INFORMASI

Dibuka Mulai 25 Februari, Jangan Lewatkan Jadwal Seleksi LPDP 2022

4 min read
Dibuka Mulai 25 Februari, Jangan Lewatkan Jadwal Seleksi LPDP 2022

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melihat jadwal seleksi LPDP 2022 yang penting untuk Anda. Beasiswa ini juga merupakan kesempatan yang jangan sampai terlewat.

Info Seputar Jadwal Seleksi LPDP 2022

Jadwal seleksi LPDP 2022 diadakan sebanyak 2 tahap berdasarkan Direktur Utama LPDP, Andin Hadriyanto. Tahap pertama, pendaftaran di 25 Februari sampai dengan 27 Maret 2022 ditutup.

Seleksi administrasi ada di 28 Maret 2022 serta hasil pengumuman seleksi administrasi di 12 April 2022. Untuk seleksi bakat Skolastik di 18 April 2022 dan pengumuman hasil bakat Skolastik pada 27 April 2022.

16 Mei 2022 merupakan tanggal seleksi Substansi dimulai sampai dengan 25 Juni 2022 seleksi berakhir. Untuk pengumuman hasil seleksi Substansi pada 30 Juni 2022.

Untuk info lengkapnya dapat menuju laman lpdp.kemenkeu.go.id./. Sedangkan untuk tahap kedua, pendaftaran dimulai 4 Juli sampai dengan 5 Agustus 2022.

Seleksi administrasi tahap dua dilakukan 8 Agustus sampai dengan 19 Agustus 2022. Untuk seleksi Skolastik di 29 Agustus sampai dengan 10 September 2022.

Seleksi Substansi dilakukan 26 September sampai dengan 4 November 2022. Maka dari penting untuk mencatat jadwal seleksi LPDP 2022 ini.

Syarat untuk Mengikuti Alur Jadwal Seleksi LPDP 2022

Tentunya ketika mengikuti sebuah program seperti beasiswa ada persyaratan yang harus dipenuhi, mulai dari berkas dan lainnya. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi:

1. Surat Pernyataan

Peserta yang mengikuti beasiswa ini harus membuat surat pernyataan dibubuhi materi yang sesuai dengan format LPDP. Untuk formatnya sendiri sudah bisa didapatkan ketika telah melakukan registrasi beasiswa.

2. Ijazah

Peserta yang mengikuti beasiswa ini harus melampirkan ijazah S-1 atau S-2 yang asli dan atau legalisir.

3. Transkrip Nilai

Peserta juga harus melampirkan dokumen transkrip nilai S-1 atau S-2, pendaftaran jenjang magister minimal IPK 3.0. Untuk jenjang dokter minimal IPK 3.25 dengan skala 4.

4. Sertifikat

Selain itu, peserta yang mengikuti beasiswa LPDP ini juga harus melampirkan dokumen sertifikat bahasa asing yang asli.

5. LoA

Letter of accepteance yang disingkat dengan LoA, sesuai dengan perguruan tinggi serta program yang dipilih.

6. Surat Rekomendasi

Yang tak boleh terlewatkan pada dokumen yang menjadi persyaratan beasiswa ini adalah melampirkan surat rekomendasi. Yaitu rekomendasi dari atasan tempat kerja atau akademisi.

7. Surat Izin

Peserta yang mengikuti beasiswa LPDP ini diharapkan melampirkan surat izin untuk mengikuti seleksi. Surat tersebut dari instansi atau perusahaan, khusus untuk yang sudah bekerja.

Jadwal seleksi LPDP 2022 memang sangat penting diketahui dan juga dicatat, namun yang tak kalah penting adalah persyaratan mengikutinya. Maka dari itu, persiapkan dari sekarang semua berkas yang diperlukan serta kesiapan diri untuk mengikuti seleksi.

Sebelum Mengikuti Jadwal Seleksi LPDP 2022, Ini Info untuk Anda

Pembahasan yang perlu dibahas selain jadwal seleksi LPDP 2022 adalah memahami tentang LPDP itu sendiri. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan hadir dalam wujud membantu pembiayaan pendidikan anak-anak Indonesia, diutamakan bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliah.

