SBMPTN

Makin Dekat dengan Waktu Ujian, Ketahui SBMPTN Berapa Hari Lagi

4 min read
Makin Dekat dengan Waktu Ujian, Ketahui SBMPTN Berapa Hari Lagi

SBMPTN berapa hari lagi? Jawabannya tinggal menghitung waktu saja, karena pada 2022 ini bisa dibilang pendaftarannya sudah dekat.Tepatnya dilakukan pada awal tahun. Yaitu pendaftaran untuk ujian tulis berbasis komputer 23 Maret sampai dengan 15 April 2022.

Jadwal SBMPTN Berapa Hari Lagi?

Terkait SBMPTN berapa hari lagi dimulai adalah dengan melihat jadwal pendaftaran serta jadwal penting lainnya. Pendaftaran UTBK dimulai 23 Maret sampai dengan 15 April 2022, untuk pendaftarannya dilakukan di lama ltmpt.ac.id

Untuk pembuatan akun LTMPT dimulai 14 Februari sampai dengan 17 Maret 2022, sedangkan untuk pengumumannya di jadwal 23 Juni 2022. Jangan lupa siapkan akun Anda untuk melihat hasil pengumumannya.

Selain itu ada banyak sekali hal-hal lain yang perlu diperhatikan ketika mengikuti seleksi satu ini. Mulai dari jadwal dan tanggal, akun LTMPT, pembayaran UTBK, materi yang akan diujikan, alat tulis, kesehatan, dan lainnya.

Maka dari itu, penting untuk tidak melewatkan pembahasan mengenai “SBMPTN berapa hari lagi tersisa”.

Pentingnya Melihat SBMPTN Berapa Hari Lagi

Hal yang perlu dicatat adalah pentingnya melihat SBMPTN berapa hari lagi tersisa merupakan hal yang perlu diingat. Ada banyak sekali poin-poin yang bisa dilakukan ketika menjelang UTBK-SBMPTN, antara lain sebagai berikut.

1. Manajemen Waktu

Pentingnya untuk mempersiapkan manajemen waktu, yaitu Anda harus mengetahui berapa jumlah soal yang keluar nantinya pada ujian. Selanjutnya berapa lama waktu yang bisa dikerjakan dalam satu soal tersebut, umumnya lama pengerjaan mulai 25 hingga 35 menit.

Selanjutnya adalah mengontrol emosi atau mengendalikan diri, ini juga penting berkaitan dengan manajemen waktu. Biasanya ketika mengerjakan soal UTBK, tak sedikit peserta yang mengalami gugup, maka dari itu sebisa mungkin kendalikan diri.

2. Kesehatan

Ketika SBMPTN berapa hari lagi tersisa dengan hitungan minggu atau bulan, ada baiknya mempersiapkan diri juga. Yaitu mempersiapkan kesehatan fisik dan juga mental, ketika tubuh kurang fit, maka sulit untuk mengikuti UTBK.

Jika memaksakan untuk mengerjakan soal-soal tersebut dalam keadaan tubuh kurang fit. Maka dikhawatirkan kurangnya konsentrasi dalam menjawab pertanyaan UTBK-SBMPTN nantinya.

3. Mempelajari Materi yang Akan Diujikan

Jangan sampai Anda mempelajari materi yang bukan diujikan pada UTBK-SBMPTN nanti, hal ini membuang waktu saja. Ada baiknya dari jauh-jauh hari untuk memulai belajar dengan teknik tertentu seperti deliberate practice.

Anda juga dapat menjawab soal ujian SBMPTN tahun sebelumnya atau tahun dulu untuk mengasah kemampuan menyelesaikan soal.  Sebisa mungkin untuk memahami materi yang akan diujikan, bukan dihafalkan.

Jangan sampai mendekati hari ujian baru memulai belajar ya, ilmu tidak didapatkan dalam satu malam. Maka dari itu, tetap semangat jaga kesehatan, dan juga mulai belajar dari sekarang.

Apakah UTBK-SBMPTN Menggunakan Komputer?

UTBK-SBMPTN pada tahun ini atau saat ini telah menggunakan sistem komputer, untuk penilaian hasil ujiannya pun dengan sistem pula. Ketika telah berhasil membuat akun LTMPT dan telah melakukan validasi dan verifikasi, penting untuk menyimpan akunnya.

