Uncategorized

Diikuti 74 PTN Indonesia, Ini Jadwal tentang SBMPTN 2022 Kapan Dibuka

4 min read
Diikuti 74 PTN Indonesia, Ini Jadwal tentang SBMPTN 2022 Kapan Dibuka

Pendaftaran KIP Kuliah untuk ikut seleksi masuk PTN resmi dibuka, tetapi banyak siswa masih bertanya, SBMPTN 2022 kapan dibuka? Pertanyaan tersebut merupakan hal wajar, terlebih mengetahui jadwal belajar yang kian digencarkan siswa agar lancar seleksi nanti.

Pasalnya, sebagaimana telah banyak diketahui bahwa SBMPTN merupakan seleksi masuk PTN yang menggunakan sistem UTBK. Sistem Ujian Tertulis Berbasis Komputer ini mengangkat berbagai soal yang dikelompokkan dalam tiga macam tes.

Pertama, TPA atau TKA (Tes Potensi Akademik). Tes ini banyak membahas mengenai materi yang diajarkan di sekolah, dari mulai kelas 10 hingga 12.

Di tes ini, pertanyaan seputar wawasan di sekolah menengah pertama juga bisa saja diambil, sebab ini merupakan tes wawasan. Kemudian, terdapat soal yang mengharuskan siswa berpikir secara luas dengan metode HOTS (High Order Thinking Skill).

Kedua, terdapat  Tes Potensi Skolastik. Tes ini akan menguji seberapa siap seorang siswa menaikkan gelarnya menjadi mahasiswa.

Mulai dari tes kognitif dan kuantitatif atau berdasar fakta dan logika, seperti soal matematika, hingga memahami soal dari bacaan. Selain itu, terdapat juga tes pengetahuan, penalaran, serta pemahaman umum.

Semua tes itu tentu membuat banyak siswa merasa harus lebih giat lagi dalam belajar. Terlebih, tahun ini jumlah tes bertambah menjadi tiga, yakni adanya tes Bahasa Inggris.

Kini, ujian Bahasa Inggris diutamakan dan akan punya tabel nilai sendiri. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang menggabungkan ujian ini dengan TPS.

Demkian, tidak sedikit siswa yang hanya bisa fokus belajar ketika menjauh dari smartphone. Karena hal itu, pelajar tersebut lupa mengecek jadwal SBMPTN 2022 kapan dibukanya.

Jadwal Lengkap SBMPTN 2022 Kapan Dibuka

Bagi teman-teman yang belum tahu kapan SBMPTN dibuka, jangan lewatkan informasi di bawah. Simak ulasan ini guna mengetahui jawaban atas pertanyaan SBMPTN 2022 kapan dibuka.

1. Sosialisasi SBMPTN 2022 Kapan Dibuka?

Sebelum membahas poin utamanya, hal yang tak kalah penting diketahui adalah tanggal sosialisasi seleksi masuk PTN. Berdasar pengumuman yang tertera di dashboard LTMPT menu “jadwal”, sosialisasi UTBK–SBMPTN akan terus berlanjut hingga 15 April mendatang.

Karena hal itu, beberapa jadwal masih punya kemungkinan diundur atau dimajukan. Karena itu juga, pastikan Anda selalu memantau informasinya, terutama di laman resmi LTMPT.

2. Pendaftaran Akun SBMPTN 2022 Kapan Dibuka?

Langkah sebelum tahap pendaftaran UTBK–SBMPTN, siswa wajib memiliki akun LTMPT terlebih dahulu. Pendaftaran sesuai jadwal yang tertera di portal LTMPT sebagaimana tertulis di atas.

Sebetulnya, pendaftaran akun siswa di www.ltmpt.ac.go.id sudah bisa dilakukan sejak 10 Januari. Namun, guna melancarkan pendaftaran bagi siswa eligible SNMPTN, tahap pendaftaran akun siswa disarankan menyesuaikan jadwal.

3. Registrasi UTBK–SBMPTN (23 Maret sampai 15 April)

Tahap setelah memiliki akun LTMPT adalah mendaftar ujian. Pastikan mencatat jadwal di atas supaya tidak terlewat dan membuat rencana mengikuti tes SBMPTN gagal.

