SBMPTN

Mulailah Karir Ini dengan Langkah Pertama: Lulus SBMPTN Fisika

5 min read

Banyak yang melakukan tes SBMPTN fisika sebagai salah satu dari banyak jurusan terpilih, kebanyakan adalah dari lulusan MIPA. Tetapi, apakah sebenarnya karir-karir untuk menjadi pilihan jika Anda menjadi seorang sarjana?

Fisika Jurusan yang Tepat

Apabila Anda melakukan ujian untuk SBMPTN fisika, maka pastinya kurang lebih harus sudah memiliki gambaran karirnya. Lulusan fisika sebenarnya sangat dibutuhkan diberbagai prospek dan lini pekerjaan.

Mulai dari bidang pendidikan, penelitian, industri, maupun lainnya lulusan ilmu ini bisa menjadi bagian dari pekerjaan tersebut. Jadi, sebenarnya fisika adalah jurusan yang tepat untuk jenjang karir yang banyak dan panjang.

Nantinya jika lolos dalam ujian SBMPTN fisika sebagai jurusan pilihan, maka mahasiswa akan mempelajari banyak hal. Ilmu tersebut sebenarnya memiliki dua jalur yaitu murni dan pendidikan, bisa menjadi pilihan untuk calon mahasiswa.

Tetapi tenang saja, kedua jalur itu memiliki prospek kerja, sama cemerlangnya satu sama lain dengan berbagai bagian. Untuk urusan lowongan pekerjaan melimpah, serahkan saja kepada jurusan fisika murni dan pendidikan.

Jurusan itu jadi jurusan tepat, untuk orang-orang yang menyukai hal-hal menarik tentang alam semesta dan bagaimana cara kerjanya. Karena, di dalam fisika nanti akan banyak diajarkan adalah menjawab pertanyaan tentang suatu hal di dunia ini.

Maka itu, secara karir dan bidang kerja, fisika banyak dibutuhkan dan biasanya pekerjaannya adalah pekerjaan hebat. Fisika merupakan ilmu disiplin dan menarik, apalagi jika dipelajari karena memang minat.

5 Bidang Pekerjaan untuk Lulusan SBMPTN Fisika

Jika sudah berniat untuk melakukan ujian untuk SBMPTN fisika, maka berikut ini adalah beberapa jenjang karir untuk Anda. Lulusan fisika nantinya akan menjadi orang penting di dalam dan luar negeri, karena banyak dibutuhkan.

1. Peneliti

Setelah Anda lolos SBMPTN fisika dan diterima diperguruan tinggi, salah satu yang paling banyak didengar adalah calon peneliti. Lulusan jurusan bidang tersebut memang akan sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang fisikawan yang meneliti banyak aspek.

Banyak perusahaan sebenarnya, bergerak dibidang teknologi maupun energi yang membutuhkan seorang ahli atau fisikawan. Gaji didapat juga tergolong besar, apalagi jika dapat membuat suatu inovasi baru di dalam perusahaan.

2. Ahli Astronomi

Tak hanya lulusan jurusan astronomi saja bisa menjadi ahli astronomi, lulusan jurusan inipun bisa menjadi ahli. Pekerjaan ini lebih lagi di dalam bidang observasi yang membuat tenaga ahli bidang sangat diperlukan.

3. Insinyur Nuklir

Dengan ilmu-ilmu sudah dipelajari pada saat menempuh pendidikan dijurusan tersebut, Anda bisa menjadi seorang ahli nuklir. Sehari-hari ahli nuklir meneliti dan mengembangkan manfaat nuklir

4. Dosen dan Guru

Ternyata, hal paling dekat dengan Anda sebagai seorang lulusan ini adalah mengajar, hal ini menjadi salah satu pekerjaan paling diminati. Guru dan dosen ilmu tersebut banyak dibutuhkan, apalagi profesi guru.

Setiap Sekolah Menengah Atas memiliki setidaknya dua kelas jurusan IPA sangat memerlukan seorang guru. Sehingga ilmu yang dipelajari juga jadi lebih bermanfaat karena diajarkan kepada murid.

5. Ahli Balistik

Mungkin pekerjaan ini masih terdengar asing untuk sebagian orang, tetapi seorang lulusan jurusan ini pasti sering mendengarkan. Ahli balistik ini sebenarnya sama dengan ahli forensik spesialis senjata api dan proyektil. Tentunya, mereka bekerja dibalik laboratorium dengan berbagai analisis dan pengamatan.

Hal ini sejurus dengan banyak hal yang dipelajari dijurusan tadi, ahli balistik ini bertugas untuk mengumpulkan bukti. Membantu penyelidikan dengan memeriksa bukti-bukti lewat analisis forensik.

