SBMPTN

Siapkan Dokumen Sesuai dengan Jalur SBMPTN Daftar PTN 2022

5 min read

Salah satu informasi yang penting untuk diketahui adalah mengenai SBMPTN daftar PTN melalui akun LTMPT masing-masing.  Selain beberapa informasi terkait seputar seleksi ini juga perlu untuk diketahui.

Kapan Dibuka SBMPTN Daftar PTN?

SBMPTN daftar PTN sama saja dengan pengumuman tanggal yang biasa diinformasikan oleh LTMPT. Yaitu 14 Februari sampai 17 Maret 2022 merupakan tanggal untuk registrasi akun LTMPT melalui tautan http://portal.ltmpt.ac.id/

Untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN dimulai 23 Maret sampai dengan 15 April 2022 dan tanggal pelaksanaannya terbagi menjadi 2 gelombang. Yaitu gelombang pertama dijadwalkan 17 Mei hingga 23 Mei 2022.

Sedangkan pelaksanaan UTBK-SBMPTN pada gelombang yang kedua dilaksanakan 28 Mei sampai 3 Juni 2022. Untuk hasil pengumuman UTBK-SBMPTN jatuh pada 23 Juni 2022, jangan sampai terlewat ya tanggal-tanggal tersebut.

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN

Tentunya selain adanya jalur SBMPTN daftar PTN, ternyata masih ada jalur lain yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Berikut penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri:

  • SNMPTN

Pada jalur ini termasuk ke dalam peraturan Menristek dan Pendidikan Tinggi No. 126/2016 mengenai penerimaan calon mahasiswa baru. Yaitu pada program Sarjana di perguruan tinggi negeri, salah satunya adalah SNMPTM.

Seleksi ini berdasarkan dari hasil penelusuran atau pencarian prestasi akademik peserta atau calon mahasiswa. Jalur ini merupakan seleksi yang diselenggarakan atau dilaksanakan oleh pihak LTMPT.

  • SBMPTN

Pada jalur seleksi ini juga termuat dari peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No.126/2016. Yang mana pada jalur seleksi ini berdasarkan dari hasil nilai ujian tertulis menggunakan metode cetak.

Biasa disebut dengan Paper based testing untuk metode cetak, atau menggunakan metode komputer. Dapat pula menggunakan kombinasi hasil UTBK dan keterampilan peserta SBMPTN atau calon mahasiswa.

  • Mandiri

Sesuai dengan namanya, pada jalur seleksi ini calon mahasiswa secara mandiri mendaftarkan dirinya ke PTN dipilih. Yang mana pada seleksi Mandiri ini pula telah diatur serta ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Untuk Jalur ini kadang digunakan oleh PTN hampir sama dengan jalur seleksi yang digunakan oleh PTS.

  • USMI SV

Jalur seleksi ini hanya dibuka oleh Universitas IPB, yang mana membuka pendaftaran melalui undangan seleksi masuk IPB. Untuk pendaftarannya sendiri dibuka mulai 10 Januari hingga 8 April 2022, yang diseleksi berdasarkan prestasi akademik calon mahasiswa.

Tentunya masih ada jalur seleksi lainnya untuk masuk ke PTN yang diinginkan atau PTN favorit Anda. Salah satunya pada IPB, Anda dapat mengeceknya ke perguruan tinggi terkait mengenai pendaftaran seleksi yang dibuka selain SBMPTN.

Daftar atau List PTN      

Tentunya untuk memilih SBMPTN daftar PTN yang diinginkan memerlukan sebuah lis atau susunan PTN. Pada laman LTMPT ada sebanyak 85 Universitas yang dapat dipilih lengkap dengan tautan perguruan tinggi negeri tersebut.

Berbeda dengan pendaftaran masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN ada sebanyak 86 daftar Universitas yang dapat dipilih salah satunya.

Selain itu, pada halaman LTMPT tersebut juga dapat melihat daftar prodi yang ingin dipilih sesuai dengan PTN yang dipilih.  Sedangkan untuk Politeknik Negeri hanya ada sebanyak 40 Politeknik dengan program Diploma 4. Berbeda dengan PTN atau Universitas yang memiliki program Sarjana dan Diploma 4.

Bagaimana Cara Daftar SBMPTN?

Untuk SBMPTN daftar PTN tidak jauh berbeda dengan syarat serta tata cara alur pendaftaran jalur SBMPTN. Namun pada bagian halaman pemilihan prodi dan juga perguruan tinggi, maka calon mahasiswa dapat memilih PTN yang diinginkan.

