SBMPTN

Pentingnya SBMPTN Ebook untuk Menghadapi UTBK 2022

5 min read
Pentingnya SBMPTN Ebook untuk Menghadapi UTBK 2022

SBMPTN ebook merupakan sebuah buku dalam bentuk digital atau elektronik yang berisikan informasi atau soal seputar SBMPTN. Yuk simak apa saja yang bisa didapatkan dari buku digital ini.

SBMPTN Ebook Jadwal

Bukan tak mungkin tanggal-tanggal penting pada SBMPTN akan dirangkum dalam satu buku digital yang dapat diakses dengan mudah. Yaitu SBMPTN ebook jadwal mengenai jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri.

Sebagai informasi singkat, tanggal untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN dimulai 23 Maret 2022 dari jam 3 sore hingga 15 April 2022. Sedangkan untuk pendaftaran untuk akun LTMPT dimulai lebih awal, yaitu 14 Februari hingga 17 Maret 2022.

Ebook tersebut dapat Anda unduh melalui berbagai macam website yang ada di perangkat seluler Anda melalui peramban. Untuk informasi lebih lengkapnya dapat menuju laman resmi http://portal.ltmpt.ac.id/ di perangkat seluler masing-masing.

Cara Efektif Belajar Gunakan SBMPTN Ebook

SBMPTN ebook sendiri memang berisikan kumpulan soal latihan kelompok Soshum atau Saintek dan juga materi pembahasan. Namun tentunya tak cukup hanya mengandalkan buku digital dalam bentuk PDF saja, yuk cari tahu cara belajar yang efektif.

  • Membuat Jadwal Belajar

Langah ini merupakan tahapan paling awal sebelum memulai belajar latihan soal-soal UTBK-SBMPTN. Jika dibutuhkan Anda dapat membuat kalender khusus untuk menghitung hari mundur pelaksanaan UTBK-SBMPTN, agar lebih bersemangat.

Jadwal belajar untuk UTBK terdiri dari hari efektif yang akan digunakan untuk jam dan belajar, materi yang dipelajari. Selain itu, dibutuhkan buku penunjang sebagai referensi belajar hadapi UTBK-SBMPTN baik digital atau non-digital.

  • Mempelajari Materi Mudah

Meskipun ebook latihan UTBK-SBMPTN sudah ada di tangan, ada baiknya memulai latihan soal dengan yang paling mudah terlebih dahulu. Tentunya memahami materi-materi yang ada tidaklah instan.

Pelajari terlebih dahulu materi-materi yang sebelumnya dikuasai (mengulang), jika sudah selesai pada tahap ini. Maka Anda dapat memulai materi pembelajaran dari tahap yang mudah hingga yang sulit.

  • Kerjakan UTBK Tahun Lalu

Mempelajari soal UTBK-SBMPTN tahun sebelumnya juga dapat membantu kesiapan dalam menghadapi UTBK-SBMPTN yang akan datang. Anda dapat menganalisis pola soal yang keluar dari tahun ke tahun dengan rutin mengerjakan soal ujian tes seleksi bersama.

Cara mendapatkan kumpulan soal UTBK-SBMPTN, Anda dapat mengunduhnya di internet dalam bentuk ebook atau membeli buku persiapan UTBK-SBMPTN. Ada berbagai macam pilihan atau buku yang tersedia, baik fisik atau digital, dari yang gratis hingga berbayar.

Tentunya semua tahapan tersebut harus diiringi dengan semangat ya agar konsisten mempelajari latihan soal UTBK-SBMPTN.

Trik Belajar Melalui Ebook

Ada beberapa tips atau trik yang dapat digunakan untuk belajar melalui SBMPTN ebook soal UTBK yang dimiliki. Berikut tips belajar ujian menggunakan buku digital untuk UTBK-SBMPTN:

  • Unduh Soal yang Dibutuhkan

Soal-soal UTBK-SBMPTN amat beragam dan umumnya telah dikelompokkan. Setelah menyusun jadwal belajar untuk UTBK-SBMPTN, sesuaikan pula jenis soal yang akan dipakai untuk belajar.

Periksa terlebih dahulu penyimpanan perangkat agar tidak penuh ketika telah selesai mengunduh soal-soal tersebut. Pisahkan jenis soal menurut foldernya, seperti soal TPS, TKA, Bahasa Inggris dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan nantinya dalam mencari soal yang dibutuhkan.

  • Gunakan Ebook Reader yang Nyaman

Ada banyak sekali rekomendasi ebook reader atau viewer yang dapat digunakan, baik di telepon genggam atau komputer. Anda dapat memilih aplikasi ebook reader untuk membaca buku digital yang sudah diunduh tadi.