Dapat dipastikan bahwa, UTBK-SBMPTN  2022 menggunakan sistem komputer. Karena UTBK itu sendiri adalah ujian tulis berbasis komputer.

Apakah Boleh Mengikuti SBMPTN Tahun Depan?

Jika SBMPTN berapa hari lagi tersisa cukup sedikit atau mengalami kendala mengikuti seleksi di tahun tersebut. Maka dapat mengikuti gap year atau mengikuti SBMPTN di tahun berikutnya.

Anda memiliki waktu yang cukup banyak ketika mengikuti seleksi ini di tahun berikutnya. Namun perlu diingat bahwa, gap year bisa diikuti maksimal 1 hingga 2 tahun dari tanggal kelulusan.

Meskipun bisa diikuti di tahun berikutnya, ada baiknya untuk mengikuti SBMPTN tanpa gap year. Karena jika gagal di tahun tersebut, maka dapat mengikutinya sekali lagi di tanggal berikutnya.

Dalam Sehari Ada Berapa Sesi UTBK-SBMPTN

Dalam sehari umumnya ada dua sesi pada ujian tulis berbasis komputer untuk jalur SBMPTN ini. ada juga beberapa PTN seperti UI, UNJ, dan UPN melalukan 4 sesi di tahun sebelumnya.

Selain itu, per gelombang dilaksanakan dalam waktu 7 hari, ada pun sesinya dijadwalkan pagi dan siang setiap harinya.

Trik Menjawab Soal UTBK-SBMPTN

Ada beberapa trik yang bisa dicoba ketika mengerjakan soal UTBK-SBMPTN agar menghemat waktu Anda dalam menyelesaikannya. Hal ini juga perlu dipersiapkan sebelumnya jauh hari dari tanggal ujian dilaksanakan.

Yang pertama adalah menggunakan hitungan cepat, ada banyak sekali kursus atau les privat yang memberikan berhitung cepat. Maka trik ini harus Anda kuasai ketika bertemu dengan soal hitung-hitungan.

Yang kedua, menyelesaikan soal cerita dengan cepat. Soal yang memiliki kalimat panjang dalam bentuk cerita sering kali membuang waktu untuk menjawab soal.

Maka dari itu harus mengetahui triknya agar waktu Anda tidak terbuang percuma hanya untuk membaca cerita. Hal pertama Anda dapat membaca cerita dengan sekilas dan juga cepat lalu membaca soalnya.

Kedua, bisa langsung membaca soal pertanyaannya, lalu bisa membaca cerita yang ada di soal tersebut. Jika ada satu soal lebih dengan cerita yang sama, penting untuk mengingat pertanyaan narasi tersebut.

Terakhir, utamakan ketelitian dan kehati-hatian dengan memeriksa atau mengoreksi jawaban sekali lagi. Penting untuk memiliki manajemen waktu yang baik, agar memiliki waktu cadangan atau tersisa untuk mengoreksi jawaban.

Beberapa trik lainnya bisa Anda dapat dengan bertanya kepada mereka yang pernah mengikuti soal UTBK-SBMPTN. Tentunya mereka yang sudah pernah mengikuti seleksi tersebut akan memberikan bagaimana gambaran soal tersebut.

Kesimpulan

Ada banyak serta apa saja yang perlu dipersiapkan ketika sudah melihat SBMPTN berapa hari lagi berlangsung. Mulai dari memanajemen diri, kesehatan, waktu, mental, dan lainnya yang berkaitan dengan seleksi tersebut.

Jangan sampai menyia-nyiakan seleksi satu ini, karena ada banyak sekali siswa yang ingin masuk perguruan tinggi melalui jalur ini. Hasil dari seleksi ini membuktikan bahwa Anda siap atau tidaknya menyelesaikan pendidikan di PTN dengan baik dan tepat waktu.

Mari dari sekarang jangan sia-siakan waktu Anda dengan percuma, mulai belajar, jaga kesehatan, serta persiapkan diri. Sesuatu yang besar tidak bisa diraih hanya dengan pengorbanan yang kecil.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x