INFORMASI

Beasiswa Rajawali 2022 untuk Jenjang SMA Sederajat, S1, S2, S3

5 min read
Beasiswa Rajawali 2022 untuk Jenjang SMA Sederajat, S1, S2, S3

Beasiswa Rajawali merupakan program bantuan pendidikan tinggi atau perkuliahan untuk mahasiswa yang ada di Sumatra Barat. Mari simak, apa saja persyaratan pendaftaran darmasiswa ini.

Kapan Beasiswa Rajawali 2022 Dibuka?

Untuk mengenai tanggal kapan beasiswa Rajawali ini dibuka, Anda dapat menanyakan ke Universitas masing-masing. Baik untuk mahasiswa baru atau mahasiswa on going yang ada di perguruan tinggi tersebut.

Adapun bagaimana cara pemberian darmasiswa ini adalah Kepala Satuan Pendidikan atau Rektor melakukan pendataan mahasiswa atau siswa. Yaitu peserta yang memenuhi persyaratan sebagai calon penerima darmasiswa.

Dalam hal tersebut siswa atau mahasiswa sebagaimana yang telah dimaksudkan pada peraturan telah memenuhi persyaratan. Selanjutnya Rektor atau Kepala Satuan Pendidikan melakukan validasi data.

Berdasarkan validasi data tersebut, Kepala Satuan Pendidikan atau Rektor akan menetapkan calon penerima darmasiswa. Yaitu dibuktikan dengan surat pernyataan tentang keabsahan validasi data.

Persyaratan Beasiswa Rajawali

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk bisa menerima beasiswa Rajawali ini. Berikut persyaratan darmasiswa tersebut:

  • Pernyataan Kurang Mampu

Siswa atau mahasiswa dapat memenuhi syarat ini dengan melampirkan salah satu dari bukti pernyataan. Yaitu pemegang KIP, berasal dari keluarga pemegang Kartu Perlindungan Sosial atau KKS, program keluarga harapan.

Jika tidak memiliki kartu atau bukan termasuk ke dalam program salah satu yang disebutkan di atas. Mahasiswa atau siswa masih dapat melampirkan surat keterangan tidak mampu dari pejabat yang berwenang.

  • Surat Keterangan Sehat dan Bebas Narkoba

Calon penerima darmasiswa juga melampirkan surat keterangan dari dokter atau rumah sakit. Yaitu surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba.

Adapun surat yang dilampirkan harus memiliki masa berlaku selama 6 bulan sebelum periode pengajuan darmasiswa.

  • Surat Perjanjian

Calon penerima darmasiswa akan diminta untuk menandatangani surat pernyataan. Yaitu, mahasiswa atau siswa sedang tidak menerima darmasiswa dari sumber lain.

Kedua, tidak terlibat ke dalam tindakan melanggar hukum dan organisasi  yang melanggar ideologi Pancasila. Ketiga, selalu setia dan mengabdi untuk kepentingan negara kesatuan Republik Indonesia.

Keempat, bersedia mengikuti proses studi dengan baik serta penuh rasa tanggung jawab. Yaitu dengan melaporkan hasil pendidikan yang dibuktikan dengan lampiran transkrip nilai.

Selanjutnya surat pernyataan memenuhi syarat sebagai penerima darmasiswa dari Rektor atau Kepala Satuan Pendidikan.

Persyaratan Beasiswa Rajawali

Masih dengan persyaratan darmasiswa ini, dengan nomor selanjutnya sebagai berikut:

  • Mendapat Rekomendasi

Mahasiswa atau siswa yang direkomendasikan berdasarkan hasil verifikasi dari tim yang dibentuk oleh Rektor atau Kepala Satuan Pendidikan. Calon penerima darmasiswa berprestasi yang mengikuti proses pembelajaran pada Satuan Pendidikan akan direkomendasikan oleh Kepala Satuan Pendidikan terkait.

Selain itu, calon penerima darmasiswa juga diminta untuk melampirkan bukti tanda diterima dari PT yang bersangkutan.

  • Jenjang Pendidikan

Calon penerima darmasiswa menempuh salah satu jenjang pendidikan baik, S1, S2, atau S3. Selain itu, salah satu dari jenjang pendidikan tersebut, calon penerima mendapatkan rekomendasi dari Rektor yang bersangkutan.

Karena darmasiswa ini sangat berkaitan dengan Rektor atau Kepala Satuan Pendidikan, Anda dapat menanyakan persyaratan tersebut lebih detail lagi. Yaitu ke perguruan tinggi masing-masing mengenai beasiswa tersebut.