Pilihlah aplikasi yang nyaman digunakan dengan fitur-fitur yang membantu Anda untuk belajar. Beberapa aplikasi hanya memiliki fitur membaca saja, Anda dapat memilih aplikasi dengan fitur memberikan coretan untuk penggunanya.

Yang mana, fitur tersebut dapat membantu untuk menjawab soal-soal yang ada di ebook dengan mudah tanpa harus menghabiskan kertas.

  • Memanfaatkan Fasilitas Ebook

Mempelajari materi UTBK serta mengerjakan soal lewat ebook akan berbeda rasanya dengan belajar melalui buku non-digital. Selain tidak dapat melihat halaman, Anda juga tidak dapat lebih leluasa bolak-balik halaman yang diinginkan.

Maka dari itu, Anda dapat menggunakan fasilitas bookmark atau penanda buku pada ebook. Hal ini bertujuan untuk memudakan halaman yang dicari pada ebook.

Trik Belajar Melalui Ebook

Trik belajar melalui ebook yang selanjutnya adalah tidak perlu takut untuk membuat coretan pada buku digital. Salah satunya adalah menambahkan catatan kecil atau garis kecil pada ebook, hal ini tidak akan membuat buku non-fisik rusak.

Anda tetap masih bisa mengunduh file yang aslinya sekali lagi dimana tempat Anda mengunduhnya. Selain itu, tidak ada salahnya untuk menambahkan coretan pada ebook sendiri agar lebih memahami materi pembelajaran lebih baik.

Dimana Mengunduh Soal SBMPTN Ebook?

Ketika telah memahami cara belajar yang efektif seperti yang disebutkan di atas tadi. Tentunya cukup penasaran “dimana tempat mengunduh soal-soal ebook SBMPTN tersebut”.

Anda dapat mengunduhnya melalui peramban masing-masing di perangkat seluler milik Anda. Yaitu dengan mengetikkan “unduh soal SBMPTN”, dapat pula menambahkan “Soshum” atau “Saintek” jika ingin mencari salah satunya.

Selain itu, saat ini banyak sekali tersedia soal-soal UTBK-SBMPTN dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh melalui telepon genggam. Bahkan juga menyediakan Try Out secara gratis yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan kesiapan menghadapi UTBK-SBMPTN.

Baik belajar memilih dengan ebook, buku fisik dan juga aplikasi, ketiga cara tersebut bukanlah hal yang salah. Ketiganya memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing, ada baiknya untuk fokus mempelajari latihan soal UTBK-SBMPTN.

Apakah Bisa Lolos SBMPTN dengan Ebook?

Ebook atau buku digital memang berisikan pembahasan mengenai soal-soal UTBK-SBMPTN. Namun, apakah dapat memberikan kesuksesan dalam menghadapi UTBK-SBMPTN bahkan bisa lolos seleksi tersebut?

Tentunya perlu memahami terlebih dahulu bagaimana mekanisme penilaian dari UTBK-SBMPTN di tahun tersebut. Dengan memahami soal-soal UTBK-SBMPTN serta telah siap menghadapi UTBK-SBMPTN.

Maka tak ada salahnya jika mengatakan “dapat lolos UTBK-SBMPTN tanpa harus mengikuti bimbel”. Tentunya keberhasilan tersebut didapatkan dari diri sendiri yang sudah giat mempelajari materi-materi UTBK-SBMPTN.

Baca Juga: Beasiswa Rajawali 2022 untuk Jenjang SMA Sederajat, S1, S2, S3

Apakah Wajib Memiliki Ebook?

Jika Anda sudah memiliki buku fisik untuk mempelajari materi-materi latihan UTBK-SBMPTN tak perlu lagi mengunduh ebook soal latihan UTBK. Tentunya Anda hanya perlu fokus untuk membahas soal-soal yang ada di buku fisik tersebut.

Namun jika belum memiliki apa-apa untuk memulai latihan soal-soal materi UTBK-SBMPTN, tentunya diperlukan ebook maupun buku fisik.

Tak hanya bermodalkan soal-soal UTBK SBMPTN ebook saja yang dapat diunduh di  berbagai situs internet atau platform lainnya. Tentunya juga harus diiringi dengan rajin mempelajari materi-materi yang sudah diunduh sebelumnya.

Selain itu, manfaat ebook sendiri untuk belajar latihan UTBK-SBMPTN tak kalah menariknya dengan buku fisiknya. Dengan berbagai macam fitur serta fasilitas yang diberikan buku digital, membuat penggunanya tak perlu kerepotan.

Semoga Anda diberikan kemudahan dalam mempersiapkan UTBK-SBMPTN serta diberikan kesehatan untuk dapat mengikuti UTBK-SBMPTN. Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari manajemen diri dan juga lakukan persiapan lainnya (alat tulis, kesehatan, mental, dan lainnya).


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x