SBMPTN

Soal SBMPTN Apa Itu yang Bisa Membuat Anda Diterima? 

5 min read
Soal SBMPTN Apa Itu yang Bisa Membuat Anda Diterima?

Ada kalanya tak salah untuk menanyakan SBMPTN apa itu bisa dilewati dengan mudah atau sesulit yang dikatakan kebanyakan orang. Jangan sampai lewatkan jalur satu ini untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri favorit.

SBMPTN Apa Itu? Inilah Ulasannya

Untuk dapat mengikuti jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi ini harus melakukan pembuatan akun di portal LTMPT.ac.id. Selanjutnya jangan lupa untuk melakukan pembayaran ketika semua biodata siswa telah divalidasi dan sesuai dengan persyaratan.

Yang tak kalah pentingnya lainnya adalah untuk tetap memantau secara berkala akun sosial media SBMPTN dan LTMPT. Dimaksudkan untuk tidak ketinggalan informasi yang cukup penting terkait pelaksanaan UTBK.

SBMPTN apa itu melihat nilai rapor per setiap semester untuk dapat berhasil lolos seleksi tersebut. Pertanyaan tersebut merupakan hal yang berkaitan dengan SNMPTN, yaitu seleksi dilakukan dengan melihat nilai rapor SMA/SMK.

Soal SBMPTN: Apa Itu?

Khusus untuk soal TPS dan TKA akan disimak materi SBMPTN tersebut cukup lengkap, serta soal yang biasa keluar di tes tersebut. Sebelum membahas mengenai soal, ada baiknya untuk mengetahui tanggal UTBK-SBMPTN.

Untuk gelombang pertama di adakan 17 Mei hingga 23 Mei 2022 setiap harinya dilaksanakan dengan dua sesi pagi dan siang. Sedangkan gelombang kedua di 28 Mei hingga 3 Juni 2022 yang dilaksanakan 2 sesi yang sama seperti gelombang pertama.

Hanya tinggal menghitung hari dan bulan saja untuk bertemu dengan ujian masuk perguruan melalui jalur SBMPTN. Maka dari itu sangat penting untuk mempersiapkan semuanya, dari biaya, tenaga, soal, mental, dan juga lainnya.

Terlebih lagi jalur SBMPTN ini hanya memiliki kapasitas atau kuota tampung terbesar, yakni 40 persen saja dibandingkan jalur lain. Sulitnya lagi harus bersaing dengan peserta lainnya yang ikut dari lulusan tahun sebelumnya.

Dengan kuota pada jalur tersebut, diharapkan agar banyak peserta yang bisa lolos UTBK-SBMPTN ini. masih berkaitan dengan pertanyaan SBMPTN apa itu bisa ditempuh dengan mudah.

Yaitu, seberapa menguasainya materi yang akan diujikan nantinya melalui UTBK. Baik soal TPS maupun TKA.

Soal-soal yang akan diujikannya nantinya pada UTBK adalah TPS, TKA, dan satu kelompok tambahan, yaitu bahasa Inggris. Kelompok soal TPS dirancang untuk mengukur kemampuan dasar, seperti analisis, logika, dan sejenisnya.

Soal-soal TPS SBMPTN: Apa Itu

SBMPTN apa itu tingkat kelulusan atau keberhasilannya melalui penilaian kelompok soal TPS saja. Sayangnya perlu 3 kelompok materi yang harus lolos untuk memenuhi syarat lulus UTBK-SBMPTN. Ada beberapa jenis soal TPS yang sering diujikan pada jalur SBMPTN, sebagai berikut:

1. Penalaran Umum

Penalaran umum merupakan materi yang akan diujikan pada kelompok soal TPS. Materi ini berisikan mengenai verbal, penalaran matematis, logika, pola gambar.

Verbal menguji kemampuan dalam hal berbahasa seperti, persamaan dan lawan kata, dan sebagainya. Untuk matematis mirip seperti matematika, yaitu aritmetika, geometri, pola baris, dan lainnya.

Sedangkan untuk logika berisikan soal logika analitik dan logika kuantar. Untuk pola gambar merupakan soal dengan berbagai pola yang harus Anda selesaikan atau pecahkan dengan penalaran.

