SBMPTN

Daftar Universitas Dengan Tiap Jurusan Terbaik di Indonesia

5 min read
Daftar Universitas Dengan Tiap Jurusan Terbaik

Mengetahui apa saja jurusan terbaik dari setiap fakultas dalam universitas bisa menambah inspirasi Anda dalam merencanakan pekerjaan. terutama untuk Anda yang saat ini masih bingung memilih jurusan kuliah, pasti membutuhkan info-info ini.

Jika Anda bisa lolos tes SNMPTN maka tidak perlu lagi memilih jurusan, sebab Anda sudah mendapatkan kuliah. Namun jika tidak lolos, maka harus ikut ujian SBMPTN dan sekali lagi memilih jurusan. Tentu boleh berbeda dengan pilihan di SNMPTN, malahan ada kesempatan untuk memperbaiki pilihan.

Daftar Jurusan Terbaik dan Universitasnya

Berikut ini adalah beberapa jurusan terbaik dengan asal universitasnya. Dengan mengetahui info ini, mungkin saja Anda terinspirasi untuk kuliah di sana sehingga bisa mendapatkan pendidikan selama 4 tahun semaksimal mungkin.

1.    Psikologi (Universitas Padjadjaran)

Untuk Anda yang tertarik kuliah di Bandung dan ingin mengikuti tes soshum, bisa memilih jurusan psikologi di Universitas Padjadjaran. Jurusan psikologi di universitas ini sudah terakreditasi A dan selalu saja memiliki banyak peminat untuk setiap jenis tes, baik itu saat SNMPTN maupun SBMPTN.

Ketika menyelenggarakan tes mandiri pun yang mengikuti juga tidak sedikit. Beberapa mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini antara lain biopsikologi, statistika, filsafat, kode etik psikologi, hingga konstruksi alat ukur psikologi.

2.    Ilmu Hukum (Universitas Brawijaya)

Universitas Brawijaya ada sebagai salah satu universitas di Malang sejak tahun 1963. Memang sudah cukup tua, dan menjadi alternatif untuk bisa kuliah di universitas terbaik jika masih ingin berada di dalam Provinsi Jawa Timur.

Meski begitu, tak sedikit pula dijumpai mahasiswa-mahasiswi berasal dari Jawa Timur di universitas ini, mengingat Universitas Brawijaya juga menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia.

Untuk Anda yang ingin kuliah di Universitas Brawijaya, bisa memilih ilmu hukum. Menjadi salah satu jurusan terbaik di sana, bisa dipelajari banyak hal yang terkait dengan perundangan, sistem negara, sedikit tentang politik, dan masih banyak lagi.

3.    Farmasi (Universitas Hasanudin)

Mempelajari obat-obatan secara totalitas bisa didapat dengan mengikuti kuliah di jurusan farmasi. Dan untungnya Universitas Hasanudin telah dinilai mampu memberikan pengajaran farmasi terbaik di Indonesia. Banyak hal akan dipelajari di jurusan ini, dan memang farmasi menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati.

Bukan hanya untuk diminati, setiap saat pun banyak tersedia lowongan untuk lulusan farmasi, apoteker dan asisten apoteker misalnya. Beberapa mata kuliah yang diajarkan adalah toksikologi, anatomi manusia, kimia sintetis, biokimia, kimia organik, dan lainnya. Akan ada banyak mata kuliah dengan ilmu kimia nantinya, di jurusan kimia murni pun juga akan diajari sedikit tentang farmasi.

4.    Kesehatan Masyarakat (Universitas Airlangga)

Universitas ini berada di Surabaya, Jawa Timur. Memiliki program studi kesehatan masyarakat sebagai salah satu prodi terbaik yang ditawarkan. Program studi ini cocok untuk siapa saja yang peduli lingkungan sosial , terutama kesehatan sosial.

Sebab apa yang dipelajari di prodi ini akan membuat mahasiswa tahu aksi apa yang dibutuhkan untuk bisa memperbaiki kondisi kesehatan di tengah masyarakat. Renval kesehatan, kebijakan kesehatan, pemberdayaan masyarakat, higiene lingkungan kerja, kesehatan lingkungan, psikologi kesehatan, dan masih banyak lainnya menjadi mata kuliah yang diajarkan.

