INFORMASI

Beasiswa SAHAJA dari BAZNAS Cirebon untuk Masyarakat

5 min read
Beasiswa SAHAJA dari BAZNAS Cirebon untuk Masyarakat

Siapa yang tidak kenal salah satu lembaga di Indonesia bernama BAZNAS, atauu Badan Amil Zakat Nasional membuka beasiswa SAHAJA. SAHAJA sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Satu Rumah Satu Sarjana, dimana nantinya program pendidikan diberikan kepada mahasiswa.

Beasiswa SAHAJA Khusus Warga Cirebon

Beasiswa SAHAJA adalah beasiswa, dikelola BAZNAS Cirebon supaya nantinya diberikan kepada mahasiswa-mahasiswi Cirebon. Tujuan diadakan dan dibuka bantuan dana pendidikan tersebut agar mencetak generasi masyarakat yang cerdas.

Meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Cirebon sehingga nantinya, bisa membantu peningkatan kualitas SDM Cirebon juga. Selain itu, dana pendidikan ini juga diadakan demi membantu kesejahteraan keluarga di masa depan.

Beasiswa SAHAJA nantinya akan membantu di ranah ekonomi, demi keperluan pendidikan dari masyarakat asli Cirebon khususnya. Dibuktikan dengan Kartu Keluarga, KTP, maupun Akta Kelahiran peserta pendaftaran SAHAJA ini.

Badan Amil Zakat Nasional seringkali melakukan hal-hal membantu, salah satu langkahnya adalah dengan adanya program ini. Bantuan pendidikan tersebut diharapkan dapat membantu keluarga mahasiswa di sisi ekonomi, melalui dana pendidikan.

Dengan adanya bantuan beasiswa, diharapkan semangat anak muda untuk menuntut ilmu semakin besar dan semangat. Sehingga hal tersebut juga akan membawa perubahan setidaknya dilingkungan daerah Cirebon.

Angka lulusan sarjana diharapkan bertambah dan meingkat pesat, serta hal ini bisa menjadi indikasi kemajuan value masyarakat. Nantinya, penerima juga akan mendapatkan banyak pengalaman juga kegiatan yang bermanfaat untuk lingkungan.

Output dari bantuan ini ingin agar penerima bantuan dapat memanfaatkan kesempatan dengan berkontribusi untuk Cirebon dan BAZNAS. Sehingga yang diberikan tidak akan menjadi sia-sia dan dapat dipertanggungjawabkan nantinya.

Persyaratan Diluar Berkas

Beasiswa SAHAJA ini memiliki beberapa persyaratan harus dipenuhi, selain persyaratan berkas ada pula hal-hal terkait lainnya. Berikut di bawah ini adalah persyaratan lainnya yang harus Anda perhatikan sebagai calon pendaftar.

1. Mengikuti Akun Instagram @baznascirebonkota

Langkah pertama mendaftar adalah dengan mengikuti akun Instagram BAZNAS agar tak ketinggalan informasi. Selain itu, tujuan mengikuti akun sosial media tersebut adalah agar pihak BAZNAS dapat membagian informasi lebih lengkap.

2. Komentar dan Mention 5 Teman di Poster

Jangan lupa untuk berkomentar pada kolom komentar unggahan poster beasiswa SAHAJA yang sudah ada. Serta mention teman-teman Anda agar membaca informasi tersedia pula, dan ikut mendaftar.

3. Bagikan Unggahan Poster dan Caption ke 3 Grup

Membagikan unggahan poster tersebut juga merupakan salah satu bentuk persyaratan selain persyaratan dokumen. Nantinya pihak BAZNAS akan mengecek siapa saja yang memenuhi persyaratan ini untuk lanjut.

4. Repost Poster di Instagram Story

Bagikan unggahan tersebut di Instagram story akun Anda, agar semakin banyak orang mengetahui informasi. Semakin banyak juga menonton, maka semakin banyak orang terbantu dengan informasi tersebut.

5. Mengunggah Twibbon Pada Unggahan Instagram

Demi memeriahkan, dan memudahkan panitia penyelenggara, jangan lupa untuk menunggah twibbon dengan foto Anda. Hal itu diharapkan dapat membantu panitia mengenali calon-calon pelamar beasiswa tersebut.

Di atas adalah beberapa persyaratan Beasiswa SAHAJA di luar persyaratan dokumen wajib harus dipenuhi oleh Anda sebagai pendaftar. Persyaratan di atas sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan oleh Anda dan pendaftar lain.

Alur Seleksi Beasiswa SAHAJA

Anda perlu mengetahui bagaimana alur pendaftaran beasiswa SAHAJA ini agar lebih jelas dengan time line pelaksanaannya. Hal itu penting untuk persiapan diri Anda nantinya ketika ingin mendaftar pada batch selanjutnya.