2. Pemahaman Bacaan dan Menulis

Jenis kelompok soal ini biasa disingkat dengan PBM, yaitu menguji kemampuan membaca dan juga menulis yang benar serta baik. Umumnya soal-soal yang keluar mengenai PBM ini adalah “bacalah dengan seksama”, umumnya pertanyaan tersebut memerlukan pemahaman yang bagus.

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tak beda jauh dengan PBM, namun pemahaman bacaan dan menulis lebih mengarah ke teknik dalam berbahasa Indonesia. Isi dari PBM juga lebih banyak tentang teori.

4. Pengetahuan Kuantitatif

PK atau pengetahuan kuantitatif merupakan materi matematika awal atau dasar. Materi tersebut berisikan mengenai himpunan, geometri, aritmetika, phytagoras, berbagai persamaan, statistika, fungsi kuadrat pertidaksamaan, dan peluang.

Ternyata ada 4 materi yang harus bisa dikuasai untuk menjawab pertanyaan SBMPTN apa itu yang mencakup dari kelompok soal TPS.

Soal-Soal TKA Saintek SBMPTN: Apa Itu?

Kelompok soal Saintek menguji Anda di bidang pengetahuan keilmuan dari mata pelajaran yang  pernah dipelajari di sekolah. Dalam ujian tulis berbasis komputer SBMPTN, TKA terbagi menjadi tiga kelompok soal.

1. TKA Saintek

Sama seperti pelajaran di sekolah, kelompok soal ini mengujikan tingkat kemampuan akademik peserta. Tes kemampuan akademik sains dan teknologi terdiri dari materi kimia, fisika, biologi, matematika Saintek.

2. TKA Soshum

Tes kemampuan akademik sosial humaniora masih sama dengan pelajaran di SMA. Materi ini mengujikan soal sosiologi, ekonomi, sejarah serta geografi.

3. TKA Campuran

Sesuai dengan namanya, tes akademik ini terdiri dari gabungan TKA Soshum dan Saintek.

Untuk mengetahui tingkat kesulitan materi yang biasanya sering muncul pada SBMPTN. Ada baiknya mengetahui tingkat kesulitan dari jenis soal SBMPTN itu tidak bisa diterka pada awal pengerjaan soal.

Sistem Penilaian UTBK

SBMPTN apa itu hanya mengujikan kelompok TPS, TKA, dan bahasa Inggris saja? Tentu saja tidak. Untuk mengetahui deskripsi tentang tingkat kesulitan tiap soal SBMPTN adalah dengan mengetahui sistem penilaian UTBK.

Sistem penilaian UTBK disebut IRT Scoring atau disebut dengan item respons theory. Sistem ini akan melakukan ranking tipe soal UTBK-SBMPTN dari yang mudah hingga paling sulit.

Ranking tersebut didasarkan pada jawaban siswa yang mengikuti jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi. Sebagai contoh, soal nomor 1 kelompok Soshum dengan mata pelajaran sosiologi hanya dapat dijawab oleh lima orang saja.

Sedangkan siswa yang mengikuti jalur SBMPTN pada saat itu juga ada sebanyak 200 ribu orang. Dapat dikatakan bahwa soal tersebut memiliki tingkat kesulitan yang  tinggi.

Dengan kata lain, semakin banyak soal memiliki tingkat kesulitan tinggi bisa dijawab. Maka semakin besar nilai UTBK-SBMPTN yang akan didapatkan, kesempatan untuk lolos ujian ini juga cukup tinggi.

Jangan Patah Semangat

SBMPTN apa itu bisa dilewati dengan mudah? Tentu saja bisa, yaitu dengan terus belajar, semangat, dan persiapkan diri. Mari mulai dari sekarang untuk latihan soal-soal SBMPTN, dapat melalui teknik deliberate practice atau melalui kursus.

Tak ada yang salah dengan pertanyaan SBMPTN apa itu bisa dilewati dengan mudah, bagaimana soalnya, dan sebagainya. Maka dari itu sedini mungkin untuk mempelajari semua soal yang akan diujikan nanti.

Bahkan untuk mengikuti UTBK tinggal menunggu hitungan bulan dan hari saja. Tetap semangat dan jangan lupa berdoa.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x