SBMPTN

Materi SBMPTN Pendidikan Bahasa Inggris dan Info Seputar PTN

5 min read
Materi SBMPTN Pendidikan Bahasa Inggris dan Info seputar PTN

Apa saja materi yang biasa diuji dalam SBMPTN Pendidikan bahasa Inggris? Simak cuplikannya hanya di bawah ini.

Mengenal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi tersebut dijadikan salah satu proses untuk menyaring siswa SMK/SMK/MA/sederajat untuk dapat memasuki perguruan tinggi negeri. Jalur seleksi tersebut biasanya dilaksanakan secara terbuka dan berbasis ujian tertulis.

Seleksi bertaraf nasional ini dapat diikuti oleh siswa lulusan SMA/sederajat dari 2 hingga tahun setelah masa kelulusan. Jadi siswa yang tahun lalu sudah lulus dan ingin melanjutkan kuliah dapat mengikuti SBMPTN di tahun setelahnya.

Sejak tahun 2019 lalu, SBMPTN berganti nama menjadi UTBK setelah seleksi ini berbasis komputer. Tapi, apa itu UTBK? Apakah UTBK dan SBMPTN itu sama? UTBK merupakan singkatan dari Ujian Tertulis Berbasis Komputer. Sesuai namanya ujian ini memakai komputer untuk pengerjaan soalnya. Berbeda dengan SBMPTN yang masih memakai kertas dan pensil. Namun, keduanya masih memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menyeleksi calon mahasiswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri.

UTBK ini telah ditetapkan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) sebagai salah satu jalur seleksi yang sah dan berstandar nasional.

Bagi peserta SBMPTN pendidikan bahasa Inggris atau yang lainnya dapat mengikuti ikuti setelah 3 terakhir lulus dari SMA/SMK/MA/sederajat. Maksimal umurnya sekitar 25 tahun.

Pentingnya Mengikuti UTBK

Peserta yang akan mengikuti UTBK akan diberikan soal yang lebih sulit dari biasanya. Soal ujian tersebut biasanya mengandung persoalan numerasi dan literasi. Dimana semua peserta harus mampu menerapkan skill berpikir tingkat tinggi. Peserta akan digiring untuk dapat memilih jawaban pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, soal menjodohkan, dan lain sebagainya.

UTBK sendiri dikelompokkan menjadi 3, yaitu UTBK Saintek, Soshum, dan campuran. Kelompok UTBK tersebut akan menjadi penentu calon mahasiswa agar dapat masuk ke jurusan tertentu.  Jadi jangan asal pilih, ya!

Kelompok UTBK Saintek ditujukan untuk jurusan berbau teknik dan saintis, misalnya jurusan arsitektur, teknik fisika, teknik mesin, teknik elektro, kedokteran, farmasi, biologi, dan sebagainya. Sedangkan untuk UNIK b ditujukan untuk jurusan bahasa, sastra, psikologi, hukum, , dan sebagainya. UTBK campuran bisa ditujukan untuk jurusan manajemen, akuntansi, dan lainnya.

Kelompok Saintek berisikan akan mengerjakan materi TPS dan TKA Saintek. Tapi, apa itu TPS dan TKA? TPS merupakan singkatan dari Tes Potensi Skolastik. Tes tersebut akan mengukur skill kognitif, penalaran, dan pemahaman-pemahaman umum mengenai suatu permasalahan. Soal TPS ini biasanya berjumlah 90 sampai 80 soal yang harus selesai dikerjakan dalam waktu yang telah ditentukan. Biasanya TPS untuk UTBK Saintek dan Soshum akan dilakukan selama 180 menit dan 225 menit untuk UTBK campuran. Soal tes tersebut akan terdiri dari materi sejarah, Geografi Ekonomi, dan Sosiologi

Berbeda dengan TKA yang memiliki kepanjangan Tes Kompetensi Akademis. Tes tersebut akan menguji kemampuan peserta dalam materi pelajaran sekolah sesuai dengan jurusan yang dipilih. Biasanya soal TKA tersusun dari mapel Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.