Untuk batch kali ini, dimulai dari bulan Januari 2022 untuk pendaftaran awalnya, mulai dari pengumpulan berkas dan syarat lainnya. Setelah selesai pada tahan pendaftaran, pendaftar dapat menunggu pengumuman seleksi pada Februari 2022 nantinya.

Setelah itu, akan dilakukan penilaian kelayakan untuk calon penerima beasiswa, dengan metode survey digelar. Nantinya hal ini dilakukan pada bulan Februari setelah pengumuman hasil seleksi awal tadi diberitahukan pihak panitia.

Tak cukup sampai di sana saja, jika panitia penyelenggara sudah menyelesaikan asesmen survey, maka akan lanjut pengumuman. Pengumuman hasil penerimaan bantuan dana ini pada tahun 2022 dilaksanakan pada 14 Februari 2022 kemarin.

Yang membanggakan dari program BAZNAS ini, proses penyerahan program SAHAJA tergolong cepat jika mengikuti time line ada. Yaitu penyerahannya dimulai pada tanggal 15 Februari 2022, sehari setelah adanya pengumuman penerimaan.

Alur seleksi ini tergolong cepat dan on time karena bisa memangkas waktu tidak penting untuk seleksi lanjutan. Maka, Mahasiswa yang lolos harus memenuhi kualifikasi awal, sudah diberitahukan sejak awal oleh pihak BAZNAS.

Kualifikasi dari Beasiswa

Tentunya jika membicarakan kualifikasi, hal utama harus terpenuhi adalah posisi domisili pendaftar, yaitu warga Cirebon. Dibuktikan dengan KTP yang beralamat Cirebon, serta dokumen pendukung lain yang diperlukan.

Selanjutnya, kualifikasi wajib serta harus dipenuhi adalah surat pernyataan sebagai mahasiswa aktif di kampus Cirebon. Surat pernyataan tersebut harus surat resmi dan asli tanpa adanya rekayasa sedikitpun untuk lolos.

Tak hanya itu, program bantuan ini cukup mudah karena tidak memerlukan syarat minimal IPK untuk seluruh pendaftarnya. Selanjutnya, pendaftar termasuk ke dalam kategori keluarga kurang mampu dibuktikan dengan SKTM.

Anda menjadi satu-satunya anggota calon sarjana di keluarga dan tidak sedang menerima beasiswa yang lain ketika mendaftar. Hal itu dibuktikan nantinya dengen surat pernyataan yang harus dilampirkan.

Selanjutnya, kualifikasi yang paling penting adalah bersedia menjadi relawan BAZNAS Kota Cirebon sebagai bukti membangun kontribusi. Hal ini akan menjadi pertimbangan paling tinggi agar mahasiswa yang mendaftar berkesempatan menjadi kontributor.

Jangan lupa agar memperhatikan persyaratan berkas yang diminta sedetail mungkin, misalnya seperti pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar. Jangan sampai terlupa agar tetap bisa mendaftarkan diri pada beasiswa ini.

Tak hanya itu, pastikan Anda belum menikah agar tetap dapat melanjutkan pendaftaran lebih lanjut lagi hingga seleksi terakhir.

Baca Juga: Mulailah Karir Ini dengan Langkah Pertama: Lulus SBMPTN Fisika

Yang Didapat dari SAHAJA

Sehingga nantinya, penerima bantuan akan mendapat dana bantuan pendidikan mulai dari 2 jutaan per satu semester hingga lulus. Juga berkesempatan menjadi relawan BAZNAS hingga mampu berkembang bersama.

Tentunya jika menjadi salah satu penerima, Anda bisa memiliki jaringan lebih luas di dalam organisasi penerima. Sehingga, bisa menjadi salah satu cara untuk membangun relasi dengan orang-orang berpengalaman.

Penerima juga pastinya tidak perlu ragu dan terbebani memikirkan masalah biaya kuliah hingga lulus, karena ada beasiswa SAHAJA. Sehingga dapat memfokuskan diri untuk menjadi seorang mahasiswa yang aktif dan berprestasi.

Apalagi jika selama mendapatkan beasiswa, prestasi Anda bertumbuh terus menerus sehingga menjadi ladang baik. Sangat mendukung untuk tetap menerima bantuan, hingga lulus tepat waktu nantinya.

Di atas adalah beberapa poin perkenalan dengan Beasiswa SAHAJA memberikan berbagai kemudahan maju dibidang pendidikan. Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya agar bisa mempersiapkan diri untuk mendaftar.  Cek link resminya juga di https://beasiswa.baznas.go.id/.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x