SBMPTN

SBMPTN Soshum: Pengertian, Materi, Jurusan Kuliah, dan Prospek Kerja

4 min read
SBMPTN Soshum: Pengertian, Materi UTBK, Jurusan Kuliah, dan Prospek Kerja

SBMPTN soshum merupakan salah satu dari tiga kelompok tes di UTBK. Banyak sekali universitas yang memiliki jurusan relevan bidang soshum. Seperti diketahui, sebelum pelaksanaan SBMPTN, siswa akan diminta memilih tujuan atau jurusan kuliahnya.

Soshum sendiri merupakan kependekan dari sosial dan humaniora. Kelompok ini diperuntukkan bagi siswa jurusan IPS.

Namun, jika jurusan lain atau bahkan dari sekolah asal dengan status Kejuruan ingin mengikuti ujian soshum, LTMPT memberikan kewenangan. Jika hal tersebut terjadi, biasa disebut dengan siswa lintas jurusan.

Meski lintas jurusan ini diperbolehkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, tetapi pihak LTMPT juga menyarankan, sebaiknya hal tersebut dihindari. Lantas, apa saja yang terkait dengan SBMPTN Soshum?

Seputar SBMPTN Soshum

Berikut ini merupakan hal-hal yang bersangkutan dengan SBMPTN Soshum. Simak hingga tuntas, ya!

1. Pengertian SBMPTN Soshum

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi atau SBMPTN adalah jalur masuk PTN yang telah ada sejak tahun 70-an. Meski dengan nama yang berbeda-beda, inti dari seleksi ini adalah sama, mengetes seberapa bisa seorang siswa menempuh pendidikan kuliah.

SBMPTN mengharuskan peserta seleks melewati ujian tes tulis yang kini dikenal dengan nama UTBK. Ujian ini terbagi ke dalam tiga jurusan yang bisa dipilih sesuai jurusan di SMA, yakni Soshum, Saintek, dan Campuran.

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, soshum merupakan kepanjangan dari Sosial dan Humaniora. Seleksi ini merupakan tes yang diperuntukkan bagi siswa IPS.

Di sini, terdapat beberapa prodi yang biasanya menjurus ke bidang sosial, ekonomi, geografi, dan lain sebagainya. Jika siswa memilih ujian soshum, di PTN dirinya tentu akan dipertemukan dengan mata kuliah seputar soshum.

2. Perbedaan SBMPTN Soshum dengan Saintek

Mata ujian yang sebelumnya disebut terdapat di UTBK adalah saintek. Kepanjangannya dari kata ini adalah Sains dan Teknologi.

Seperti namanya, program studi yang bisa diambil setelah melalui tahapan ujian ini, siswa akan digiring ke bidang teknik, atau ilmu sistematis. Inilah perbedaan antara soshum dan saintek, sosial humaniora lebih ke pengamatan, sedangkan saintek lebih ke ilmu yang perlu observasi.

3. Materi Ujian SBMPTN Soshum

Beda mata ujian, tentu beda ragam pertanyaan yang dihadirkan dalam dalam tes. Untuk SBMPTN soshum sendiri, terdapat tiga tes yang akan keluar sebagai soal di UTBK.

Di antaranya, TKA soshum dan TPS soshum. Di Tes Kompetensi Akademik (TKA) soshum, materi yang akan diujikan biasanya berupa pertanyaan geografi, sejarah, ekonomi, dan sangkut-pautnya.

Ujian ini mengharuskan siswa kembali memutar pengetahuannya pada apa yang dipelajari selama sekolah 3 tahun di SMA. Bahkan, ada kemungkinan soal yang dipelajari sewaktu SMP juga bisa saja keluar.

Sementara itu, di Tes Potensi Skolastik mengharuskan peserta SBMPTN Soshum untuk menunjukkan kemampuan pola pikirnya. Ujian ini terbagi dalam empat poin penting, yakni tes penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan umum, dan ketepatan memahami bacaan.