TKA akan menuntut peserta agar dapat menerapkan skill berpikir tingkat tinggi. Jumlah soalnya bisa mencapai 80 soal yang dikerjakan selama 90 menit. Sedangkan TKA Soshum memiliki soal yang lebih banyak, yaitu 100 soal dan harus selesai dalam 90 menit.

Prediksi Materi SBMPTN Pendidikan Bahasa Inggris

Nah, untuk Anda yang ingin masuk ke jurusan pendidikan bahasa Inggris dapat memilih SBMPTN Soshum. Apa saja soal-soal yang ada dalam ujian tersebut? Seperti penjelasan sebelumnya, SBMPTN Soshum akan mempunyai 2 kelompok soal, yaitu TPS dan TPA. Pada intinya, peserta akan diuji dalam potensi akademik dan skolastiknya. Dimana semua itu membutuhkan skil pemahaman, penalaran, dan pengembangan terhadap suatu masalah tertentu.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bahasa Inggris masuk dalam masuk dalam ujian SBMPTN Soshum, pada tahun 2022 tes bahasa Inggris diadakan secara terpisah. Itu artinya materi bahasa Inggris akan disajikan secara terpisah dari materi TPS. Bahasa internasional tersebut akan diujikan dengan maksud untuk mengetahui kemampuan peserta dalam memahaminya. Dimana bahasa tersebut menjadi landasan dalam menjalani pembelajaran di jurusan bahasa Inggris.

Adapun beberapa materi TPS yang biasa diujikan dalam SBMPTN Pendidikan Bahasa Inggris sebagai berikut.

1. Topic and Main Idea

Materi SBMPTN pendidikan bahasa Inggris ini akan mengajak peserta untuk dapat memahami suatu bacaan. Lalu menentukan sebuah topik dari bacaan tersebut. Intinya, akan disajikan bacaan berbahasa Inggris yang nantinya mengharuskan peserta untuk menentukan topik atau ide dari bacaan tersebut.

Bacaan ini bisa saja berbentuk dialog, short story, dan lainnya. Soal ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman peserta setelah membaca sebuah bacaan.

2. Purpose Writer

Berisikan mengenai bacaan yang memakai bahasa Inggris. Lalu siswa bertugas untuk menentukan maksud atau tujuan bacaan tersebut dibuat. Biasanya akan disajikan sebuah poster, atau sebuah promosi dalam bentuk lainnya. Dalam lampiran tersebut ada sebuah tujuan mengapa bacaan tersebut dibuat.

3. Vocabulary

Materi vocabulary adalah materi yang berisikan kosa kata yang digunakan dalam bahasa Inggris. Vocabulary sangatlah penting dalam bahasa Inggris, sebab akan menjadi landasan seseorang dapat berkomunikasi memakai bahasa asing tersebut. Vocabulary memiliki beberapa jenis, seperti word families, word formation, homies, dan sebagiannya.

4. Summary of The Text

Kasih berkutat di hal yang sama, yaitu tentang suatu bacaan berbahasa Inggris. Kali ini peserta akan bertugas menentukan sebuah ringkasan yang tepat mengenai bacaan yang telah disajikan. Jadi peserta akan diwajibkan memahami bacaan tersebut. Oleh sebab itu, penting untuk terus belajar menambah pemahaman dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: Tanpa Minimum IPK, Cobalah Daftar Beasiswa Scholars Designing Future

Pelajari Materi SBMPTN Pendidikan Bahasa Inggris Secara Menyeluruh

SBMPTN adalah salah satu jalur yang dapat ditempuh untuk memasuki PTN. SBMPTN menyedikan 3 kelompok yaitu Saintek, Soshum, dan Campuran. Dimana keduanya memiliki soal TPA dan TPS yang bertujuan untuk menguji potensi skolastik dan akademiknya.

SBMPTN Pendidikan Bahasa Inggris dapat ditempuh melalui SBMPTN Soshum. SBMPTN Soshum tersebut memiliki sejumlah materi yang biasa diuji. Misalnya soal vocabulary, purpose of the teks, dan lain sebagainya. Tingkatkan belajar Anda untuk mendapatkan nilai terbaik dan dapat masuk di universitas impian.

Itulah hal-hal mengenai SBMPTN Pendidikan Bahasa Inggris kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin melakukan SBMPTN Pendidikan Bahasa Inggris.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x