INFORMASI

Dapatkan Beasiswa PPA (D3, D4, S1) Agar Bisa Kuliah Gratis

5 min read
Dapatkan Beasiswa PPA (D3, D4, S1) Agar Bisa Kuliah Gratis

Beasiswa PPA merupakan sebuah program dari pemerintah untuk membantu biaya pendidikan tinggi para mahasiswa berprestasi. Darmasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi yang baik di akademik maupun yang kurang mampu secara ekonomi.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa PPA (D3, D4, S1)

Jadwal pendaftaran beasiswa PPA di 2022/2023 saat ini masih harus menunggu jadwalnya secara resmi dibuka. Untuk hal itu, Anda dapat menanyakannya ke kampus atau Universitas masing-masing terkait jadwal pendaftaran darmasiswa PPA.

Tanggal pendaftaran darmasiswa PPA tiap perguruan tinggi atau kampus berbeda-beda. Umumnya dibuka pada awal tahun akademik.

Jika dilihat dari persyaratannya, pelamar dapat menanyakannya ke bagian kemahasiswaan terkait darmasiswa PPA ini. Yaitu ketika mahasiswa duduk di bangku kuliah di semester 2, jadi sebelum di semester tersebut, dapat menanyakannya terlebih dahulu.

Persyaratan Umum Beasiswa PPA (D3, D4, S1)

Untuk bisa mendapatkan program bantuan pendidikan yang satu ini, ternyata memiliki dua persyaratan, yaitu secara umum dan khusus. Berikut persyaratan umum beasiswa PPA:

1. Jenjang Pendidikan

Bantuan pendidikan ini diperuntukkan kepada mahasiswa yang aktif di jenjang S1, D4, dan D3. Untuk mendapatkannya, mahasiswa minimal sudah menempuh semester 2.

2. Mengajukan Permohonan

Mahasiswa dapat mengajukan permohonan secara tertulis ke Rektor, Ketua pimpinan perguruan tinggi, Direktur mengenai bantuan pendidikan. Dengan catatan, mahasiswa dapat mengajukan permohonan tersebut ketika sudah menempuh pendidikan minimal semester 2.

3. Dokumen & Fotokopi Berkas

Berkas yang perlu dilampirkan ketika mengajukan permohonan ke Rektor atau Ketua pimpinan perguruan tinggi adalah KTM, KRS, dan lainnya. Dokumen tersebut dalam bentuk salinan atau sudah difotokopi.

Selain itu, mahasiswa juga diminta untuk membuat salinan rekening listrik terakhir atau dapat pula bukti pembayaran PBB wali. Salinan yang selanjutnya adalah fotokopi kartu keluarga.

Untuk dokumen yang harus dilengkapi pelamar atau mahasiswa selanjutnya adalah surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa dari pihak lain. Dengan catatan pada lingkungan Kemendiknas yang telah diketahui oleh Pimpinan perguruan tinggi.

4. Surat Rekomendasi

Untuk bisa mendapatkan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik, tentunya mahasiswa harus mendapatkan surat rekomendasi. Yaitu surat rekomendasi dari jurusan atau pimpinan fakultas.

Jika sudah memenuhi persyaratan umum untuk mendapatkan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik. Maka pelamar dapat mengikuti persyaratan khusus.

Persyaratan Khusus Beasiswa PPA

Persyaratan khusus beasiswa PPA yang pertama adalah pelamar melampirkan fotokopi transkrip nilai IPK minimal 3.00. Selanjutnya, menyiapkan surat keterangan penghasilan wali atau orang tua yang telah disahkan oleh pihak yang berkuasa atau berwenang.

Untuk ketentuannya sendiri, calon penerima beasiswa wajib terdaftar di PD Dikti. Selain itu, beasiswa ini hanya diperuntukkan kepada mahasiswa yang aktif.

Cara Pengajuan Darmasiswa PPA

Tata cara atau mekanisme jadwal serta cara pendaftaran beasiswa peningkatan prestasi akademik di tiap perguruan tinggi cukup berbeda. Oleh karena itu, Anda dapat menghubungi pihak fakultas serta bertanya terkait pelaksanaan bantuan pendidikan PPA ini di kampus.

Sedangkan untuk kuota atau jumlah mahasiswa yang diterima bantuan pendidikan ini pada perguruan tinggi sudah ditentukan. Yaitu ditentukan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi.

Penetapan Calon Penerima Beasiswa PPA

Jika di perguruan tinggi pendaftarannya telah melebihi kuota yang ditentukan. Maka pihak perguruan tinggi akan melakukan pemilihan atau seleksi serta memprioritaskan beberapa mahasiswa.

Yaitu mahasiswa yang diprioritaskan dengan kriteria memiliki IPK yang paling tinggi. Selanjutnya dengan SKS yang terbanyak dalam satu angkatan.