Tanggal registrasi ujian bisa diberikan bulatan pada kalender agar selalu jadi pengingat. Selain menuliskan tanggal SBMPTN 2022 kapan dibuka, tanggal-tanggal seperti poin 1 sampai 3 juga sama utamanya.

4. Penyelenggaraan UTBK Gelombang I

Ujian Tes Berbasi Komputer (UTBK) telah menjadi bagian SBMPTN sejak 2019. Di tahun-tahun sebelum hadirnya LTMPT, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dilakukan bersamaan dengan ujiannya.

Namun, semenjak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi terbentuk dengan visi misinya, UTBK dijadikan sebagai sebutan ujian di SBMPTN. Adapaun visi misi LTMPT adalah sebagai berikut. Pertama, menjadikan penyelenggaraan tes masuk PTN bersifat kredibel, fleksibel, dan akuntabel. Selain itu, LTMPT juga menjamin pelaksanaan tes ini adil, transparan, dan juga efisien.

Dengan asas-asas tersebut, LTMPT menobatkan diri sebagai penghubung antara kampus dan siswa. Dengan demikian, kampus bisa mendapatkan siswa yang punya peluang mampu menyelesaikan studi tanpa hambatan.

Kembali pada bahasan SBMPTN 2022 kapan dibuka, pelaksanaan UTBK yang merupakan bagian dari SBMPTN terbagi menjadi dua. Untuk gelombang I, UTBK serentak dilaksanakan tanggal 17 Mei hingga 23 Mei 2022.

5. Penyelenggaraan UTBK Gelombang 2

Sementara itu, untuk penyelenggaraan ujian masuk PTN gelombang II, akan digelar di hari kelima setelah berakhir gelombang pertama. Yakni, mulai tanggal 28 Mei sampai dengan 03 Juni 2022.

Ujian Tes Berbasis Komputer ini memakai metode yang sama seperti biasanya. Dibuka dalam dua gelombang serta dua sesi.

Untuk sesi pertama, yaitu sesi pagi dimulai pukul 06.45 kemudian ujian di jam 07.15. Sesi dua dimulai pukul 13.00 dengan ujian yang dilakukan pukul 13.20.

6. Pengumuman Hasil SBMPTN

Pengumuman hasil ujian menjadi hal yang paling dinantikan sebagian besar siswa, baik itu ujian sekolah atau bahkan UTBK ini. Nah, bagi Anda yang tidak mau terlewat informasi yang juga penting setelah SBMPTN 2022 kapan dibuka, silakan tandai di kalender.

Hasil SBMPTN akan disampaikan di portal LTMPT paling cepat 23 Juni 2022. Namun, bila terdapat kendala sehingga mengharuskan jadwal tertunda sementara, laman resmi itu juga akan mengabarkannya.

7. Masa Unduh Sertifikat UTBK

Sertifikat UTBK–SBMPTN akan dipublikasikan tanggal 25 Juni, jika proses SBMPTN benar-benar lancar. Lembaga memberikan waktu sekitar satu bulan untuk para siswa mengunduh hasil ujian tersebut.

Setelah tanggal 31 Agustus, portal LTMPT dipastikan tidak bisa diakses. Laman akan bisa dimuat kembali setelah beberapa bulan, tepatnya setelah peresmian dibukanya kembali seleksi SNMPTN dan SBMPTN 2023.

Siap Melaksanakan UTBK? Pilih 74 PTN yang Ada

Sebagai informasi, terdapat 74 PTN yang berpartisipasi dalam acara ini. Siswa dapat memilih tes di universitas terdekat atau di universitas tujuan.

Penting diingat, pastikan memilih lokasi terdekat. Namun, jika terlanjur kursi penuh, baru cari alternatif lain yang punya jarak tempuh tidak jauh.

Terdapat banyak sekali pilihan yang diberikan LTMPT untuk memudahkan para siswa mencapai lokasi UTBK. Jadi, jangan asal pilih, ya.

Demikianlah informasi mengenai SBMPTN 2022 kapan dibuka. Semoga artikel SBMPTN 2022 kapan dibuka ini bisa bermanfaat untuk semua pembaca.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x