SBMPTN

Berapa Kuota SBMPTN Daya Tampung dalam Pendaftaran Tahun 2022?

5 min read
Berapa Kuota SBMPTN Daya Tampung dalam Pendaftaran Tahun 2022?

SBMPTN daya tampung calon mahasiswa baru untuk 2022 dengan berdasarkan nilai akademik saja maupun diiringi dengan prestasi lainnya.  Untuk kuota atau daya tampung minimum pada jalur ini adalah 40 persen.

Tanggal dan Pendaftaran SBMPTN 2022

Selain memasuki pembahasan mengenai “SBMPTN daya tampung” ada baiknya juga mengetahui tanggal pendaftaran seleksi ini. Pembuatan akun LTMPT dijadwalkan 14 Februari sampai dengan 17 Maret 2022.

Untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN ada di tanggal 23 Maret 2022 sampai dengan 15 April 2022 dengan pelaksanaan dua gelombang. Kemudian, gelombang pertama akan diadakan 17 Mei hingga 23 Mei 2022 (selama 7 hari).

Sedangkan untuk gelombang kedua UTBK-SBMPTN akan dilaksanakan di 28 Mei hingga 3 Juni 2022. Pengumuman hasil UTBK-SBMPTN akan diumumkan pada 23 Juni 2022 melalui website LTMPT.

Untuk pendaftaran jalur SBMPTN ini dapat melalui tautan http://portal.ltmpt.ac.id/ menggunakan peramban di perangkat masing-masing. Sedangkan untuk alur pendaftaran serta persyaratan dokumen yang diminta dapat dilihat di laman tersebut.

Alokasi Daya Tampung Mahasiswa Baru

Tentunya tak hanya membahas mengenai SBMPTN daya tampung yang diberikan seberapa banyak untuk tiap PTN. Namun untuk jalur SNMPTN dan Mandiri juga diinformasikan melalui website LTMPT.

  • SNMPTN

Untuk jalur ini menyeleksi calon mahasiswa baru berdasarkan nilai akademik saja dan atau prestasi lainnya yang telah ditetapkan PTN. Selain itu, untuk alokasi kuota penerimaan mahasiswa baru minimal sebanyak 20 persen untuk tiap PTN dan prodi.

  • SBMPTN

Pada jalur ini, SBMPTN daya tampung sebanyak 40 persen, angka tersebut merupakan kuota minimum. Untuk seleksinya melalui mekanisme hasil UTBK dan atau prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN.

  • Mandiri

Beberapa PTN dapat menerima dari hasil nilai UTBK dan kuota minimum dari jalur ini adalah 30 persen.

Namun, untuk PTN yang berbadan hukum memiliki kuota SBMPTN minimum sebanyak 30 persen. Sedangkan untuk kuota untuk seleksi Mandiri sebanyak 50 persen.

Daya Tampung 4 Universitas Terkemuka di Indonesia

Berikut daftar SBMPTN daya tampung 4 universitas terkemuka yang ada di Indonesia:

  • Universitas Indonesia

Untuk jumlah prodi yang dimiliki Universitas Indonesia ada sebanyak 64 prodi. Pada program studi Saintek dengan jenjang S1 rata-rata memiliki daya tampung sekitar 30 hingga 50.

Adapun untuk prodi Soshum memiliki daya tampung sekitar 18 hingga 90 mahasiswa.

  • Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada memiliki sebanyak 91 prodi. Untuk jenjang pendidikan D4 pada program studi Saintek memiliki daya tampung sebanyak 18 hingga 27 mahasiswa baru.

Untuk jenjang S1 pada program studi Saintek memiliki daya tampung mulai 12 hingga 90 mahasiswa baru. Sedangkan untuk prodi Soshum pada jenjang D4 memiliki daya tampung yang sama dengan Saintek.

Untuk daya tampung tertinggi pada prodi Soshum dengan jurusan hukum adalah 99 mahasiswa.

  • Universitas Airlangga

Pada Universitas Airlangga memiliki 43 program studi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa. Pada prodi Soshum ada sebanyak 26 prodi dengan daya tampung sekitar 15 hingga 75 mahasiswa.

Sedangkan untuk kelompok prodi Soshum ada sebanyak 17 program studi dan memiliki daya tampung 36 hingga 90 mahasiswa.

  • Institut Teknologi Bandung

ITB memiliki sebanyak 22 prodi dengan kelompok program studi Saintek sebanyak 19 dan Soshum sebanyak 3 prodi. Pada kelompok Saintek rata-rata memiliki daya tampung sebanyak 20 hingga 150 mahasiswa.

