SBMPTN

Daftar Daya Tampung Universitas Favorit di Indonesia

4 min read

Beberapa universitas boleh jadi memiliki daya tampung untuk semua jenis jalur sama, namun ada sebagian daya tampung universitas yang berbeda. Ada yang siap menampung peserta lolos SBMPTN sebanyak 50% bahkan ada juga yang 35% saja, begitu juga dengan jalur lainnya seperti jalur undangan atau SNMPTN dengan jalur seleksi mandiri.

Jika Anda sudah mengetahui beberapa informasinya, maka akan mudah untuk membuat pertimbangan dalam memilih universitas. Memilih jurusan atau program studi saat daftar SBMPTN jadi lebih mudah.

Sebab, dengan mengetahui info daya tampung beberapa universitasini Anda jadi bisa menghitung probabilitas atau besar tidaknya potensi bisa diterima dengan jalur tertentu. Kondisi paling membantu adalah saat Anda mengikuti tes SBMPTN, tahu persentase daya tampung masing-masing universitas akan memudahkan dalam menentukan urutan pilihan.

Daya Tampung Universitas Favorit di Indonesia

Berikut ini akan disebutkan beberapa daya tampung universitas yang dinilai paling banyak diminati, difavoritkan, dan banyak pemilihnya di jalur mana saja. Baik itu untuk SNMPTN, SBMPTN, maupun seleksi mandiri.

1.    Universitas Gadjah Mada

Bisa kuliah di Jogja mungkin menjadi impian Anda selama ini, salah satu caranya adalah dengan masuk ke Universitas Gadjah Mada. Memang masih ada universitas lain di Kota Jogja, namun tetap saja salah satu opsinya adalah UGM.

Persiapkan diri Anda untuk mengikuti tes bersama masuk ke kampus ini, atau yang mandiri. Daya tampung yang disediakan universitas ini cukup berbeda dengan kampus lainnya, yaitu menerima mahasiswa di seleksi mandiri dengan persentase lebih banyak.

Adapun persentase daya tampung untuk seleksi mandiri adalah sebesar 40%, 35% untuk SBMPTN, dan 25% untuk SNMPTN saja. Jadi, jika Anda ingin kuliah di UGM namun tidak lolos seleksi SNMPTN, ada harapan besar menanti Anda.

2.    Universitas Negeri Sebelas Maret

Lanjut ke Universitas Negeri Sebelas Maret yang berada di  Kota Solo, Jawa Tengah. Persentase untuk seleksi mandiri di universitas ini justru lebih besar daripada Universitas Gadjah Mada, yang mana padahal persentase yang diberikan UGM untuk tes mandiri saja sudah terhitung cukup banyak.

UNS memberikan daya tampung sebesar 20% saja untuk jalur SNMPTN, kemudian sebesar 30% untuk SBMPTN, dan sisanya alias sebesar 50% untuk seleksi mandiri.

3.    Institut Teknologi Sepuluh November

Bisa kuliah di bidang teknologi atau teknik bisa jadi impian Anda, tentu solusinya adalah masuk ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Banyak program studi teknik yang difavoritkan di kampus ini.

Harapan untuk bisa kuliah di sini pun besar jika Anda tidak lolos seleksi SNMPTN maupun SBMPTN. Sebab, salah satu kampus di Surabaya ini akan menerima peserta yang lolos jalur SNMPTN sebanyak 20%, jalur SBMPTN sebanyak 30%, dan sebesar 50% diperuntukkan peserta yang lolos seleksi mandiri.

4.    Daya Tampung Universitas Jember

Geser sedikit namun masih di dalam Provinsi Jawa Timur, Anda bisa memilih Universitas Jember. Universitas ini menawarkan daya tampung sebesar 30% untuk jalur SNMPTN, 50% untuk jalur SBMPTN, dan hanya 20% untuk seleksi mandiri. Perbedaannya cukup besar dengan beberapa universitas favorit sebelumnya.

