INFORMASI

Informasi Seputar Pendaftaran Beasiswa Siswa Unggulan Papua

5 min read
Informasi Seputar Pendaftaran Beasiswa Siswa Unggulan Papua

Tentunya ini merupakan kabar gembira untuk siswa-siswi yang ada di Papua untuk mendapatkan Beasiswa Siswa Unggulan Papua. Berikut informasi pendaftaran dan juga informasi penting lainnya terkait darmasiswa ini.

Kapan Beasiswa Siswa Unggulan Papua Dibuka?

Beasiswa Siswa Unggulan Papua dibuka 1 April 2022 hingga 1 Mei 2022. Tentunya tanggal ini belum berterlewat jika calon pelamar ingin mengambil beasiswa ini.

Kabar baiknya lagi, darmasiswa ini diperuntukan  bagi siswa-siswi yang ada di Papua dan daerah terdepan, tertinggal, dan terpencil.  Selain itu anak-anak TKI juga termasuk ke dalam sasaran target beasiswa ini.

Puslapdik Kemendikbudristek membuka kembali program ADik maupun afirmasi pendidikan tinggi untuk siswa-siswi Papua. Darmasiswa ini merupakan program pemberian bantuan pembiayaan pada pendidikan tinggi kusus untuk siswa-siswi yang dari Papua dan daerah 3T.

Selain itu, daerah Papua Barat, anak-anak TKI, dan penyandang disibilitas juga termasuk ke dalam kriteria beasiswa ini. program ini memberikan kesempatan untuk belajar di pendidikan tinggi kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan.

Program ini juga memberikan kesempatan untuk belajar di pendidikan tinggi yang sedang keterjangkauan akses pendidikan karena kondisi serta keberadaan.  Pada 2022, kuota atau daya tampung penerima ADik yang diberikan untuk Provinsi Papua Barat dan 3T sebanyak 400 peserta.

Sedangkan untuk Provinsi Papua ada sebanyak 500 orang yang akan menerima beasiswa. Sedangkan untuk anak-anak TKI sebanyak 100 orang dan mahasiswa difabel sebanyak 200 orang.

Persyaratan Beasiswa Siswa Unggulan Papua

Berikut persyaratan untuk mengikuti atau melamar beasiswa Siswa Unggulan Papua.

1. OAP (Orang Asli Papua)

Untuk bisa melamar darmasiswa ini adalah calon penerima beasiswa harus orang asli Papua. Yang mana sesuai dengan UU No. 21/2001 mengenai Otsus Provinsi Papua dan juga Papua Barat.

adapun untuk mahasiswa daerah khusus yang berdasarkan pedoman penetapan daerah khusus dalam pelaksanaan kebijakan Pendidikan Nasional. Yang mana telah ditetapkan Kementerian atau keluarga TKI dari wilayah perbatasan.

2. Tahun Lulus

Untuk pelamar yang ingin mengambil darmasiswa ini di 2022 harus dari lulusan satu tahun sebelumnya. Yakni beasiswa ini diperuntukkan kepada siswa lulusan tahun 2022 dan juga 2021 untuk pendaftaran darmasiswa di 2022.

3. Nomor Identitas

Pelamar diwajibkan untuk melampirkan nomor induk kependudukan, NISN, dan juga NPSN. Syarat ini digunakan sebagai dokumen yang dilengkapi untuk bisa mendapatkan darmasiswa.

4. Nilai Rapor

Selain itu, pelamar diharuskan memiliki nilai rapor rata-rata 75 untuk di enam mata pelajaran. Yang mana 6 mata pelajaran tetsebut harus sesuai dengan jurusan calon peserta seleksi darmasiswa.

5. Lulus Seleksi Masuk PTN atau PTS

Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, calon penerima darmasiswa harus dinyatakan lulus seleksi di semua jalur penerimaan mahasiswa baru. Yaitu baik PTN atau PTS pada prodi terakreditasi A, B atau C maupun lulus tes pada seleksi ADik.

Untuk perguruan tinggi yang dipilih, calon penerima darmasiswa dari daerah Papua dan juga Papua Barat. Diharuskan untuk memilih PT yang ada di luar Provinsi Papua dan juga Papua Barat.

Sedangkan untuk daerah 3T dan anak TKI dapat menentukan PT di dalam Provinsi atau luar Provinsi Papua.

6. Manfaat Beasiswa

Dengan mendapatkan beasiswa Siswa Unggulan Papua, mahasiswa akan dibebaskan dari baiaya kuliah. Selain itu juga akan mendapatkan bantuan biaya hidup per bulanya yang termasuk biaya transportasi (perjalanan dari daerah asal).

Bantuan biaya kuliah akan langsung diberikan ke perguruan tinggi terkait, sedangkan biaya hidup serta biaya keberangkatan akan langsung diberikan. Jadi, beasiswa memberikan kesempatan untuk siswa-siswi yang ada di Papua, daerah 3T, Papua Barat, dan anak TKI.

