SBMPTN

Panduan Penting SBMPTN Ekonomi di 2022 untuk Calon Maba

5 min read
Panduan Penting SBMPTN Ekonomi di 2022 untuk Calon Maba

SBMPTN ekonomi merupakan soal yang ada di kelompok Soshum, materi ujian ini sama seperti pelajaran yang ada di SMA.  Mari simak lebih lanjut mengenai soal ekonomi pada UTBK-SBMPTN 2022.

Kapan SBMPTN Ekonomi Dilaksanakan?

Mengenai kapan SBMPTN ekonomi dilaksanakan tentunya harus mempertanyakan terlebih dahulu kapan pendaftaran seleksi dibuka. Pendaftaran UTBK-SBMPTN dimulai tanggal 23 Maret 2022 hingga 15 April 2022.

Adapun mengenai pelaksanaan UTBK-SBMPTN ini (termasuk ujian soal ekonomi) dibagi menjadi dua gelombang. Untuk gelombang pertama akan dijadwalkan mulai 17 Mei hingga 23 Mei 2022.

Sedangkan untuk gelombang kedua akan dilaksanakan 28 Mei hingga 3 Juni 2022. Untuk pengumuman hasil ujian akan diumumkan 23 Juni 2022.

Adapun sebelum melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN, peserta atau siswa diminta untuk membuat akun LTMPT melalui https://portal.ltmpt.ac.id/ di perangkat masing-masing. Selanjutnya, peserta didik jangan lupa untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan terkait pendaftaran UTBK-SBMPTN.

Yang tak kalah penting adalah sudah menentukan prodi dan PTN mana yang ingin dipilih ketika melakukan pendaftaran. Perlu diingat bahwa, ketika telah melakukan pembayaran UTBK-SBMPTN, maka data-data yang dikirim tidak dapat diubah lagi.

Materi Apa Saja yang Diujikan SBMPTN Ekonomi?

Tentunya banyak sekali peserta UTBK-SBMPTN bertanya-tanya materi apa saja yang akan diujikan nantinya mengenai soal ekonomi. Berikut materi yang diujikan pada SBMPTN ekonomi yang bisa dijadikan sebagai latihan soal:

1. Pengantar dan Konsep Dasar Ekonomi

Pada soal konsep dasar ekonomi berisikan materi mengenai pengertian ekonomi, kelangkaan dan faktor produksi, dan kurva produksi. Selain itu, materi soal yang akan keluar lainnya adalah masalah ekonomi dan opportunity cost.

2. Permintaan dan Penawaran

Pada materi ujian yang ini berisikan materi konsep penawaran dan juga permintaan. Hukum permintaan, marginal utilitas menurun, kurva permintaan, dan perbandingan dengan kuantitas permintaan.

Masih dengan soal permintaan, pergeseran kurva demand, faktor yang mengubah. Sedangkan untuk supply atau penawaran, yaitu hukum penawaran, faktor pengubah, harga ekuilibrium, harga dasar dan tinggi.

Materi selanjutnya yang akan diujikan adalah elastisitas barang dan tidak elastisitas beserta dampak terhadap pendapatan. Elastisitas permintaan dan total pendapatan dan juga terhadap permintaan barang.

Masih mengenai materi elastisitas, yaitu elastisitas silang, analisis silang, dan surplus produsen serta surplus konsumen.

3. Mikro Ekonomi

Soal ekonomi yang akan diujikan selanjutnya adalah materi teori mikro ekonomi, permintaan dan juga penawaran, intervensi pasar oleh pemerintah. Selanjutnya teori perilaku konsumen dan produsen, konsep biaya, pendapatan, biaya, dan juga keuntungan maksimal.

4. Makro Ekonomi

Pada materi ini berisikan soal mengenai teori makro ekonomi, pendapatan nasional, konsumsi, investasi, tabungan, dan efek multiplayer. Selanjut agregat permintaan dan agregat penawaran, kebijakan fiskal dan moneter.

5. Akuntansi Perusahaan Jasa

Untuk materi ekonomi selanjutnya yang akan diujikan adalah persamaan dasar akuntansi.

Baca Juga: Informasi Seputar Pendaftaran Beasiswa Siswa Unggulan Papua

Berapa Waktu yang Diberikan Untuk Ujian Soshum?

Materi ujian ekonomi berada di kelompok Soshum, yang mana cukup penting pula diperhatikan oleh peserta yang mengambil kelompok tersebut. Pertama, peserta diberikan waktu selama 105 menit untuk menjawab semua soal ujian TPS.

Selanjutnya, peserta akan diminta untuk mengerjakan soal ujian Soshum selama 75 menit. Yaitu dengan komposisi soal ilmu politik, hukum, ekonomi, dan sejenisnya.

Ada baiknya untuk mengerjakan soal sejarah, geografi, ekonomi, dan sosiologi masing-masing 15 menit. Untuk jumlah soal dari jenis soal ujian ada sebanyak masing-masing 15 soal.