5.    Universitas Indonesia

Daya tampung yang besar diberikan untuk peserta seleksi mandiri, yaitu sebesar 50%. Sisanya, sebesar 20% untuk peserta SNMPTN dan 30% untuk peserta SBMPTN.

6.    Institut Pertanian Bogor

Di IPB kapasitas sebesar 40% diperuntukkan peserta yang mengikuti tes SNMPTN dan lolos, untuk seleksi mandiri diberi daya tampung 25% dan untuk jalur SBMPTN diberi sebanyak 35%.

7.    Universitas Pendidikan Indonesia

Lain halnya dengan UPI yang berikan kapasitas besar untuk seleksi mandiri, sebesar 50% daya tampungnya. Sisanya yaitu sebesar 20% untuk peserta lolos jalur SNMPTN dan 30% untuk jalur SBMPTN.

8.    Daya Tampung Universitas Andalas

Berada di Kota Padang, Sumatera Barat, universitas ini akan memberikan daya tampung 40% untuk peserta SBMPTN, serta 30% untuk peserta SNMPTN dan seleksi mandiri.

9.    Universitas Negeri Yogyakarta

Menjadi opsi untuk Anda yang ingin kuliah di Jogja, universitas ini memberikan kapasitas 30% untuk SNMPTN dan tes mandiri serta 40% untuk peserta SBMPTN.

10.  Universitas Brawijaya

Persentase daya tampung untuk tes mandiri dan jalur SNMPTN sama di kampus ini, yaitu sebesar 30%. Sedangkan untuk Anda yang ingin ikut tes SBMPTN, akan mendapatkan kapasitas sebesar 40%.

11.  Institut Teknologi Bandung

Di saat banyak universitas di atas menawarkan harapan besar untuk peserta tes mandiri, IB justru beri harapan untuk peserta SNMPTN. Untuk peserta SNMPTN akan diberi daya tampung 40%, 30% untuk peserta tes SBMPTN, dan 30% untuk peserta tes mandiri.

Memanfaatkan Informasi Daya Tampung Universitas Secara Maksimal

Informasi daya tampung universitas akan sangat membantu peserta tes masuk kuliah menentukan jurusan. Setiap peserta pasti punya harapan besar untuk bisa diterima di universitas impian dengan jalur-jalur yang telah diberikan. Dengan begitu, memilih jurusan pastinya tidak sembarangan.

Pertimbangan memilih jurusan untuk pendidikan selanjutnya memang bisa menggunakan daya tampung, namun tetap ada pertimbangan lain untuk digunakan jika Anda sangat ingin lolos di tes kali ini.

Mulai dari pertimbangan kemampuan diri sendiri, kesiapan mengikuti tes, hingga bidang yang paling diinginkan untuk dipelajari. Hanya saja, terkadang ada kebingungan dalam menentukan prioritas jurusan sehingga bingung menaruh di posisi berapa.

Akan diberikan tiga pilihan jurusan, yang urutannya bisa diisi peserta secara random sebenarnya. Memang bisa diisi berdasarkan jurusan mana yang paling diinginkan, namun akan lebih besar potensi diterimanya jika sudah tahu masing-masing daya tampung universitas. Semakin besar persentasenya, semakin layak ditaruh di posisi atas di pilihan nanti.

Lebih Mantap Pilih Jurusan Setelah Tahu Daya Tampung Universitas

Apakah salah satu universitas impian Anda berada dalam daftar di atas? Kemungkinan besar ada sebab daftar universitas di atas sudah mencakup beberapa kampus yang merata seluruh Indonesia.

Kini Anda sudah jauh lebih mantap menentukan jurusan atau program studi saat daftar tes SBMPTN nanti. Bagaimana probabilitas diterima lewat jalur ini sudah diketahui, apalagi untuk beberapa daya tampung universitas sekaligus. 


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x