5.    Ilmu Gizi (Universitas Diponegoro)

Beruntunglah calon mahasiswa yang ingin kuliah di ilmu gizi namun tinggal di Semarang. Sebab tanpa keluar kota untuk kost pun mereka sudah bisa kuliah di jurusan yang mereka inginkan sekaligus menjadi salah satu jurusan yang terbaik.

Universitas Diponegoro yang berada di Semarang telah menawarkan program studi ilmu gizi. Akreditasinya A, banyak peminatnya setiap tahun, dan bisa memberikan pendidikan terbaik di bidang gizi.

Untuk Anda yang ingin tahu, beberapa mata kuliah yang diajarkan antara lain gizi kuliner, evaluasi gizi, gizi masyarakat, metabolisme zat gizi, teknologi pengolahan pangan, ilmu bahan pangan, prinsip bahan pangan, dan lain sebagainya.

6.    Kedokteran (Universitas Indonesia)

Siapa yang tidak setuju bahwa pendidikan kedokteran terbaik di Indonesia bisa diberikan oleh Universitas Indonesia? Semuanya pasti setuju, terlebih untuk siapa saja yang dari kemarin sudah cek-cek passing grade, perbandingan peminat dan daya tampung, serta akreditasinya.

Hampir semua calon mahasiswa yang ingin kuliah di kedokteran bercita-cita bisa masuk di Universitas Indonesia. Universitas yang ada di Depok, Jawa Barat ini sebenarnya memiliki banyak jurusan yang bagus, banyak peminatnya. Baik di kelompok soshum maupun saintek, ada jurusan yang layak masuk dalam daftar jurusan terbaik.

7.    Teknologi Pangan (Institut Pertanian Bogor)

Jika Anda nantinya ingin bekerja di di industri makanan atau menjadi peneliti di lembaga di bidang pangan, bisa pilih jurusannya di Institut Pertanian Bogor.

IPB memang telah menyediakan banyak sekali jurusan di bidang pangan dan pertanian, namun salah satu jurusan terbaik yang disediakan adalah teknologi pangan ini. teknologi kopi, teknologi minyak, pengemasan makanan yang baik, manajemen industri pangan, mikrobiologi, dan gizi adalah beberapa mata kuliah yang nantinya diberikan.

8.    Manajemen (Universitas Gadjah Mada)

Untuk Anda yang ingin kuliah di Yogyakarta dan bisa kuliah di jurusan pilihan alias terbaik, bisa memilih Universitas Gadjah Mada dan memilih program studi manajemen. Secara keseluruhan, kampus di Yogyakarta ini sudah mendapatkan akreditasi internasional, wajar jika di dalamnya banyak jurusan yang bagus akreditasinya.

Dengan kuliah di program studi manajemen, lulusannya bisa memiliki wawasan lebih dalam mengatur banyak hal. Sebab selama kuliah, mereka akan diberi mata kuliah manajemen SDM, manajemen operasional, manajemen pemasaran, manajemen perbankan, manajemen produk dan merek, dan masih banyak lagi.

Banyak lowongan bisa terisi oleh seorang lulusan manajemen, seperti menjadi financial analyst, human resource manager, konsultan, manajer proyek, dan lainnya.

Jurusan Terbaik Sebagai Jalan Menuju Berkarir

Usahakan semuanya jika Anda benar-benar ingin berkuliah di salah satu jurusan terbaik di atas. Dengan cara memaksimalkan belajar supaya lolos di tes masuknya nanti. Setelah masuk di sana, terus fokus belajar supaya memiliki nilai yang bagus dan bertambah wawasannya supaya mudah dalam berkarir.

Kita semua bisa setuju bahwa jurusan terbaik yang dipilih saat kuliah berpotensi besar menentukan karir di masa depan. Dengan demikian, sebaiknya saat pilih jurusan nanti, pertimbangkan dengan matang. 


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x