Jadi pastikan untuk tidak berlama-lama dalam menjawab satu soal, dikarenakan pada soal UTBK-SBMPTN, bisa saja tidak ada jawabannya. Selain itu, dari materi yang dijabarkan di atas, serta waktu yang diberikan untuk menjawab soal dapat dikatakan tidak banyak.

Soal ekonomi yang diujikan pada UTBK-SBMPTN merupakan materi pembelajaran dari kelas 10 hingga 12 SMA. Alhasil, ada banyak sekali materi yang harus dipelajari sedangkan hanya ada 15 soal yang akan diujikan nantinya.

Persiapan untuk SBMPTN Ekonomi

Ada beberapa persiapan yang diperlukan untuk SBMPTN ekonomi 2022, yaitu mengetahui harus dari mana memulai latihan materi ekonomi. Dikarenakan, ilmu ekonomi dan sosial itu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, ada baiknya jangan mencoba memahami semua konsep sekaligus.

Konsep tersebut dapat diaktakan terlalu besar dan luas cakupannya, oleh karena itu ada baiknya membangun strategi belajar yang benar. Yaitu belajar atau memulai latihan soal dengan urutan yang tepat.

Hal yang pertama adalah memahami konsep ilmu dasar ekonomi. Pada materi ini, disarankan untuk mempelajari soal-soal tentang ekonomi, baik melalui blog artikel atau buku panduan menghadapi UTBK-SBMPTN.

Selanjutnya yang kedua pahami konsep permintaan dan juga penawaran. Ketiga, mempelajari topik pendapatan nasional, keempat pelajari dasar-dasar akuntansi, dan tips yang terakhir adalah perbanyak latihan soal.

Ada banyak sekali berbagai platform yang menyediakan latihan soal untuk materi-materi yang di sebutkan di atas tadi. Baik untuk konsep ekonomi, dasar-dasar akuntansi, dan materi lainnya.

Langkah Efektif Belajar UTBK-SBMPTN

Tak ada salahnya untuk mencoba cara-cara strategis dan juga efektif mengenai belajar untuk menghadapi UTBK-SBMPTN.  Berikut langkah-langkah yang dapat dicoba untuk belajar UTBK-SBMPTN:

1. Kerjakan Soal UTBK-SBMPTN Tahun Sebelumnya

Dapat dikatakan bahwa, soal-soal yang akan diberikan pada UTBK-SBMPTN cukup sulit. Tidak ada salahnya mencoba untuk menjawab soal-soal UTBK tahun lalu.

Dari situ, Anda dapat mengukur seberapa jauh dalam memahami materi soal ujian tersebut. Bahkan untuk materi yang akan diujikan UTBK-SBMPTN tiap tahun tidak ada perubahan.

2. Evaluasi Kesiapan

Pada langkah satu, setelah menjawab semua soal TPS UTBK tahun lalu, ada baiknya evaluasi jawaban tersebut. Karena, ada banyak sekali jebakan soal yang akan muncul pada UTBK-SBMPTN.

Maka dari itu, jika mendapatkan soal-soal UTBK-SBMPTN tahun lalu, disarankan juga cari pembahasan soal tersebut.

3. Elaborasi Bahan Materi

Setelah melakukan evaluasi kesiapan serta menjawab soal-soal UTBK tahun lalu, langkah selanjutnya mengelaborasi seluruh materi yang dipelajari. Artinya, kupas tuntas semua bahan materi TPS tersebut sebanyak apa yang akan diujikan.

4. Evaluasi Kelemahan

Sebelumnya disarankan untuk mencoba mengikuti Try Out UTBK-SBMPTN di bimbel UTBK-SBMPTN, baik daring atau luring. Setelah mengikuti Try Out dan mengetahui hasilnya, cermati soal-soal apa saja yang dikerjakan dengan benar dan salah.

Cari tahu pembahasan soal tersebut, dengan demikian cari tahu kelemahan diri pada bagian materi mana yang kurang dipahami.

Ada banyak sekali bimbel untuk menghadapi UTBK-SBMPTN, baik pembelajaran dilakukan secara daring atau luring. Tak ada salahnya untuk mengikuti bimbel agar lebih siap untuk menghadapi UTBK-SBMPTN.

Tak hanya soal-soal ekonomi saja yang dikatakan cukup sulit untuk dipecahkan, masih banyak soal-soal lainnya yang cukup sulit. Selain itu, cobalah metode belajar yang efektif dan strategis untuk kesiapan menghadapi UTBK-SBMPTN.

Tak ada salahnya untuk bertanya pada teman yang pernah lolos seleksi jalur tes (UTBK) bagaimana bisa menghadapi soal tersebut. Selain itu, sudah saatnya untuk mempersiapkan diri dari sekarang untuk memulai latihan soal UTBK-SBMPTN.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x