Baik melanjutkan pendidikan sarjana, magister, serta doktor dengan tanpa biaya atau gratis baik dalam atau luar negeri. Program pembiayaan ini bersifat penuh yang tersedia untuk pelamar umum.

Beasiswa ini hanya tersedia untuk pelamar yang mendaftar ke universitas terbaik di dunia yang telah ditetapkan LPDP. Kurang lebih ada sebanyak 15 perguruan tinggi yang telah ditentukan atau ditetapkan lembaga ini.

Untuk bisa memperoleh beasiswa ini, yaitu dengan cara daftar secara online, pendaftaran dibuka sepanjang tahun. Dengan proses seleksi yang dilaksanakan total sebanyak 4 kali.

Biaya pendaftaran beasiswa, SPP, biaya tesis, tunjangan buku, biaya wisuda, transpor, asuransi kesehatan, biaya hidup. Aplikasi Visa, serta pembayaran kedatangan.

Untuk memenuhi syarat tersebut antara lain adalah WNI, lulusan Sarjana atau Magister di Universitas terakreditasi Ban-PT. Jiwa kepemimpinan, mengikuti kegiatan sosial kemasyarakatan/inovasi/kebudayaan/keilmuan dan budaya serta lain sebagainya.

Untuk syarat lebih lanjut dan ketentuan lainnya dapat langsung mengunjungi laman resmi lpdp.kemenkeu.go.id.

Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum Jadwal Seleksi LPDP 2022?

Ketika sudah melihat semua jadwal seleksi LPDP 2022 mulai dari registrasi hingga pengumuman final. Maka hal satu ini cukup penting pula untuk dibahas agar nantinya bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

Yaitu hal apa saja yang harus dipersiapkan ketika menjelang atau jauh hari sebelum beasiswa ini dibuka atau dilaksanakan. Yang pertama adalah teliti ketika mengisi persyaratan seleksi administrasi.

Pemindaian dokumen merupakan tahap awal dalam proses seleksi beasiswa ini. Maka dari itu, Anda perlu amat teliti dalam mengisi dokumen yang diperlukan serta jangan sampai terlewat tanggal batas akhir.

Persiapkan dokumen persyaratannya harus dari jauh hari. Umumnya beasiswa ini termasuk pembiayaan yang syarat dokumennya cukup banyak.

Selanjutnya kuatkan esai serta rencana studi, kunci agar berhasil seleksi tahap administrasi ialah esai yang bagus. Biasanya Anda akan diperintahkan untuk membuat rencana studi yang jelas serta terarah.

Tentukan program jurusan serta universitas yang Anda pilih dengan mantap atau matang. Penulisan esai serta rencana studi pun tidak boleh sembarangan.

Ada beberapa yang harus diperhatikan dalam membuat esai, yaitu pembukaan, isi, dan juga penutup. Meningkatkan skor TOEFL dan juga IELTS, sertifikat bahasa merupakan bagian yang penting untuk dilengkapi.

Tahun sebelumnya LPDP untuk studi program magister di luar negeri menetapkan skor TOEFL iBT 80, TOEIC 800. IELTS 6.5, dan TOAFL 550.

Untuk pendaftar program doktor luar negeri setidaknya memiliki TOEFL iBT 94, dan IELTS 7.0, TOEIC 850. Maka dari itu, tingkatkan kemampuan berbahasa asing dimulai dari sekarang, jangan tunggu deadline untuk mempelajarinya.

Kesimpulan Tentang Jadwal Seleksi LPDP 2022

Mengenai jadwal seleksi LPDP 2022 tentunya banyak hal yang harus diperhatikan, bukan cuma tanggal dan hari saja. Yaitu mempersiapkan semuanya mulai esai, mental, kesehatan, kemampuan berbahasa, dokumen, serta lainnya.

Terus gali informasi mengenai beasiswa yang ingin Anda pilih, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Yuk mulai dari sekarang persiapkan semuanya mengenai beasiswa ini, dan jangan sampai terlewatkan.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x