Yang ketiga, mahasiswa yang mempunyai prestasi ekstrakurikuler seperti minat, penalaran, atau bakat di tingkat nasional maupun internasional. Terakhir, penetapan calon penerima beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Tujuan Bantuan Pendidikan PPA

Program bantuan pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik ini disediakan oleh Pemerintah melalui Kemenristekdikti. Darmasiswa ini diberikan serta ditujukan kepada mahasiswa yang sedang menjalani kuliah sarjana atau diploma di perguruan tinggi.

Darmasiswa ini dimaksudkan untuk dapat membantu biaya pendidikan mahasiswa untuk kelancaran studi atau pendidikan. Adapun besaran uang yang diterima tiap bulan adalah Rp400 ribu serta dibayarkan secara langsung untuk 1 semester.

Besaran bantuan tersebut diberikan secara langsung untuk mahasiswa aktif berdasarkan periode anggaran berjalan. Bantuan tersebut diberikan pertama kalinya paling sedikit selama 6 bulan.

Sedangkan untuk kuota beasiswa tidak sama tiap semesternya, ini tergantung pemberian dari Kemenristekdikti. Hal ini disampaikan oleh Kemenristekdikti melalui surat secara tertulis ke perguruan tinggi.

Tujuan dari pemberian bantuan pendidikan ini adalah meningkatkan motivasi belajar bagi mahasiswa. Meningkatkan prestasi baik akademik, ko-kurikuler atau ekstrakurikuler, terakhir menjamin penyelesaian pendidikan mahasiswa tepat waktu.

Apakah Program PPA Hanya untuk Mahasiswa Berprestasi?

Program bantuan dari Pemerintah ini ditujukan kepada mahasiswa aktif minimal semester 2 dengan beberapa persyaratan. Jika mengacu pada ketentuan darmasiswa ini, untuk bisa mendapatkannya harus memiliki prestasi yang baik pada akademik.

Selain itu, Ketua Pimpinan perguruan tinggi juga akan memprioritaskan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang ekstrakurikuler. Dapat dikatakan bahwa, beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi yang bagus.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan SBMPTN dan SNMPTN dan Info Lengkap Terkait

Apakah PPA Hanya Ada di PTN?

Jika mengacu kepada persyaratan dan tujuan darmasiswa program dari Kemenristekdikti ini. Maka perguruan tinggi yang terdaftar dapat memberikan bantuan pendidikan kepada mahasiswa yang berhak menerima.

Perguruan tinggi tersebut baik negeri maupun swasta, dengan catatan kampus berada di tanah air. Untuk ketentuan bisa mendapatkannya, peserta didik dapat menanyakannya ke kampus di bagian kemahasiswaan.

Anda hanya perlu menanyakan ke perguruan tinggi di bagian kemahasiswaan, apakah kampus memberikan darmasiswa PPA. Jika kampus atau perguruan tinggi tidak mendukung program bantuan PPA ini, maka Anda dapat mencari beasiswa lainnya.

Apakah PPA Dikenakan Biaya?

Untuk mengurus atau mendapatkan beasiswa peningkatan prestasi akademik ini, mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya. Pelamar hanya perlu menyiapkan berkas yang diperlukan untuk bisa mendapatkan darmasiswa tersebut.

Bahkan mahasiswa tersebut akan mendapatkan bantuan pendidikan yang dikirimkan langsung. Untuk besaran bantuan pendidikan tersebut sekitar Rp400 ribu/bulan dan dibayarkan untuk satu semester.

Tentunya beasiswa ini membantu mahasiswa agar lebih semangat atau termotivasi untuk meningkatkan prestasi di perguruan tinggi. Selain itu, darmasiswa ini juga meringankan biaya atau beban selama menempuh pendidikan tinggi.

Jadi, darmasiswa PPA ini merupakan program dari pemerintah untuk memberikan bantuan pendidikan kepada mahasiswa aktif berprestasi. Selain itu, beasiswa ini juga memiliki tujuan yang sangat untuk mahasiswa itu sendiri.

Adapun jadwal dari program bantuan pendidikan PPA ini memiliki jadwalnya tersendiri, maka dari itu Anda dapat menanyakan ke kampus. Selain jadwal, persyaratan untuk bisa mendapatkan beasiswa ini juga cukup berbeda setiap perguruan tinggi.

Jika memiliki kriteria yang sesuai dengan persyaratan yang telah disebutkan di atas, maka dapat menanyakan beasiswa ini ke kampus. Semoga Anda mendapatkan surat rekomendasi dan terpilih untuk menerima beasiswa PPA ini di perguruan tinggi.

Untuk mahasiswa yang belum mendapatkan program bantuan pendidikan ini, jangan berkecil hati. Terus tingkatkan prestasi di bidang akademik serta jangan hanya berfokus pada satu darmasiswa saja.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x