Berikut ini beberapa gambaran materi yang akan ditemukan di ujian soshum. Di antaranya, Ekonomi UTBK membahas masalah permintaan dan penawaran, dan makroekonomi.

Kemudian, terdapat materi pengantar dan konsep dasar ekonomi, mikroekonomi, dan akuntansi perusahaan jasa. Selanjutnya, di bidang Geografi materi yang biasanya keluar berupa pengetahuan dasar geografi, dinamika, planet bumi, dan litosfer.

Selain itu, materi dinamika hidrosfer, atmosfer, biosfer, peta, antroposfer, SDA Indonesia, ragam budaya akan ada di soal soshum. Kemudian terdapat pelajaran konsep dan tata ruang, serta sederet sub pelajaran lain.

Materi ujian soshum lainnya adalah sejarah. Di ujian ini, soal yang dihadirkan biasanya berupa sejarah manusia purba atau pra-aksara, peradaban agama, hingga perjuangan memerdekakan negara.

Selanjutnya, terdapat juga materi sosiologi dan matematika ekonomi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, semua materi saat sekolah akan hadir satu per satu di lembar ujian.

4. Program Studi

Seperti yang telah disinggung di atas, prodi yang dapat diambil setelah SBMPTN Soshum berupa pengetahuan sosial. Diantaranya, Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Hukum, Sastra, dan lain-lain.

5. Prospek Kerja

Memilih mata ujian, sama artinya dengan menentukan ke mana arah tujuan selanjutnya. Seperti itu pula, ketika memilih SBMPTN Sohum, berarti menentukan rumpun pekerjaan Anda di masa depan bersangkutan dengan bidang tersebut.

Pertama, ilmu ekonomi merupakan jurusan dengan banyak lapangan pekerjaan. Di antara prospek karier yang populer untuk lulusan ekonomi adalah analis data, akuntan, konsultan keuangan, peneliti ekonomi, dan sebagainya.

Kemudian, manajemen juga merupakan jurusan yang tak kalah punya sederet karier yang bisa dipilih nantinya. Di antaranya, manajer SDM, konsultan bisnis, pengusaha, manajer keuangan, dan lain sebagainya.

Jurusan Manajemen sama halnya seperti Ilmu Ekonomi, dua ilmu ini sangat dibutuhkan dalam segala bidang industri atau perusahaan. Selain dua jurusan itu, beberapa jurusan lain juga punya kesempatan kerja yang luas.

6. Biaya SBMPTN Soshum

Berdasar informasi yang terdapat di dashboard laman LTMPT, www.ltmpt.ac.go.id, biaya untuk SBMPTN terbagi menjadi dua. Yang pertama Rp300 ribu, sedangkan yang kedua Rp200 ribu.

Biaya yang pertama dibayarkan ketika siswa memilih ujian campuran, sedangkan yang kedua untuk ujian soshum, atau saintek. Pembayaran dilakukan melalui transfer ke nomor rekening yang akan diberikan di slip pembayaran.

Kirim biaya UTBK bisa ke salah satu dari beberapa bank yang disediakan, yakni BNI, BRI, BTN, dan Mandiri. Khusus bagi peserta KIP Kuliah yang memenuhi persyaratan dan sedang dalam pengajuan, ujian digratiskan.

Selain itu, pihak LTMPT pun mengimbau agar jangan membayar tagihan jika semisal terdapat pemberitahuan harus membayar. Biarkan slip pembayaran hilang sendiri, kemudian lakukan pendaftaran ulang atau bisa meminta bantuan pihak LTMPT.

Menentukan Mata Ujian SBMPTN Soshum

Soshum erat kaitannya dengan bidang sosial dan lingkungan. Karenanya, wawasan luas mengenai sosial budaya akan sangat berpengaruh pada pemikiran saat ujian.

Ketika Anda memilih Soshum, artinya Anda harus memikirkan bagaimana kelanjutannya nanti. Dengan mengetahui materi ujian di bidang soshum, semoga terdapat pencerahan yang membuat Anda lebih giat mempelajari bocoran materi-materi tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat. Good luck!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x