Yang mana, bantuan pendidikan ini ditujukan untuk meringankan atau membebaskan biaya pendidikan tinggi yang ditempuh.

Dimana Mendaftar Beasiswa Siswa Unggulan Papua?

Untuk bisa melamar darmasiswa ini tentunya dibutuhkan wadah untuk mendaftar. Pendaftaran dilakukan mandiri secara online atau daring melalui https://adik.kemdikbud.go.id/sim/ di perangkat masing-masing.

Saat website tersebut telah menutup beasiswa untuk tahun sebelumnya, pelamar tetap bisa mendaftar hingga pendaftaran dibuka. Tanggal untuk pendaftarannya sendiri di 1 April hingga 1 Mei 2022.

Pemberhentian Beasiswa

Pemberhentian pemberian beasiswa bisa saja dilakukan oleh pihak pemberi darmasiswa. Salah satunya adalah terjadi kecurangan, melanggar aturan, dan lainnya.

Ada beberapa kondisi yang menyebakan beasiswa ini dihentikan, antara lain penerima beasiswa meninggal dunia. Selanjutnya pindah ke PT lain, putus atau tidak melanjutkan pendidikan berdasarkan keputusan pimpinan PT.

Kondisi selanjutnya, keberadaan penerimaan beasiswa tidak diketahui atau tidak dapat diketahui. Penggunaan obat-obatan terlarang juga dapat diberhentikannya beasiswa tersebut.

Kondisi keenam, terbukti melakukan secara bersama dengan suatu organisasi yang bertentangan dengan UUD 1945 dan Pancasila. Darmasiswa akan dihentikan ketika jangka waktnua telah habis.

Kondisi yang terakhir, dipidana penjara berdasarkan putusan pengadulan dan pertimbangan lain dari pimpinan PT. itulah beberapa kondisi yang dapat dihentikannya beasiswa dari penerima darmasiswa.

Tujuan dari Beasiswa

Tujuan dari diselenggarakannya program bantuan pendidikan tinggi di Papua ini adalah untuk meingkatkan pemerataan wilayah. Yaitu melalui perluasan akses dan kesempatan belajar pada PT untuk mahasiswa dari daerah khusus dan anak TKI.

Tujuan selanjutnya meningkatkan pemerataan melalui penjaminan keberlangsungan pendidikan bagi mahasiswa yang menyandang disabilitas. Tujuan terakhir adalah meningkatkan pemerataan melalui penjaminan keberlansungan studi untuk mahasiswa yang ada di daerah terdampak keadaan yang darurat.

Baca Juga: Berapa Kuota SBMPTN Daya Tampung dalam Pendaftaran Tahun 2022?

Apa Saja Jalur Pendaftaran yang Bisa Diikuti?

Jalur pendaftaran dapat melalui LTMPT (SBMPTN atau SNMPTN), untuk jalur Politeknik (SNMPN atau SBMPN). Sedangkan untuk jalur Mandiri, siswa llulus seleksi Mandiri pada PT atau Politeknik, terakhir dapat mengikuti tes seleksi dari ADik.

Sedangkan untuk alur pendaftaran dimulai koordinasi penentuan sekolah penerima, lanjut ke berkas pendaftaran yang diperlukan. Ketiga mendaftarkan diri secara daring atau luring mengenai beasiswa.

Yang keempat, Puslapdik Kemendikbud akan melakukan verifikasi terhadap pendaftaran calon penerima beasiswa. Yang kelima, mengikuti semua mekanisme seleksi yang diberikan, dan terakhir menetapkan penerima beasiswa.

Skema program bantuan beasiswa ini terdiri atas darmasiswa untuk siswa asal Papua dan Papua Barat. Yaitu baik yang mendapatkan rekomendasi oleh Pemerintah daerah, maupun jalur siswa ADEM atau mendaftarkan diri secara mandiri.

Skema seleksi melalui beasiswa ini diberikan kepada siswa asal daerah khusus yang mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan dan Budaya. Yaitu No.23/2022 mengenai penetapan daerah khusus dalam kebijakan Pendidikan Nasional dan siswa asal keluarga atau anak TKI.

Beasiswa Siswa Unggulan Papua (lulusan SMK) tentunya jika mengarah kepada laman BPSDM Papua tidak ada pembaharuan. Maka dari itu, darmasiswa untuk siswa-siswi lulusan baik SMA maupun SMK dapat mengikuti beasiswa dari program ADik.

Bahkan jika menelusuri lebih jauh lagi mengenai beasiswa tersebut, maka akan selalu diarahkan menuju darmasiswa dari program ADik. Apakah salah mengikuti beasiswa dari program ADik? Tentu saja tidak.

Program tersebut memang diperuntukan untuk siswa yang berasal dari Papua, Papua Barat, anak TKI, dan juga daerah 3T. Hal ini hampir mirip dengan darmasiswa dari laman BPSD Papua.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Kotius murib
2 months ago

Saya mau ikutan beasiswa ini

Related Posts

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x