Kriteria Beasiswa Rajawali

Ada beberapa kriteria atau penilaian untuk bisa mendapatkan darmasiswa Rajawali ini. berikut kriteria yang telah ditetapkan:

  • Kurang Mampu Secara Ekonomi

Darmasiswa akan diberikan kepada siswa atau mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Selain itu, kriteria lainnya adalah mahasiswa atau siswa yang memiliki prestasi baik di akademik maupun non-akademik.

  • Memiliki Prestasi

Untuk satuan pendidikan, juara 1 umum di tiap tingkat di Satuan Pendidikan masing-masing. Adapun untuk perguruan tinggi pada jenjang S1 terakreditasi A, memiliki nilai IPK minimal 3.00 untuk prodi Saintek.

Sedangkan untuk prodi Soshum memiliki nilai IPK paling rendah 3.4. Untuk akreditasi B memiliki nilai IPK minimal 3.25 untuk Saintek, dan 3.5 untuk Soshum.

Untuk S2 di perguruan tinggi terakreditasi A memiliki nilai IPK minimal 3.0 untuk prodi Saintek dan 3.5 untuk Soshum. Sedangkan PT yang terakreditasi B, memiliki IPK paling rendah 3.25 untuk Saintek, dan 3.6 untuk Soshum.

Untuk S3 pada PT terakreditasi A dengan nilai IPK minimal 3.6 dan 3.75 untuk PT terakreditasi B.

  • Perguruan Tinggi Luar Negeri

Adapun syarat untuk perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Indonesia dengan IPK B untuk S1. Sedangkan untuk S2 memiliki nilai terendah B+ (quite good), dan A- untuk jenjang S3.

  • Prestasi Di Bidang Non-akademik

Siswa atau mahasiswa memiliki prestasi di bidang non-akademik dengan peringkat 1, 2, dan 3 di tiap jenis lomba. Yaitu, baik lomba di tingkat nasional maupun internasional.

Calon Penerima Beasiswa

Ada beberapa peserta atau calon yang termasuk ke dalam penerima beasiswa ini. Yaitu siswa yang sedang menempuh studi di jenjang yang sesuai dengan kewenangan Pemerintah Daerah.

Selanjutnya yang kedua, siswa yang melanjutkan studi atau pendidikan ke perguruan tinggi negeri di luar Provinsi Sumbar. Ketiga, mahasiswa yang menempuh pendidikan pada jenjang S1 hingga S3 yang telah terdaftar serta aktif di perguruan tinggi.

Yang terakhir, mahasiswa yang dimaksud adalah dari perguruan tinggi yang ada di Sumatra Barat. Yaitu UNP, UNAND, dan mahasiswa yang berkuliah di PT 5 besar di Indonesia, yaitu UNPAD, IPB, UI, ITB, UGM.

Berapa Besaran Beasiswa Rajawali?

Besaran yang diterima dari darmasiswa ini pada tiap jenjang pendidikan tentu berbeda. Untuk S1 diberikan dana sebesar Rp2 juta setahun, untuk S2 sebesar Rp3 juta setahun dan S3 sebesar Rp5.5 juta/tahun.

Untuk besaran beasiswa diterima oleh mahasiswa dari perguruan tinggi luar negeri adalah Rp6 juta. Besaran dana yang diterima tersebut untuk semua jenjang pendidikan yang ada di luar negeri.

Untuk besaran uang yang diterima tersebut bisa saja berubah untuk tahun berjalan pendaftaran beasiswa. Namun tidak menutup kemungkinan, besaran tersebut bisa saja sama dengan tahun sebelumnya.

Untuk informasi lebih lengkap dan lanjut dapat menghubungi bagian kemahasiswaan Fakultas serta tata Usaha Pascasarjana masing-masing.

Baca Juga: Panduan Penting SBMPTN Ekonomi di 2022 untuk Calon Maba

Kesimpulan

Pendaftaran Darmasiswa Rajawali ini dapat langsung ditanyakan ke bagian mahasiswa Fakultas perguruan tinggi. Selain itu, berkas pendaftaran dan juga kriteria calon penerima beasiswa juga dapat ditanyakan lebih lanjut ke perguruan tinggi masing-masing.

Tidak seperti beasiswa yang lainnya yang harus mendaftar mandiri melalui daring dan telah memiliki tanggal atau jadwal yang ditetapkan. Pendaftaran darmasiswa ini berdasarkan aturan dari Kepala Satuan Pendidikan terkait dan juga Rektor pada perguruan tinggi.

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti atau melamar beasiswa ini agar meringankan biaya studi pada pendidikan tinggi. Selain itu, Anda juga akan lebih fokus untuk meningkatkan prestasi akademik.

Selain itu, darmasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa atau siswa yang berada di Sumatra Barat atau mahasiswa Universitas besar Indonesia.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x