Sedangkan untuk kelompok Soshum memiliki daya tampung 20 mahasiswa untuk prodi FRSD-kampus Cirebon dan kuota FRSD sebanyak 170 mahasiswa.  Pada prodi SBM (sekolah bisnis dan manajemen) memiliki daya tampung sebanyak 84 mahasiswa.

Perlu diingat bahwa, angka tersebut hanya perkiraan dan rata-rata saja pada PTN yang disebutkan.

Apakah Pilih Prodi Sepi Agar Lolos PTN?

Ada pertanyaan yang cukup berhubungan dengan “SBMPTN daya tampung”, yaitu apakah harus pilih prodi sepi pada PTN yang dipilih. Jika diingat kembali mengenai kuota pada beberapa prodi di PTN, memang ada program studi yang memiliki minatnya paling sedikit.

Sebagai contohnya, ada sebanyak 32 prodi pilihan pada kelompok Saintek di Universitas Indonesia. Pada prodi teknik perkapalan memiliki daya tampung sebanyak 12 mahasiswa dengan peminat paling sedikit 91 peserta.

Jika dilihat kembali pada prodi aktuaria memiliki daya tampung yang sama, yaitu 12 mahasiswa. Sedangkan jumlah peminatnya sebanyak 287 peserta.

Dengan kata lain, memilih prodi yang memiliki peminatnya cukup sedikit memberikan peluang untuk peserta agar lolos pada SBMPTN. Namun data atau angka peminat tersebut diambil berdasarkan peserta SBMPTN di 2021 dan angka daya tampung berdasarkan tahun 2022.

Namun apakah peluang tersebut dapat dimanfaatkan? Tentu saja jawabannya belum pasti bisa dimanfaatkan. Nyatanya untuk SBMPTN melewati jalur tes (UTBK) memiliki skor atau nilai minimum agar dapat diterima masuk PTN.

Dengan kata lain, baik memilih prodi dengan minat yang paling sedikit atau minat terbanyak dapat dikatakan hampir sama saja. Karena keduanya mengutamakan hasil dari UTBK-SBMPTN dan atau prestasi akademik lainnya untuk menentukan calon mahasiswa yang akan diterima.

Baca Juga: Siapkan Dokumen Sesuai dengan Jalur SBMPTN Daftar PTN 2022

Tidak Ada Pilihan Prodi

Pertanyaan cukup sering pula ditanyakan oleh peserta SBMPTN yaitu terkait tidak nya pilihan prodi yang diinginkan. Apabila program studi yang diinginkan tidak terdapat di kolom prodi yang tersedia.

Maka program studi tersebut tidak menerima lulusan atau tamatan peserta tersebut. Untuk itu peserta dapat melihat kembali persyaratan program studi yang dapat dipilih oleh peserta pada laman PTN masing-masing.

Bagaimana Cara Cek Kuota Prodi SBMPTN?

Tak ada salahnya untuk mengecek sendiri daya tampung tiap program studi yang ada di PTN melalui peramban masing-masing. Yang pertama adalah masuk ke website LTMPT melalui peramban di perangkat masing-masing.

Kedua, klik daftar PTN selanjutnya pilih SBMPTN, lalu Anda akan diarahkan tampilan halaman daftar PTN. Pilih perguruan tinggi negeri yang ingin dicari tahu seberapa banyak daya tampung yang dibuka pada prodi tersebut.

Selanjutnya klik lihat program studi atau prodi untuk melihat daya tampung 2022 dan juga peminat di tahun 2021. Maka akan diarahkan pada tampilan halaman jumlah daya tampung tiap prodi di kelompok Saintek.

Untuk dapat melihat daya tampung prodi yang ada di kelompok Soshum maka dapat menekan tulisan “Soshum” tersebut.

Pada SBMPTN daya tampung di 2022 ini dapat dilihat melalui laman LTMPT di peramban masing-masing. Tentunya tiap PTN memiliki daya tampung yang berbeda meskipun memiliki prodi yang sama.

Tiap tahunnya PTN bisa saja menetapkan kuota yang sama dengan tahun sebelumnya atau mengurangi maupun menambah kuota tersebut. Selain itu, memilih prodi yang sepi peminat bukanlah pilihan yang bagus.

Ada baiknya memilih program studi yang diinginkan dan mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi tes UTBK-SBMPTN. Semoga Anda diberikan kelancaran dan juga diberikan kesempatan untuk lolos masuk di PTN dengan prodi yang diinginkan.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x