Itulah beberapa jenis pekerjaan lulusan ilmu ini, bisa jadi pilihan jenjang karir, jika Anda mengikuti tes ujian SBMPTN fisika sebagai jurusannya. Lazimnya, banyak mahasiswa jurusan tersebut yang bingung akan menjadi apa selain guru dan dosen, padahal banyak sekali jenjang karirnya.

Kisaran Gaji Lulusan SBMPTN Fisika yang Sudah S1, S2 atau S3

Dengan banyaknya peluang kerja jika mengambil jurusan serta mengikuti ujian SBMPTN fisika, Anda coba mencari informasi gaji. Gaji ini tentu saja dipengaruhi oleh jabatan, tingkat kesulitan pekerjaan, dan UMR.

Namun pastinya, untuk mahasiswa baru lulus tak perlu risau karena kisaran gajinya lumayan tinggi diberbagai bidang pekerjaan. Contohnya saja seorang dosen baru di jurusan tersebut bisa memiliki gaji 2 jutaan di awal tahun bekerja.

Tentunya gaji tersebut akan meningkat, seiring dengan kondisi juga intensitas lama kerjanya, juga tergantung golongan gaji. Golongan gaji ini ditentukan dari golongan PNS, di dapat ketika menjadi seorang pegawai negeri.

Sedangkan jika memiliki riwayat pendidikan hingga S3 serta memiliki spesifikasi pekerjaan dengan lebih advance, tentu gaji juga lebih. Misalnya untuk kisaran gaji seorang ahli astronomi, yaitu mulai dari 4 jutaan hingga 22jutaan tiap bulan.

Kondisi yang menentukan perbedaan gaji adalah berapa lama sudah orang tersebut bekerja, karena jika sudah lama pasti akan naik. Misalnya setelah lima tahun, kisarannya mencapai 4 jutaan hingga 17 jutaan perbulan,, untuk 40 jam dalam seminggu.

Tentu saja melihat angka besar berderet tersebut, banyak orang tergiur untuk bekerja dibidang sama. Namun jangan salah, karena pastinya pekerjaan tersebut harus dilakukan sesuai bakat juga minat Anda.

Karena menjadi seorang peneliti ataupun ahli dalam suatu bidang ilmu merupakan pekerjaan menuntut rasa dedikasi tinggi. Jam terbang tinggi juga akan membantu seseorang mendapat gaji selayaknya.

Baca Juga: Kunci Sukses SBMPTN Farmasi: Pahami Materi Soal yang Muncul

Peluang Mendapat Kerja Mulai dari Langkah Pertama, Lulus SBMPTN Fisika

Sama seperti bidang lain, setelah lulus serta berhasil menempuh SBMPTN fisika Anda akan menjadi seorang mahasiswa. Yang mana, akan banyak yang harus Anda lakukan selama menjadi mahasiswa salah satunya praktikum.

Di dalam dunia kerja yang benar-benar menggunakan materi ilmu ini sebagai salah satu bahan utama pekerjaan, Anda harus menguasainya. Maksudnya adalah, jika Anda ingin memiliki peluang kerja besar sesuai jurusan Anda.

Maka, hal yang harus dilakukan adalah, Anda harus bisa menunjukkan minat juga dedikasi Anda terhadap bidang ilmu itu. Banyak sekali peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang linear dengan jurusan satu ini.

Misalnya pada bidang perminyakan dan pertambangan, dimana ilmu yang dipelajari sangat diperlukan contohnya pada PT Freeport. Masih belum banyak orang asli Indonesia berhasil menduduki sektor engineer pada bidang pekerjaan tersebut.

Hal ini tentunya menjadi peluang, jika sebagai mahasiswa dapat melakukan suatu hal membantu mengembangkan skill sedari muda. Juga misalnya pada industri telekomunikasi seperti SAMSUNG atau PT Telkom.

Dimana lulusan dapat ditempatkan dibagian Research and Development yang sesuai dengan passion Anda. Industri manufaktur pun sama, sama-sama tetap memerlukan sosok lulusan dari jurusan tersebut di dalam perusahaannya.

Seorang mahasiswa lulusan fisika, juga bisa menjadi seseorang dibalik meja riset dan pengembangan seperti tadi. Bidang ini sangat banyak diminati, karena banyak melakukan penelitian untuk melakukan pengembangan suatu hal.

Yang mana hal tersebut adalah salah satu keahlian dari jurusan fisika, maka itu peluang Anda menjadi seorang R&D sangat besar. Peluang-peluang pekerjaan ini sebenarnya ada banyak, jika Anda adalah seseorang calon pekerja mumpuni dan sesuai.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x