasiswa, seseorang terpenting kaum muda bisa memiliki kesempatan untuk memperoleh pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

Menambah kesejahteraan. Setelah terwujud sumber daya orang baru yang cerdas, diharapkan mereka ini bisa memberi dukungan melalui gagasan dan ilmu pengetahuan yang sudah diperolehnya kala melaksanakan masa pendidikan. Karena ilmu pengetahuan tersebut bisa diimplementasikan

dalam masyarakat atas tujuan untuk memajukan mereka sehingga kemakmuran dan kesejahteraan lebih mudah dicapai.

Apa Itu Beasiswa Keguruan Rubic?

Beasiswa Keguruan Rubic 2022 adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh yayasan rumah bina cendekia atau disebut dengan rubic untuk memfasilitasi siswa-siswi terbaik bangsa yang bercita-cita mengabdikan diri pada bidang pendidikan.

Mahasiswa yang menerima beasiswa ini akan mendapat fasilitas, seperti pembimbing materi mengajar, bimbingan akhlak dan spiritual, serta akomodasi saat berkuliah hingga 8 semester.

Selain itu, yayasan rumah bina cendekia juga ingin mencetak calon guru-guru yang berkualitas, berdedikasi tinggi, menguasai ilmu pengetahuan, beriman dan bertakwa, serta menjunjung tinggi semangat toleransi.

Dalam proses masa perkuliahan, mahasiswa penerima Beasiswa Keguruan Rubic akan mendapatkan beberapa program pengembangan diri diantaranya yaitu program pembangunan karakter, pelatihan bahasa Inggris, seminar motivasi, workshop pengajaran dan juga seminar karir untuk menunjang penerima beasiswa agar bisa langsung mengaplikasikan dan mengamalkan ilmu yang didapat pasca lulus dari perguruan tinggi.

Selama masa perkuliahan, penerima beasiswa diharapkan untuk memiliki siswa binaan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan melatih softskill supaya saat sudah lulus, mahasiswa memiliki banyak pengalaman mengajar, dan siap untuk mengajar di institusi pendidikan di level yang tinggi.

Info Penting yang Anda Butuhkan

Bagi yang ingin mendaftar beasiswa ini, berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari situs yayasan rubic:

Cakupan Beasiswa Keguruan Rubic

  1. Berkesempatan untuk mengikuti pelatihan mengajar dan kelas pengembangan diri
  2. Mendapat tempat tinggal yang nyaman (sudah termasuk listrik, air, dan internet)            
  3. Uang makan bulanan.
  4. Mengikuti berbagai seminar dari pemateri berpengalaman di seleksi beasiswa.
  5. Menerima bimbingan program peningkatan akademis maupun pengembangan diri.
  6. Memperoleh ilmu, relasi, dan pengalaman baru yang bermanfaat.

Komponen Beasiswa

Selain program di atas, berikut yaitu komponen beasiswa yang diberikan oleh yayasan rubic:

  • Pelatihan dan platform untuk mengajar
  • Fasilitas tempat tinggal nyaman selama masa perkuliahan
  • Biaya makan bulanan
  • Beragam program pengembangan diri

Prosedur Persyaratan Beasiswa Keguruan Rubic

Supaya bisa diterima menjadi salah satu penerima beasiswa, tentunya Anda harus memenuhi beberapa persyaratan. Berikut ini adalah beberapa yang penting.

1. Memiliki Prestasi Akademik yang Baik

Untuk mendapatkan Beasiswa Keguruan Rubic, diperlukan prestasi akademik yang baik. Prestasi akademik ini dapat dilihat atau diukur berdasarkan beberapa indikator, yaitu nilai rapor, indeks prestasi akademik, angka kelulusan, predikat kelulusan dan waktu tempuh pendidikan.

2. Merupakan Pekerja Keras dan Ingin Memajukan Pendidikan di Indonesia

Syarat yang kedua adalah orang yang pekerja keras dan mempunyai rasa ingin memajukan pendidikan di Indonesia, sebab jika orang yang mendapatkan beasiswa adalah orang yang pemalas dan juga tidak memiliki rasa ingin memajukan pendidikan di Indonesia, maka beasiswa tersebut akan menjadi sia-sia saja.

3. Memiliki Semangat Belajar yang Tinggi

Rajin, tekun dan bersungguh-sungguh yang bersemangat menerima pelajaran tampak dari perilaku yang rajin memperhatikan materi, ketekunan dalam belajar, ketertarikan dalam belajar, teliti dan bersungguh -sungguh setiap melaksanakan tugas.

4. Memiliki Kemampuan Berbahasa Inggris yang Baik Menjadi Nilai Plus

Pentingnya menguasai bahasa Inggris untuk mendapatkan Beasiswa Keguruan Rubic ini karena bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam studi, meningkatkan kemampuan literasi, mempermudah literasi digital dan juga memperluas relasi.

5. Sudah Diterima, Semester 2, Atau Semester 4 Di Jurusan MIPA dtau Pendidikan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Kali ini, beasiswa ini dikhususkan untuk mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta jurusan keguruan dan MIPA.

6. Mahasiswa yang Aktif Berorganisasi Menjadi Nilai Plus

Kegiatan organisasi kemahasiswaan sangat membantu dalam pengembangan diri. Hal ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri di luar akademik, seperti kemampuan komunikasi, dan lainnya.

7. Share Info Beasiswa

Syarat ini juga tidak kalah penting, karena diluar sana banyak yang ingin mendapatkan beasiswa, salah satunya beasiswa keguruan ini. Oleh karena itu, calon yang ingin mengikuti beasiswa ini harus share sebanyak-banyaknya mengenai info beasiswa ini.

Baca Juga: Materi SBMPTN Pendidikan Bahasa Inggris dan Info Seputar PTN

Berkas Beasiswa Keguruan Rubic

  • Mengisi formulir pendaftaran
  • CV
  • Transkrip nilai maupun surat diterima di universitas untuk mahasiswa baru
  • Salinan sertifikat prestasi jika ada
  • Pas foto ukuran 4 X 6
  • Mengirimkan berkas ke email official

Cara Daftar Beasiswa Keguruan Rubic

Bagi Anda yang berminat untuk mendaftar Beasiswa Keguruan Rubic silahkan untuk mengisi formulir online secara lengkap melalui link  http://yayasanrubic.org/BKR2022.

Benefit

  • Pelatihan dan platform untuk mengajar
  • Fasilitas tempat tinggal yang nyaman selama masa perkuliahan
  • Biaya makan bulanan
  • Beragam program pengembangan diri

Itulah beberapa informasi penting tentang beasiswa ini. Jika Anda ingin apply, maka jangan lupa lengkapi dokumen dan persyaratannya. Apabila terlambat atau belum memenuhi kualifikasi di tahun ini, jangan menyerah dan coba lagi di tahun depan!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x