Tahap pendaftaran selanjutnya dengan mengikuti langkah-langkah yang ada dan menyelesaikan pendaftaran tersebut. Yaitu sampai ke pembayaran tes seleksi dan cetak kartu peserta, selanjutnya Anda tinggal mengikuti UTBK sesuai panlok yang dipilih.

Pelaksanaan Tes

Tes yang dikembangkan serta dilaksanakan oleh LTMPT dilakukan dengan metode UTBK. Pihak LTMPT melaksanakan tes secara adil, objektif, dan akuntabel, jadi jangan merasa dicurangi ya.

UTBK dilaksanakan pada perguruan tinggi negeri sebagai pelaksana pusat UTBK-PTN di bawa koordinasi serta tanggung jawab LTMPT. Masa tes yang ditentukan secara nasional serta rencana dilaksanakan dalam dua gelombang.

Setiap gelombang dilaksanakan selama tujuh hari berurutan dan setiap hari dilakukan sebanyak dua sesi pelaksanaan. Jadwal ujian dilakukan dengan mempertimbangkan jadwal atau kalender akademik serta kegiatan akademik nasional.

Aturan serta pelaksanaan tes tersebut memang telah ditetapkan oleh pihak LTMPT dan juga PTN terkait. Maka dari itu, penting untuk mengetahui SBMPTN, LTMPT, dan juga PTN sebelum masuk perguruan tinggi.

Mengapa Tanggal Daftar SBMPTN dan LTMPT Berbeda?

Jika dilihat dari jadwal yang dibagikan oleh LTMPT mengenai jadwal pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN terdapat pendaftaran akun dan seleksinya. Tentunya pihak lembaga tersebut memiliki tujuan bukan tanpa suatu alasan.

Tentunya hal ini ada baiknya atau kemudahan, dimana adanya jadwal-jadwal tersebut dapat membuat peserta untuk mempersiapkan diri. Yaitu mulai dari menyiapkan dokumen pada saat pendaftaran, meminta pendapat orang tua terkait PTN yang dipilih, dan lainnya.

Apakah Dapat Mengubah Pilihan Prodi dan PTN?

Pada saat pendaftaran UTBK-SBMPTN tentunya pada tampilan halaman pemilihan prodi dan juga PTN merupakan hal yang cukup krusial. Sebelum data tersebut di submit atau dikirim, peserta dapat mengubah pilihan tersebut.

Namun jika pada tahap cetak kartu peserta UTBK-SBMPTN, maka penggantian PTN yang dipilih tidak dapat dilakukan. Adapun jika kesalahan NIK dan juga data alamat peserta dapat diubah ketika telah diterima di PTN masing-masing.

Jadi pastikan sekali lagi ya, bahwa pilihan prodi dan juga PTN merupakan pilihan yang benar dan sesuai dengan yang diinginkan.

Daya Tampung Tiap PTN

Untuk dapat melihat berapa banyak daya tampung peserta yang diterima dapat dilihat di website resmi LTMPT. Yaitu pada daftar PTN atau Politeknik pada program Sarjana atau Diploma.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa NTB 2022 untuk Peningkatan SDM Daerah

Prinsip LTMPT

Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru pada PTN diselenggarakan berdasarkan dengan prinsip adil, akuntabel, fleksibel, efisien, dan transparan. Adil yang artinya tidak membedakan baik agama, ras, suku, gender, usia, kondisi fisik, kondisi sosial, tingkat kemampuan ekonomi.

Selanjutnya akuntabel, yang artinya dilaksanakan sesuai dengan aturan dan prosedur serta kriteria yang jelas. Fleksibel, yaitu pelaksanaan UTBK-SBMPTN diadakan pada 74 pusat UTBK-PTN yang tersebar ke seluruh Indonesia dengan waktu pelaksanaan 14 hari.

Efisien, yang artinya pelaksanaan tes masuk PTN menggunakan sistem teknologi informasi dan komunikasi. Melibatkan SDM, serta fleksibel waktu. Terakhir transparan yaitu penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru pada PTN dilaksanakan secara terbuka dan hasil pelaksanaan dapat diakses dengan mudah.

Ada sebanyak 85 list SBMPTN daftar PTN yang dapat dilihat  pada laman LTMPT beserta daya tampung tiap PTN. Selain itu, pelaksanaan-pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru dilakukan berdasarkan prinsip yang baik, seperti yang disebut di atas.

Pendaftaran UTBK-SBMPTN sudah cukup dekat, apakah Anda sudah mempersiapkan prodi dan PTN pilihan terbaik. Yuk tentukan sekarang juga pilihan PTN favorit Anda dan jangan lupa persiapkan diri menghadapi UTBK-SBMPTN.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x